Resep Kwetiau Goreng Yang Maknyus

Resep Kwetiau Goreng Yang Maknyus ~ Camilan adalah PR kedua setelah pertanyaan masak apa hari ini? Bekal anak pertama tertolong oleh ibu catering tapi snack untuk jam 9 harus saya sediakan dari rumah. Banyak kepala beda juga seleranya. Anak kedua hanya perlu snack karena jam 11 bisa pulang sekolah. Jadi saya perlu menyiapkan untuk keduanya. Baguslah kedua kakak ini ada beberapa menu favorit yang sama. ALHAMDULILLAH banget kan. Capslock jeblok. Jadi kwetiau tuh favorit mereka. Nah kali ini saya mau sharing resep kwetiau goreng.



Kalau biasanya beli di abang mie tektek kwetiaunya bestie sekali dengan minyak, sekarang saya buat less oil. Huhu. Buat yang mau kayak abang mie tektek tinggal main di micin dan minyak yang cukup banyak. Nggak ada yang nggak bisa, asal sobatan dengan micin :p.  Cuma yang masak dimari enggak mau aja.

Beli sebungkus kwetiau di tukang sayur, porsinya bisa untuk 5-6 orang sih. Jadi kalau usaha kwetiau goreng lumayan nih 😄 asal bawang cabai telornya tuh nggak mahal ajeee #ehh.

Kwetiau goreng salah satu makanan favorit saya juga, cumaaaa kalau udah makan sama anak-anak, nyerah deh. Mereka tuh doyan banget, kwetiau di seblak yang pedasnya wow pun mereka bela-belain. Lahap makan kwetiaunya.

Chinese food seperti Indonesian food deh kalau di rumah kami tuh. Ada yang sama juga pasti kan? 

Kwetiau goreng Solaria kala itu, aih udah lama banget, yang udah pernah ke Solaria cuma anak pertama. Heheuu.


Baca Juga : Masak Cepat, Sehat dan Enak

Kwetiau enak pakai tauge dan caisim atau pokcoy ya. Tadi pagi saya bikin pakai caisim dan tauge. Saya cek resep yang kayaknya maknyus gitu, seperti biasa berkutat dulu sebelum masak. Saya nyari resep yang pas dan bahannya juga selagi ada di dapur. Langsung meluncur deh kali ini nggak pakai kemiri dulu. Saya hanya pakai bawang putih. Ini dia resep kwetiau goreng yang maknyus:


Bahan untuk membuat kwetiau goreng:

1 bungkus kwetiau basah  (5-6 porsi)

3 butir telur ayam orak arik

2 genggam tauge

Caisim (beli 2 ribu) potong-potong

7 butir bawang putih geprek halus

4 sdm kecap manis

3 sdm kecap asin

2 sdm minyak wijen

3 sdm saus tiram

1/2 sdt garam

1 sdt teh kaldu jamur

2 sdm minyak goreng untuk tumisan


Cara Membuat Kwetiau Goreng:

1. Rendam kwetiau di air hangat 5 menit sampai tidak kaku lagi lalu tiriskan.




2. Campur racikan minyak wijen, kecap, saus tiram.



3. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih sampai harum.

4. Masukkan sayuran tauge dan caisim, tumis sampai sedikit layu



5. Masukkan kwetiau lalu masukkan racikan kecap dan minyak

6. Beri garam dan kaldu

7. Koreksi rasa




Kwetiau sebungkus yang dipakai, yang ada tulisan Kalimantan. Porsinya gede juga ya ternyata. Mungkin kalau di abang mie tektek bisa 3x masak. 

Alhamdulillah udah jadi deh kwetiau goreng yang maknyus rasanya. Hmmm. Di beberapa resep ada yang pakai minyak ikan, nah saya nggak ada nih minyak ikan di rumah. Tapiii begini aja udah enak di lidah kok. Mungkin temans juga mau mencoba, yuukk masak ini.

Karena buat anak-anak dan selera saya pedas, jalan ninjaku adalah pakai saos terpisah atau irisan cabai ya. Semoga bermanfaat ya resep kwetiau goreng maknyusnyaa dan selamat mencoba ya^^


Komentar

  1. Ihhhhh jadi pengeeen kwetiau 😄😄😄😍. Udh lama nih mba ga makan itu. Dari semua varian mie Yaa, fav ku kwetiau sih. Mau yg khas Indonesia, khas China atau khas Malaysia. Rasanya beda2 soalnya. Tapi semua ENAAAK 😄.

    Belanja mingguan nanti, mau beli kwetiau ah 😍

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)