Resep Cilok, Camilan Takjil Ramadhan

Resep Cilok, Camilan Takjil Ramadhan ~ Minyak oh minyak, baladanya masih berlanjut hingga kini. Sebenarnya apa yang terjadi sih dengan dunia perminyakan? Semoga Allah selalu mudahkan langkah-langkah kita ya apa pun masalahnya. Amiin. Sebelum minyak langka, saya juga nggak tiap  hari masak gorengan. Selang seling aja, kadang goreng kadang nggak. Kalau buat camilan, jarang bikin sih seringan beli. #pengakuan. Tapi tapiii camilan kali ini saya buat karena nggak ada bahan lain dan bismillah deh, kali pada suka ya. Jadi beberapa minggu lalu saya bikin cilok, dulu udah pernah sih bikin cilok tapi cilok kuah, yang ini cilok bumbu pecel aja. Dan rasanya disukai anak-anak, bisa buat takjil ramadhan atau resep jualan cilok nih. Yuk lanjut gimana resep ciloknya.

Btw, banyak yang berdampak dari kelangkaan minyak. Kalau orang kayak saya sih sebenarnya ada nggak ada minyak, bisa makan apa aja. Tapi gimana dengan yang berjualan, seperti kang gorengan? Pasti kesulitan mencari minyak ngaruh di usaha dagangnya. Kalau mau puasa biasanya ada para ibu yang ingin berjualan takjil, tapi tahun ini minyak sungguh wadidaw. Cobain jualan cilok gimana, pakai resep ini aja, saya pakai resep mba Endang JTT. Menurut saya gampang tapi nggak tau menurut mas Anang. Hasilnya enak kenyal, nggak alot. Tahan lama deh kekenyalannya. 

Karena ada sisa bumbu pecel, jadi saya buat cocolan aja. Anak-anak pun udah bisa menikmatinya kecuali si lanang belum terbiasa makan pedas. Resep aslinya menggunakan air kaldu, berhubung saya nggak punya, jadi pakai kaldu jamur biasa, rasanya udah pasti gurih sedap heheu.

resep cilok


Resep Cilok Takjil Ramadhan

Bahan:

200 gram tepung tapioka/sagu/kanji
125 gram tepung terigu serba guna (saya segitiga biru)
250 ml air kaldu ayam atau sapi  (saya pakai 1 sdt kaldu jamur)
2 sendok teh garam 
4 siung bawang putih dihaluskan
1 sendok teh merica bubuk
2 butir telur
3 batang daun bawang rajang halus


Cara membuat cilok camilan takjil:

  • Didihkan air, masukkan kaldu, garam, bawang putih dan merica. Rebus dengan api sedang. 
  • Aduk-aduk merata lalu matikan kompor. 
  • Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga menjadi adonan padat dan menggumpal. 
  • Hidupkan kompor dan masak dengan api kecil selama 1 menit sambil diaduk-aduk. 
  • Angkat dan lebarkan adonan di panci supaya cepat dingin. 
  • Diamkan adonan agar tidak panas, supaya telur tidak matang saat kita masukkan ke dalamnya. 
  • Cek suhunya dengan ujung jari ya, jika jari terasa nyaman walau adonan masih hangat maka adonan telah siap dicampur.
  • Masukkan telur, daun bawang dan tepung tepung tapioka. Aduk hingga rata. Uleni dengan tangan ya.
  • Adonan ini luwes nggak lengket banget. Kalau terasa lengket, lumuri tangan dengan tepung tapioka dan lanjutkan menguleni hingga kalis. 
  • Ambil sekitar 1 sendok teh adonan lalu bulatkan ya. Lakukan hingga adonan habis. Semangat ngebuletin ciloknya^^
  • Masukkan cilok dan rebus hingga cilok mengapung di permukaan panci dan ukurannya menjadi besar.
resep cilok


Ini cocok banget buat dicamil atau dijual heheu.

Walau udah dingin, dia tetap empuk nggak alot loh. Anak-anak di rumah tuh kadang picky eater kalau makanan kayak gini. Tapi mereka suka pas saya bikin pakai resep ini. Ah jadi save kudu di save ini mah. Berhubung sebentar lagi udah mau ramadhan, nyiapin list makanan apa aja yang mau dimasak buat buka puasa atau sahur. Teman-teman gimana nih persiapan ramadhan tahun ini? minyak aman? insya Allah banyak hikmahnya dari kejadian ini. Tetap semangat dan berprasangka baik.

Semoga resep ciloknya bermanfaat ya


Komentar

  1. Cilok memang makanan eh apa cemilan ya pokoknya paling favorit, sekali makan kalau udah ngerasa enak bakalan terus gak bisa berhenti. Bagusnya memang buat sendiri karena kalau beli bakalan kurang dan kadang gak cocok di lidah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)