4 Alasan Kenapa Suka Foto Makanan

by - November 21, 2021

Alasan Kenapa Suka Foto Makanan? ~ Siapa yang kalau mau makan sesuatu suka difoto dulu? Apalagi nih kalau makanannya fancy gitu. Sayang kalau tydac diabadikan. Kekinian kitu. Lumayan kan buat konten. HAHA. Jadi kan perkembangan media sosial cukup deras yaa, ada yang suka selfie sukaesih, ootd, landscape, foto rumah, foto makanan. Itu sih bebas ya selama kontennya nggak mengandung SARA, tanggung jawab pilihan sendiri. Kalau ditanya alasan kenapa suka foto makanan? Kamu pamer kan cig? HAHA. Udah ngaku aja.. Ya terserah deh ah, namanya juga usaha yakan. Kalau tukang foto makanan tuh kira-kira isinya ya udah pasti makanan yakan. Masa feed IG nya disuruh black and white ajaaa. Kumaha damang.


4 Alasan Kenapa Suka Foto Makanan


Suka foto makanan, yes i'am. Mau sedikit cerita awalnya nyemplung foto makanan. Dulu sih foto buat di blog lalu rutin upload makanan karena ikut upload barengan yaitu akun instagramnya upload kompakan. 

UploadKompakan, tiap hari tuh ada temanya gitu di sana. Mencoba ngikutin rulesnya dan join di komunitasnya juga. Alhamdulillah banyak manfaat yang saya dapat. Mendapat banyak teman sama seperti ngeblog. Udah gitu kan foto-foto bagus bisa jadi penunjang di blog dan berpikir kenapa nggak diseriusin ngulik-nguliknya. Pengin bisa foto cakep gimana caranya? ah tapi nggak mikir mau bisa cepat bisa. Sekedar happy-happy.  Selain uploadkompakan, banyak akun upload barengan juga loh, seperti thegaring.id.

Nyoba ikutan workshop gratis dan berbayar. Nyobain ikut giveaway, tapi cuma ikut sedikit haha karena ada prioritas lain jadi yang semampunya aja. Nggak ngoyo, udah cukup puas sama hasilnya sejauh ini. Mulai dari foto masih pakai handphone, lanjut pakai tablet, terus ada mirrorless. Mengembangkan kemampuan diri jadi versi terbaik dari diri sendiri. Alhamdulillah, sambil ngasuh 3 anak dan ngeblog. Pelan-pelan nambah properti dari uang hasil ngeblog atau nodong pak suami #whew. Nambahin beli lighting. Semuanya perlahan banget.^^

Menjaga semangat ini memang yang sulit yah. Pertama kali menang giveaway di akunnya mba Ariana tahun 2015, jadi pecutan semangat moto. Ikutan workshop fotografi free dari Sunco waktu itu disenggol makpuh Indah Julianti. Bisa ikutan Jelajah Gizi Malang 2017 dicolek teh Ani Berta. Momen belajar yang nggak lupa. Bisa dapat pengalaman plus hadiah menarik.

Setiap orang bebas berekspresi. Kalau saya lebih suka mengambil sisi positifnya nih daripada mikirin yang enggak-enggak karena akoh netty zen budiman, huhuks. Pernah nggak fotonya dipakai oleh orang lain tanpa izin? pernah. Mungkin beberapa orang menganggap foto yang diunggah di sosial media adalah milik publik, padahal bukan begitu juga sih ya. Sebaiknya kalau kenal dekat, ya izin dulu aja, nggak main asal crop.

Social media bisa menjadi tempat portfolio digital jadi pasang foto yang cakep. Eh maksudnya foto makanan yang menggiurkan. Apalagi akun sosial media buat pekerjaan? Mungkin buat beberapa orang ini nggak fun banget sih. Hey! Hidup itu kan pilihan. Tapi jangan salah, justru double fun loh ini bagi mereka. Apa yang dilakukannya selalu menjadi passion.

Waktu itu saya juga pernah baca, salah seorang foodstagram dikomen deterjen. 

"Dia sih paling pamer makanan isinya. . mana nggak pernah dibagi" 

yaampun, mau ngakak deh, netizennya bercanda apa gimana πŸ˜†.

LOL. Susahlah kalau mentalnya kayak gini. Kenapa nggak lihat positifnya aja.

Hmm, bentar deh justru kalau saya seringkali lihat instagram yang isinya makanan, jadi malah ada ide masakan. Ya nggak sih?

Sebenarnya apa alasan kenapa suka foto makanan?

4 Alasan Kenapa Suka Foto Makanan

Tuntutan Pekerjaan

Ada yang suka foto makanan karena ya memang tuntutan pekerjaan. Foto makanan alias food photographer menjadi profesi yang nggak dibilang main-main sih di era sekarang ini. Tidak hanya mencintai food photography sebagai hobi namun kamu bisa menjadikan itu sebagai ladang penghasilan loh. Seiring banyaknya produk-produk baru yang muncul, bahkan produk lama juga berinovasi, pasti memerlukan foto produk yang bagus, foto makanan yang menggugah selera. Di sini food photographer hadir.

4 Alasan Kenapa Suka Foto Makanan


For Fun

Moto makanan ya karena suka aja sih!. Cuma buat upload di sosial media kayak di instagram gitu atau di blog. Saya masih bisa merasakan foto-foto makanan for fun. Nggak malah jadi tertekan harus begini dan begitu.


4 Alasan Kenapa Suka Foto Makanan


Berbagi Resep

Foto makanan dan resep adalah pasangan serasi. Berbagi resep aja nggak cukup, butuh realnya, hasil masakan kita dengan foto yang maknyuuuus. Kalau katanya resep itu udah banyak seliweran, ngapain ngasih resep lagi? Ya gapapa mungkin buat catatan pribadi juga biar nggak tercecer.

4 Alasan Kenapa Suka Foto Makanan


Referensi Tempat Kece

Ingin teman-teman juga merasakan kebahagiaan yang sama. Mereferensikan tempat kuliner yang yahud. Setelah mencoba suatu tempat yang kece dan yang memang berkualitas ya kayaknya sayang aja kalau nggak sharing. Jepret dulu deh makanannya. Ah mantap.

4 Alasan Kenapa Suka Foto Makanan


Dari sekian banyak alasan, saya sendiri suka lihat foto makanan. Seringkali nyari ide masak dari instagram. Kalau kang foto makanan itu selalu moto tiap doi makankah? Tergantung cuaca dan kondisi, kalau udah lafar ya mana tahan. Langsung allahuma bariklanaa dong saya.

Lagian kalau nggak suka tinggal unfollow aja deh πŸ˜„ nggak bakal marah kok kalau saya #eh. Yaah kira-kira ginilah alasan kenapa suka foto makanan.

Terima kasih telah membaca ya^^ -maming

You May Also Like

17 comments

  1. Nah itulah alasan penting untuk mengambil foto makanan, hal wajar sekarang mah mau ambil foto makanan asal bukan makanan tetangga, hihi.

    ReplyDelete
  2. Naaah beneeee, aku mah kalo temen foto makanan biasa malah jadi penasaran, itu makanan apa (kalo semisal baru liat), belinya di mana, resepnya apa (kalo niat bikin). Ga malah Julid macem2 🀣. Bingung Ama orang yg suka Julid gitu ya mba. Kayaknya hidup ga bahagia gitu loh, ngeliat orang lain seneng, bawaan dia panas πŸ˜….

    ReplyDelete
  3. Foto makanan yg seliweran di IG tuh asliikk, mood booster banget buat akuu
    apalagi, kalo makanannya unik dan aku blm pernah coba.
    auto kepoooooo dan pengin buat recook atau jajan onlen :D

    ReplyDelete
  4. wah cantik cantik fotonya mbak
    klo suka berbagi resep, emang harusnya dilengkapi dengan foto foto yg menarik ya mbak

    ReplyDelete
  5. Aku sangat terbantu sekali dengan foto makanan yang cantik dan resep apalagi yang mudah dan praktis..

    ReplyDelete
  6. Kereen, Mbak. Singkat cerita, foto makanan itu selain kesenangan, bisa mendatangkan cuan *_*

    ReplyDelete
  7. Aku pengagum foto-foto makananmu say...tiap lewat aku like, memnag bagus dan kadang jadi ideku, buat masak? enggak...makan kwkwk, eh enggak, belajar moto kek gitu, maksudnya.
    Aku kagum sama kalian yang bisa sekeren itu, aku sudah menyerahkan banyak tugas moto ke anak sulungku, kerenan dia dari aku kalau moto soalnya.

    Terus semangat berkarya ya:)

    ReplyDelete
  8. Selama masih dalam kewajaran saya kira juga tidak masalah. Apalagi disertai alasan yang bisa dipertanggungjawabkan. Kalau ada yang nyinyir ya anggap saja mereka iri karena belum mencicipi makanan tersebut dan merasa diphp karena tidak dibagi. Hihi ...

    ReplyDelete
  9. Alasan diterima mak, akunlun begitu. Cuma kalo lagi makan di luar tanpa anak2. Aku suka dekat tayangnya sebab anak2 suka komen, kalo mereka gak diajak atau dibungkus,hahaha. Medsoa emak dipantau. Belakangan aku suka melibatkan anak2 kalo foto2 apalagi makanan

    ReplyDelete
  10. Bidikan gambarnya bagus-bagus mba
    Aku juga suka foto-foto makanan tapi lebih ke dokumentasi aja simpan untuk upload di media sosial yg bertema makanan

    ReplyDelete
  11. Bener kak, kayaknya sama deh dengan saya kak, keempat alasan itu sama banget dengan saya. Apalagi kalau udah foto itu senang banget, jadi pengen berbagi kalau makanannya enak. kalau buat sendiri pengen share resepnya, jadi kudu ada fotonya kan

    ReplyDelete
  12. Foto-fotomu bagus-bagus, kalau aku rasanya nggak ada bakat memotret jadinya ya fotonya standar saja buat blog huhuhu nggak estetik, aku memotret makanan biasanya buat konten review tempat makan dan juga untuk konten medsos hihihi

    ReplyDelete
  13. Aku rasanya suka melihat foto makanan tapi kalau aku sendiri disuruh bikin foto makanan tuh Kagok banget soalnya properti foto yang dibutuhkan cukup banyak juga dan beragam 🀣🀣🀣

    ReplyDelete
  14. Akutu suka bingung sama penempatan makanan agar cantik. Padahal makan di luar yang pasti platting, dkknya uda bagus. Tapi fotonya jadi B aja.
    Suka senewen. Hahah...jadi kalo gak ada keperluan buat nulis review, begitu makanan dateng, Santaaap~ ((bismillah dulu dink))

    Kalo kaya kak Ucig, tentengannya uda DSLR, nah....pro banget hasilnya juga..
    Enak gitu ngliatnya.

    ReplyDelete
  15. akuu juga penikmat foto2 makanan, hahahaha, udah kenyang bawaannya kalau liat foto. Bener banget alasan2nya mba, kenapa suka foto makanan, kadang kl pas pengin bisa tinggal liat fotonya udah terobati..

    ReplyDelete
  16. Aku nih tinggal fokusnya seneng banget foto.. tapi kadang lupa di upload atau keburu dimakan Lupa d foto🀦

    Suka banget foto2nya mba uci Makin lama makin keren..

    ReplyDelete
  17. ih itu yang nyinyir ga bagi kok komennya julid banet wkwkwk namanya juga niche food ye mba kalau aku belum mahir foto2 makanan masih belum kreatif :p

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya πŸ™‚
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)