Menu Praktis Untuk Anak Semangat Sahur

Menu Praktis Untuk Anak Semangat Sahur ~ Menjelang hari ke 11 ramadhan rasanya udah galau nggak sih nyiapin menu makanan berbuka dan sahur buat anak. Eh itu sih saya doang kali ya? Kemarin sempat bikin kuker sendiri untuk pertama kalinya, alhamdulillah hasilnya nikmat. Sampai saya umpetin tuh toplesnya buat difoto dulu. Huhu. Insya Allah ntar bikin blogpostnya juga. Btw, anak-anak kan kalau sahur suka nggak semangat. Mata mereka lengket banget kayak orang nggak tidur seabad. Kudu putar otak gimana caranya biar anak-anak semangat sahur, semangat puasa. Sebagai emak saya juga harus menyemangati diri sendiri kan #loh. Masih mencoba menyelami tentang jadi dewasa gini ya rasanya. LOL.


Menu Praktis Untuk Anak Semangat Sahur


Buat anak-anak semangat berpuasa apalagi pas saat sahur, PR banget, nah saya menyiasatinya dengan masak makanan yang mereka suka. Tapi yagitu kan jadinya sayur tak tersentuh. Apa tiap sahur mamaknya harus khotbah tentang manfaat sayur? Tantangan jadi orang tua memang berliku nih. Kadang kalau si anak ke-2 harus diselang seling sama buah yang dia suka. Pas sahur makan nasi, terus makan buah apel atau jeruk dingin, dan ini nggak nunggu makan nasi selesai. 1 sendok makan nasi, habis itu makan buah, terus bergantian gitu aja sampai selesai. Wadidaw deh. 

Oh ya, biasanya habis sahur mereka sholat subuh di mushola lalu keliling jalan pagi bersama temannya. Balik ke rumah ya mandi terus persiapan sekolah deh. Butuh asupan yang cukup juga semangat makan. Saya sendiri setelah subuh ikut tadarus bersama ibu-ibu komplek. Cita-citanya khatam di rumah dan juga khatam yang di mushola. Amin.

Ngomongin hal yang bikin semangat anak makan, selain buah, makanan pendamping seperti kerupuk juga bikin mereka semangat sahur. Kalau minuman dingin sih jangan ditanya ya, susu dingin saat sahur, wah segarnya. Alhamdulillah sebelum subuh bisa habis walau mulut kedua orang tuanya komat kamit, nyuruh kunyah makan sahurnya. Minggu lalu saya mencoba masak nasi goreng, ini kali pertama nyoba nasgor dicampur jagung. Alhamdulillah nggak protes sih mereka. Saya juga nggak lupa menambahkan nugget sebagai tambahannya. Mereka jadi happy kan makannya. Biasanya kalau mau masak sebelum sahur, bawang telah siap, jadi tinggal eksekusi aja. Hasilnya lebih cepat dan nggak bikin saya cranky masak di waktu sahur.

Fixed nasi goreng ala hotel jadi menu praktis untuk anak semangat sahur. Berikut ini saya sertakan resepnya ya nasi goreng ala hotel.

Bahan:  

4 porsi nasi putih (biasanya dikurangi sedikit karena ada karbo dari jagung)

6 Siung Bawang Merah

8 Siung Bawang Putih

1 Buah Jagung, rebus lalu pipil

3 Buah Sosis Iris (matang) 

1 sdt Kaldu Instan

2 sdt Garam

2 sdm minyak goreng untuk tumis


Cara Membuat Nasi Goreng Ala Hotel:

1. Haluskan bawang merah dan putih

2. Panaskan 2 sdm minyak goreng lalu tumis bawang yang dihaluskan

3. Masukkan nasi, jagung lalu sosis. 

4. Beri garam dan kaldu lalu aduk rata yaaa.

Nugget jadi aja ya soalnya biar praktis ngejar setoran tadarusan #alasan. Saya pun masak ini nggak pakai telor.


Menu praktis untuk sahur anak

Nasi goreng plus nugget, timun dan jangan lupa kerupuk warna warni ya. Saya kelupaan nih haha, padahal tinggal goreng aja. Insya Allah semangat makan sahurnya. Selesai masak saya langsung foto ini jam 03.00 WIB, dan lanjut deh 03.30 bangunin anak-anak buat makan sahur.

Ada juga yang udah nyoba masak seperti di atas ? atau ada menu andalannya buat anak semangat puasa, komen di bawah ya๐Ÿ˜Š biar saling tau^^. Terima kasih ya semoga bermanfaat. 

Komentar

  1. Nah, mantep gak tuh nasi goreng plus nugget bisa jadi makanan yang menggugah selera. Kalau sahur tuh kadang males karena ga enak di tenggorokan, nah kalau ini sih ga bakalan nolak deh. Terima kasih resepnya.

    BalasHapus
  2. Masya Allah mbaak luar biasa nih, abis masak langsung cuss foto di jam segitu. Kereen. Tapi setuju sekali mbak, nasi goreng ini penyelamat banget saat sahur. Next mau coba pakai jagung juga karena anak-anak suka jagung. Ditambah nugget waah bakal nambah makan anak-anak.

    BalasHapus
  3. anakku nih untuk sahur agak tricky, maunya ayam goreng, tempe orek, dan paling mentog mie instan rebus pakai 1 cabai rawit domba

    BalasHapus
  4. Wah anak aku suka banget mba nasi goreng. Bisa nih dicoba idenga buat sahur anakku biar semakin semangat dan lebih cepet lagi dia nyelesain makannya.

    BalasHapus
  5. Pernah sekali coba nasgor buat sahur tapi kurang cocok, mbaa. Padahal simple yak tinggal kupasin bawang pas malamnya.

    Anakku suka kuah seperti bakso atau soto. Porsinya dikit aja asal ada yg masuk. Disuapin sambil merem. Hehehe

    BalasHapus
  6. Saya belum pernah bikin nasi goreng dicampur dengan jagung. Sepertinya menarik dan enak ya. Lain kali coba saya campur nasi gorengnya dengan jagung, deh!

    BalasHapus
  7. Selama puasa ini saya belum bikin nasi goreng mbak. Wah enak juga kayaknya nih menu nasi goreng buat sahur, masaknya cepat pula

    BalasHapus
  8. Percis kesukaan anak saya juga nih. Nasi goreng dengan nugget. Emang gak bosen tapi sesekali saya inisiatif aja mengganti atau nambah campuran lainnya dikit dikit

    BalasHapus
  9. Nasi goreng memang menu yang praktis dan hemat, plus enak. Saya juga makin semangat sahurnya kalau ada nasi goreng.

    BalasHapus
  10. Pilihan buat sarapan nih mba resepnya juga sama anak2 suka banget...

    Pas sahur kemarin Juga buat Aku jadi menu favorite di rumah

    BalasHapus
  11. Wah iya, nasi goreng jadi andalan untuk jadi hidangan santap sahur anak anak ya mbak
    Buatnya juga mudah dan cepat

    BalasHapus
  12. Hepi banget puasa kali ini aku di rumah ibuk, jadi sering di masakin menu sahur yang sederhana tapi bermakna banget mba. Jadi kangen makan nasgor nih

    BalasHapus
  13. Anakku kurang makan nasi apalagi sahur bun. Sukanya si adik kebab atau roti sosis.

    Kakak kesukaannya beda, yang berbau kejuu spt brulle mozarella, cordon blue dia suka.

    PR ya bunn menjadi ibu mikir menu anak sama bangunin. Tapi ada makanan kesukaan bersama yaitu gadho tempe๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  14. Abis lihat ini di IG mba Uci aku langsung bikinin anak-anak nasi goreng buat sahurnya. Dan beneran emang mereka jadi semangat.

    BalasHapus
  15. Semangat ya nak anak anak biar tetep hepi di bulan ramadan apalagi kalau sahurnya enak

    BalasHapus
  16. ini menu makanan yang menggugah semangat sahur anak, maak. sesuai rikues anak2 kadang lebih bikin semangat, yaa. orang tuanya, sih, ngikuut aja. xixixi

    BalasHapus
  17. nasi goreng emang ga pernah salah deh kalo buat sahur, praktis, ngenyangin juga ya, hihi. apalagi ditambah jagung, plus sosis atau nungget, bikin anak2 makin semangat sahurnya

    BalasHapus
  18. kupengen masak nasi goreng sampe skr belum kesampean hehehe

    BalasHapus
  19. Nah ini menu favorit anakku, makan ala nasi goreng hotel. Karena selama ini beli dan doyan banget, jadi pengen deh bikin sendiri biar semangat sahur

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya ๐Ÿ™‚
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)