Resep Rumahan Siomay Tanpa Ikan

Resep Rumahan Siomay Tanpa Ikan ~ Balik lagi ke duniaaaaa camilan. YHAAAA. Sekalian masaknya, sekalian biar difoto #eh. Tapi ini sih nggak difoto lama karena udah mefet euy waktunya. Siomay salah satu makanan kesukaan saya dan anak-anak juga suka, jadi ajang rebutan untungnya nggak sampai baku hantam kalau makan siomay. Kali ini nggak rebutan sih, karena bikin jumlah siomaynya kurang lebih 20an, kayaknya 23 buah. Mungkin kalau dikecilin lagi bisa 25 buah deh. Siomay yang saya buat yaitu siomay tanpa ikan. Mau bikin siomay abang-abang gitu sebenarnya, tapi saya pakaikan ayam dan udang ke dalam adonannya. Merasa nggak bersalah-salah amat karena nyodorin tepung ke anak, heheeuuu, kan ada ayam dan udang plus labu.


Resep Rumahan Siomay Tanpa Ikan


Siomay yang kita tau aslinya pakai ikan tengiri kan ya tapi berhubung seringnya beli yang abang-abang mode on, mungkin pakai ikan kacang-kacangan ya abangnya? :D eh ada yang tau nggak ikan kacang-kacang? ikan kacangan atau cucut atau alu-alu katanya gitu. Bentuknya panjang ikan kacangan. Btw, siomay tuh makanan yang jadi andalan kalau anak-anak juga sedang batuk karena proses masaknya dikukus bukan di goreng.

Semenjak nggak pandemik lagi, entah kenapa anak-anak di rumah tuh rentan sakit. Apa ada yang sama? Apa karena waktu dulu terjaga ya jajanannya, udah gitu mereka di rumah aja belajar secara daring. Sekarang bisa main di luar guling-gulingan #eh dan yaaa kakak sih suka jajan. Sedangkan yang nomor 2 suka banget yang dingin-dingin. Si adik Ugo udah 3 bulan berturut-turut ada aja sakit batuk atau pilek. Lebih sering pilek, radang tenggorokan. Jadilah kami sowan ke dokter Aryz mulu. Heuwwww. Di bulan lalu tepatnya bulan Agustus, saya juga drop, sakit flu dan penciuman hilang. Alhamdulillah awal September berangsur-angsur pulih. Semoga nggak sakit lagi deh ya anak-anak di rumah. Amiin. Apakah tubuh kami butuh piknik?! 

Baiklah resep siomay ala abang-abang gitu, enaknya sih kalau ada bumbu kacangnya juga. Tapi kali ini saya share hanya siomaynya aja ya, untuk bumbu kacang saya nggak bikin. Ini pakai bumbu pecel karena buat stok pepotoan. Heheuuu. Biasanya resep sekaligus banyak, nah ini saya cuma secukupnya ya bikinnya, lumayan deh buat ganjeeeel perut hihi. Yukkk cus bikin siomaynya, 


Resep Siomay Tanpa Ikan


Bahan :

250 gr ayam

100 gr udang

4 buah bawang merah

3 buah bawang putih

labu kecil 2 buah parut

1  buah telur

200 gr Tapioka 

1 1/2 sdt Garam

1 sdt Kaldu Jamur



Cara Membuat Siomay Tanpa Ikan:

  • Haluskan ayam dan udang, bila mau tekstur ada kasarnya bisa sesuaikan aja ya tingkat kehalusannya.
  • Haluskan bawang merah dan putih.
  • Campur ayam, udang dan bumbu bawang beserta tepung tapioka.
  • Masukkan telur, garam, kaldu, labu yang sudah diparut.
  • Aduk rata semua bahan, uleni dengan spatula atau tangan. (supaya tidak lengket tangan diberi tepung terlebih dulu)
  • Olesi kukusan dengan sedikit minyak supaya tidak menempel
  • Kukus adonan selama 20-25 menit ya.



Nah, sebenarnya mudah tinggal cemplang cemplung kan tapi cucian piringnya itu loh huahauahahaa. Oh ya bisa juga ditambahkan wortel ya. Hasilnya kata pak suami sih enak :p cuma nggak tau gimana kalau kata mas Anang. Di resep asli ada santan, tapi saya skip aja. Siomay puas makannya kalau bikin sendiri namun tuan putri akan lelah LOL. Yaudah ya semoga ada resep selanjutnya.^^ Semoga bermanfaat ya Resep Rumahan Siomay Tanpa Ikan ini, ngemil siomay sambil mantau Bjorka. 😄

Komentar

  1. Wih mantep ini enggak ada ikan, ada udang dan ayam bisa jadi solusi apalagi buat yang enggak begitu cocok atau punya alergi sama ikan. Kalau aku mungkin lebih seneng tuna hehe, mantep enggak tuh. Terima kasih resepnya bisa dicoba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbaaa, udang dan ayam atau bisa juga ayam aja jg enaaak

      Hapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)