5 Tips Berani Mencoba Hal Yang Baru

by - August 10, 2021

Tips Berani Mencoba Hal Yang Baru ~ Tahun 2021 yang wow, luar biasa. Banyak sekali hal yang datang menantang dalam hidup ini, contohnya yaa mau nggak mau daring gitu dampingi anak-anak belajar. Bagi saya ini beneran tantangan yang nggak ada habisnya haha. Mendampingi anak-anak belajar. Jatuh bangunnya itu loh udah ngalahin Meggy Z. WADAW. Btw, berani mencoba hal yang baru kayaknya seru tapi kalau gagal gimana? Namanya juga mencoba, nggak ada salahnya yakan, asal hal tersebut positif. Kira-kira hal apa sih yang kamu takutin? Mending takut apa nggak pernah nyoba sama sekali. Choose wisely.


5-Tips-Berani-Mencoba-Hal-Yang-Baru


Okay, ini sih artikel nggak tips-tips banget lah ya. Hmmm. Sambil nungguin anak-anak bangun tidur siang sekalian merekam kejadian yang udah berlalu. Jadi awal tahun 2021, bulan februari saya diajak untuk sharing tentang belajar foto oleh salah satu akun instagram, murni sharing FREE. Saya pikir-pikir dulu nih, bukan karena masalah fee nya tapiiii lebih kepada kemampuan menyampaikan sesuatu secara lisan. Apa bisa? udah lama banget nggak tampil di depan umum. Menimbang-nimbang, baiklah, saya memang senang berbagi ilmu yang tidak seberapa ini. Bismillah, pertama kali sharing tentang belajar foto secara lisan namun tetap online. Sebenarnya berbagi tentang fotografi udah cukup sering. Biasanya saya berbagi melalui tulisan di blog. Cuma tiba-tiba ada yang minta saya untuk jadi speaker. Apakah nggak salah nih? Haha. Balik lagi ke, tujuan awalnya, niat sharing dalam bentuk apa pun hal yang positif, gaskeun! Semoga bisa menambah amal ibadah saya, amin.

Ternyata nggak serumit yang saya pikir. LOL. Legaaa banget setelah kelar persentasi. Untuk orang introvert kayak saya, ngerti kan rasanya? 

Setelah selesai sharing via zoom, sang founder meminta nomor rekening saya. Alhamdulillah. Bersyukur selalu. Ini menjadi pengalaman pertama saya berbagi secara lisan, yang mana materinya juga nggak pernah saya dapati di sekolah. Fiuuuh, ngomong di depan orang itu kayak apa yaaa, menurut saya kalau ada orang lain yang bisa ngomong, yaudah deh, mending tuh orang aja yang disuruh. Wheeew...... pemikiran macam apa inih?! 


5-Tips-Berani-Mencoba-Hal-Yang-Baru
Source: Pixabay


Sejujurnya, memang nggak terlalu suka ngomong, kecuali curhat ye, jangan ditanya, nggak bisa di stop kalau sama pak suamiiiik. Nyerocos teruuuus. >.<

Pengalaman kedua, saya sharing tentang foto pada blog bareng platform influencer terkemukaaa, aih seru!. Waktu dapat email dan ditanya rate untuk jadi pembicara event dan akan diajukan terlebih dahulu ke klien, surprised. Hmmm ya saya juga nggak punya rate pembicara sih. Nahluhh cig jujur amat. Ya gimana ya memang begitu adanya. Heheu, mungkin udah waktunya update CV dan Rate? Ah sudahlah. .

Kenapa sih ada perasaan takut dalam mencoba sesuatu yang baru? Mungkin karena kurang percaya diri atau memikirkan pendapat orang lain ya, kalau gagal terus orang bakal gimana? alasan kedua ini nggak penting sih ya. LOL

Nggak berharap banyak tapi senang sekali ketika tau saya dipilih oleh klien. Itu udah yang mepet waktunya. Dan. . tertantang deh nyiapin materinya karena mbak ART lagi isoman. Riweh tapi menyenangkan karena Kaina masih liburan sekolah, jadi masih cincailah. Nggak krai kraiii banget.

Oh iya, event onlinenya ada gladi resik, dan pertama kali ikut gladi resik online. Beneran pengalaman yang berharga buat saya. Suatu kehormatan udah diajakin^^.

Okeeeh, jadi tipsnya mana? Kenapa berani nyoba sesuatu yang baru? alasannya klasik sih, kita nggak akan tau rasanya kalau nggak nyobain (untuk hal-hal yang positif ya).


Tips Berani Mencoba Hal Yang Baru:

Menyiapkan Diri


5-Tips-Berani-Mencoba-Hal-Yang-Baru
Source: Pixabay


Apa sih yang bikin kamu takut? Kamu bisa coba bikin aja listnya dan atasi satu persatu. Salah satu yang penting juga adalah percaya pada kemampuan sendiri. Gali potensi lagi, cari keunikan diri sendiri pasti ada sisi lebih yang kamu punya dibanding orang lain. Karena setiap orang unik. Mungkin orang lain nggak bisa kasih lebih atau nggak bisa setulus kamu #hiaaaa. Tips macam apa iniiiih?! Berdasar pengalaman pribadi, menyiapkan diri dengan mengusai materi, saya coba bikin slide rapih, yang eye catching, bahasannya ringan tapi bisa memotivasi supaya teman-teman belajar fotonya nggak mager. Sebenernya semuanya bisa, tapi tinggal kemauannya aja yang kudu dicari :)


Kontrol Rasa Takut Walau Sebagai Pendatang Baru


5-Tips-Berani-Mencoba-Hal-Yang-Baru
Source: Pixabay


"Ah kayaknya, udah banyak nih yang bisa.." atau. .

"Apa bisa ya gue jualan?"

Seringkali ketakutan-ketakutan itu muncul. Saya juga merasakan ini sih. Huhu. Ya gapapa kalau kita juga bisa, kenapa enggak? Namanya usaha, nggak ada yang salah. Semua berhak melakukan itu. Jangan sampe nyesel pas tua karena nggak pernah dicoba. 


Berhenti Berpikiran Negatif

Pikiran positif tuh menyehatkan deh. Setuju kan? Kalau pikiran jernih, kita bisa melakukan segala sesuatu jauh lebih baik ketimbang campur hal-hal negatif. Kuncinya mulai pikirkan hal yang positif dan membahagiakan aja. Bertukar pikiran dengan orang terdekat bisa memompa semangat dan pikiran negatif bisa tercerahkan.


Mengumpulkan Keberanian

Gimana nih caranya ngumpulin keberanian? Lakukan perlahan poin-poin di atas terus action!. Keberanian bisa dilalui hanya dengan cara : "ya dijalanin aja, jangan dipikirin..." ketika kepercayaan diri udah ada, lebih mudah mengatasi rasa takut. Inget nggak sih dulu pas masih kecil, belajar terang dan gelap? Saat gelap kita pernah takut, tapi nyatanya sekarang gelap kan nggak selalu menakutkan. Belajar bikin jadi berani.

5-Tips-Berani-Mencoba-Hal-Yang-Baru
Source: Pixabay


Lakukanlah Dengan Sebaik Mungkin

Totalitas, nggak ada setengah-setengah. Berikan sesuatu sebaik mungkin, pokoknya do the best walau apa pun keadaannya. Berat sih tapiiiiii ini bisa jadi bikin kamu berbeda dari yang lain. Nah yakan, istimewa banget deh kamu. Jangan pernah menganggap remeh diri sendiri. Ayo semangat mencoba. Kamu pasti bisa! Lakukanlah dengan sebaik mungkin dengan tulus dan ikhlas.

5-Tips-Berani-Mencoba-Hal-Yang-Baru
Source: Pixabay


Kejadian di pengalaman kedua, saya juga mendapati banyak hal lebih dari yang saya duga. Dan worthed to try. Jadiii begitulah tips berani mencoba hal yang baru. Kalau nggak dicoba, gimana kita bisa tau? Hmm mungkin ada yang mau berbagi pengalaman, boleh yuk kirim komen dan salam-salamnyaaaa^^.

You May Also Like

28 comments

  1. Sepakat banget sama tips berani mencobanya hal baru nih. Apalagi hal2 yang bermanfaat bagi kita sendiri dan merupakan suatu kepuasan, syukur2 bagi orang lain juga dan menghasilkan cuan, huhuy makin happy kan Cii..

    Aku dah sering keluar zona nyaman, sampai keluar dari kantor yang super nyaman, lebih nyaman join bisnis dan bemitra dengan klien lainnya. Dan satu hal yg bikin ngikik, berani mengambil profesi baru, dari otak atik web, seo di leppy menjadi praktisi stress management yang otak atik kepala orang dan curhatan orang yang nyampah, hahaa.
    Tapi so sweet, seneng!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih teteeh nchieeee, aku jadi mau ngopbar #lhaaa
      salut teh, kayaknya keluar dari rasa yg super nyaman tuh sesuatu ya. Iyaa klo hal2 yg bermanfaat udah jangan ragu lagi ya teh, berarti harus digaskeeeuuun! stress management waaaaah teh nchiiiieeee keren

      Delete
  2. mencoba hal hal baru juga bisa bikin kita engga bosan selama pandemi ini ya mbak. dan memamg kita harus berani untuk keluar dari zona nyaman dan harus berpikir positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuu mba Lizaaa..jadi nggak bosen, lebih berwarna heheuu

      Delete
  3. Sepertinya yang paling menantang itu mengumpulkan keberanian ya.. Secara harus mengalahkan semuanya termasuk pikiran negatif, ya seperti takut gagal..kalo begini ntar gemana..kalo begitu gemana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berani duluuuu ya mbaa, berani buat belajar sesuatu yg baruuuu. Aku masih suka tatut, klo baking gagal :))

      Delete
  4. Pas banget ini tipsnya, aku juga saat mencari zona nyaman alias ingin mencoba hal baru banyak banget pertimbangan nya salah satunya rasa percaya diri jantung kayak orang habis lomba lari haha.. Tapi setelah dijalani Alhamdulillah nyaman banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya mba Tuty, jadinya udah ketemu zona nyamannya lagiii. Seruuu ih^^

      Delete
  5. Untuk coba hal baru emang perlu keberanian ya mbak, seperti keluar dari comfort zone gitu, bismillah niat untuk kebaikan dan setuju dengan tips dari mbak ❤️

    ReplyDelete
  6. Bener banget nih mbak, kalau gak dicoba dulu gimana kita tahu seberapa kemampuan kita ya. Makasih sharing tipsnya, bagian buang pikiran negatif ini ngaruh banget

    ReplyDelete
  7. Molly termasuk yang suka mencoba hal yang baruu.. pokoknya kuncinya sih jangan takut mencoba dan gaskeun terus sepanjang itu kegiatan yang positif.

    ReplyDelete
  8. Mengumpulkan keberaniannya yang suka agak susah. Apalagi kalau disuruh ngomong di depan banyak orang. Padahal saya pengen juga bisa seperti itu. Biar bisa lebih percaya diri

    ReplyDelete
  9. Saya juga meskipun ambivert kalo mengendalikan rasa takut dan ngadepin situasi kaya presentasi besar itu rasanya nyali ciut banget,kaya bener2 belum pernah presentasi deh

    ReplyDelete
  10. Bener mbak, keberanian akan bisa dilewati kalau kita maju, action, dan sambil mikir. Tapi itulah uniknya presentasi

    ReplyDelete
  11. Mencoba hal baru hampir selalu menyenangkan. Dan bisa mengetes keberanian kita. Juga adrenalin. Juga membuat hidup semakin berwarna.

    ReplyDelete
  12. Aku termasuk orang yg terlalu banyak pertimbangan kalau nyoba hal baru. Suka nggak pede soalnya. Tau nggak sih salah satu hal yg memotivasi aku mencoba hal baru itu malah dialognya Nobita. Dia bilang, kalau nggak coba kita nggak akan pernah tau hasilnya. Jadi coba dulu. Dari saitu aku beraniin diri deh.

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk orang yang kurang berani mencoba hal baru. Entah kenapa rasanya terlalu terjebak pada zona nyaman gitu. Tapi baca tips tipsnya jadi pengen nyoba. Kalau nggak action, kapan bisa maju kan ya?

    ReplyDelete
  14. Itu pilihan untuk nyoba hal yang baru. Apalagi kalau sekarang mapan hal ini bikin kita mundur teratur dari mencoba hal yang baru

    ReplyDelete
  15. Rasa takut kadang memang ada ya, padahal kalau sudah mulai bisa diatasi. Belum apa-apa bilang gak bisa nah ini yang bikin rasa takut terus menghantui, self reminder buat aku hihihi

    ReplyDelete
  16. Iya bener ya intinya worthed to try.. kalau sudah berusaha pasti proses yg menentukan

    Berana 1 langkah kedepan lbih baik ketimbang mundur ke belakang

    ReplyDelete
  17. Tak bisa dipungkiri..mama daring selama pandemi ini jadi terpaksa belajar banyak hal. Meski sebagai pendatang baru, jangan kasih kendor. Sampai belain beli hape baru, hahahaha, penuh ama grup daring anak

    ReplyDelete
  18. Aahh senang sekali baca tulisan ini. Masih ada satu keinginan yang belum terwujud hingga kini karena saya kurang ada keberanian dan belum maksimal usaha menuju hal itu. Semoga habis ini semangat makin membara deh.

    ReplyDelete
  19. iya banget ini kalau mau mencoba hal baru harus menyiapkan diri dan jangan puas dengan yang udah ada, terus up grade diri

    ReplyDelete
  20. Sebenernya yang bikin takut buat coba hal baru itu adalah pikiran-pikiran negatif diri sendiri sih yang pasti mikirnya nanti nggak sesuai yang diharapkan sama orang lain. Padahal kita nggak harus selalu bisa menyenangkan orang lain kan? Even Nagita Slavina aja yang nggak pernah bikin masalah di publik, ada aja hatersnya. Btw ini konsep komennya apa sih malah nyambung ke gosip artis. HAHAHA!

    ReplyDelete
  21. dan semaangat selalu meski awalnya sulit itu termasuk berani terima tantangan ya mak
    dulu aku pikir hal baru selalu menyenangkan ternyata tidak juga kudu semangat juga kitanya ngelaksanainnya walau tidak enak dan tidak nyaman

    ReplyDelete
  22. Biasanya langkah awal itu yang plaing berat yaa, kak Uciig..
    Aku awal-awal diminta ngisi IG Live juga berasa "Aaah...jangan aku deh...kalau aku salah ngomong gimana?"

    Lama-lama, udah yang..."Bismillah.."
    Semoga aku lancar berbicaranya di depan orang dan tidak menyakiti siapapun.

    Takutnya...
    Kalau orang banyak ngomong suka ada yang merasa tersinggung.
    Aku takut banget...ini yang justru bikin aku ragu kalau ingin melangkah lebih jauh lagi.

    ReplyDelete
  23. Bener banget soal mengumpulkan keberanian ini. Aku pertama kali disuruh jd narsum awalnya mao kabooor. Takut salah ngomong. Eh, makin kesini ketagihan. XD

    ReplyDelete
  24. Keren mbak tipsnya.. Kita memang tidak akan pernah tahu kemampuan kita kalau tidak mencoba ya mbak.. Dan sepertinya berani memcoba itu yang utama. Apalagi kalau ada kesempatan spt yang mbak alami ya..

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)