4 Kegiatan Seru Walau Di Rumah Aja

by - November 09, 2021

4 Kegiatan Seru Walau Di Rumah Aja ~ Wuh, masih seru walau di rumah aja nih? Yeah, semoga ya. Jadi belajar ngulik kegiatan seru bareng anak nih walau di rumah aja. Sekolah daring, kerja daring semua dari rumah. Maju tembok, mundur tembok huaaaa. Cranky sih pasti ada tapi nggak boleh menyerah dengan keadaan yes. Bukan begitu? Nyari ide kegiatan seru apalagi yaaaa yang bakal dilakukan hari ini. Mungkin 4 kegiatan seru di bawah ini bisa dicoba di rumah masing-masing yaa.

4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja


Kegiatannya nggak jauh dari main lalu main. Kenapa sih bermain? Atulah udah pucing kan sekolah daring, nggak ketemu guru teman-teman. Harapannya mereka nggak stres di rumah, tetap ceria dan melalui masa kecil yang berwarna walau mengalami situasi pandemik kayak 2 tahun terakhir ini.

Selain itu, bermain adalah kegiatan yang sangat disukai anak-anak. Jangankan anak-anak yakaaan, orang dewasa aja masih syuka kok, hayo, iya apa enggak?! Coba paping jawab.🤣

Anak-anak maunya main terus, nggak bisa diam. Hal yang normal kok. Anak sehat biasanya memiliki energi yang lebih banyak. Aktif deh pokoknya. Yaaa nggak apa-apa, itu tandanya sehat. Pernah kan ngerasain saat mereka sakit? lemas, lesu dan nggak bergairah. Pasif. Sedih rasanya kalau melihat mereka sakit. Rumah nggak ada nyawanya deh kalau mereka sakit, dan yang pasti nggak ada yang berantakan HAHA. Anak masih kecil, rumah udah pasti berantakan sebentar, wajar kok. Sini peluuk dulu yuuk.

Jadi mereka tuh dunianya memang main dan main melulu, seru-seruan terus. Ternyata manfaat bermain itu banyak sekali lho. .

Manfaat bermain sendiri dari yang pernah saya baca, bermain mempengaruhi perkembangan otot dan kontrol kordinasi gerak. Kemampuan motorik kasar anak bisa terlatih dan berkembang nih dengan cara bermain. Contoh melatih motorik kasar, kegiatannya kayak berlari, bersepeda, melompat itu pasti mereka sukai. Sedangkan motorik halus seperti menggunting, mewarnai, melukis, main puzzle. 

Kaina tuh pas daring juga maunya utak utik megang gunting atau ngoprek-ngoprek entah apa. Boseeen sih katanyaaa. Ujungnya kalau Ashika sih minta temenin main barengan. Masih butuh sekali perhatian karena usianya masih 5 tahun. Masih ada di golden age euy. Butuh banget kegiatan seru walau di rumah aja.


Tapi nih kan seringkali terbentur sama kegiatan harian kita sebagai buibu dalam menemani mereka bermain. Maunya sih nemenin terus yaaa, hmm yang pasti porsi mainnya harus diatur supaya mereka tetap mendapatkan quality time.


4 Kegiatan Seru Anak Walau Di Rumah Aja


Menyiram Tanaman Alias Main Air
Kegiatan seru yang nggak pernah ditolak salah satunya adalah main air. Biar airnya nggak mubazir, baiklah, ajak anak-anak menyiram tanaman yuk. Adik Ugo waktu itu suka diajak menyiram tanaman pakai botol spray, dia menyiram mukanya juga 😅 mungkin karena terlalu bersemangat ya. Kalau main air biasanya pas jam mendekati mandi sore, bangun tidur ngemil, mata udah terang dan nyawa udah ngumpul. Berangkaaaats!


4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja



Manfaat si kecil menyiram tanaman yaitu menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang terhadap mahluk ciptaan Allah salah satunya tumbuhan. 



Kegiatan Di Dapur
Terkadang saya suka mengajak anak-anak kalau lagi bukan mbak yang masak heheuu, alias saya sendiri yang masak. Anak-anak pernah diajak memetik bayam, ceplok telur, membuat mie, mengupas telur rebus juga memipil jagung. 

4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja



Tapi kegiatan ini kan agak jenuh kalau nggak dibuat challenge. Ayo coba adik dan kakak banyak-banyakan biji jagungnya yook, seruu. Kalah menang dapat pelukaaan papingnya #wheew kok pelukan sih?! Ugo dan Ashika senang banget pas diajak memipil jagung. Selesai dipipil, jagungnya dibuat bakwan ya nak. Asyiik. .


4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja



Menonton Film Masa Kecil
Masih ingat kan film di masa kecil seperti kartun-kartun tahun 90an. Saya dulu suka nonton candy, satria baja hitam, power ranger dan masih buanyak lagi. Kartu  anak doraemon juga masih eksis sampai sekarang ya. Pernah nobar kartun jadul nggak? Alias nonton bareng kartun jaman dulu.

4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja


Ini sebenarnya yang rutin dilakukan oleh pak suami. Kakak Kaina dan Ashika diajak nonton film semasa kecil paping. Mereka sangat suka kalau diajak kegiatan seru yang satu ini. Kadang suka ketawa-ketawa bertiga karena membahas filmnya. Saya sendiri nggak ikutan nonton nih karena harus meninabobokan si Ugo. Jelas deh nobar kartun masa kecil kudu dicobain karena kita juga jadi happy, kebayang atmosfer jaman dulu.


Ngegames Bareng plays.org

4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja


Setelah lelah memasak, mari kita bermain games online bareng. Ada yang suka ngegames? Kalau di rumah ya anak-anak main online games dan paping juga 😂 udah jadi we time deh itu. Terus saya sih ngelanjutin moto atau nulis blog. Sesekali disuruh mainan juga sama si kakak.


4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja



Nah kegiatan seru di rumah yang bisa dicobain adalah main di websitenya ya >> plays.org

Free gaes alias gratis. Nggak perlu bete karena anak-anak instal games ini itu. 

Soalnya plays.org tuh bukan aplikasi, tapi website games jadi dia nggak pakai instal. 



4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja
ini dia penampakannya. .


Cus, kalau mau main kita langsung aja ke situsnya. Happy, nggak kudu download, dan nggak ada adsnya dong. No iklan yes

Kadang juga males sama iklan yang ada di aplikasi games anak. Suka ngalor ngidul kan jadilah nggak tenang banget kalau mereka pada main, takut muncul yang enggak-enggak!



4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja
all categories



Selain no instal, di sini tuh ada banyak kategorinya seperti yang udah saya jembrengin di atas.
Gamesnya bisa dimainin di handphone dengan os apa aja kok, di laptop juga bisa dengan browser apa pun. Ciamiik kaaan!

Yuk cus kita mainkaaan.

Saya sempat pilih kategori word, puzzle atau education untuk Ashika. 

Kalau kakak Kaina milih sendiri aja sambil saya pantau. Terus saya coba main Aliens vs Math ngajak kakak Kaina deh. Duh jadi asah otak lagi nih menghitung bilangan. Lumayan pemanasan sambil nunggu si doi berubah 😅 #apasiiiih

Selain Fun, Bisa Educational Yakaan. Nih dia ngitung cepeet.

4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja


Biasanya anak-anak dibolehin main saat weekend aja karena weekday kan sekolah tapi masih boleh nonton. 

Eits, kalau saya boleh kapan aja dong. HAHA. Saya sendiri me time dengan bermain "DOUBLE TROUBLE IN MIRROR CASTLE". Asyik ah, keterusan sampai lupa kalau udah mau jam makan siang nih!


4-Kegiatan-Seru-Walau-Di-Rumah-Aja
Nagih main double trouble in mirror castle. .


Mau main apalagi yaa? Mario? Adaa. Siapa yang nggak tau games yang satu ini?. Dulu tuh main games console rebutan sama si kakak saya yang pertama haha. Sekarang udah bisa main lancar jaya via website, siapkan kuota ya^^. 

Cus yang mau ngegames ke websitenya, klik ini ajaaa >> plays.org ya. 

Terima kasih telah membaca artikel 4 Kegiatan Seru Walau Di Rumah Aja.
-maming-

You May Also Like

24 comments

  1. Apapun kalau dilakukan bersama keluarga seru dan heboh banget, walaupun di rumah gak akan bosan.

    ReplyDelete
  2. Sukaaakk bgt dengan Plays ini
    bener2 bisa menjadi sarana main sekaligus belajar yg super FUN dan berfaedah
    Apalagi ngga perlu log in segala, jadi makin hepiii

    ReplyDelete
  3. banyak hal yang bisa dilakukan meski di rumah aja asal dilakukan bersama-sama ya.. selain seru bis meningkatkan bonding dan menstimulasi kecerdasan anak juga

    ReplyDelete
  4. di rumah pun bisa fun ya. apa lagi ada play.org yang bisa dimainkan sekeluarga

    ReplyDelete
  5. Wah, ternyata banyak banget jenis permainan di plyasorg ini. Anak2 pasti suka ya bisa relaksasi sejenak dari PJJ yang hectic hihihi :) Mau kasih tau anak2ku juga ah. Eh buat kita nih ibu2 rumah tangga juga ada ya pilihan games lainnya? Kepengen coba :)

    ReplyDelete
  6. Baca cerita mbak Ucig di sini aku kebawa bahagia. Bahagia karena diceritakan dengan ceria dan keliatan kalau mbak Ucig tuh menikmati banget segala kelakuan anak dan suasana rumah yang berantakan. Sadar bahwa berada di dalam dunianya anak-anak yang masih kecil, penuh energi, main mulu, adalah bagian yang harus dilalui dengan rasa senang dan bahagia.

    Main game sudah semestinya sesuai usia mereka ya, dan bagusnya game di Plays.org itu banyak yang cocok untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  7. Pandemi ini mau tidak mau memaksa kita tinggal di rumah saja. Anak-anak pun belajar dari rumah. 2 * 24 jam mereka dibatasi tembok dengan aktivitas rutin. Siapa pula yang gak bosen ya mbak.

    Jadi sebagai ibu kitanya harus kreatif dalam mencarikan berbagai aktivitas agar berkurang sedikit rasa bosan mereka. Mulai dari menyiram tanaman Man, membantu ibu di dapur atau main game. Main game pasti favorit utama dan berjam-jam waktu tak terasa berlalu

    ReplyDelete
  8. Karena pandemi masih belum bener2 minggat mmang kudu pinter ya mencari aktivitas di rumah khususnya buat anak2 gtu agar mereka juga enggak bosan di rumah, salah satunya dengan bermain game sama keluarga, apalagi anak2 pasti seneng yaa
    Apalagi juga sekarang sudah banyak tersedia website game yang gratis sehingga bebas kita mainkan ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Ada game Mario juga? waaa itu mainan ku jaman kecil, dulu suka main pakai nintendo. Tp dulu kalah mulu, nggak pernah nyampe bosnya. Hahaha. ah mau cek juga ah. Seru nih bakal nostalgia lagi.

    ReplyDelete
  10. Wah noted nih plays.org. ntar kapan2 bisa aku coba buka plays.org buat maen sama anak2.
    Masa pandemi ini emang challenge banget bikin aktifitas sama anak2. Kalau kurang aktiffitas, ujung2nya screen time membengkak huhuhu

    ReplyDelete
  11. Main di Plays.org ini memang asyik, ya. Kita bisa main bermacam-macam permainan tanpa harus download aplikasinya. Kegiatan yang menyenangkan di sela-sela mengerjakan pekerjaan rumah.

    ReplyDelete
  12. Wah website game berarti lebih seru mainnya pakai PC atau laptop ya mba, bisa main bareng si kakak dan di adiknya ya

    ReplyDelete
  13. Dunia anak itu memang dunia bermain ya mbak, dengan bermain juga sebenarnya mereka bisa mengetahui hal-hal baru. Ortu juga mesti ngikuti permainan anak jaman sekarang, salah satunya dengan ikut ngegame di plays.org

    ReplyDelete
  14. Sebenarnya banyak lho kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah ya mbak
    salah satunya ya main game di plays ini

    ReplyDelete
  15. Iih...serunya.
    Anakku juga gak bisa diem kalau belajar online dan yah...suka pindah-pindah "kelas"nya.
    Kadang di meja belajar, kadang di tangga, kadang di meja kerja Abinya.
    Wes suka-suka dia aja sih yaa..

    Dan sesekali boleh banget nih main bareng di plays.
    Rasanya so happy~

    ReplyDelete
  16. Waaa, main air dan "acak-acak" dapur tu kayaknya paling disukai anak-anak. Apalagi si sulung ni lagi seneng bikin sesuatu entah minuman atau cemilan sendiri. Tapi kami juga seneng nonton film favorit keluarga, seperti The Good Dinosaur, film-film Ghibli, Coco, dll.

    Btw, kayaknya di plays.org juga banyak games edukatif yang bisa dicoba ya, Mak.. Bisa nih dimainin bareng-bareng. Pasti seru. :)

    ReplyDelete
  17. Seru banget ini bisa main game plays.org. Saya juga memilihkan anak bermain game edukasi anak. Pokoknya banyak pilihan gamesnya, free, tanpa download, dan tanpa iklan. Seru pokoknya

    ReplyDelete
  18. Wah, iay banget deh, keempat kegiatan seru bareng anak-anak ini dijamin gak bakalan bikin bosen. Ya kitanya, ya anak-anaknya. Belom pernah nih aku sama anak-anak main plays.org. Bakalan disuka kayaknya. Cus aaah. Semoga mereka nemu game yang cocok.

    ReplyDelete
  19. Cocok banget...anak-anak sekarang masih lebih banyak beraktifitas di rumah aja.. Pilihan game nya banyak juga ya... Jadi kalo bosen tinggal pilih game lainnya tanpa harus install ini itu

    ReplyDelete
  20. Anakku juga suka main game di plays.org. betah banget dia, tapi tetep aku batesin sih Mak.jujur ya,main game itu beneran seru, jangankan anak2, aku yang emak2 aja juga suka sih.

    ReplyDelete
  21. iyaa saya juga kegiatan sama anak-anak selama di rumah aja ya gitu deh. nyiram tanaman, nonton video waktu mereka kecil dulu, ikutan nguprek di dapur nyiapin makanan terus ngegame bareng. Toss kita samaan mbak.

    ReplyDelete
  22. Alien vs Math begitu masuk level Medium udah susaah, kalah deh. Hahaha

    Seru yah main Plays. Gamenya buanyaaak banget, gratis, ga perlu download juga kan.

    Btw yaa itu aku mikir kok mbak Uciggg Punya anak cewe kecil eh si Ugo gondrong :))

    ReplyDelete
  23. Kalau bisa mengakses Plays.org dijamin deh gak bakalan mati gaya meski di rumah aja. Bayangin, di dalamnya tersedia ratusan game yang bisa dimainkan tanpa perlu menginstall file game tersebut. Gratis pula~

    ReplyDelete
  24. Ngegames di Plays(dot)org ini seneng banget ya, Mbak. Gak perlu install aplikasinya. Bisa buat alternatif kalau anak lagi rewel dan bosen dg aktivitas yang biasanya.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)