Pengalaman Sekolah Di Rumah Selama Pandemik

by - July 12, 2021

Pengalaman Sekolah Di Rumah Selama Pandemik ~ Enggak nyangka bakal mengalami pandemik di tahun pertama sekolah anak-anak. Kaina mulai masuk sekolah dasar tepatnya pada tahun lalu, tahun 2020. Jadi cuma ke sekolah buat imunisasi sama sosialisasi pertama kali dan akhirnya yaaa masih daring sampai tahun ajaran 2021. Oh my. Meski begitu tetap bersyukur ya, bisa sekolah dari rumah. Jangan sampai kehilangan semangat ya^^. Masih semangat kaaan?

Tahun pertama sekolah benar-benar online. Masih adaptasi dan moody berat. Fase perpindahan dari anak TK menuju anak SD yang masih butuh banget pecicilan ke sana ke sini, yakan. Jujur, berat banget rasanya dari TK terus SD langsung pandemik. Cranky tiap hari kayaknya deh pas awal-awal. Sempat nangis dan seringkali dramaaa. Saya ingat bulan-bulan pertama masih sering menangis saat mengerjakan tugas. Lalu marah-marah nggak jelas gitulah, ngambek ye. HEUW. Puk-puk diri sendiri.

Masih adaptasi, dan perlu kerja keras sekali untuk berdamai dengan keadaan. Saya pun merasa jenuh dan agak nggak waras hahaha. Tapi seiring berjalannya waktu kita mulai menerima segala yang terjadi. Semua yang dialami adalah pengalaman berharga, pasti ada hikmahnya. Selama setahun kemarin, saya menemani Kaina daring, paling hanya ujian yang tidak selalu saya temani. Terkadang saya tinggal mandi atau saya sedang sibuk bersama adik-adiknya. 

Tahun lalu saya meliburkan mbak ART selama sebulan saat PPKM, waktu itu namanya bukan PPKM ya, melainkan PSBB. Lockdown berat! Karena paping yang masih kerja ke Jakarta atau di cabang Tangerang. Sebenarnya takut kita juga carrier untuk orang lain tapi mungkin kelihatannya yaaa gitu deh 👀 Tahun 2021 juga saya meliburkan mbak selama 2 minggu. Alhamdulillah hari ini udah masuk lagi membantu saya. Banyak banget pengalaman selama mbak di rumah aja 2 minggu kemarin. Dan nggak kalah serunya pengalaman sekolah di rumah yang bakal saya curhatin di sini. LOL


Pengalaman-Sekolah-Di-Rumah-Selama-Pandemik


Pengalaman Sekolah Di Rumah Selama Pandemik

Tidak Bisa Bermain Dengan Teman Di Sekolah

Ini amat menyedihkan ya. Anak-anak butuh sosialisasi dengan lingkungan. Bertemu teman dan orang baru adalah pengalaman yang penting. Belajar komunikasi dengan guru dan teman. Kalau di sekolah biasanya ya ke kantin, main di kelas, ngobrol saat guru menerangkan #ehh itu sih akoh. Masa-masa sekolah itu menyenangkan.  Sejak pandemik, waktu bermain di luar juga jadi semakin terbatas, apalagi di sekolah. Enggak pernah. Mereka sungguh rindu bersekolah dan bermain.


Cranky Saat Zoom

"Zoomnya berapa kali nih mi?"

"Masih ada zoom lagi, capek ah bosen tau?!" 

Ketika zoom dengan guru di sekolah, kadang mood tapi ya seringnya nggak mood. Haha. Baru juga mulai zoom tapi udah nanya selesainya jam berapa. Nah, mungkin semua juga putar otak ya harus ngajar pakai cara seperti apa supaya mereka tertarik dan menyimak dengan baik. Saya masih bisalah kalau SD kelas 1, mungkin kalau Kaina kelas 6 SD itu udah wadidaw, pasalnya pelajaran SD anak jaman NOW nggak sama kayak dulu.


Pernah Nggak Mandi Ketika Sekolah

Saking di rumah aja dan santainya, yaaa pernah nggak mandi ketika sekolah pagi. Seingat saya pas bulan puasa deh itu. Jadi bangun tidur dan cuci muka gosok gigi aja, lanjut deh pakai seragam, eh jilbab doang deh heheuu. Kadang Pakai Jilbab Doang! Yup, seringkali pakai jilbabnya doang, pas ujian baru deh lengkap dari atas sampai bawah. HAHAAA.


Tiduran dan Berlari Saat Belajar

Ini sih udah pasti Kaina pernah melakukannya, apalagi saat ujian. Menunggu soal selanjutnya kan dia tiduran lah, nggak serius, pernah juga jalan, lari-lari jugaaa. Ketika semester kedua baru deh agak lebih serius, duduk rapih. Iya memang proses adaptasi masih terus berjalan. Butuh kesabaran ya bund, hauuuu..


pengalaman-sekolah-di-rumah-selama-pandemik


Metode belajar full online, zoom setiap hari kini jadi hal yang biasa. Alah bisa karena biasa. Adaptasi terus dilakukan sampai akhirnya kita berdamai terhadap keadaan. 2021 berharap tatap muka tapi qadr Allah, masih harus belajar dari rumah dulu. Sementara ini kita harus banyak sabar lagi ya. Insya Allah, itu yang terbaik. Amin. Semangat ya kita semua saling support dan saling menguatkan! Sehat selalu semuanya. Peluk semua ibu super hebat!


pengalaman-sekolah-di-rumah-selama-pandemik


You May Also Like

24 comments

  1. Hahhahaaaa, tahun lalu anakku ngalamin banget tuuh, pokonya ga pernah mandi, kadang sambil tiduran, kasian deh guru2nya ngejelasin tapi diabaikan. Giliran jam 12 baru pake baju lengkap, jadwalnya setor wajah on camera, lucuuuu! Serba serbi PJJ oh PJJ yaa.

    Btw semangat buat dirimuu!!! Prok..Prook..
    Kbayang banget menghadapi anak2 SD apalagi perpindaham dari TK ke SD kelas 1 tuh huuuu, ternikmaat. Masih sangat butuh banget pendampingan .
    Dah ku kirim kopi sama pisang goreng besok pagi yaaaa, buat nemenin sekolah !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tungguin :)) pisgor dan kupinyaaaa haha teh nchie, iyayah gurunya mungkin harus standup comedy dulu baru minat tuh anak2 abg

      Delete
  2. hahaha... bener banget nih, Mba Uci. Sudah sebesar Abang pun pas PJJ dia ga mandi. nyisir dan langsung pakai seragam sekolahnya. hahaha..

    ReplyDelete
  3. memang tidak mudah ya mba... aku ada 2 anak dan bekerja full time di rumah selama pandemi makin menggila di Jakarta. Tapi alhamduulillah lancar saja.. dengan segala kelucuannya of course hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat ya mba Insav, pasti ceritanya lucu2 yaa. Semangaat kitaaa

      Delete
  4. Woowww..zoom tiap hari? Luar biasa..disini dibatasi..takut memberatkan orang tua kalau tiap hari heheh..

    ReplyDelete
  5. wah sama seperti sekolah anakku, tiap hari ada zoom
    nampaknya tahun ajaran baru ini juga masih sekolah dari rumah ya mbak
    anak anak harus tetap semangat
    emaknya yang mendampingi pun harus semangat juga, hehe

    ReplyDelete
  6. Mbaaa i feel you jenuh dan ga waras malah aku sebagai mamaknya yang pengen jedotin pala saking udah capek kerja eh harus nemenin belajar lagi wkwkwk..kukira anakku doang yang bosen pas zoom kadang dia lelah sampe leave zoom sendiri dong kan bikin mamak makin emosi pas gurunya lapor gimana ga makin jadi Tyrex huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ku tydack percaya ibu peri ini jadi Tyrex.

      Etapi dimana2 kelasnya zoom ya. Apa saya saja yg anaknya cuma dikasih bacaan dikit trus lanjut tugas. Jadi ga ada gurunya jelasin gitu :|

      Delete
  7. Anak saya juga gitu mba. Paling sering belajar via zoom hanya pakai celana pendek dan atasannya lengan panjang lengkap dengan jilbabnya, daan belum mandi hahaha. Saya ngajar juga gitu ding.

    ReplyDelete
  8. Pelajaran anak sekarang memang beda lah dengan dulu ya. Kalau untuk anak SD kelas 1 sampai 3 ya masih bisalah mengajari, tapi mulai kelas 4 ke atas emaknya ini mulai kesulitan, apalagi SMP, SMA, udah nyerah deh emaknya ini hahaha. Semangat buat kita semua, para ibu yang anaknya masih PJJ sekarang!

    ReplyDelete
  9. Iyaa akhirnya belajar online kembali karena situasi untuk sekolah tatap muka tak memungkinkan ya karena gelombang kedua ini, anakku kalau zoom malah sibuk chat ngobrol dengan temannya soal game dan film animasi hadehh

    ReplyDelete
  10. Peluuuuk Mbaaa, saling support antar Moms seperti ini sangat berarti terutama untuk kesehatan mental Kaum Ibu. Gak mudah hadapi PJJ namun Anak kita perlu semangat dari Mama Papanya terus kan ya, jadi kita harus stroong.

    ReplyDelete
  11. Tantangan tersendiri dengan PJJ ini, hampir semua pengalaman tersebut juga kami alami. Terus pernah juga ngalami, HPnya anak kami ilang...akhirnya sempat 2 hari gak bisa ikut sekolah karena aplikasi daring tersimpan di HP tersebut. Terutama yang daringnya menggunakan aplikasi microsoft class, mana tim ITnya saat itu belum bisa dihubungi utk membuatkan akun lagi.

    Semoga kita semua sehat-2 selalu, semoga pandemi ini bisa segera reda.

    ReplyDelete
  12. Semoga pandemi ini segera berakhir, supaya bisa sekolah seperti biasa yah. Aamiin

    ReplyDelete
  13. Iih....sama banget masalahnya sama aku, kak Ci..
    Anakku kalau uda mau mulai dzikr pagi, buru-buru dah tu cari jilbab ((padahal uda disipain Mamak, tinggal pakai seragam dan jilbab loo..))

    Terus kalau ditanya, "Uda mandi belum?"
    Jawabannya "Beluuuummm..."

    Wes...wes, mamak kudu sabar dobel tripel kalo gini mah..

    ReplyDelete
  14. Iya banget mom Sekarang semuanya lewat zoom buat belajar tetap semangat ya dan semoga kita sehat selalu

    ReplyDelete
  15. kalau aku agak sebelnya nih karena nggak ada zoom! cuma kasih soal2 panjang dari foto lalu gurunya entah kemana. begitu dari awal pandemi, rasanya sebel, hihi

    ReplyDelete
  16. bener-bener kebiasaan baru ya.. semoga pandmei ini cepat beakhir ..dan kita beraktivitas normal seperti dulu.. termasuk urusan sekolah ..

    ReplyDelete
  17. Anakku paling susah juga kalau disuruh mandi. Biasa bangun tidur cuci muka bersih sama sikat gigi. Udah gitu pas tugas datang dia langsung aja nemplok depan laptop. Etdah, semaunya aja nih gara2 corona. Awalnya saya tegasin harus mandi. Lama-lama saya capek juga ngurus begituan. Udahlah, yg penting belajar dan tugas selesai.

    ReplyDelete
  18. Sebagai orang tua Mungkin ini berat, tapi semoga pandemi cepat usai dan berlalu

    #ainhy edelweiss

    ReplyDelete
  19. I feel you, Mak, hihihi... Anakku yang gede sih udah bisa dikondisikan lah. Kalo yang kecil, ketika divideo call gurunya, mamanya harus stand by di deketnya. Kalo ngga dia bakal nangis. Udah gitu nanyaaa melulu, kapan selesainya. Ckckckck....

    ReplyDelete
  20. Finally anakku pun masuk SD nih. Hari pertama sekolah online malah nggak ikutan, karena mendadak demam. Padahal kemarinnya sudah super exciting 'mau sekolah'. Dan pas subuh juga masih baik-baik aja, kok. Huhu. Alhamdulillah hari kedua bisa ikutan. Zoom-nya baru MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan sebentar banget. Anaknya komentar "Kok cepet banget sih, Mih?" Whahaha. Sungguh menantang ya jadi Buibu yang anaknya sekolah angkatan pandemic. Tetap semangat, Maaak!

    ReplyDelete
  21. Beragam banget ya mba pengalaman ngadepin anak daring ini, aku ada tiga ini. Kalau pagi rumahku dah kayak sekolah anak SMK, SMP dan SD, seru tegang deh kalau pas dapat tugas samaan . Fasilitas juga double budget

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)