Cara Jitu Membasmi Kutu Kasur Dengan Bugs Killer

by - June 05, 2021

Cara Jitu Membasmi Kutu Kasur ~ Kutu kasur, tungau, tumbila atau tinggi begitulah orang rumah menyebutnya untuk mahluk nggak menggemaskan. Mahluk yang bikin gatal tubuh kalau digigit dia. Sejujurnya saya baru mengenal hewan ini tahun lalu. Dan saya juga pernah digigit oleh tungau atau kutu kasur, ampuuun rasanya, bentol besar dan gatalnya seperti nggak hilang-hilang. Alhamdulillah setelah pertarungan hebat setiap minggu, akhirnya. . bhay. Kutu kasur apa tungau sih?

cara-jitu-basmi-kutu-kasur

Jadi kamar anak-anak memang posisinya nggak kena sinar matahari dan bisa jadi lembap kalau musim hujan. Awalnya Ashika ada bentol-bentol di tangan. Beberapa buah bentol, saya ingat di tangan kiri. Saya kira karena alergi tapi kok setelah diamati kata paping, ini mah digigit binatang. Oalaaah horor. Di mana kah binatang itu berada, segede apa, apakah semut? nyamuk? Saya masih nggak habis pikir kalau ada kutu kasur atau tungau.

Beberapa hari kemudian, terjawab sudah. Ada binatang kecil yang berjalan cepat di atas kasur. Orang tua menyebutnya tinggi atau juga disebut dengan tumbila. Ternyata binatang ini muncul kalau orang lagi tidur aja, biasanya malam hari deh mereka muncul hiiiiii. Dari mana sih kutu kasur itu muncul? Saya teringat anak-anak suka mainan selimut dibawa kesana kemari, nyeret-nyeret lantai, selain itu kamar anak-anak kan lembap. Hmm jadi kemungkinan karena itu.

Tapi ya hanya Ashika yang digigit berbekas bentol, kalau Kaina nggak ada bekas apa pun. Kenapa bisa kayak gitu ya? Ugo dan saya juga pernah digigit sedangkan Paping, nggak pernah. Apa tungau pilih kasih ya? haha. Ternyata ada sebagian orang bisa berbekas dan lainnya nggak berbekas. Oh pantesan, Kaina dan paping nggak bentol. Eh tapi tungau dan kutu kasur itu berbeda. Dan yang di rumah tuh ya kutu kasur. Beda Tungau dan Kutu Kasur. . katanya tungau nggak bisa terlihat, sedangkan kutu kasur bisa. Hmm apa mungkin tungau adalah bayi dari kutu kasur? ah entahlah. Sebut saja dia kutu kasur.

Untuk meredakan gatal pada bentol karena kutu kasur ini, coba oles minyak tawon. Gatalnya itu bikin nggak enak dan rasanya kayak panas gitu gatalnya cekit-cekit.

Dan gimana cara membasmi kutu kasur di kamar anak-anak?

Memang kadang aneh dengan tungau ini, udah dibasmi, dibersihin, dijemur, kok masih aja ada? gimana cara membasmi kutu kasur yang ampuh. Saya dan paping pusing dibuatnya. Kalau beberapa orang bilang, yaudah panggil aja jasa bersih-bersih tungau itu loh kan gampang, susah-susah banget sih cig! LOL. 

Ya hidup itu kan pilihan. ^^

Lanjut ceritanya ya. Akhirnya paping jajal beli vacum, kayaknya kurang besar jadi nggak terlalu efek nyedotnya. Jaman dulu sih katanya pakai minyak tanah ya dituang ke kasur 😆

Nah bisa temans cobain nih, beberapa alternatif ini. Kalau saya ampuh dengan cara pakai obat gitu. Alhamdulillah hilang. Tapi saya coba ceritakan cara yang saya tempuh sampai pada akhirnya ketemu dengan obat pembasmi kutu kasur


Cara Jitu Basmi Kutu Kasur Pengalaman Maming

Menjemur Kasur Atau Sofa

Kutu kasur suka di tempat lembap, buat dia keluar dari tempat persembunyiannya bisa dicoba cara membasmi kutu kasur dengan menjemur kasur. Kalau di sinar matahari bisa kelihatan jelas gitu, kadang yang bayi tuh masih halus banget, nggak kelihatan mata, dan ini pasti kutu yang belum menghisap darah manusia. Sebenarnya ini kutu apa vampire :p. Coba sambil dicek dilipatan pinggir kasurnya, dilipatan jahitan gitu dia biasanya.

cara-jitu-basmi-kutu-kasur

Membersihkan Kasur dengan Vacum

Ada yang ampuh memakai vacum. Waktu itu saya baca di grup teman blogger, tapi lupa catat apa merek vacumnya. Temans yang punya merek ampuh vacumnya bisa drop di komen ya :)


cara-jitu-basmi-kutu-kasur

Menghilangkan Tungau Dengan Bugs Killer

Namanya Racoon Bed-Bugs Killer. Bukan iklan pemirsaaaah, hihi. Pemakaian waktu itu sesuai petunjuk aja. Belinya di Tokopedia. Racun ini disemprot pada bagian samping kasur, bawah kasur, tembok, dan lantai di sekitar kasur (hindari penyemprotan bagian atas kasur karena kutu kasur dan kutu busuk tidak hidup di area tersebut).

Seperti ini nih kemasan racun pembasmi kutu kasurnya.

cara-jitu-basmi-kutu-kasur

Pemakaiannya harus hati-hati ya. Dapat masker dan sarung tangan plastik juga. Waktu itu pawang kutu kasur beraksi alias paping, terima kasih papiii telah membasi kutu kasur dengan keren. Oh iyaa ini harganya 99 ribu. Kalau kasur besar bisa 1 botol ini pemakaiannya.

Saya juga sempat baca review dari pemakai lainnya ya. Ada yang berhasil juga dan ada juga yang bilang nggak berhasil. Tapi apa salahnya nyoba dulu deh, ikhtiar. Selain semprot pada pinggir kasur, coba semprot juga ke area dekat kasur, tempat tidur, contohnya di tembok sekitar tempat tidur karena kalau kutu kasur masih kecil banget ukurannya, nggak terlihat oleh mata. Dia tuh kayak masih bayi kutu gitu, kecil dan halus banget.

Mencoba dari beberapa cara membasmi kutu kasur, mulai jemur dan vacum, tapi pengalaman kami membasmi kutu kasur ampuh dengan obat racun tersebut. Kasur di tempat mamah juga mengalami hal serupa, saya coba sarankan pakai ini nanti kita lihat hasilnya ya apakah kasur rumah uti bisa hilang kutu kasurnya. Semoga yaaa.. Semoga bermanfaat ya tulisan Cara Membasmi Kutu Kasur Dengan Bugs Killer.

You May Also Like

26 comments

  1. Selamat pagi. Hari ini mentari indah memberi kehangatan pada seluruh tulang2 tubuh kita. Btw apa tumbila madih ada di zzmal milenial ini, hehehe... tentang tungau bunda blm pernah lho menjemur kasur bunda.Md2an si tungau dan tumbila gak ada di kasur bunda. Tq


    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi bunda, masih ada tumbila di jaman milenial ini. entah mengapaa waktu itu kena..moga nggak balik lagi dia yaa.. di rumah bunda moga aman dari tungau, tumbila dkk yaaaa

      Delete
  2. Pernah ke dokter lalu dikasih obat gatal dan disuruh jemur kasur.

    Eh bener perlu jemur kasur nih buat atasi kutu di kasur

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah dijemur katanya bisa membasmi mpo, anak2 nggak dibawa ke dokter, cuma dikasih minyak tawon aja. Alhamdulillah sekarang kutu pergi, doai ya mpoooo

      Delete
  3. Kutu kasur, tungau dan bolo2nya aseliikk nyebelin dan ngeselin bgt.
    Aku juga pernah mengalami, mba.
    kami pakai macem2 metode, mulai kasih kapur barus, trus apa yaa, daun sereh apaaa gitu deh rancom method pokoke.
    Sekarang baru paham daku kalo ada produk bugs killer enih

    ReplyDelete
  4. aduh kebayang gimana itu gatalnya ya kalo kutu kasur gigit bagian tubuh, pasti gatal luarbiasa, btw makasi ya mak udah berbagi informasi cara membasmi kutu kasur

    ReplyDelete
  5. Masya Allaaah aku baru aja pengen googling ada gak sih pembasmi kutu kasur? OMG alhamdulillah ada di postingan ini, siap dicatat Uci, terimakasih yaaaa infonya!

    ReplyDelete
  6. Aku penasaran dengan hasilnya mba menggunakan bugs killer ini. Soalnya tak nyaman kalau ada kutu kasur euy

    ReplyDelete
  7. Boleh juga nanti dicoba pakai Bugs Killer ini kalau ada masalah dengan kutu kasur. Mudah-mudahan sih jangan sampai ada. Pasti nggak nyaman banget kalau ada kutu keliaran di tempat tidur. Harganya nggak terlalu mahal. Tapi ampuh ya.

    ReplyDelete
  8. Binatang-binatang kecil ga keliatan tapi bikin gatal-gatal sekujur tubuh begini emang ngeselin banget ya, mba. Saya tunggu updatenya deh, berhasil apa ga pake bugs killernya. Soalnya kalo mau jemur kasur, berat banget diangkutnya.

    ReplyDelete
  9. jemur kasur dan berburu "tinggi", (sebutan kampungku utk bugs di kasur2) tuh kegiatan rutin dulu zaman kecol di rumah. Tiap minggu kasur dijemur berjejer dipukulin terus di razia hahaha...
    klo sekarng pakai bugs killer ya cukup semport, tapi kudu ati2 banget itu Uciii dan pastikan aman setelahnya ya..soale racun kan

    ReplyDelete
  10. Wah jadi makin praktis nih urusan bersih-bersih kasur... Tinggal semprot..beres deh.. Biasanya kan ribet banget ya kalau udah ada kutu kasur..

    ReplyDelete
  11. Nomor 1 dan 2 udah pernah coba..yang Bugs Killer belum coba
    Yeyyy ada solusi lagi jadinya buat membasmi kutu kasur. Makin terbantu kita jadinya

    ReplyDelete
  12. jadi ingat nih adikku dulu suka banget mbak nyariin kutu kasur ini di bantal trus dimatiin sama dia. hihi

    ReplyDelete
  13. Biasanya ya aku vacum aja di drumah, kadang-kadang aja dijemur. Mau juga nyobaon bugs killer nih biar pada mati ya makhluk hidp kecil2nya

    ReplyDelete
  14. Penggunaan Racoon bugs killer itu bahaya nggak, mbak? Harus dibiarkan dulu juga gak sehabis dikasih racun kutu itu? Karena kok namanya mengerikan ya, hihiii

    ReplyDelete
  15. Wah, ini aku perlu banget untuk kasur mamaku. Udah pakai cara 1 dan 2 tapi muncul-muncul lagi sampe. Mau coba Bugs Killer ini ah. Makasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  16. Wah, boleh juga ini infonya. Bahaya banget kalo ada kutu kasur, kulit si kecil jadi bentol bentol ya. Kalo di rumah ibuku biasanya di jemur mbk terus di gebukin gitu kasurnya ahahaha.

    ReplyDelete
  17. wah iya, penting banget ya mbak untuk menjaga kasur agar nggak ada kutunya
    karena untuk menjaga kesehatan kita ya,

    ReplyDelete
  18. Sepertinya aku harus beli Bed Bugs Killer nih mbak, beberapa waktu lalu suamiku juga mengeluhkan kalau badannya gatal-gatal kalau tidur di kasur. Sampai akhirnya aku beli vacum cleaner buat sedot tungau. Lumayan sih banyak kotoran yang keangkat tapi sepertinya belum maksimal :(

    ReplyDelete
  19. Wah aku ntr cari produknya ah. Di Tokped yaaa
    Soalnya blm berani panggil2 jasa kebersihan buat bersihin kasur. Pengen jajal kyk gii biar kasurnya gak dijangkitin kutu.
    Terima kasih infonya mbak :D

    ReplyDelete
  20. emang nyebelin ini aku sampe punya pembersih tungau juga buat bersiin agar anak-anak aman. aku sampai tes tungau loh buat mastiin bentol alergi anakku kenapa elah dalah karena tungau kutu giniii hiiiih sebel

    ReplyDelete
  21. jadi ingat pengalaman waktu masih ngekos nih. ribet emang urusan berkutu kasuran ini dan kapok. Untungnya sekarang udah ga ngalami, mungkin karena situasi lingkungan dan udara yang ga mendukung pertumbuhan mereka. But aniwei makasih mba infonya. nanti bisa jadi rekomendasi kalau timbul masalah ini

    ReplyDelete
  22. Kasurku udah lama ngga dicuci, jarang kena sinar matahari.
    Kapan hari anak-anak kaya bentol-bentol gitu kufikir digigit nyamuk atau semut. Bisa juga digigit tungau kutu tapi belum ketahuan tungaunya.

    ReplyDelete
  23. Itu kalau disemprotkan, lalu kita hirup, aman ga ya mba? Jdi pengen coba, karena hewan kecil suka nggak keliatan, tahu2 bentol aja.

    ReplyDelete
  24. Selama ini aku pale vacum yg dilengkapi UV juga mba. Kurumi seri KV01. Ada UV nya. Xiaomi deerma juga katanya bagus, tp aku blm coba. Yg pasti sedotannya banyaaak, walopun aku ga ngecek lagi itu kutu keangkut ATO ga wkwkwkwk. Udh keburu geli.

    Yg aku rasain ga ada ngalamin gatal2 sih mba. Soalnya kan katanya bdn gatel kalo ada kutu kasur kan yaaa.

    Tp PGN juga beli obat semprot gini. Biar dobel proteksi :D

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)