4 Masakan Enak Diet Kolesterol

by - October 31, 2021

Masak apa ya hari ini? Sesuatu yang selalu menjadi PR buat saya, HAHA. Semakin usia bertambah, asupan makanan juga nggak bisa asal-asalan. Kalau usia di bawah 30 tahun masih suka habekkkk semua, hajar bleh buat makanan atau minuman, sekarang lebih selektif lagi. Sebenarnya pola hidup sehat itu kan memang penting cuma seringkali ketemu horengan alias gorengan bala-bala itu kayak minta kita culik, ya nggak sih? Jadi pertahanan terkadang melemah gitulah. Bikin masakan untuk keluarga juga lebih mikir banget, mungkin kalau anak-anak bisa makan apa aja ya, tapi membangun kesadaran pola makan yang sehat juga nggak boleh lupa, karena itu investasi untuk mereka. Nah berhubung di rumah ada yang diet untuk jaga nilai kolesterolnya, jadi butuh menu yang tetap enak tapi nggak bisa goreng-gorengan. Kira-kira apa ya itu masakan sehari-hari yang enak namun rendah kolesterolnya?


4 Masakan Enak Diet Kolesterol


Seperti yang kita tau ya, rebus-rebusan dan makanan yang dikukus lebih sehat. Buah dan sayur juga harus dimakan karena mereka adalah obat kolesterol alami plus rutin berolahraga, harus dicateeet ya, berolahraga nggak boleh enggak. Pasalnya, kalau kolesterol udah lebih batas harus banyak bergerak dan olahraga nggak bisa skip. Kenapa sih kalau udah parah kolesterolnya? bahayanya adalah menyumbat pembuluh darah, jadi ada risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung. Kadar kolesterol bisa dikendalikan dengan beberapa macam makanan dan minuman. Dari pengalaman beberapa waktu, yang cukup sering dikonsumsi di rumah untuk mengontrol kolestrerol secara alami adalah, kacang-kacangan, teh hijau, buah alpukat. Kalau menu makanan sehari-hari, bisa banyak banget sih sebenarnya yang enak-enak. Contohnya adalah berikut ini ya, 4 Masakan Enak Diet Kolesterol:

4 Masakan Enak Diet Kolesterol


Pepes Ikan Kembung

Pepes ikan kembung yang bumbunya banyak, udah gitu ditambah cabe, rasa pedas yang bikin mata melek buat nambah nasi. Ehhh jangan ya, nasinya secukupnya aja. Pepes ikan bumbunya banyak, segala bumbu dapur yang bungkusan di mamang sayur itu dipakek. Jangan lupa daun kemangi, tomat. Biasanya daun salamnya per ikan tuh kudu ada, jadi wangi. 


Ikan Tongkol Suwir

Pertama kali bikin tongkol suwir, dari 1 buah ikan, ternyata lumayan juga ya nyuwirnya. Waktu itu saya beli 1 buah ikan tongkol ditimbang hampir 500 gr, harganya per kilo 30 ribu jadi sama si mamang dikasih 13 ribu ajah, ya langsung bungkus buat dimasak tongkol suwir. Di beberapa resep banyak yang pakai tongkol pindang. Lebih gampang nyuwirnya ya kalau ini. Ikan tongkol suwir yang pedas jangan lupaaaah. Bumbunya ditumis nggak usah pakai minyak, pakai air aja gitu dan ikannya di kukus ya. Rasanya tetap enak kok.


Pepes Ayam

Selain ikan, ayam juga enak loh dibikin pepes. Seperti garang asem ayam, ada yang kenal dengan garang asem ? Ini juga mirip pepes karena pakai daun pisang. Bedanya kalau pepes ayam ya kayak pepes ikan aja, nggak gunain santan. Duh bawa-bawa garang asem, jadi mau. Btw, kalau pepes ayam yang ini saya menggunakan ayam kampung karena lagi ada di rumah. Tydac lupa pakai kemangi, tomat, dan bumbu-bumbu yang melimpah  yes.

4 Masakan Enak Diet Kolesterol



Patty Ayam

Namanya patty, ini tuh yang buat isian burger, patty kali ini hanya pakai daging ayam. Pilih bagiang ayam yang dada ayam aja ya karena nggak ada lemaknya kan. Tetap enak rasanya kok. Cara bikinnya juga gampil banget, daging ayam cincang halus, campur bawang bombay cincang, bawang putih cincang, lada hitam, garam dan sedikit kaldu. Kok nggak pakai tepung dan telur? nggak soalnya kan lagi diet juga heheu. Ini lebih simple banget juga resepnya. Masaknya di pan anti lengket tanpa minyak ya dan jangan terlalu lama. Kalau udah matang ya angkat aja, nanti dia keras dan jadi alot. Makannya disandingkan dengan karbo bisa pilih kentang atau nasi dan beberapa sayuran seperti selada, tomat, jagung atau wortel.

4 Masakan Enak Diet Kolesterol


Dari 4 masakan itu paling sering sih patty ayam karena terlalu gampang haha, buat saya yang riweh ditarikin Ugo kalau ngapa-ngapain. Dan maafkeun foto aslinya nggak ada nih si pepes ikan dan tongkol suwirnya heheuu. Kalau teman-teman sendiri, menu apa yang disukai dari 4 list di atas? Paling suka masakan yang mana, kasih tau di komentar ya^^. Terima kasih telah membaca artikel ini, 4 Masakan Enak Diet Kolesterol

You May Also Like

25 comments

  1. Belum pernah bikin patty ayam nih mbak, padahal mudah banget ya resepnya. Ntar kapan² bikin juga ahhhh, makasih resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa gampang patty ayam mba. Cobain yaa.. sama2 mba Lina

      Delete
  2. Molly sukaaa banget pepes ikan sama pepes ayamm. wahh, ini udah pasti sehat dan rendah kolesterol sekali mbak <3

    ReplyDelete
  3. Menunya dari ikan dan ayam ya buat diet kolesterol. Dari 4 makanan itu, kayaknya mau coba patty ayam.

    ReplyDelete
  4. YAng sering aku bikin di rumah adalah pepes ayaam dan itu favorit banget, duuuh bisa nambah beberapa kali nih, aplaagi kalo ditambah sambal plus nasi anget , makin maknyooosss.

    ReplyDelete
  5. Yang sering saya buat pepes ayam. Eh bukan pepes sih sebenarnya tapi kukus ayam. Hanya bumbunya saya lengkapi seolah mau bakar ayam di kampung gitu. Semanggi serai dll lengkap. Wangi ...

    ReplyDelete
  6. paling mudah emang pas bacanya, oh ya yaaaa diet kolesterol,
    giliran aku dihadapkan : Soto Betawi H Mamat - Sate Kambing Palmerah Kim Tek, Seafood di Muara Karang dengan aneka kepiting udang cumi,

    bubaaarrrr grak!

    ReplyDelete
  7. Saya suka pepes-pepesan, segala macam pepes. Tapi malas masaknya wekekek. Sekali-kali aja masak pepes.

    ReplyDelete
  8. Semua pepes pokoknya aku suka, terutama pepes ayam dan pepes tahu, tambah nasih hangat duh nikmat banget. Aku justru penasaran pingin nyobain bikin Patty Ayam...sepertinya enak.

    ReplyDelete
  9. wah ternyata banyak juga ya masakan diet kolesterol yang enak enak
    aku pengen kapan kapan coba bikin patty ayam

    ReplyDelete
  10. Dari 4 masakan diet kolesterol itu saya baru nyobain dua resep aja yaitu ikan tongkol suwir dan pepes ayam. Makanan enak itu, ya ...

    ReplyDelete
  11. Kalau saya, Pepes ikan kembung ini bisa bikin nambah nasi, apalagi kalau pedas. Terus jadi alasan buat ngundurin dietnya besok aja hehehehe.....

    ReplyDelete
  12. Wah keempat menu ini saya suka banget. Ternyata rendah kolesterol yaaa. Asik nih jadi nggak khawatir kalau makan asal nggaak berlebihan.

    ReplyDelete
  13. Pepes ayam aku paling suka mba


    Kayak nya aku kudu niru diet kolesterol juga nih mba. Kebanyakan gorengan, angka kadar kolesterol darahku pernah mendekati 200

    ReplyDelete
  14. Aku paling suka pepes ayam.
    Tapi paling males bikinnya, hihii...kemarin dikirimin temen suami yang buka resto. MashaAllah~

    Satu bagian ayam, aku makan sendirian donk..
    Nikmatnya sehat dan bisa makan enak..

    ReplyDelete
  15. Pengen bikin pepes tapi ga ada daun pisangnya. Susah nyari daun pisang di tukang sayur. Kira-kira pake apa ya biar bisa mepes tanpa daun pisang? Hehe...

    ReplyDelete
  16. Kalau makanan pepes atau panggang lebih aman ya dari kolesterol. Aku pun kadang masak gitu terutama ikan. Anak pesisir banget dah makan ikan

    ReplyDelete
  17. Pepes itu masakan favorit aku dan suami, dan emang bener cocok untuk menu diet. Tapi bahasa sih karena biasanya pepes itu mengundang kita nambah nasi, hahahaa

    ReplyDelete
  18. Bener nih pepes adalah makanan pendamping nasi yang ngangenin ketika sudah banyak makan yang berminyak

    ReplyDelete
  19. Nah aku jadi keidean untuk buat pepes ayam lagi Mak. Dulu biasanya sering buat lah kok sekarang sering lupa.

    ReplyDelete
  20. Wah wah boleh-boleh nih referensi makanan bebas kolesterolnya. Walopun gak berat, kalo makan makanan berkolesterol ini kepala langsung deh sedikit berat. Maklum usia udah jompo. 😁

    ReplyDelete
  21. aku nggak pernah buat sekalipun yang mbak bilang, mungkin karena itu yaa makanya aku jadi gendut, ha..3x, ada resep spesifiknya biar aku juga bisa buat

    ReplyDelete
  22. Aku nih yang masih bandel soal makanan. Pernah punya rencana belajar dulu satu minggu untuk makan makanan sehat tapi gagal. Dan, sekarang belum terlaksana. Padahal kita masih bisa maka enak walau gak digoreng ya, Mba. Kaya bikin pepes ayam ini.

    ReplyDelete
  23. Jadi masukan nih di rumah
    Kebetulan suami memang kolesterol juga
    Makasih ya Mbak
    Jadi makin semangat di dapur

    ReplyDelete
  24. Wah penting nih postingan biar makin aware makanan apa aja yang bebas kolesterol biar tubuh makin sehat.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)