Persiapan Ramadhan 2022

Persiapan Ramadhan 2022 ~ Alhamdulillah udah masuk bulan syaban. 11 Bulan lamanya tak berjumpa dengan ramadhan, kayaknya iman naik turunnya aduhai. Kesibukan seringkali menjauhkan kita dari-NYA. Moment ramadhan memang paling gong untuk memperbaiki amal ibadah kita. Kalau bulan selain ramadhan ya puasa sendirian, sholat seringnya sendirian, beda dengan ramadhan yang spesial karena bareng-bareng. Hawanya adem, damai tentram pastinya semangat ibadah. Ya kan?

Persiapan Ramadhan 2022


Persiapan ramadhan zaman now apakah mungkin mengincar minyak goreng yang langkanya seperti Kang Tae Moo. Yaps sekalinya hadir malah mahal tak terkira. Semoga kita dimampukan ya untuk membeli minyak goreng dan selalu dicukupkan oleh Allah amiin. Ramadhan dua tahun terakhir masih tidak seperti biasanya, status masih pandemik. Lagi-lagi berharap tahun ini bisa lebih indah dari tahun sebelumnya ya. Persiapan ramadhan kali ini bukan tentang pandemik tapi mungkin tentang minyak goreng #whew. Walau begitu persiapan ramadhan supaya puasa berjalan dengan khusyu dan lancar harus dilakukan .

Udah dari jauh hari saya sounding ke anak #2 yang akan belajar berpuasa, boleh berbuka di dzuhur maupun sampai maghrib. Saya minta kakaknya bercerita kalau puasa sampai maghrib itu rasanya ah mantaps supaya menularkan semangatnya berpuasa sampai maghrib.

Persiapan hati juga jangan lupa ya, maafkan dan meminta maaf dengan tulus. Selain itu ada 5 persiapan menjelang ramadhan lainnya yang nggak boleh dilewatkan:

Persiapan Ramadhan 2022

Refresh Teori Tentang Puasa

Saking udah lamanya enggak sekolah, teori tentang puasa kan kadang lupa ya (kamu aja itu mah ciig). Seperti syarat sah puasa, apa aja yang membatalkan puasa sampai apa aja sih yang mengurangi nilai ibadah puasa kita. Jangan sampai asal puasa tapi nggak tau rambu-rambunya. Sayang banget kan soalnya kalau puasa cuma dapat haus dan laparnya aja. Cara refresh teori tentang puasa bisa dengan youtube cari kajian yang berkaitan dengan puasa ramadhan atau menghadiri kajian offline. 


Persiapan Ramadhan 2022


Berlatih Dengan Puasa Sunah

Cek-cek hutang puasa yang belum dibayar, udah lunas? Sebelum tempur di 30 hari ramadhan, kita bisa nih latihan dengan puasa sunah. Temans udah tau kan manfaat berpuasa, kalau puasa sunah sekalian buat detoks, mantap tuh ya. Puasa sunah memang menyehatkan tubuh. Puasa sunah bisa dilakukan hari senin dan kamis.

“Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani).


Persiapkan Fisik dan Mental

Jaga kesehatan ya sebelum ramadhan, supaya stamina fit, makan yang teratur dan istirahat yang cukup. Jangan sampai euforia munggahan malah bikin capek hati #eh. Persiapkan fisik dan mental buat ramadhan sangat penting, kayak ustadz Nuzul Dzikri bilang, moment ramadhan itu lomba dalam ibadah, seperti olimpiade, jadi memang harus dipersiapkan.

Persiapan Ramadhan 2022


Tentukan Target

Setiap tahun pastinya ingin sesuatu yang lebih baik lagi ya? Targetnya ramadhan ini apa aja sih, bisa khatam baca qur'an atau menghafal qur'an. Target nggak marah-marah lagi #eh itu sih yang nulis blog nih. Target lain misalnya sedekah lebih banyak lagi. Teman-teman bisa tentukan sesuai keinginan dan kemampuan ya. Semangat berlomba dalam kebaikan.


Target Persiapan Ramadhan 2022


Menyiapkan Perlengkapan Sholat

Selain kebutuhan pangan, udah pasti perlengkapan sholat kudu dicheeeck. Apalagi kalau anak-anak udah mulai ikutan puasa kan. Perempuan mengenakan mukena sedangkan laki-laki bisa celana panjang atau sarung, tidak lupa baju koko 😁. Cuci bersih dan siap deh tarawih bersama.


Kira-kira apalagi ya persiapan ramadhan? Selain kebutuhan pangan, membersihkan rumah supaya ibadah bertambah nyaman, ada juga yang udah mulai menyusun menu untuk 1 bulan? Semoga dimudahkan ya segala urusannya. Amiin. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih telah mampir ^^

Komentar

  1. Hemm udah gak sabar, ramadhan udah dekat pasti harus mulai persiapkan banyak hal ini apalagi banyak yang dibutuhkan. Setiap mau ramadhan sih antusias banget buat nyiapin segala hal, tapi kalau udah di musim yang kayak gini perlu persiapan ekstra.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)