Kastangel Renyah Anti Gagal Untuk Lebaran

Kastangel Renyah Anti Gagal Untuk Lebaran ~ Sebulanan ramadhan biasanya menjadi pengalaman dapur yang cukup panjang. Saya tidak terlalu rajin berjibaku di dapur dalam kesehariannya. Masak memang menyenangkan tapi tidak untuk dilakukan setiap harinya sih :p. Tapi kalau dibanding baking, cooking is more fun. Cuma karena ada tema ngeblog yang saya suka nih dari Kumpulan Emak2 Blogger jadi saya ikutan meramaikan plus karena dikasih otang sama eyangnya anak-anak. Kali ini saya coba keluar dari zona nyaman yaitu nge baking. Jujurly menjadi pengalaman baking pertama saya. Alhamdulillah ada bapack suami membantu mencetak kastangelnya.


Kastangel Renyah Anti Gagal Buat Lebaran


Dulu-dulu sih saat kecil ikutan baking cuma ngebentuk kue lebaran aja. Dan ini momen keluarga dari mama saya. Tradisi yang nggak bisa dilupain deh.

Menjelang lebaran biasanya kami berkumpul 1-2 hari di rumah nyai alias nenek saya. Dan di sana kami membuat kue kering lebaran seperti nastar, kue keju atau kastangel, putri salju, kue kacang, biji ketapang, wah pokoknya bertoples-toples deh dari setelah subuh hingga adzan maghrib masih ngebul dong. Luar biasa kan. Kadang sambil bercanda, kadang juga cranky karena nunggu kapan datangnya si adzan maghrib.

Setelah menikah saya udah jarang menemani mama buat kue karena anak-anak masih belum bisa ditinggal. Mungkin 2 tahunan lagi saat Ugo udah 5 tahunan. Meski nggak ngueh bareng mama tapi mama selalu membagi kue-kuenya. Sedangkan saya hanya membeli dari tetangga dan kerabat untuk diberikan ke mama dan ibu. Jadi kita tuker-tukeran kue deh haha. Ibu mertua juga gitu, saya kasih kue dan ibu juga kasih saya kue. 

Kemarin itu sempat bikin kastangel 2x, saya bawa 1 toples ke mama dan ke ibu buat dicobain. Rata-rata pada suka sama hasilnya, ngeju renyah tapi kalau ibu mertua agak kurang cocok karena kurang mede dll. HAHA ibu mah memang dewa. Tapi nggak apa-apa, soalnya anak-anak saya semuanya suka kastangel ini. Dan kakak ipar juga nanya resepnya, sesuai selera dia, cocok, jadi katanya mau rebake.

Kue kering saat lebaran ada nastar dan kastangel yang nggak pernah absen. Anak-anak suka keju begitu pun pak suami. Kastangel yang disukai tuh yang ngeju dan renyah gitu. Nastarnya saya udah pesan di tetangga sedangkan kastangel tahun ini bikin aja hyuuuk. Kali ini saya memberanikan diri buat bikin kastangel.

Seperti biasa kalau mau cari resep tuh harus cek n ricek juga, hasilnya suka ada di cookpad, seberapa banyak tingkat kesuksesannya hihi. Dan udahlah kalau resep dari mbak Endang JTT, saya sering recook dan memuaskan^^. 

Berikut resepnya ya Kastangel Renyah Anti Gagal Untuk Lebaran

Bahan:

- 100 gram mentega (saya wysman)
- 200 gram margarin (saya blue band, bisa yang biasa atau cookies, sama aja)
- 2 butir kuning telur suhu ruang
- 1 butir telur suhu ruang
- 300 gram keju cheddar parut dan sisihkan 8 sdm (saya pakai keju Edam)
- 2 sendok teh vanilla extract (optional)
- 2 sendok makan susu bubuk (optional)
- 100 gram tepung maizena 
- 350 gram tepung terigu serba guna (saya segitiga biru)
- 1 butir kuning telur untuk mengoles (saya dapat kuning telur yang orange banget, cantik, atau temans bisa pakai telur bebek)
- Kertas Baking untuk melapisi loyang

Kastangel Renyah Anti Gagal Buat Lebaran



Cara membuat:
Parut keju terlebih dahulu ya, jangan lupa kupas kulitnya yaa. Setelah parut taruh di wadah.

Kastangel Renyah Anti Gagal Buat Lebaran



Ayak terigu, maizena dan susu.
Siapkan mentega, margarin lalu kocok dengan mixer sampai warnanya putih pucat ya.

Kastangel Renyah Anti Gagal Buat Lebaran


Lalu masukkan satu per-satu telur. 

Kastangel Renyah Anti Gagal Buat Lebaran




Kuning telur yang pertama dulu lalu mixer sampai tercampur rata, baru kuning telur yang ke-2. Mixer sampai rata. Terakhir 1 butir telur mixer rata. Kenapa harus satu per-satu, menurut resep aslinya memang gitu mencegah agar mentega tidak bergerindil.

Sampai warnanya putih pucat dan telur udah rata, kurang lebih 10 menitan ya proses semuanya. Masukkan keju parut lalu mixer lagi. Setelah rata matikan mixer. Tuang terigu perlahan. Aduk menggunakan spatula. 

Menurut mba Endang JTT, jangan berlebihan mengaduk karena akan membuat kue menjadi keras dan bantat. Ambil secukupnya adonan, letakkan di atas kertas baking, lipat kertas  sehingga sebagian menutupi permukaan adonan, tekan dengan telapak tangan agar agak pipih. Bisa ratakan dengan botol, kalau saya digepengin pakai tangan hihi. Ketebalannya kira-kira 1 cm aja. Olesi kue dengan kuning telur dan beri taburan keju ya.


Kastangel Renyah Anti Gagal Buat Lebaran



Siapkan loyang untuk memanggang kue, alasi dasar loyang dengan kertas baking. Panaskan oven, setting suhu 165'C. Kalau saya menggunakan oven tangkring yang ditambah pengukur suhu. Oven sampai warnanya kecoklatan. 

Kastangel Renyah Anti Gagal Buat Lebaran



Alhamdulillah dapat 2 toples bulat seperti foto di atas ya. Supaya matang dan renyah namun waktu memasak tidak sampai lama, saran saya bentuk kastangelnya jangan tebal ya supaya luarnya tidak gosong namun dalamnya juga renyah, apinya juga jangan terlalu besar.

Kastangel Renyah Anti Gagal Buat Lebaran


Yuk cobain, resep ini cocok buat pemula kayak saya. Kastangel Renyah Anti Gagal Untuk Lebaran. Semoga bermanfaat ya.

Komentar

  1. wah bisa jadi inspirasi pas lebaran nih..

    BalasHapus
  2. Kastengel memang aslinya ga pake mede kan, ya? Bisa aja deh ibu mertua

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasip mba, nggak pernah bener aku mah :))

      Hapus
  3. wah aku suka banget nih sama kastangel yang renyah, cocok banget buat cemilan, tapi yang paling suka itu suamik, jangan sampai satu toples kastangel dipegang dia, bisa bisa abis dah

    BalasHapus
  4. waktu kecil suka bantuin mami bikin kastengel. skr kulupa lagi caranya pegimana. ikutan nyontek resepnya ahh. moga ada waktu buat bikinnya. makasi ya makcann

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nggak pernah tau makgaan, cuma taunya ngebentuk doang.. ini pertama kali tes bikin sendiri huhu

      Hapus
  5. Kastengel renyah ini favorit aku loh. Bisa lupa sama diet kalo udah ada kastengel di depan mata. Mba Uci udah ada kastengel aja nih...hahaha. Mendadak ngiler.

    BalasHapus
  6. Mbak Ucig menyebut dirinya pemula, padahal udah pandai gini bikin kue, kastangel pula. Gimana aku yang belum pernah coba bikin kue apa pun haha.

    Resepnya sudah teruji ya di dapur Mbak Ucig, ini kudu dicoba ama yang pengen hasilnya bagus sesuai harapan. Kalau aku masih di taraf: Beli aja :))

    BalasHapus
  7. Ahhh baca ini berasa ngaca Mbak, memasak memang menyenangkan tapi tidak untuk dilakukan sehari2. Nah kalau cooking is fun emang bener banget ya. Ada rasa kebahagiaan tersendiri rasanya. Btw Ugo udh besar ya berrti. Ahh tandanya kita lama tak bersua nih, yuk sambil makan kastengel wkwk

    BalasHapus
  8. Wah wah, kue favorite keluarga nih. Jadi kepengen nyoba nih resep Mak Uci. Nyobain ah, siapa tahu lebih enak dari resep yang selama ini aku pake. Izin save resepnya ya.

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah bikin kue lebaran mbak. Dulu nggak ada tradisi bikin kue lebaran gini di keluarga dan masyarakat kampung saya. Saya baru kenal kue lebaran saat sudah kerja, itu juga karena ada salah satu rekan kerja, ibu-ibu senior yang nawarin pemesanan kue-kue lebaran.

    Sampai sekarang kalau pengen kue lebaran, ya pilih beli aja hehehe...

    BalasHapus
  10. Waduh, bau bau lebaran udah menguat sempurna nih kalau udah hadir kue legenda seperti kastangel ini
    Saya saved resepnya. Siapa tahu ada hidayah mau bikin hehehe

    BalasHapus
  11. oke mak aku kirim alamat yaaa. sapa tau mau kirim kastengel ke rumaaaah ahahaha. di sini udah bikin tapi ya dah habis mau bikin lagi kok males

    BalasHapus
  12. Hmm, wanginya enaak, pengen ngemilin terus nih. Cukup panjang juga ya bikin kue kastangel. Atau karena diriku yang gak bisa, jadi tampak ribet. Hihihi.

    Oh ya, btw, Mbak, aku tu takut makai mixer. Pas dia lagi muter gitu, aku kaget. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  13. Saya selalu beli jadi aja, Mbak. Gak begitu suka bikin kue hihihi. Tapi, waktu pandemi kemarin memang sempat bikin juga sedikit. Ternyata asik juga kalau ada kue bikinan sendiri

    BalasHapus
  14. Waahhh kastengel!
    Kue favorit saat lebaran
    KLO AQ tim beli aja mbak, nggak bakat baking aku tu

    BalasHapus
  15. Beneraaan...jadi inget Ibu sama mama mertua.
    10 hari kedua sudah mulai bebikinan kue, agar 10 hari terakhir bisa santuy i'tikaf.
    MashaAllah~

    Resepnya mantul...renyahnya kastangel ini kesukaan suami dan anak-anakku banget.
    Ada sensasi kreesss dari taburan kejunya.

    BalasHapus
  16. wahh untung bacanya malam-malam begini hehe
    kalo siang bakal ngiler nih
    makasih ya mba resepnya,
    aku jadi pengen nyobain

    BalasHapus
  17. Kastengel itu kue kering wajib di rumahku kalau lebaran mbak
    ibu seneng banget bikin kastengel di akhir akhir puasa
    kalau udah bikin kue, ibu suka bagiin ke temen temenku yang datang ke rumah hihihi.
    makasih rsepnya ya mbak, aku mau coba bikin juga ah

    BalasHapus
  18. Aku belum punya kue lebaran nih, bikin ya sesekali apalagi ini kastangel kesukaan aku banget. Udah lama banget ga bikin sendiri, bawaannya kok males trus hehehe.
    Semangat deh kalau ada resepnya gini, nanti aku cobain lagi buat kastangel

    BalasHapus
  19. Wah cookies favorit saya ini Kaastengel. Kalau saya buat cuma dg 3 bahan. Bikin ginian harus telaten sih ya, terutama pas nabur keju di atasnya

    BalasHapus
  20. Ya ampun..jadi pengen makan kue kastengel. Si kue kering favorit saya sejak dulu kala. Eh dasar emang suka keju sih. Bahkan lagi gak momen lebaran pun, kalau ada yang jual kastengel ya saya beli. Disantap jadi teman kopi/teh. Iyaa, beli..belum bisa bikin soalnya.

    BalasHapus
  21. Kastangel kue kering favoritku. Itu 2 toples begitu bisa aku sendiri yang habisin. Enggak ada niatan jualan mba Uci?

    BalasHapus
  22. Dulu pas masih ngantor, saya malah rajin bebikinan kastengel loh saat jelang lebaran. Biasanya ngambil waktu pas cuti puasa, bisa seharian tuh bikin untuk 2 kg kastengel. Lelahnya jangan ditanya hehee.. tapi puas banget. Tapi sekarang kok udah mulai ga mood ya bebikinan kayak gini, padahal udah di rumah aja hehee... semoga habis ini kembali semangat ah bikin2 penganan. Harus perbarui oven dulu deh, otang yang lama udah karatan saking lamanya nganggur. :)

    BalasHapus
  23. Pengen bikin takut gagal, harus cobain tips mba nih, biar ada kue kastangel pas lebaran nanti

    BalasHapus
  24. Yeaaaay aku noted dan jadi fav artikel ah, lagi belajar baking tp belum mulai2 akutuh takut gagal aja trus jd gbs dimakan huhu

    BalasHapus
  25. Ahh harus dicoba nih suatu saat nanti. Pengen deh bikin kuker buat Lebaran. Tapi tahun ini akan mudik jadi pending dulu deh hahaha. Semoga next time bisa.

    BalasHapus
  26. Aku suka banget nih sama kastangel. Bisa dicontek resepnya dong mbak.

    BalasHapus
  27. Sama mba, aku ga pernah skip kalo kastangel ini, pasti selalu ada tiap lebaran. Krn doyaaaan banget. Tapi memang susah nemuin yg bener2 enak . Aku udh cobain macam2 kastangel dari yg hrg premium, super premium Ampe biasa, rasanya juga besar2. Yg super premium pun kdg ga sesuai Ama selera kastangelku 🤣.

    Tapi so far ada 2 langganan yg aku suka bgt kastangelnya, sayang tahun ini mereka ga jualan 😅😭. Jadinya aku beli dari seller yg lain. Udahlah yg penting ada kastangel di rumah. Enaknya lagi, yg doyan cuma aku. Anak2 dan suami lebih suka putri salju 😄. Jadi aku puas makan sendiri

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)