Rangkaian Menu Buka Puasa Favorit

Rangkaian Menu Buka Puasa Favorit ~ Alhamdulillah masuk hari ke-5 puasa ramadhan ya. Nggak nyangka bisa melewati masa-masa pandemik 2 tahun dan sampai akhirnya bisa tarawih dan tadarus di mushola lagi. Banyak hal yang harus disyukuri selama ini, alhamdulillah ala kulli hal. Anak-anak bisa ikutan puasa, semuanya sehat. Bagi saya itu adalah the real kebahagiaan seorang emak #ahzeg. Bulan puasa, banyak pahala dan banyak juga cobaannya. Yakan? Tergantung bagaimana kita menghadapinya. Ibu sibuk menyiapkan segalanya, membagi tugas dan ingin kejar setoran tadarus. 24 jam rasanya minta nambah, selalu kurang dan tidak pernah cukup memang kalau dipikir-pikir. HAHA. Qadr Allah, saya lemah, Allah yang menggerakan hati seseorang, harus selalu meminta pertolongan Allah pokoknya di segala situasi. TITIK. Sampai bingung mau masak apa, curhat dulu, ya Allah hari ini enaknya masak apa ya? AHA.

Menu Buka Puasa Favorit


Ada nggak sih yang merasakan kayak saya, kangen masa kecil saat ramadhan. Karena. .  ya makan tinggal makan. LOL.

Sahur, sahuuuur. Kala itu kucek-kucek mata, cuci muka, triiiing, langsung ada makanan depan mata. Wow magic. Kekuatan seorang ibu memang ajaib ya. Kalau dulu mama yang masak, sekarang saya masak untuk anak-anak dan suami. Roda berputar dan saya sedang merasakan perputarannya. Kata ustadz, "semakin lelah, semakin berkah." Itulah kegiatan ibuibuuuu. Pahala datang, harus happy. Amiin.

Tahun ini anak kedua kami belajar puasa sampai dzuhur sedangkan kakak pertama alhamdulillah udah mengerti. Tentu dengan proses, nggak bisa dibandingkan karena toh bukan orang yang sama. Makanan dan minuman kesukaannya juga berbeda tapi tetap memiliki persamaan walau sedikit. #whew. 

Menu favorit yang selalu diminta adalah ayam goreng tepung, ayam krispy yang remahannya aja jadi rebutan, memicu perpecahan umat di rumah. No debat. Ayam goreng krispy tuh nggak kenal bulan puasa. Selalu menjadi favorit mereka. Seneeeeng deh kalau masakan yang kita buat mereka juga suka. Biasanya saya bikin buat mereka aja, kalau saya sendiri makan tahu dan ikan. Nah selain ayam goreng krispy, sayurnya bisa pakai tumisan aja misalnya kacang panjang ikan teri, kalau minumnya es jeruk + nata de coco. Hmmm gimana? Takjil? Tahu berontak sama sambal kacang karena nggak ada rawit ijo. Hehe.

Untuk ayam goreng krispy, saya pakai tepung terigu + tepung kentucky. Untuk ayam biasanya pakai paha ayam, kalau pas sahur saya pakai sayap dipotong 2, jadi belahannya kayak paha gitu kan. Saya juga kalau masak suka ngepas, pas bulan puasa gini. Biar nggak mubazir. Tepung kentucky bisa dipakai 2x kalau di dapur saya karena cuma beberapa potong aja, nanti tinggal disesuaikan deh. Insya Allah kalau masak mah kegagalannya minim, beda sama baking kan.

Btw, es jeruknya pakai jeruk perasan ditambah sirup jeruk. Yang pasti kalau buka puasa, minum teh hangat manis. Sama kah? Di postingan kali ini saya mau tulis serangkaian menu ramadhan saat berbuka puasa. Semoga bisa bermanfaat ya. Yuk, cek-cekkkk rangkaian menu berbuka puasanya.


Ayam Goreng Krispy

Bahan: 6 Potong Ayam 

            3 Siung Bawang Putih Haluskan

            Tepung Kentucky

            Tepung Terigu

           1 sdm Susu/Krimer (saya pakai krimer bubuk, susu bubuk full cream bisa)

            Lada

            Garam

           1 butir telur


Cara Memasak Ayam Goreng Krispy:

1. Marinasi ayam dengan bawang putih yang dihaluskan, susu/ krimer, beri garam dan lada secukupnya sesuai selera. Lalu diamkan minimal  30 Menit, lebih lama lebih meresap nikmat.

2. Campur 1/2 bungkus tepung kentucky dengan tepung terigu, tambahkan garam bila masih kurang rasa asin.

3. Balur ayam ke dalam wadah telur

4. Lalu masukkan ayam dengan tepung, cubit-cubit sampai tepung menempel pada ayam

5. Panaskan minyak dengan api sedang, masukkan ayam tunggu sebentar kira-kira 1 menit, lalu balik, sampai terlihat agak kering,  kecilkan  kompor. 

6. Masak dengan api kecil ya biar dalamnya matang. Angkat ayam, biasanya saya masak kurang lebih 20 menitan. Alhamdulillah matang sampai ke dalamnya. Saya selalu timer 😁 biar akurat

Menu Buka Puasa Favorit - Ayam Goreng Krispy


Karena pakai krimer bubuk maupun susu bubuk, jadi bisa langsung ke telur aja, nggak bolak balik gunain metode tepung basah tepung kering. Buat yang mau skip cara tepung basah tepung kering kudu coba resep ini.

Selanjutnya kita masak sayurnya yuuk, tumis aja yang gampil, yaitu tumis kacang panjang dan ikan teri. Saya pakai bahan sisa di rumah hihi. Jadi takarannya disesuaikan aja ya.


Tumis Kacang Panjang Teri

Bahan: 

Kacang panjang, dipotong sesuai selera

1/2 ons ikan teri (goreng lebih dulu ya)

4 Siung Bawang Putih

3 Siung Bawang Merah

2 buah Cabai Merah

1 sdt Kaldu bubuk

1/2 sdt Garam

1/2 gelas air


Cara Memasak Tumis Kacang Panjang Teri:

1. Iris bawang merah dan putih

2. Panaskan 2 sendok minyak 

3. Masukkan bawang dan cabai, tumis sampai harum

4. Masukkan kacang panjang yang sudah dicuci, beri garam dan kaldu

5. Beri sedikit air, sedikit saja, jangan sampai terendam, biar kacang tidak terlalu lembek, setelah airnya kering

6. Masukkan teri.

Buat yang suka sayuran kriuk-kriuk, ini mah pasti doyan deh. Patut banget dicoba karena cara masaknya mudah.


Menu Buka Puasa Favorit


Eh takjilnya mana? ups, lupa nih. Kalau takjil bisa yang murah meriah nih seperti tahu berontak. Saya pilih isiannya wortel dan tauge aja tanpa kol. Waktu itu saya beli 10 buah tahu cokelat, ada sisa tauge hasil mecel dan 1 buah wortel. Lanjut aja yuk bikin takjil tahu isi.


Tahu Berontak

Bahan: 10 Buah tahu cokelat

             1 buah wortel iris kecil

             Segenggam tauge (kira-kira segitu ya, saya beli 2 ribu bisa buat mecel dan isian tahu)

             2 Siung Bawang Putih haluskan

             2 buah Kemiri haluskan

             Lada secukupnya

             1 sdt kaldu bubuk

             1 1/2 sdt garam

             Tepung Terigu + air buat agak kental ya + 1 sdt garam + 1/2 sdt kaldu


Cara Memasak Tahu Berontak:

1. Buat isiannya dulu ya, tumis bumbu seperti bawang putih dan kemiri yang telah halus

2. Masukkan wortel setelah agak layu baru masukkan tauge

3. Beri lada, garam dan kaldu

4. Isi tahu dengan isian tadi lalu tutup dengan melapisi tahu dengan terigu yang telah diberi garam dan kaldu

5. Goreng tahu sampai kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.

Menu Buka Puasa Favorit


Semua udah dijembreng nih rangkaian menu berbuka puasanya. Sebenarnya saya juga bikin kolak biji salak tapi cuma saya aja yang suka HAHA. Alhamdulillah masak memasak kali ini lancar dan hasilnya memuaskan. ^^ 

Komentar

  1. Unik nih tumis kacang panjang teri walau terbilang aneh, tapi biasanya yang kayak gini enak. Beberapa orang pasti menyepelekan makanan itu, tapi masakan simple ini punya rasa khas. Jadi pengin, kalau ayam kayak udah sering, bosan kalau terus-terusan. Tapi, mantep memang rekomen banget menu ini.

    BalasHapus
  2. Enak nih ayam goreng buat sahur, tapi harus goreng dadakan yah biar tetep krispy. Kalo kavang teri sama tahu enak buat takjil berbuka. Coba ahhh.

    BalasHapus
  3. Tumis kacang panjang teri duh enak sekali nih, nasi hangat adalah teman terbaik tumis kacang panjang teri nih, hehe.

    BalasHapus
  4. Samaak kita mak anak-anak suka yang krunchy krunchy mulai tempe kriuk, ayam goreng tepung duhh maak tmpku susah kalau suruh makan sayur.

    Jadi kering keringan atau kukus ungkep

    BalasHapus
  5. Wah kayaknya menu ayam krispy tuh di mana2 emang paling laku yah, baik bulan puasa atau bukan. Di rumah aku juga sama nih mbaaak hehe
    Tahu berontak itu kalo di tempatku namanya gehu nih mbak, alias tahu isi toge, kadang ditambah buncis sih kalo aku mah

    BalasHapus
  6. Asiiik ada resep... Aku lagi suka ngumpulin resep2 yg gampil gini mba. Supaya ga susah masaknya ntr pas asistenku mudik 🤣.

    Naah samaaa anak kita, sukanya ayam goreng tepung. Kalo si adek nyebutnya ayam kriuk. Mau tiap hari dimasakin itu ga bosen kali tuh anak. Kita yg masak yg eneg hahahaha.

    Akupun pake tepung serbaguna juga. Tapi blm coba pakai krimer nih. Ntr ah mau cobain

    BalasHapus
  7. Wah bisa nih dicoba resepnya simple tapi dijamin nagih sih ini. Apalagi tumis kacang panjang teri sama nasi putih hangat duh nikmat sekali tuh.

    BalasHapus
  8. Eyaampun, itu tumis kacang panjang teri sama tahu berontaknya bikin kepengen deh. Udah lama gak nyicip. Nanti bikin aaaah :D

    BalasHapus
  9. Iya.. dulu itu enak banget ya pas bangun subuh tinggal duduk dan makan tapi bangun itu aja rasanya beraaat, pas udah jadi emak baru sadar kalau effort masak itu gak gampang. Huhu
    Aku juga sering masak ayam goreng, kadang ngikutin resep di YouTube dimacem2in, marinasi, atau pake cuka ala chef Devina. Nanti mau coba ah pake krimer ini. Makasih makk udah sharing resepnyaa ♥️

    BalasHapus
  10. Aku tertarik sama tumis kacang panjang pake teri deh. Kayanya enak deh. Aku contek ya mak resepnya mumpung ada kacang panjang di kulkas bisa langsung eksekusi

    BalasHapus
  11. Saya biasanya masak kacang panjang dicampur dengan udang. Next time kayakanya perlu nyobain juga pakai teri.
    Anak-anak saya juga favorit banget dengan ayam krispi, Mbak. Dicocol pakai saos sambal pastinya tambah nikmat ya...

    BalasHapus
  12. menu favorit semua itu maaaak!
    kalo di aku - harus pake risoles sayuran - kalo ga ada itu suka ada yang "kurang" ajah

    BalasHapus
  13. Aiih~
    Paling ngiler liat tahu berontak. Rasanya pasti mantul yaah.. Auto hangat di perut karena makannya pas anget-anget sama ceplus sambel ijo.

    BalasHapus
  14. Jadi pengen nyobain yang tahu brontaknya mba. Yummy banget pasti ni

    BalasHapus
  15. Kalau ketiga menu di atas disajikan untuk menu berbuka puasa saya, yang paling pertama saya santap adalah Tahu Berontak. Kemudian dilanjutkan makan beratnya, nasi ditambah ayam dan tumis kacang panjang teri. Yummy!

    BalasHapus
  16. Ketiga resepnya sangat menggoda dan saya pun beserta keluarga menyukai semua menu itu. Tinggal tambah lalap dan sambal hehehe

    BalasHapus
  17. Memasak menu berbuka yang komplit gini tuh kalau pas anggota keluarga komplit di rumah, maksimal banget rasanya. Sejak anak sulung mondok, kami serumah kalau makan menu buka dan sahur sekadarnya aja. Kebayang dia di pondok yang makan dengan menu sederhana soalnya hehee.. Yaahh kadang-kadang saja kalau ada rekues dari suami atau si adek, baru deh masak yang spesial.

    BalasHapus
  18. ih sama mba ayam krispy yang sll jadi rebutan sampe kriukannya wkwk..emang udah dikutuk nih menu ini adalah favorit buat anak-anak yah! kalau teri biasanya aku pake buat nasi goreng mba mmm yummy dah kalau ditumis kacang panjang ga jd rebutan :D

    BalasHapus
  19. selama ini goreng ayam gak pernah pakai krimer, Pasti beda cita rasanya. Ntar bikin sesuai resep soalnya anakku juga suka ayam goreng krispi

    BalasHapus
  20. Sama nih anak2 di rumah suka banget ayam crispy . Kalau gorengan favorot emaknya

    BalasHapus
  21. tahu berontak ini mirip tahu isi ya mba? kalau iya, berarti itu makanan favoritku selama bulan puasa. tapi aku enggak sempat bikin jadinya beli. hehehe

    BalasHapus

  22. Ayam juga favorit di keluarga kami. Eh. Baru tahu lho masak ayam krispinya pakai susu cair. Pasti tambah gurih dan empuk ya. Besok coba dipraktikan ah...

    BalasHapus
  23. lezatos semuaa makcann... buat bocah pasti ga jauh dari yayam goyeng ya. kalo tumis kacang panjang aku skip terinya, paksu ga doyan teri (padahal akuh doyan bngt hehe)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)