Ini Dia 4 Masakan Hemat Di Tanggal Tua

Ini Dia 4 Masakan Hemat Di Tanggal Tua ~ Perkara masakan yang tak kunjung selesai ya bund, sebagai emak harus merotasi menu masakan biar anak-anak nggak pada bosan. Yaah begitulah kehidupan hehe. Masak apa ya enaknya hari ini? hal yang masih selalu menghantui membayangi kala mau tidur, bangun tidur, sepertinya PR abadi para ibu. LOL. Belum lagi ditambah krucil minta camilan. Ibarat sekolah, pengayaannya emak ada lagi nih selain menyiapkan masakan juga camilan. Namun gimana kalau dapur harus ngebul tapi hemat di tanggal tua? Apa benar bisa hemat, iyaaa hemat dong jatuhnya kalau masak untuk porsi anggota keluarga yang banyak seperti kami. Biasanya saya memiliki menu andalan untuk masak tetap asyik dan hemat di tanggal tua, kira-kira apa aja ya? Yukk lanjuuut sekroool ke bawah.


Ini Dia 4 Masakan Hemat  Di Tanggal Tua


Semenjak sekolah mulai tatap muka lagi, Kaina  makan siang dengan katering yang sudah saya pesan. Alhamdulillah dia mau dan cocok, setidaknya ada aura yang berbeda deh ya kala sekolah. Dan saya juga nggak repot menyiapkan bekal, hanya membawakan snack alias camilan ringan untuk jam istirahat pertamanya. Karena sekolahnya kan pulang selepas Ashar jadi ya kudu ada sesuatu yang membuatnya bersemangat, seperti makanan yang dimakan. Okay, ternyata nggak hanya kakak yang butuh camilan, adik yang TK dan adik cilik yang belum sekolah juga butuh camilan haha. 


Baca Juga: Ide Camilan Tanggal Tua


Dengan menghemat belanja masakan, anak-anak bisa jajan camilan juga. Bahannya mudah dan tentu minyaknya cuma perlu sedikit.

Apa aja ya masakan hemat dan tetap enak di tanggal tua.


Soto Ayam

Setuju kan kalau soto ayam bisa menghemat budget tapi tetap enak. Apalagi cuaca nggak menentu gini, anak-anak bisa kena radang kalau makan masakan yang digoreng terus menerus. Kuah soto ayam yang segar mewarnai hari itu ditambah pakai bihun, uwh anak-anak suka sekali, minta kuahnya yang banyak biar bisa seruput yes. Sebenarnya soto ayam enak sekali pakai ayam kampung, berhubung tanggal tuir jadilah ayam potong biasa namun pilih yang fresh ya^^.


Ini Dia 4 Masakan Hemat  Di Tanggal Tua



Tahu Masak Kuah

Tahu diiris dan dimasak kuah, sedap sekali. Apa sih ini nyebutnya ya? Di dekat rumah ada yang jual tahu putih lembut sebungkus 6 ribu ada 2 buah tahu ukuran sedang.. Masak ini tuh praktis, cuma tumis bawang putih dan tambahin daun bawang. Kuah beningnya nikmat. Anak-anak suka juga saya kasih sarapan ini. Nah bisa juga pakai campuran bakso yaaa.


Ini Dia 4 Masakan Hemat  Di Tanggal Tua



Mi Tek Tek

Bikin mi goreng telur ditambah bakso dan sayuran secukupnya supaya nggak diprotes anak sayaaah. Masakan ini jadi penyelamat dan melupakan sejenak perut yang krucuk-krucuk. Mie tek tek spesial karena jadi menu kala pagi, siang dan malam juga cucok. Pokoknya bahagia deh kalau ada mie tek tek :p.  Misalnya siang nggak pakai ayam krispi, sore harinya bisa dikasih mie tek-tek dan ayam krispi biar ada beda walau sedikit.


Ini Dia 4 Masakan Hemat  Di Tanggal Tua



Ceker Pedas

Menu yang ini sih punya emaknya ya. Ceker pedas waktu itu dibuat karena ada sisaan ceker dari sop. Ceker pedas banget kalau pakai cabai rawit orange, misalnya anak-anak di rumah sedang belajar menu pedas, pakai cabai merah biasa aja, yang gendut-gendut nggak pedas biasanya. Kalau nggak ada cabai merah besar, cabai merah kurus bisa dibuang dulu bijinya.


Ini Dia 4 Masakan Hemat  Di Tanggal Tua



Selain 4 masakan tadi ada juga Sop Ceker, menu ini sering hadir nih di kala tanggal tua heheu. Ada yang sama nggak? Etapi di tanggal muda menu ini sih favorit juga ya. Biasanya sayuran terpisah dikukus sendiri atau hanya pakai daun bawang tok. Sop ceker juga nggak memerlukan banyak minyak, kalau yang suka tumisan bawang dengan minyak yang banyak, silahkeun ya. Untuk emak bisa menambahkan irisan cabai.

Masak memang sering bikin hemat tapi lelahnya itu pas cuci piring ya?. Bisa juga jadi lebih mahal kalau menunya daging :p. Tinggal pintar-pintar atur dan memilih bahannya. Mungkin menu di atas cocok di keluarga saya tapi tydac cocok di keluarga lain. Pengalaman saya masakan hemat ini bisa saving budget yang pada akhirnya bisa jajan camilan deh. Kalau kamu apa sih masakan andalan yang bikin hemat, sharing di kolom komentar yukk.

Komentar

  1. Tahu kuah ini jadi favorit sih karena mudah dan rasanya enggak aneh-aneh cocok sama semua lidah di rumah termasuk anak. Di tanggal tua memang harus hemat banget karena keuangan menipis, tapi kadang malah di akhir bulan yang banyak kepincut sama makanan dan banyak pengeluaran hmm. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  2. Mbak masakannya ada 5 aku hitung, bukan 4 hihi..apa karena ceker pedas bahannya sisaan sop celer ya ngitungnya...Apapun aku setuju, ini semua juga menu andalanku , dah laris manis, enak dan hemat budget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim5:49 PM

      Iyaaya benerrr 🤣

      Hapus
    2. udah aku perbaiki mba Dian, makasih yaaa^^

      Hapus
  3. Biasanya saya bikin ayam goreng bumbu kuning. Karena dari 1 potong ayam bisa diolah macem-macem. Bisa digoreng, dicampur ke nargor/migor, dll.

    BalasHapus
  4. Yang ceker pedas kayaknya enak pas tengah bulan, karena ga bisa makan 1-3 ceker sekali makan. Jatuhnya malah boros. 10 bisa sekali habis berdua. Apa saya yang suka banget ya. Hihihi

    BalasHapus
  5. Pertamaa kalau dirumahku pada suka tempe iris tipis goreng tepung yummyyy....anak suami sukaa ksh kecap beres deh mak...
    Lanjut telur ceplok atau di bikin nasi goreng.
    Ayam goreng sayurnya paling sop bakso.

    BalasHapus
  6. Wah soto ayam sama tahu kuah itu menu andalan aku banget kalau tanggal tua hahaha, sehat plus biayanya juga ngak mahal apalagi soto ayamnya di suwir-suwir, jadi ayam 1 bisa dapat banyak selain segar juga cocok buat camilan anak-anak kalau pas ngak ingin makan berat.

    BalasHapus
  7. Wah iya asik juga ini
    Bisa tetap hemat di tanggal tua
    Aku kok pengen masak tahu kuah ini
    Segar gitu..
    Anak anak juga suka pasti ini

    BalasHapus
  8. Kok jenis makanan kita hampir sama sih kalau ditanggal tua, hahahahaa... Tapi aku biasanya lebih sering masak yang berkuah gitu sih, sekalian masukin aja lauknya disitu deh.

    BalasHapus
  9. Enaaakk banget~
    Kalo tanggal tua memang suka puyeng ya.. mau masak apa yang enak, tetap sehat dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan keluarga.

    Fave banget bikin soto atau sop.
    Banyakin kuahnya jadi bisa dimakan sehari 2x.

    BalasHapus
  10. Khusus untuk soto ayam, kalau benar-benar lagi bokek, ayamnya bisa diganti kaldu ya.

    BalasHapus
  11. Masakan berbahan tahu tempe tuh emang penolong banget di tanggal tua hehe Variasinya juga bisa macan-macam ya.. tinggal disesuaikan dengan selera..

    BalasHapus
  12. Aku sempat menawarkan catering sekolah ke Hammam, tapi dia nggak mau. Maunya yang dimasakin mami aja. Haha, ya sudah. Akhirnya masak mulu deh, yaaa. Tapi bener deh tanggal tua tuh bikin emak-emak mikir keras, masak apa ya yang hemat? LOL. Btw aku juga suka bikin tahu kuah gitu, tapi dikasih daun sawi hijau. Amboooi sedapnyaaa.

    BalasHapus
  13. Menu masakan di rumah di tiap tanggal tuh gak jauh beda. Makan ayam malah kalau lagi ada duit dan itu random. Maklum kuli, bukan pegawai yang gajinya bulanan

    Tapi kusuka ceker pedas. Bikin banyak sekalian karena semua orang di rumah suka

    BalasHapus
  14. Toss kita mba, untuk yang tahu ada kuahnya itu paling gampang. Segar dan udah pasti enaknya deehhh... semua anggota keluargaku suka.

    BalasHapus
  15. Wow.. meski menu hemat tapi tetep menggoda selera ya, Mbak. Ceker pedesnya pengen tak comot satu, deh. Hihihi.
    Kalau aku kayaknya tiap hari menu hemat deh, Mbak. Soalnya menuku ya gitu-gitu aja sih. Hahaha.. gak kreatip aku tuhh :D

    BalasHapus
  16. Saya suka tahu kuah campur bakso atau kalau baksonya mahal bisa pakai ceker ayam sekalian. Anak-anak suka sekali makan ceker ayam, tapi kalau pakai ceker ayam di keluargaku jatuhnya mahal. Soalnya saya sama suami tidak suka ceker, jadinya bikin lain dan tidak hemat tentunya karena menunya nambah wkwkwk.

    BalasHapus
  17. Soto ayam ini menu andalan saya saat kantong lagi cekak mbak. Cukup 2 potong ayam aja, di suwir-suwir sudah bisa buat seluruh anggota keluarga hehehe....

    BalasHapus
  18. Ya 4 masakan yang disebut diatas pas tanggal tua cucok ya dibikin menu untuk keluarga. Selain bahannya mudah dan harga terjangkau juga rasa tak mengecewakan nib...

    BalasHapus
  19. Mie tertekan favorit bukan hanya pas tanggal tua tapi juga ketika pengen wkwk. Beli mie telor bikin pake cabe yg banyak.. hihi

    BalasHapus
  20. Mie Tek Tek ini menu yang sering hadir di rumah saya. Apalagi kalau tanggal tua. Selain itu, menu yang praktis di keluarga kami pas tanggal tua ya mendoan. Hihihi

    BalasHapus
  21. Pas tanggal tua saya biasanya pinter-pinter ngolah tahu tempe tambahin telor sama sayuran. Hehe
    Mie juga sih, selalu sedia terus dibumbui sendiri

    BalasHapus
  22. Nah aku tuh kalo udh tgl tua, suka bikin masakan yg udh jadi satu antara protein dan sayurannya mba 😁. Kayak sop, soto, tumis buncis pake daging giling.

    Tapi skr ini anak2 lagi doyan banget Tahu bungkus Nori campur jamur shimeji. Resepnya gampang juga, dapet dr akun IG Jevoodz. Resep2 dia aku suka deh, Krn simple dan gampang. Kebetulan jamur juga banyak di asar Deket rumah, jadi lumayan murah .

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)