Cegah Infeksi Luka Dengan Betadine

Cegah Infeksi Luka dengan Betadine ~ Mending sakit hati apa jatuh dari sepeda? ah keduanya tidak akan enak dipilih karena sama-sama menyakitkan bukan?! Dulu tuh pas masih kecil jatuh saat lari-larian, jatuh dari sepeda, dan masih banyak lagi deh jatuh lainnya sebelum kenal sama yang namanya jatuh cinta HAHA. Jatuh ketika belajar itu hal yang wajar, meski sakit tapi tetap harus diobati. Sebagai seorang ibu saya pun khawatir bila anak-anak terjatuh apalagi sampai terluka. Kadang suka melarang sampai suara serak :)) apalah daya, kadang mereka mengingat dan hati-hati. Namun ancaman serta tantangan di luar juga datang tiba-tiba. Contohnya, anak didorong oleh temannya tanpa sengaja dan mengakibatkan luka.

Cegah Infeksi Luka Dengan Betadine


Kalau kejadian luka berdarah gitu biasanya pakai Betadine atau plaster ya. Pengalaman anak-anak jatuh saat bermain lalu ada luka berdarah. Paling histeris sih saat mandi. Belum juga mandi, yang punya luka udah nangis-nangis karena ketakutan perih saat terkena air. Saya juga pernah mengalami ini nih, luka di dengkul karena jatuh dari sepeda. Jadi kalau mandi tuh kaki saya yang luka diangkat, supaya tidak kena air. HAHA. Ah kalau diingat, luka kecil yang tak seberapa dibanding luka-luka kehidupan lain, seperti dikhianati.:P

Oh well, kalau punya luka, jangan sampai lukanya jadi infeksi ya. Memang bisa gitu infeksi? Iyaa banget. Dikutip dari website hellosehat, mikroorganisme bisa masuk melalui beberapa cara, seperti kontak langsung melalui tangan yang belum dibersihkan ketika menyentuh luka, penyebaran lewat udara yang terkontaminasi dan mengendap di luka, serta kontaminasi sendiri dari bakteri yang sudah ada pada kulit yang masuk ke dalam luka. 

Ternyata ada beberapa hal juga yang menyebabkan luka mudah terinfeksi diantaranya dihasilkan dari tusukan, seperti paku atau pecahan kaca, luka timbul akibat gigitan manusia atau hewan, tidak segera dibersihkan atau dirawat setelah terjadi. 

Pengalaman memakai Betadine udah dari lama deh pokoknya, warnanya merah, suka menyebutnya dengan obat merah ketika zaman dulu. Kalau anak jatuh, jari saya teriris pisau, bahkan luka karena lecet sepatu saya juga pakai Betadine. Btw, saya melihat dari atas saat saya lahiran dengan proses sc pertama kali tahun 2013, itu saya lihat dokter memakai Betadine. Ada yang melek dan melihat proses sc juga nggak? 

Berdasarkan website https://betadine.co.id/ merupakan produk antiseptik yang dipercaya oleh masyarakat dan tenaga kesehatan di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun untuk mencegah dan mengobati infeksi. Dimulai pada tahun 1969 ketika BETADINE® menjadi antiseptik yang digunakan oleh NASA untuk membersihkan Apollo 11x hingga saat ini.

Tuhkaan, faktanya udah ada dari tahun 1969. Wah nggak diragukan lagi.

Saya jadinya nggak heran kalau saat operasi memang dipakai Betadine guna mencegah infeksi luka. Povidone – Iodine (PVPI), bahan aktif utama Betadine merupakan zat anti mikroba yang memiliki spektrum-luas dan efektif mengatasi kuman serta mampu mengendalikan penyebaran infeksi topikal bagi penggunanya.

PVPI bekerja dengan cepat mengatasi kuman penyebab infeksi, menurunkan 99,999% biofilm yang terdapat dalam kultur kuman penyebab infeksi dan belum pernah dilaporkan adanya resistensi yang bermakna secara klinis. 


Cegah Infeksi Luka Dengan Betadine


Pengalaman pakai Betadine terjadi saat melahirkan anak kedua, saya diberikan pengobatan dengan kasa yang telah diberi Betadine oleh sang perawat. Saya melahirkan normal anak kedua namun mengalami cukup banyak jahitan sampai obsgyn juga ngga bisa ngitung LOL. Posisi jahitannya kan rentan infeksi ya, harus rutin diberi kompres Betadine untuk mencegah infeksi luka. 

Saya tambahkan cara merawat luka jahitan setelah melahirkan ya.

Cara Merawat Luka Bekas Jahitan Melahirkan:

1. Pastikan cuci tangan ketika akan bersihkan luka. 

2. Area jahitan bersih dan kering. Jangan sampai ada kotoran yang tertinggal ya.

3. Kompres dengan menggunakan kasa steril yang telah diberi Betadine.




Alhamdulillah bisa cepat pulih dan kering, serta jangan lupa konsumsi makanan yang bergizi ya supaya membantu proses penyembuhan luka.

Pemakaian kompres cegah infeksi luka dengan Betadine dilakukan 2x sehari di area jahitan, usahakan setelah mandi. Nah jadi kita bisa cegah infeksi luka dengan Betadine. Sedia Betadine di kotak P3K rumah adalah hal yang kudu dilakukan. 

Komentar

  1. Betadine ini udah lama banget ya Maming, bahkan sebelum kita lahir :p

    saya juga sedia Betadine doong di kotak P3K, tapi anak-anak suka geli gitu lihatnya, udah jejeritan aja hihih

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)