Tahan Dengar Tangisan Anak, Kenapa Enggak?

Tahan Dengar Tangisan Anak, Kenapa Enggak? ~ Menangis merupakan ekspresi dari beberapa rasa, ada sedih, kesal, marah, bahkan bahagia. Setiap emosi bisa juga menimbulkan air mata. Tangisan itu pecah karena seseorang merespon sesuatu. Bagaimana dengan tangisan anak. Mungkin belum banyak ya anak kecil menangis karena bahagia, biasanya sih karena sedih, kesal, kecewa. Menangis boleh dilakukan oleh siapa aja, entah anak perempuan juga lelaki. Jadi kalau ada yang bilang ke anak, "kamu anak lelaki nggak boleh nangis."  Duh, kasihan sekali loh itu. Iya benar lelaki itu harus kuat tapi perempuan juga kok. Anak lelaki boleh menangis, anak perempuan juga boleh nangis, tapi jangan lama-lama ya. Heheh. Biasanya saya gitu sih. Jadi saya cukup tahan dengar tangisan anak-anak, kenapa enggak? Kan nangisnya juga nggak sampai kiamat.



Tahan Dengar Tangisan Anak, Kenapa Enggak?


Menurut website halodoc ternyata menangis tuh tidak boleh ditahan. Menangis baik untuk kesehatan fisik dan mental. Hmm, tapi coba deh diingat lagi, pertama kali lahir ke muka bumi, bayi yang waras kan pasti nangis? So, menangis adalah hal yang alamiah yekaaan. Dari anak pertama sampai anak ke-3, kalau mereka menangis ya cukup didengarkan aja wahahaha, nggak langsung suruh cepat berhenti. Pak suami yang seringkali melihat anak menangis, paling reflek untuk memeluknya.

Meminta sesuatu dengan tangisan juga hal yang wajar terjadi. Sekali dua kali dituruti, cukup jadi bahaya. Saya nggak langsung kasih walau mereka menangis supaya nggak mengira, "kalau menangis pasti dikasih". Dengan menangis, mereka belajar kekecewaan dan tau bagaimana mengatasinya.

Semakin besar anak, ada perbedaan dari maksud tangisannya. Tentu kalau masih bayi kan nangisnya tuh lebih sering. Apalagi newborn, menangis bisa sampai 15 menitan. Ya sejatinya karena dia belum bisa bicara, sehingga tangisan adalah komunikasi yang efektif untuk memberi tahu pada orang tua apa yang dirasakannya. Tangisan newborn bisa jadi itu anak sedang lapar, pipis, mau pup atau mengalami kesakitan. Setiap ketidaknyamanan dia ekspresikan melalui sebuah tangisan. Dan menjadi sangat wajar.


Tahan Dengar Tangisan Anak, Kenapa Enggak? 

Beri Waktu

Memberi waktu jeda untuk anak menangis dan merasakan kesedihan tapi nggak boleh membiarkannya berlarut-larut. Anak juga manusia yang punya perasaan, mereka bisa menangis sewaktu-waktu. Memberi waktu bisa menyalurkan energi negatif. Dampaknya pun melegakan anak. Anak menangis kasihlah waktu, jangan disuruh cepat terdiam. Tangisnya memang mengganggu telinga kita tapi yang paling penting adalah kesehatan jiwanya. Biarlah mereka belajar, mengelola emosi itu butuh waktu, so beri waktu mereka untuk menangis ya!


Tahan Dengar Tangisan Anak, Kenapa Enggak?
pixabay



Menenangkannya

Saat menangis mereka perlu mengalirkan perasaannya. Anak butuh orang yang membantunya mengatasi kesedihan. Mereka juga pasti belum tau caranya. Menenangkannya bisa dengan cara memeluk. Memeluk anak saat menangis dapat membantu meregulasi emosi. Ingat loh, memarahinya bukan solusi dan malah membuat anak stres. Orang tua perlu menurunkan gengsinya sesaat supaya bisa membantu, menyemangati, memeluk mereka saat sedang sedih. Sudah nangis, dimarahi pula?! Belum kelar kesedihannya, eh malah kena omel. Wah bagaikan jatuh lalu tertimpa tangga. 


Mencari Tahu Penyebab

Setelah selesai menangis dan tenang barulah bisa mencari tahu sebabnya pecah tangisan itu. Syukur-syukur kalau bisa langsung dapat infonya. Namun nggak semua anak bisa langsung bercerita setelah tangisan reda. Jadi harap bersabar ya. Sebagai orang dewasa yang pernah menjadi anak, mengungkapkan perasaan terkadang nggak semudah itu loh. Mencari tahu penyebabnya menjadi tujuan utama bukan? dengan berhenti menangis, komunikasi jadi lebih mudah. Anak perlu mengerti hal ini.


Tahan Dengar Tangisan Anak, Kenapa Enggak?
pixabay



Jangan Dicap Cengeng

Ada yang anaknya baru aja nangis, langsung diserbu kalimat "cengeng banget sih jadi anak!" Aduduh, padahal nangisnya nggak sampai kiamat kok. Sebagai orang tua harus tetap tenang walau anak menangis. Iya susah, tapi kalau bukan orang tuanya yang tenang, siapa lagi yang men-support anak? Sebisa mungkin ketika anak menangis tidak perlu dicap cengeng. Anak laki dan anak perempuan punya hak sama, mereka sama sama boleh menangis ya. Asal ada batasnya^^.


Tahan Dengar Tangisan Anak, Kenapa Enggak?


Kira-kira ada yang suka nggak tahan dengan tangisan anak? Perlu diingat, mereka menangis tentu punya alasan #hasiiikkk. Mari pendekatan ke anak sesuai karakter masing-masing. Sesulit apa pun, pasti bisa kita lalui, ayo semangat yukk. Peluk anak satu per satuuuu. Karena anak yang cukup kasih sayang dari kedua orang tuanya bisa bertumbuh dengan baik. Yukk ah, semoga bermanfaat ya tulisan ini.

Komentar

  1. Masih banyak orang tua yang jengkel mendengar tangisan anak, apalagi terasa tidak berhenti-henti sampai hari kiamat, hehe...

    Ada orang tua yang langsung memerahi si anak yang menangis. Padahal mestinya orang tua sadar, bahwa dia dulu juga menangis. Mungkin saja tangisannya malah lebih kencang dan lama dibandingkan anaknya sekarang, whahaha....

    BalasHapus
  2. tapi bungsuku tuh suka gitu, suka jadiin tangisan sebagai senjata. Dikit-dikit nangis. Soalnya aku dulu juga gitu sih. Aku tapi kadang juga suka ngebiarin mereka nangis dulu, cuma pas ada neneknya, suka dimarahin gitu akunya karena membiarkan anak menangis, Wkwkwkk

    BalasHapus
  3. Kalau aku kayaknya tergantung sikon ku Mba. Kadang aku lempeng dengerin anak nangis, sabar nunggu dia meluapkan emosi. Kadang sebaliknya, apalagi kalo lagi capek. Belum bisa sabar seutuhnya, tapi tetap belajar

    BalasHapus
  4. Hahahaa nangisnya ga sampe kiamat ya .. bener juga!
    Tapi ga banyak orangtua yang tahan dengar tangisan anak, dulu aku pun begitu :(
    berjalannya waktu aku menjadi sangat sabar, dan anak selalu aku ajak becanda aja kalau nangis

    BalasHapus
  5. Cap Cengeng itu suka kelepasan bagi sebagian orang tua. Belajar buat tidak geregetan dan tidak sabaran ketika anak nangis.

    BalasHapus
  6. Saya dulu maunya begitu ... kalau anak nangis tidak selalu harus segera didiamkan ... susahnya, sama ibu saya anak itu tidak boleh menangis wkwkwk.

    BalasHapus
  7. Saya dulu termasuk tipe yang panik dan langsung ribut kalau anak nangis mbak, pengennya dia segera berhenti nangis. Takut tangisannya mengganggu para tetangga.

    Sementara suami tipe yang selow gitu, katanya biar aja anak sesekali nangis, ntar kalau udah lega pasti dia berhenti sendiri, jangan dipaksa untuk segera berhenti nangis

    BalasHapus
  8. Tahan lah
    Kalau kita tahu apa penyebabnya
    Terutama kalau merengek
    Tapi kalau tangisan kesakitan, suka nggak tahan

    BalasHapus
  9. Huaaaa bener banget deh, kalau menangis itu meluapkan ekspresi dan butuh utk dikeluarkan supaya kita lega ya. Jangankan anak kecil, aku yg sudah dewasapun butuh meluapkan ekspresi. Kalau udh nangis emang lega banget haha udahannya langsung tidur deh.
    Apalagi anak2 yg memang butuh didengar dan diperhatikan ya mbak

    BalasHapus
  10. tangisan anak memang kerap membuat kita merasa gimanaaa gitu ya mba. Tapi ada baiknya kita coba dengar dan cari penyebabnya

    BalasHapus
  11. Saya masih kadang-kadang sabar dengerin tangisan anak, Mbak. Kalau lagi sabar, ya, saya puk puk gitu. Biar tenang. Kalau gak sabar, kadang tek biarin aja. Saya masuk kamar daripada emosi saya melupa gak jelas.

    BalasHapus
  12. Anak sy udah gede jadi ga nangis tp merengek dan sy ga tahan hahah jd kadang bilang jgn cengeng, kalaulg inget buru-buru ditahan supaya ga ngomong gitu

    BalasHapus
  13. Menangis itu proses melepaskan ermosiatau beban. Kalau anak nangis aku coba bicara ng doa tenang duli baru dehg

    BalasHapus
  14. Huhu aku mah tipe orang tua yang gak tahan dengan tangisan anak. Padahal katanya kalo anak nangis jangan langsung diapa-apain, biarin aja nangis numpahin kekesalannya. Setelah itu baru deh mulai mencoba menenangkannya.

    BalasHapus
  15. Benerrr..
    Aku suka gak tahan sama tangisan anak. Tapi se-gak sabarnya aku tuh kaya bikin aku belajar banyak hal, kaya mengenali jenis tangisan mereka. Kalau gak urgent, pasti aku jadi lebih tenang, meskipun ada perasaan "HUH" gitu yaa..

    BalasHapus
  16. Nangis gapapa, yang penting orangtua juga paham saat-saat seperti apa anak menjadikan tangisannya itu sebagai senjata. Anak tuh pintar loh, dia tau bagaimana mengendalikan orangtuanya kalau kitanya sebagai orangtua tidak bisa membedakan tangisan yang benar-benar sedih dan butuh pelukan, dengan tangisan manipulatif. Kayak kejam ya pendapat saya ini, tapi itulah yang terjadi pada anak2 saya. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba di atas pun aku udah tulis hehe kurang lebih kayak mba uniek maksud

      Hapus
  17. Aku enggak tahan dengarnya wkwkw. Tapi syukurlah anakku cepat diam kalau dipeluk dan dicium. Kadang-kadang didiamkan dengan dijajanin.

    BalasHapus
  18. tergantung kondisi sih mak..., kalo lagi pms denger anak nangis gak tau..tiab2 aja aku pengen jadi singa..wkwkwkw, tapi bener sih kita nggak boleh ujuk nyuruh anak diam yang bener itu cari alasan dan beri penjelasan...biar tenang.., weh tapi kalo anak nangis itu yak..susah diajak ngomong...diemin dulu aja...ntar kalo rada redaan... baru deh ditanya

    BalasHapus
  19. Setuju banget, anak yang cukup kasih sayang dari orangtuanya biasanya tumbuh dengan baik, anak perlu mengenal emosi yang ada termasuk menyalurkan perasaan mereka dengan menangis ya tidak boleh ditertawakan

    BalasHapus
  20. Sekarang aku suka biasain begitu, ketika nangis aku biarin dulu, terus kalau udah selesai aku peluk, akhirnya sekarang kalau nangis diusap aja diem

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)