Pengalaman dan Cara Pakai Menstrual Cup

by - June 02, 2021

Pengalaman dan Cara Pakai Menstrual Cup~ Langsung aja ya, kali ini kita ngomongin menscup alias menstrual cup. Menstrual cup sendiri kayaknya tahun 2018-an yaa mulai boom di Indonesia. CMIIW. . Dan baru di 2021 yeay akhirnya berani, alhamdulillah masya Allah bahagia. Jadi selama ini saya tatut pakai menscup karena ngeri aja gitu, benda asing itu nggak bisa keluar. Ternyata pemakaiannya nggak seseram yang saya kira. Cara pakai menscup kelihatannya sulit ya, terus bikin parno, pakek menscup kayaknya ganjel dan dugaan-dugaan lain. Sebenarnya kalau yang udah menikah dan melahirkan nggak perlu ragu lagi buat pakai menscup. Jadi pengalaman pakai menscup pertama kali itu rasanya amazing dan mau mengajak temans supaya yakin bisa lewatin rasa takutnya. Nah, yang belum beralih sila dibaca santai aja dulu.


Pengalaman dan Cara Pakai Menstrual Cup


Sampai sekarang ada yang masih takut pakai menscup nggak apa-apa, tapi coba deh atasi hal yang bikin kamu takut. Takut nggak bisa keluar? Takut ganjel? Atau takut sakit saat pasangnya? Hayo masalahnya di mana. Menurut saya, kuncinya memang percaya kepada diri sendiri sih. Yakin bisa. Apalagi yang udah menikah ya. Cara pakainya itu kuncinya rileks aja, tenang, arahkan ke area V, tarik nafas, perlahan prosesnya. Kalau nggak bisa masuk, itu pertanda kamu kurang cukup tenang.


Kenapa Harus Pakai Menscup? Menscup Mahal?

Berikut ini alasan kenapa pakai menscup:

Hemat Waktu, Tenaga, Biaya


Pengalaman dan Cara Pakai Menstrual Cup

Jujur, jadi hemat waktu, tenaga, dan biaya. 

Hemat waktu karena nggak perlu lama nyuci pembalut atau menspad. Tinggal dikeluarin aja dari cup, terus buang deh ke toilet (cup nya jangan ikut dibuang ya hihi). 

Hemat tenaga karena nggak perlu kucek-kucek yakan nggak lelah hayati, setelah blood dibuang, cuci biasa menscup, keringkan (kalau saya nggak keringin), terus pakai lagi. Kelar!

Hemat biaya, untuk pemakaian 8 tahun dengan kurang lebih 400ribu, ada juga harga yang di bawah itu, sila cocokkan dengan kebutuhan masing-masing ya. Sedangkan kalau pakai pembalut sekali pakai, misal budget pembalut 20 ribu/bulan akumulasi setahun 240 ribu. Kalau dalam 8 tahun uang pembalutnya 1.920.000. Ini saya ya. HEMAT^^ asyik bisa beli lensa #lhaaaa.


Membantu Pulihkan Bumi - Ramah Lingkungan

Tau nggak kalau pembalut itu terurainya lebih lama dari popok sekali pakai. Dia bisa 500-800 tahun. Weleh panjang amat usianya ituuuh ya. Selain hemat, saya merasa harus turut andil bantu pulihkan bumi dari sampah. Walau masih banyak kurangnya. Mari kita sama-sama yokkkk, semangat. Bisaaa pakai yang ramah lingkungan, ya kalau bukan kita siapa lagi. Manusia kan khalifah di bumi, paling tidak untuk diri sendiri.

Pengalaman dan Cara Pakai Menstrual Cup


Tidak Badmood Nyuci Pembalut/Menspad

Karena nggak rempong nyuci dan nggak lepek lagi kalau penuh. Pernah keadaan di mana harus ganti pembalut tapi anak-anak lagi riweh. Disitu rasanya sayah mau berubah jadi monster 👀. Duh, kebayang deh kalau temans udah beralih, nggak bakal mengalami hal kayak gitu lagi, merdeka bebas!


Pengalaman dan Cara Pakai Menstrual Cup

Bisa Bebas Bergerak- Fleksibel

Bisa dibawa bobo? Bisa banget lah. Dia kan letaknya di dalam area V. Selama pakai menscup, tidur miring mana aja bisa. Bahagianya lagi kamu bisa olahraga nyaman, entah itu renang dengan gaya gimana pun, cussss. Bebas bergerak. Nggak bakal malas untuk berkegiatan karena alasan lagi DAPET!


Pengalaman dan Cara Pakai Menstrual Cup


Daya Tampung Banyak

Dengan menstrual cup, daya tampung lebih banyak. Kalau pakai pembalut pas lagi deras, bisa ganti 4 jam sekali. Sedangkan pakai menscup aman, dia bisa sampai 12 jam. Saya sendiri kemarin masih sempat bocor, pengalaman pertama kali karena pemakaian nggak pas ya. Tapi kalau pakainya benar, bisa sampai 12 jam saya baru buang bloodnya, dan itu nggak sampai menuhin cup kok. Daya tampung banyak deh pokoknya.


Pengalaman dan Cara Pakai Menscup

Baca Petunjuk atau Nonton di youtube 

Cukup banyak yang mengulas cara pakai menstrual cup, perhatikan baik-baik.

Ada beberapa macam cara melipatnya, c-fold, punch down fold, dan 7-fold.

Saya pakai cara C-Fold karena udah pasti paling mudah bagi saya.

Saya nonton youtubenya mba Aya, udah membantu banget.

Pastikan cuci tangan bersih sebelum memakai menscup ya.


Beli sesuai ukuran- Tiap merek ada perbedaan kategori.

Beli menscup di mana? Saya beli di Tokopedia @sustaination mereknya OrganiCup yang cup B karena pernah melahirkan secara normal. Ada cup A untuk yang belum pernah melahirkan secara normal dan ada juga size mini. Kalau milih merek OrganiCup ini ikut seorang teman yang udah pakai dulu yaitu cifer, ibu pilot yang zero waste dah pastiiiii 😁 . Thank you Feeer. . OrganiCup memiliki sertifikasi hypoallergenic sehingga bebas alergi.


Pengalaman dan Cara Pakai Menstrual Cup


Merek lainnya banyak banget, temans bisa cek yang sesuai kebutuhan yaa.

Pakai pantyliner atau pembalut ketika pemakaian pertama kali (optional)

Kalau saya nggak pakai pembalut lagi pas percobaan pertama, pas pakainya nggak beneeer jadi tembus aja gitu. Tembusnya juga nggak bocor banyak banget.


Pengalaman dan Cara Pakai Menstrual Cup


Cara ngelepas menscup gimana?

Berdasarkan dari beberapa referensi, saya ikutin. Jadi setelah tarik ujungnya, cubit area permukaan menscup. Gitu aja, nanti bakal keluar kok ^^. 

Untuk memastikan cara pakai benar, setelah masuk semua diraba aja pelan, permukaan dasarnya apa udah terbuka semua. Nah ini agak tricky, tapi makin dicoba nanti semakin bisa. Percayalah.

Pengalaman pakai menscup pertama kali saya tuh langsung seneeeng, bahagia banget. Pengin sharing pengalaman ini supaya temans bisa sama-sama merasakan bahagianya kalau pas dapet tuh nggak lepek lagiiii.


Perawatan Menscup

Untuk pertama kali, sebelum pemakaian sterilkan dengan merebusnya ya selama beberapa menit. Setelah selesai periode haid, rebus lagi untuk sterilkan. Lalu simpan, nah kalau mau pakai tinggal pakai cuma kalau ragu, yaudah sterilin lagi aja, hihi.

Pengalaman dan Cara Pakai Menstrual Cup


Waktu itu ada yang tanya, ini tuh cuma punya 1 aja ya gitu nggak apa-apa?

Cukup kok 1 aja selama masih berfungsi baik. Tapi kalau mau coba cari perbandingan merek lagi silahkan ya.

Beberapa teman memang pasti udah familiar dengan menscup, cuma tinggal keberaniannya aja yang belum terkumpul ya. Tenang, nggak perlu tatut. Pasti bisa deh. Ingeeet yang enak aja, kalau udah pakeee pasti nggak bisa pindah ke lain hati. Yukkkk. . beralih ke menscup. Semoga tulisan tentang pengalaman dan cara pakai menstrual cup ini bermanfaat ya, jadi nggak ragu lagi untuk pakainya.

You May Also Like

30 comments

  1. Iya sih, belum belum dah bayangin yang aneh aneh haha. Dan Sebenernya saya pengen nyobain mbak Ucii.. Hanya saja, memang harganya mahal banget haha. Secara alau dihitung-hitungan, saya haid itu ya cuma setahun 3 kali bahkan pernah setahun sekali (gak normal wkwkwk), jadi kan sayang kalo jarang kepake haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, gapapa menspad aja kalau gitu mah yaa mba hihi

      Delete
  2. Waah keren sekali Uci berani pakai menscup ya. Aku gak berani. Bayanginnya aja ngeri...
    Ganjel, besar takut gak bisa keluar lagi dan kayaknya nggak nyaman aja. Salut deh buat yang berani pakai kaya Ucii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ganjel mba nung, nanti kalau udah berani enak deh mba hehe

      Delete
  3. aku pengen coba tapi sedang membulatkan tekad agar berani :')

    ReplyDelete
  4. belakangan ini lagi happening banget penggunaan menstrual cup.
    ada bbrp selebgram yg juga sering recommend menstrual cup ini.
    bagusss ya, bs kontribusi utk menjaga kelestarian planet bumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus mba, enak juga kalau udah terbiasa. Bener2 nggak lepek euy

      Delete
  5. Wah keren banget kamu Ci sudah mulai menggunakan menstrual cup, aku masih maju mundur cantik ini. Karena ngebayangin pakainya itu loh, terlebih aku termasuk yang datang bulannya lumayan juga. Tapi sebenarnya kalau gak dicoba kita gak akan tau ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobaa yuk nyaak, ayo kamu pasti bisaaa.. enak deh

      Delete
  6. Salah satu cara untuk memulihkan bumi memang kita para perempuan mesti pakai menstrual cup biar gak nambahin sampah bekas pembalut makin banyak ya. Tapi aku belum berani... huhuhu. Padahal ya, kalau datang bulan, terus beli pembalut, bisa ngeluarin budget 15 - 20 ribuan tiap bulan. Semoga next time aku bisa pakai menstrual cup, biar hemat juga.

    ReplyDelete
  7. Wah iya ya . Untuk olahraga lebih leluasa menggunakan menstrual cup. Kalo berenang lebih aman ya.

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah coba Mba.
    Kayanya bakal lebih mudah bergerak, lebih hemat dan ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  9. Salah satu hal terpenting dari pakai menscup adalah untuk tujuan lingkungan. Dari selembar pembalut, baru terurai 500-800 tahun kemudian. Waktu yang sangat lama. Bayangkan ada berapa milyar wanita di bumi, jika semua pakai pembalut dan membuangnya, dahsyat sekali jumlah sampahnya ya.

    Memang ada ketakutan saat pertama kali pakai menscup, jadi perlu coba pakai dalam kondisi sangat tenang dan santai. Benar bahwa harus PD dulu. Kalau enggak, bakal sakit dan mudah menyerah.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah akhirnya pakai juga ya? Aku kayaknya pakai hampir 3 tahunan ini, hehe. Bagiku, menscup ini seperti harta karun yang kudu disimpan biar tiap bulan nggak gendadapan nyariin barangnya ada di mana.

    ReplyDelete
  11. Maaf Mbak, aku belum berani pake menscup. Huhuhu...berasa geli gimana gitu. Tapi infonya sangat bermanfaat kok Mbak. Jadi bisa tau kalo ada alternatif selain make pembalut di saat menstruasi.

    ReplyDelete
  12. iya aku pun masih belum kepikiran untuk memakai menstrual cup, mungkin masih belum berani atau emang belum mau coba aja, tapi informasi ini sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah nyoain nih, kayanya enak ya gak takut nembs gitu ya. Lebih irit ya ternyata walaupun harus belimahal di awal tapi worth it lah & gak banyak sampah. Aku tertarik cobain kalau pas olahraga gitu

    ReplyDelete
  14. Ini lagi banyak yang pakai ya mbk. Aku masih maju mundur wkwkwk.. Mbayangin yang nggak nggak soalnya.
    Baru tau ternyata bisa nampung sampe 12 jam... Praktis banget ya mbk

    ReplyDelete
  15. saya belum nyobain ini. terima kasih ya atas ulasannya. harga lumayan mahal juga. cuma di bagian disterilkan ini yang saya belum jelas, dan saya termasuk yang kurang telaten juga. ini harus pakai wadah khsusus kan termasuk buat merebusnya

    ReplyDelete
  16. Satu ketika,
    aku dan si cantik Ica (14 tahun) bicara panjang lebar mengenai beberapa bentuk pembalut, dan membahas tentang menstrual cup.

    Menurutku dan menurut Ica juga, saat ini ia belum perlu memakainya. Dan aku sendiri juga tidak pernah menggunakannya, karena kan booming si MC ini baru baru aja sementara aku udah keburu menopause dini ihihi

    ReplyDelete
  17. Dulu ada teman yang menyarankan pakai menscup. Tapi aku belum belum merasa ngeri duluan. Jadi ya sampai sekarang enggak berani pakai.

    ReplyDelete
  18. Serius nii...gak perlu tatut..
    Huhuu...aku bayangke cara makenya itu loo... ((sok masih virgin, hahaha))
    Jadi aku catet aah...bali dimana. Tak ikutan nyoba pake menscup.

    ReplyDelete
  19. sebenarnya aku sudah lama kepikiran buat pakai menstrual cup ini mbak, tapi entah kenapa kok masih maju mundur cantik, belum yakin akunya, hehe

    ReplyDelete
  20. Salut banget sm yg udah bs make menstrual cup. Sy sendiri msh gak sanggup nyalinya. Mmg seciut itu. Heu. Krn pernah trauma oas pasang iud jd gak berani masukin mcm2 dst..

    ReplyDelete
  21. Iyaaaa, aku termasuk yang atuutt hehe
    Tapi kyknya emang MC ini menghemat banget dari segi pengeluaran untuk membeli pembalut ya hehe. Bayangin berapa banyak yang bisa dihemat dalam sebulan :D
    Yg penting telaten dan rutin dibersihkan/ disteril itu sih ya

    ReplyDelete
  22. Kalau ngomongin ramah lingkungan, aku seoakat bangett untuk beralih menggunakan cup ini. Tapi kalau lihat bendanya, masih ngumpulin keberanian. Hahhaa. Salut bgttt buat peremouan yg udah pada beralih ke menscup ini.

    ReplyDelete
  23. Saya sedang mengumpulkan keberanian buat pakai menscup mbak, udah lihat-lihat juga di marketplace, udah dimasukin keranjang belanja, tapi masih maju mundur buat chek out

    ReplyDelete
  24. Mba makasih banyak buat tips dan pengalamannya nih, meski belum kae menstrual cup aku jadi punya pandangan nih kudu bagaimana.

    ReplyDelete
  25. Aku belum coba mak, kepwngen coba tapi belum berani hehe. Memang kalau pakai pembalut sampahnya yang menjadi masalah ya

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)