Resep Donat Tanpa Kentang Topping Warna Warni

Resep Donat Tanpa Kentang Topping Warna Warni ~ Judulnya donat topping. Donat kesukaan anak-anak, makanan manis ini memang benar-benar jadi senjata ampuh ya. Rasanya yang enak biasa diberi taburan gula halus atau meses. . Ugh. Nggak bakal ditolak walau dia tuh bolong. Kalau lihat ibu bikin donat udah kayak bikin telor dadar, resep sekilo juga bener-bener kilat deh. Ibu bikin donat sekilo, pakai kentang dan ragi merek fermipan 1 bungkus. Pokoknya bikin donat mah merem lah buat ibu. 




Kalau saya pernah juga gagal bikin donat. Kali ini mau cerita tentang trial donat dengan 2 tepung dan tanpa kentang. Memang resep yang sedikit dan ekonomis sekali, ini Ashika suka banget karena empyuuk. Kamu suka donat kampung juga kah? Kali ini toppingnya pakai cokelat putih diberi pewarna makanan, gimana ya rasanya? hmm.

Kalau ditanya mending baking atau cooking, hmm saya lebih sabar sama masak, kalau baking biasanya pak suami lebih sabaar haha. Membuat donat udah pernah gagal, yaampun. Donat kampung yang simple ajaaaaa. Nyari-nyari yang sesuai sama bahan di rumah.

Selama ini saya cuma tau membuat donat dengan kadar protein yang berbeda akan memperoleh hasil dan proses yang juga beda, tapi nggak pernah ngebandingin langsung. Nah sampailah pada waktu lalu, tepung yang ada di rumah ada protein rendah dan protein sedang. Seperti yang kita tau, tepung terigu ada protein rendah, sedang dan tinggi. 

Familiar dengan merek tepung segitiga biru, kunci biru atau cakra biru? kunci biru itu protein rendah, segitiga biru protein sedang dan cakra biru sendiri merupakan protein tinggi.

Kalau pakai tepung terigu cakra biru, nguleninnya lebih lama dibanding segitiga biru ya? Saya baru merasakannya loh hehe. Maaf banget nggak ada fotonya euy. Berhubung yang gemar donat kan anak-anak nih, saya bikinnya cuma setengah resep, cuma sekitar 10-12 buah deh nggak nyampe 15 buah. Jadi mana resepnya nih? Resepnya diadaptasi dari Mbak Icha.

Resep Donat Tanpa Kentang Topping Coklat Warna Warni

Bahan: 250 gr tepung terigu 

125 Susu UHT / Air biasa (Hangat)

3 sdm gula pasir

1 buah kuning telur

50 gr margarin (cairkan)

3 gr ragi instan

Minyak

Dcc warna putih

Pewarna makanan


Cara Membuat Donat Tanpa Kentang:

1. Masukan 125 ml air hangat, 5 sdm terigu, ragi, dan gula pasir, aduk searah jarum jam perlahan dengan sendok sampai larut.



2. Masukan tepung sedikit- sedikit sambil diaduk, sampai tersisa setengah ukuran.


3. Masukan satu persatu telur, susu bubuk, dan margarin. Aduk rata lagi dan tambahkan sisa tepung sedikit-sedikit sampai adonan tidak lengket lagi.




4. Uleni adonan sampai kalis elastis, tutup dengan plastik wrap atau kain, diamkan sampai mengembang 2x lipat. 

(45 menit)

5. Kempeskan adonan lalu uleni sebentar, bagiadonan berbentuk bulat, tutup dengan kain bersih, diamkan lagi sampai mengembang. Lubangi tengahnya. Kalau saya pakai tutup botol.




6. Panaskan minyak, goreng dengan api sedang-sedang sajaaah ya.




7. Lelehkan coklat putih batangannya setelah itu beri campuran warnanya. 


Ada aja tragedi bikin donat 😁 pernah tuh margarinnya kelupaan dimasukkin haha. Yaa aku dan donat, entahlah ada aja tragedinya. Anak-anak selalu semangat minta dibikinin donat jadi saya nggak kapok lagi deh.  Resep donat tanpa kentang ini jadi andalan saya 😍


Komentar