Hidup Sehat Dengan Olahraga Tiap Hari

by - September 14, 2021

Hidup Sehat Dengan Olahraga Tiap Hari ~ Rutin berolahraga sungguh asyik. Ah yang beneeer? Hidup sehat dengan olahraga setiap harinya. Saya merasakan langsung manfaat olahraga yang dilakukan tiap hari. Biasanya saya hanya jalan kaki seminggu 1x tapi kali ini saya merutinkan diri untuk olahraga setiap hari. Ini kudu banget dilakukan di tengah kesibukan mengurus anak, kudu disempatin deh walau cuma 25 menit. Olahraga di rumah, bisa banget kan tinggal setel youtube.



Berawal dari salah seorang sahabat mengingatkan saya untuk nyoba menyempatkan diri buat olahraga setiap hari, cateeet ya setiap hari hahaa karena kondisi fisik saya. Jadi selama pandemik ini kadang suka sesak nafas tiba-tiba. Kejadian pertama kali tahun 2020 sebanyak 3x. Lalu di 2021 juga kejadian lagi meski rentang waktunya agak jauh tapi masih suka ada sesak tiba-tiba gitu kalau sakit perut. Belum dicek sih tapi kemungkinan gerd. Kok terlalu dini ya gerd ini. Ibu mertua saya aja ada gerd udah usia lansia, kok saya usia produktif udah kena gerd. Hiks. .

Gerd itu dari pikiran juga bisa. Nggak boleh stres. Nah ini nih, mungkin saya nggak ngeh kalau sebenarnya sedang stres. Pelan-pelan buat healing diri sendiri.

"Udah ada mbak ART kok masih stres?" Kalau dipikir, nggak stres yang gimana sih tapi ada beberapa hal yang bikin KZL, kayak prinsip parenting ada yang nggak sejalan. Nah kalau yang KZL ini sering terjadi, lama-lama kan sesak juga, iya nggak sih? Huhu. Dibilanginnya dablek kalau kata paping 😆

pixabay


Anak-anak ngaji rutin sama saya atau papi, tapi seringnya sama saya. Ini juga cukup berat. Selama pandemik saya melakoninya. Baru ngeh kadang lelah banget. Memang sih ada mbak, tapi urusan ngajarin anak, nggak ada fasilitator lain. 

Okeh, jadi masalahnya coba jalanin hidup ini dengan hati lebih luas lagi. Belajar lebih ikhlas juga menghadapi orang sekitar yang kadang bikin sakit hati tapi ku coba tutup rapat. Insya Allah gerd sembuh ya cig. (Ngomong ke diri sendiri).

Sadar diri dan lelahnya seorang ibu sangat Allah sukai. Jadi kalau lagi lelah gitu terus ingat perjuangan ibu tuh berpahala besar, bisa jadi semangat lagi. Haduuuh jadi panjang amat curhatnyaaaa.


pixabay


Menyalurkan emosi bukan memendamnya. Udah sebulanan olahraga setiap hari. Energi bisa tersalurkan selain ngosrek kamar mandi haha. Beberapa manfaat yang banyak sekali saya rasakan ketika memulai olahraga rutin setiap hari. 

1. Aliran Darah Menjadi Lancar

2. PMS Tidak Terasa Pusing

3. Tidur Yang Berkualitas

4. Tidak Cepat Lelah

5. Selalu Bersemangat dan Positif Thinking


pixabay


Wah banyak banget deh kaan sebenarnya manfaat rutin berolahraga. Kalau saya merasa 5 hal itu berefek sekali. Biasanya ketika malam hari saya udah males-malesan lelah beneeer karena ngerasa udah capek. Perubahan setelah olahraga tiap hari, sebulanan ini nggak ngerasa kepala pusing karena PMS. 

Waktu olahraga saya pilih di sore hari karena udah santai dan anak-anak bisa ditinggal sebentar. Khususnya si Ugo karena dia kan duh yaa masih suka ditemenin, lagi masa-masanya banget. Memang kadang masih suka ditarik-tarik buat mainan pas olahraga haha. Tau ah si Ugo nih >.<

Setelah olahraga lalu mandi, alhamdulillah jadi mandi 2x sehari haha. Kalau nggak olahraga, setelah isya tuh mata kedip-kedip, berat banget, badan pegeeeel nggak ada obat kecuali si dia #hiaaaa. Oh ya jangan lupa pemanasan terlebih dahulu ya supaya badannya nggak kaget. Biasanya 6 menit pemanasan dan 15 menit aerobicnya. Pokoknya olahraga setiap hari yes, harus disempatkan^^ biar sehat. Yuk kita olahraga. .

You May Also Like

24 comments

  1. Mbak..sekitar beberapa bulan pandemi tiba suamiku kena gerd juga. Kayaknya sih stres juga karena WFH dan maslaah kerjaan..akhirnya dia rutin olahraga (sebelumnya rajin dia, cuma karena kesibukan kadang bolong). Setelah beneran rajin, mendingan sekarang kondisinya. Bonusnya BB kembali nyaris ideal, beberapa kilo bisa diturunkan.

    Sehat selalu dirimuu ya Mba Uciig. Aku juga berusaha nyemangatin diri biar ga mager olga ini hihihi

    ReplyDelete
  2. Tidur lebih berkualitas betul banget nih, kalau udah susah tidur malem aku olahraga aja siangnya. Yang paking aku rasakan itu kalau lagi bete, udah olahraga bisa jadi balik bagus lagi moodnya

    ReplyDelete
  3. Saya pun mengalami antara saat rajin olahraga sama pas tidak berolahraga. Bisa dibedakan banget. Waktu sebelum kena covid-19, saya terbiasa aktivitas dan mengeluarkan keringat. Badan terasa lebih enak, ringan. Nah pas isoman, badan sakit semua, malas deh olahraga. Diem saja. Eh tidur malah jadi gak berkualitas. Pas sudah sembuh covid-19 saya kebiasaan mager tuh badan beneran gak nyaman. Lalu saya kembali melakukan aktivitas, gerak dan mengeluarkan keringat, perlahan badan terasa lebih baik dan kualitas tidur pun terasa maksimal. Fresh gitu rasanya. Yuk jangan malas gerak pokoknya ya

    ReplyDelete
  4. Memang sejak pandemi bawaan jadi mager terus yah mbaak,
    Pengen rebahan dan males olahraga huhu

    Sejak awal tahun aku juga maksa banget olahraga nih,
    Cuma jalan kaki muterin taman belakang rumah minimal 30 menit
    Pengennya sih tiap hari, tapi kalo pagi mendung atau gerimis jadi gede banget godaannya, pengen selimutan lagi huhu

    Semoga kita semua sehat terus yaaah

    ReplyDelete
  5. Salut mbak, udah bisa rutin olahraga tiap hari. Kalau saya masih tetap sekedar niat dan wacana aja nih sampai sekarang. Padahal udah tahu olahraga itu bisa dilakukan di dalam rumah aja.

    ReplyDelete
  6. Menurutku manusiawi juga kog kalau suatu waktu kita lelah.
    Aku juga begitu.

    Aku mengakalinya dengan memberi me-time.
    ... dan benar-benar me-time.

    Misalnya mendengarkan musik lalu berjoget selepasnya, menonton film sambil ngemil atau sesekali tidur siang di saat ngantuk.

    Aku percaya tiap orang punya kiat sendiri untuk me-time termasuk berolahraga.

    Aku pribadi lebih menyukai istilah aktivitas fisik ketimbang olahraga.
    Tapi lagi-lagi yang penting itu esensinya, membakar kalori sambil me-time!

    Semnagat membakar kalori!


    ReplyDelete
  7. Aku selalu usahakan rajin olahraga mba. Tapi ada jeda waktu untuk istirahat tanpa olahraga. Dan selama ini berbekal ada channel youtube olahraga jadinya semangat olahraga mba

    ReplyDelete
  8. Wah mungkin PMSku jadi muncul sakit lagi seperti dulu jaman gadis krn saya jarang olga kali yaa.. Duh jadi mau olga lagi deh. Ayo ah, Ade ga boleh malas

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah ya mandi 2x sehari ahahaha...
    Aku olahraganya kadang sekali kadang dua kali, kalo pagi lari ditempat sambil masak wkwkwk. LAnjut sore habis nyapu ngepel, leyeh2 terus mandi deh..seger banget

    ReplyDelete
  10. Ahahaha aku kalau esmosi ngosek kamar mandi membantu mbaaak.
    Tapi beneran sih olahraga tu bikin enakan di badan dan biasanya kalau paginya olahraga malamnya aku tidur nyenyak banget :D

    ReplyDelete
  11. Iya aku sekarang olahraganya jalan kaki, badminton dan terbaru sepedaan semoga istiqomah berolahraga bareng keluarga, sehat selalu ya say!

    ReplyDelete
  12. Saya juga lebih suka olahraga di sore hari. Udha rada nyantai waktunya. Kalau pagi, riweuh sama urusan rumah tangga hehehe

    ReplyDelete
  13. duh aku ini yang males banget olahraga paking sepeda itu aja mak cuma ya gitu ttp aja ga sip karena olahraganya kadang speerlunya aja heheheh padahal kan kudu olahraga rutin biar gerak mulu apalagi pandemi gini

    ReplyDelete
  14. pandemi gini memang mudah banget stress, udah cuma di rumah aja, ngajarin anak sekolah. sekolah dari rumah ini bener2 capek kalau menurut aku, anak belajar juga semua gue enggak kayak di sekolah. olahraga emang penting banget, buat aku masih PR ini

    ReplyDelete
  15. Duh aku nih belum tertib untuk olahraga. Sesekali senam dan kegel biar pinggangnya ga terlalu pegel. Pengen pilates nih buat harian.

    ReplyDelete
  16. Kalo dah biasa olahraga raga terus sehari aja gak olah raga badan jd gak enak ya mba. Aku ngerasa banget. Sebaliknya kalo gak kebiasaan olah raga trus tetiba olah raga badan jd sakit. Wkwk. Ini jg sdh sering terjadi. Jd mmg hrs konsisten

    ReplyDelete
  17. Aku, kalo ngantor, siangnya malah rutin olahraga meski tiis2, di ruangan melakukan gerakan ringat sebab bosan dan oenat duduk aja di belakang meja, kalo di rumah malah kadang lupa, hehehe

    ReplyDelete
  18. Aduhhh sejak pandemi menyerang, aku gak pernah olahraga tiap hari. Takut dan parno gitu tiap keluar rumah untuk olahraga. Karena kalo olahraga pakai masker rasanya engap. Tapi sekarang mulai lagi olahraga cuma seminggu tiga kali dan di rumah aja sementara ini

    ReplyDelete
  19. Aku juga ngerasain banget nih manfaat olahraga..ke badan dan pikiran jadi seger dah pokoknya...Kalau dah lama gak olahraga malah ketagihan...

    ReplyDelete
  20. Postingannya memotivasi sekali buat aku yang mau olahraga tapi sebatas wacana doang. Haha. Kerasa badan tuh kalau bangun tidur malah remuk, yang parah aku pernah abis renang langsung drop sakit berhari-hari badan ngilu dan demam. Kelihatan nggak pernah olahraganya. Padahal bisa sempetin 10-20 menit perhari ya, biar makin sehat dan bonus mungkin bisa turunin BB.

    ReplyDelete
  21. Pentingnya olahraga ini banyak sekali yaa...apalagi mengingat aktivitas dirumahaja gini..
    Badan berasa kaku-kaku kalau sedikit gerak banyakan mager.
    Tapi kalau aku tuh berasa cuma teori, huhuu...kenyataannya, aktivitas harianku yaa...jemur baju dkk. Masa gitu olahraga yaak??

    ReplyDelete
  22. Kalau saya selama pandemi ini sering terkena gangguan kecemasan, Mbak Ucig. Akibatnya juga sering sesak dan tidur gak nyaman. Kalau ngomongin lelah, ya emang lelah banget. Saya kadang juga ngeluh karena cuma manusia biasa, tapi tetep cari solusi karena ini sudah tanggung jawab pilihan sebagai orangtua. Salah satu solusi saya pun berolahraga. Tubuh bugar, hati riang karena joged zumba. Kalau pas weekend jalan atau lari kecil di taman. Tenang rasanya.

    ReplyDelete
  23. aku kemarin Ahad ikutan senam di lingkungan rumah, seger banget dan bikin happy walau usia tak muda lagi, jaga kesehatan itu penting sekali.

    ReplyDelete
  24. Bener banget, olga itu membantu melancarkan segalanya, senyum juga lebih mudah dilakukan hahahhaaaa soalnya mending mikir capek olga daripada capek ati kan!

    Iya deh aku mulai olga lagi, thanks loh udah diingetin!

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)