Bikin Sushi Sendiri Ala Restoran Di Rumah

by - July 24, 2021

Bikin Sushi Sendiri Ala Restoran Di Rumah ~ Siapa yang suka sushi? Saya dulu agak tatut mencoba makanan yang satu ini karena ngeri bikin mual. LOL. Tapi ternyata setelah berabad tahun berlalu memendam rasa, baru berani mengungkapkan nyobain, dan lhaaa enak pas udah tau. #plaaak kemana aja sih cig. Oke deh, karena waktu itu dapat voucher kayaknya jadi sekalian makan 🤣 Cuma sayang harganya yang kurang ramah di kantong untuk merek sushi tertentu bikin jiwa saya bergejolak nyuruh bikin ajalah di rumah, bisa kali ye? Bikin sushi sendiri? Yaqiiin. Untuk rasa yang persis restoran, perintilannya lumayan banyak.


membuat-sushi-ala-restoran-di-rumah


Jaman kerja dulu nih, suka diajak makan gitu kan ya gratis tis ada menunya sushi juga. Apalah daya saya mah belum suka. Paling ngambil makan yang ala western. Untuk makanan asia selain Indonesia paling suka varian dimsum. Kalau makanan Indonesia, ya suka semua sih. Pokoknya kalau ngajak saya makan mah, hayuk ah, menu apa aja asal halal. Gaskeunnn. .

Sushiiii similikiti di restoran kan harganya lumayan ya. Kalau diconvert uang beli sushi terus dibeliin nasi padang mah menang banyak yaa 😄 etapi naspadnya jangan yang sederhana. HAHA

Lanjut bikin sushi ala restoran di rumah, terniat. Jarang-jarang kan rajinnya kumat. Rajin kok kumat? Karena paping bertambah tua, dan birthday cake itu mainstream, padahal sih karena nggak bisa baking. Saya memutuskan untuk bikin sushi aja deh. Anggaran beli makanan dicurahkan untuk bikin sushi ala restoran. Dari baca dan nongton youtube, katanya kunci sushi adalah rasa nasinya dan perkecapan, kalau variasi isiannya bebas aja. Isian sushi bisa telor dan sosis kesukaan anak. Ikan salmon, udang atau tuna. Hemmm yummeeeh.

membuat-sushi-ala-restoran-di-rumah


Pengalaman bikin sushi ala restoran, saya beli beras khusus dan pastinya alat buat gulung sushi alias sushi roller yang dari bambu, fungsinya untuk gulung nasinya ya. Bentuk sushi kalau yang nori di luar itu lebih gampil, kalau lihat video sih bisa nggak usah pakai gulungan sushi. Saya sempat coba nori di dalam tapi berantakan heheu. Perlu latihan lagi nih. Baiklaaah saya bakal ngelist apa aja sih perlengkapan dan bumbu untuk membuat sushi ala restoran. Terharu bisa seniat ini, soalnya kumalas. . oh iya ini beberapa resep saus saya juga pakai punya Chef Devina ya.


Tikar Bambu Sederhana Untuk Gulung Sushi

Terlihat dari namanya, tikar bambu bukan yang gedai banget buat piknik. Cuma berukuran kira-kira 24 cm x24 cm. Waktu itu saya cari di tokopedia seperti biasa. Saya pilih paket nori 10 lembar dan penggulung sushi. Bungkuuuus!

membuat-sushi-ala-restoran-di-rumah


Air Lemon 

1 buah lemon, ini digunakan untuk memberi rasa pada nasi. Biasanya nasi diberi cuka beras. Saya prefer mengganti cuka beras dengan bahan yang lebih mudah ya menurut saya, yaitu air lemon. Jadi air lemon ditambah gula dan garam sabagai pengganti cuka beras. Setelah nasi matang diaduk dengan air lemon tersebut. Rasanya kayak manis, asam, asin, segar gitu deh pokoknya. Takarannya bisa disesuaikan, saya 4 sdm air lemon, 2 sdm air, 2 sdm gula pasir, 1 1/2 sdt garam.


Soy Sauce+Madu

Kalau soy sauce ini saya pakai yang Kikkoman ya. Belinya bisa di supermarket, tapi toko besar dekat rumah juga ada. Saya buat kecap asin pakai soy sauce + madu.


Nori

Norinya bisa pakai yang lembaran besar atau kecil. Nori bisa diletakkan di luar atau di dalamnya nih, sesuai selera. Buat pemula nyobain yang alasnya nori aja, terus langsung diisi nasi dll. Kalau mau nori di dalam, setelah diisi nasi, bisa langsung dibalik. Kebayang nggak sih? nggak ada, gambarnya nih. 


Tobiko

Tobiko dari telur ikan ini yang bentuknya kecil-kecil warna orange, biasa ditaruh di atas sushi. Telur ikan juga dicampur dalam saus mentai, jika mau bikin saus mentai ya. Telur ikan ini harganya cukup menggocek kantong. Saya beli di online juga. Pas banget sellernya dekat rumah^^.

membuat-sushi-ala-restoran-di-rumah
Tobiko yang orange kecil di atas saus mentai


Timun Jepang

Timun jepang agak beda dengan timun biasa ya. Timun jepang hijau tua dan lonjong panjang gitu. Kita perlu timun dengan membuang bijinya. Potong timun memanjang lalu rendam pada air dingin supaya lebih crunchy dan aromanya nggak terlalu nyengat. Ashika suka sekali timun jepang ini, sampai dia gadoin 😄


Gas Torch

Kalau gas torch untuk memasak si isian sushi ya, kayak ikan salmon atau bisa juga pakai ikan tuna. Misalnya isian sosis atau telur aja, nggak perlu pakai gas torch.


membuat-sushi-ala-restoran-di-rumah


Beras Jepang

Untuk sushi biasanya pakai beras Jepang, yang kayak gimana sih beras Jepang? Beras jepang butirannya bulat-bulat. Kalau nggak ada beras Jepang bisa diganti dengan beras biasa dan dicampur beras ketan ya. Kalau dari chef Devina, 1 1/2 cup beras dan 1/2 beras ketannya. Saya sendiri pakai 2 cup beras Jepang, udah cukup untuk kaum rebahan di rumah.


membuat-sushi-ala-restoran-di-rumah



Mayonaise, Saos, Bubuk Cabe

Untuk membuat saus mentai, butuh mayonaise, saos tomat, saos sambal, bubuk cabe.

Membuat Saus Mentai (adaptasi dari resep Chef Devina)

9 sdm Mayonaise, 1 1/2 sdm saus sambal, 1 1/2 sdm saus tomat, bubuk cabe, 2 sdm air lemon, 1/2 sdt garam, 4 sdt gula, 1 siung bawang putih haluskan,1/4 sdt merica, tobiko sesuai selera.

Bubuk cabe dan saus sambal bisa skip kalau anak belum bisa pedas.

Setelah perintilan siap, eksekusi deh. Pertama kali bikin sushi sendiri, kesulitan saat membedongnya. Masih berantakan nih haha. Bentuknya ngelawak kan, coba deh liaaat 😄


membuat-sushi-ala-restoran-di-rumah
Lawak ye bentuknyaaa


Kalau nori di luar, itu paling mudah. Caranya letakkan nori, nasi lalu langsung aja isi terus gulung deh.


membuat-sushi-ala-restoran-di-rumah


Nah, banyak kan perintilannya. Tapi memang kalau masak sendiri bisa lebih puas nambah. Anak-anak suka yang isian sosis dan telor. Timun jepang menambah rasa, jadi kriuk deh. Saya pakai saus mentai jadi rasanya tuh rameeee enaknya. Hehe. Gimanaaa, riweh kan perintilannya haha. Tapi seru dan puas banget sama rasanya. Bukan kayak nasi diroll doang, ini beneran terasa ala restorang deh, asyiiik. Yuk, cobain bikin sushi sendiri ala restoran di rumah. .


You May Also Like

24 comments

  1. Beras jepang itu mahal gk sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih mahal dari beras biasa..yg saya
      beli 500gr = hampir 15 ribu mas

      Delete
  2. Haloo Sushi Similikiti..
    Wuiih sennagnya yang bikin Sushi,enyaak yaa bisa menikmati di rumah, jadi berassa ala2 di jepang gituuh. Hahahaa, ternyata sushi pun dibedong biar anget yaa, kirain bayik doank. Pengalaman yang seruu tuh.
    Hmm, boleh minta dibikinin Sushi kearifal lokal ga (baca LEMPER), sstt aku ndesoo ga doyan Sushi, sis!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa, aku juga suka itu sushiii lokal teh. Lemper. Ntar kapan2 bikin daaah
      Sushi dibedong deh biar nggak lari2 heheuuu

      Delete
  3. Kalo ada resep sushi rumahan bisa masak sendiri, lebih murah ya.
    Anak2 pasti sukaa.

    ReplyDelete
  4. Aku sebagai penikmat sushi "boongan" atau ala ala - ga makan sushi ikan mentah jadi tergelitik pengen mencoba nih similikiti ala gue

    ReplyDelete
  5. Mantap banget mak, ini mah sushinya beneran ala resto...
    Saya biasanya bikin yang kw aja, hihihi... Itupun udah lama enggak bikin, karena biasanya bikin buat bekel sekolah anak...

    ReplyDelete
  6. Hemmm, kerasa deh enaknya. Pengen bikin juga, selama ini makan sushi beli terus padahal mudah asalkan alat dan bahan lengkap ya

    ReplyDelete
  7. Nha, itu dia... Yang dipakai untuk menggulung sushi tikar jepang tho namanya.. Beberapa hari lalu anak saya minta dibuatkan sushi roll gegara nonton acara tv. Coba nanti main2 ke tokped ah

    ReplyDelete
  8. Pernah dibuatin sushi ala rumah-rumahan, hal aaah ya ampun rasanya 😂 lha dia nggak pakai beras Jepang kok. Pakenya beras bromo, ya jelas beda lah.

    ReplyDelete
  9. boleh nih diikuti resep an caranya, doain yah saya berhasil, hehehe. solanya kalo baca gampang, praktiknya nih

    ReplyDelete
  10. aku suka bangeet sushi dan sashimi mba.. asli memang enak yaaa rasanya dan akan selalu jadi favorit kalau di rumah aku

    ReplyDelete
  11. Waaah...kak Uciiiii...
    Aku mau aku mauu...Selama ini bikin sushi mah...gitu deh, aku jadi mencari resep yang lebih sederhana yakni gimbap.
    Rasanya ga segurih sushi, tapi membuatnya lebih simple.

    Enyaakk~
    Jadi nambah list, pengen punya Gas Torch.

    ReplyDelete
  12. Gini nih kalau pinter masak. Beberrapa bahan diubah tapi rasanya malah tambah enak. Dan masak sendiri meski ribet tapi puasnya dapat. Kalau pas hari H sih kadang anak2 asal bantu dan makan tanpa banyak bicara (kadaaang)... tapi lain waktu malah rikues lagi dan lagi sampai dituruti.

    ReplyDelete
  13. Wah, menarik banaget mbk. Aku belum pernah bikin sushi sendiri tapi kayaknya tikar buat gulungnya udah ada. pingin banget bikin sushi, harus beli beras ketan dulu. makasih tipsnya mbk

    ReplyDelete
  14. Enak banget lihatnya. Biarpun bukan penggemar sushi, tapi suka aja lihatnya dan pengen bisa juga. Punya tikar bambunya juga, tapi malah sering dipakai properti foto.

    ReplyDelete
  15. Kalau sushi di restoran harganya emang mehong yah mba, kalau bikin sendiri memang lebih hemat.

    ReplyDelete
  16. Luar biasa mbak Uciii, tottalitas tanpa batasss!! saya yang ngebayangin bikin printilannya aja dah capek duluan wkwkw.. apalagi nggak ada pengalaman makan, bingung kali ya bikin. Tapi balik lagi, ada yutub yang bisa menolong dalam ketidak tahuan. Next time tak nyobain bikin. wajib ya punya semua itu wkwkkww? #masih nawar

    ReplyDelete
  17. Bener-bener terniat ini bikin sushi ala restoran. Bahkan berasnya pun bukan pakai beras yang biasa di masak sehari-hari.

    Saya dulu jaman magang kerja di jakarta juga sering diajak ke restoran Jepang, tapi nggak bisa makan hehehe... Padahal kalau diingat-ingat lagi, anak kuliahan jaman itu kan langka bisa masuk dan makan di resto Jepang.

    ReplyDelete
  18. Aku jadi pengen buat sendiri jadinya Mbaa, berarti nasinya dari beras Jepang khusus yaa? Dan baru tau juga kalo harus dikasih air lemon, biar apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sushi biasanya dikasih cuka beras gitu mba, tapi diganti air lemon iniii. Rasanya sama enaknyaa^^

      Delete
  19. Sebenarnya saya tidak terlalu suka makan sushi, tetapi anak sulung saya suka. Kalau nanti beliau pulang ke rumah, bisa nih saya praktikkan biar dia betah di rumah.

    ReplyDelete
  20. Unik ini kombinasi pakai air lemon. Kok kerasa segernya ya di lidah padahal baca artikel doang. Hehe... Lumayan banyak perintilannya bikin sushi ini. Aku nunggu dikirimin aja deh. 😂

    ReplyDelete
  21. Masya Allah.. mantap sekali mba bikin sushi sendiri... aku kayaknya butuh effort lebih untuk berikan kayak gini dirumah. Hihi

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)