5 Masakan Favorit Anak Selama Bulan Puasa

by - April 21, 2021

5 Masakan Favorit Anak Selama Bulan Puasa ~ Sudah masuk hari ke-8 ya puasa tahun ini. Bagaimana puasa anak-anak nih? Berhubung anak-anak di rumah sedang di fase belajar berpuasa, jadi harus tricky. Sahur sih ya yang menantang banget buat anak-anak karena makan di kala ngantuk itu sesuatu. Perlu cari makanan favoritnya nih untuk membuat mereka semangat makan. Kira-kira makanan favorit anak selama bulan puasa itu apa ya? Gorengan? Itu sih memang yes ya, Hehe. Jadi masak apa nih ya?


5 Masakan Favorit Anak Selama Bulan Puasa


Beda anak beda kesukaan, ini terpampang nyata di keluarga kami. Anak pertama tuh suka yang gurih, kalau yang kedua nggak terlalu suka gorengan. Hanya gorengan tertentu aja. Tapi kalau buah, dia suka apa aja. Ramadhan gini jadi bikin beberapa makanan tapi dalam porsi kecil. Saya mikirin yang paling praktis aja menurut saya ya :)).

Nah, saya punya list makanan favorit anak selama bulan puasa. Berikut ini nih makanan favorit anak di rumah:

Ayam Crispy

Ini ayam crispy pasti nggak pernah ditolak. Kriuk dan bumbu meresap di dagingnya. Saya biasa pakai terigu aja. Metode tepung kering basah dan telur. Masak di api kecil kurang lebih 30 menit supaya hasilnya cakeep. Matang sempurna sampai ke dalam.


5 Masakan Favorit Anak Selama Bulan Puasa


Pompom Potato

Karena creamcheese masih sisa, saya tinggal beli kentang aja. Cus bikin deh tadi. Kentang dikukus, campur parutan wortel, lada, garam, kaldu bubuk, seledri. Semua bahan diaduk lalu diisikan dengan creeamcheese dan kornet. Bentuknya bulat ya. Nanti sebelum maghrib tinggal saya goreng pakai baluran tepung panir dan telur. Cocok banget dipadukan dengan ayam crispy tadi loh haha.

5 Masakan Favorit Anak Selama Bulan Puasa


Sup Ayam Kampung

Sup yang bikin hangat tenggorokan dan enak di lidah. Dagingnya lembut karena direbus dengan api kecil. Bisa pakai metode masak kacang hijau yang hemat gas itu lho. Kalau api kecil, bikin meresap bumbunya. Biasanya setelah bumbu tumisnya dingin, baru saya campurkan ke dalam rebusan ayamnya. Maafkan ini fotonya nggak ada haha. Karena sungguh riweh kala itu.


Sup Iga

Sup Iga yang bikin melek kalau saat sahur. Ngunyahnya semangat kalau makanan berkuah gini. Selain gampang membuatnya, pas sahur tinggal dipanasin aja kan? buibu pasti setuju kalau sop iga adalah jalan ninjaaaa. Hihihihi. Saya juga masak iga ini dengan api kecil, sampai empuk. Pokoknya anak-anak suka. Saya nggak punya presto dan entah kenapa memang lebih suka tekstur yang bukan presto, empuk tapi terasa tektur dagingnya.


5 Masakan Favorit Anak Selama Bulan Puasa


Ikan Bawal Laut Bakar Teflon

Selepas belanja ikan, saya lanjut mencuci dan memberinya bumbu. Jadi bumbuinnya sudah dari pagi, biar enak. Memang ikan bawal laut ini cocok banget dibakar. Bumbunya pakai saori, kecap asin, sedikit garam, bawang putih, kaldu bubuk. Semoga meresap sampai daging ikannya ya. Nah nanti sebelum dibakar diteflon, digoreng sebentar. Lalu lanjut deh di teflon supaya efek-efek bakarnya ada. Enaknya ikan bakar itu dengan tumisan toge ya tapi hari ini saya sandingkan dia dengan tumis daun pepaya dan ikan teri pedas. Masya Allah, saat ini masih 11:37. saya jadi lafar hahaha.


5 Masakan Favorit Anak Selama Bulan Puasa
Maafkeun bentuknya πŸ˜‚


5 masakan tadi cara bikinnya mudah kan, pasti buibu juga sudah familiar dengan menu tersebut. Kalau bulan puasa juga tenggorokan kan gampang radang ya. Selalu buka dengan minuman hangat dan manis supaya perut juga nggak kaget.

Semoga anak-anak selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam belajar puasa. Semoga selalu sehat semuanya. Terima kasih sudah mampir.  Masak apa jadinya hari ini?

You May Also Like

27 comments

  1. Terimakasih sharing resepnya mamiingg... sehat selalu untuk maming dan keluarga πŸ€—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ini tetangga akoh πŸ€—terima kasih kembali.. sehat selalu juga dan keluarga

      Delete
  2. Ikan bawalnya menggoda bangeeettt
    Aku (dan anakku) nih kalo puasa bawaannya pengin minuum mulu, Mak.
    Cuaca d Surabaya lagi panas2nya nih.
    Kalo makanan, kami demen ama olahan serba ikan, sih

    ReplyDelete
  3. Ayam kripsi dan sop ayam kampung ini kesukaan anak-anak saya mbak.

    Sore nanti rencana mau masak sop tahu dan brokoli, nggoreng ayam dan tahu bakso

    ReplyDelete
  4. ayam crispy anak-anak juga favorit banget di rumah mba btw baru aja kemarin bikin bawal bakar tapi bumbunya beda kita mba hahaha yang penting judulnya sama yah..kalau aku bawal bakar plus tumis kangkung sukses bikin semua nambah makan :D *eciee

    ReplyDelete
  5. kalo anakku lagi kegilaan sama kebab, wah gak bosen dia deh sama kebab buat buka puasa, malah sahur mau juga makan kebab

    ReplyDelete
  6. Aku belom pernah bikin pompom kentang...biasa beli jadi itu, tapi beda rasanya pasti kalau bikin sendiri. Mau coba bikin biar anak-anak makin semangat buka puasanya nanti

    ReplyDelete
  7. Aku ngikut resep temen, Mbak ... jadi selama puasa, aku menerapkan 2in1. Dua hari beli matang, sehari masak sendiri. hahaha. Kalau masak sendiri, paling ya sekitar sayur bening atau sop.

    ReplyDelete
  8. aku juga belum pernah bikin pom pom kentang, pengen deh nyoba bikin ini.
    Selamat berpuasa untuk Mb Uchig dan keluarga yaaa..
    semoga ibadahnya lancarrrrrrr

    ReplyDelete
  9. Kalau Keponakanku pada suka ayam. Pas belajar puasa ya ayam Mulu makannya. Gak papa sih, kan belajar. Biar semangat

    Kalau di rumah jarang makan daging. Pada kurang suka

    ReplyDelete
  10. Menu ayam memang termasuk yang mudah diterima anak. apalagi ayam goreng tepung. Berasa kayak diajak makan di resto fast food, ya hehehe

    ReplyDelete
  11. Bulan Ramadan tahun ini aku masak yang simpel-simpel aja mba, dan ngurangin banget banyak menu yang sekiranya ngga kemakan karena cuma bertiga.

    ReplyDelete
  12. Menunya enak-enak apalagi yang crispy, Anak-anak pasti suka dan semangat untuk berpuasa ya

    ReplyDelete
  13. Semuanya enak-enak, dan kalau aku sukanya Sup Iga sama Ayam Crispy. Sesekali masak bawal tapi bukan bawal laut. Kebetulan di samping rumah ada ikan bawal.

    ReplyDelete
  14. Masakan simpel seperti ini pasti digemari anak-anak anak aku juga suka banget sama ayam goreng

    ReplyDelete
  15. wah iya ya mbak, cara bikinnya gampang gampang ya mbak
    anak anakku juga paling suka sama ayam crispy dan pompom potatoes

    ReplyDelete
  16. Aku yang selama ramadhan ini nyari menu yang gampang-gampang aja, karena biasanya menu makan malam dan sahurku beda. Efek si Kelvin gak mau makanan yang sama.

    ReplyDelete
  17. Anakku juga suka bangeeeet sama ayam tepung, udah gitu bikinnya gampang dan cepet heheheh

    ReplyDelete
  18. Aku pernah bikin pompom potato tapi hasilnya kok beda gak kaya menu pompom di KFC dulu huuhu chef amatiran gini nih. Menunya udah aku bikin semua selama Ramadan ini tapi ayam crispy belum lebih sering beli ayam filet soalnya

    ReplyDelete
  19. Sepertinya menu ayam goreng tepung ini mmg menu kesukaan sejuta anak ya mba. Begitupu sop iga. Ya ampun anakku banget itu keduanya. Haha

    ReplyDelete
  20. Asiknya memiliki anak yang beragam kesukaan itu, mama jadi eksperimen berbagai menu masakan.
    Jadi semakin pintar dan makanannya selalu dinanti keluarga.
    Aku jadi terinspirasi, kak.. Karena punya kentang tapi bingung mau diapain.
    Dibuat pompom kentang ini enak yaah..

    Haturnuhun.

    ReplyDelete
  21. Ayam goreng tu yg sering dan kyknya selalu ada sih, soalnya nyetok ungkepannya. Pas sahur atau buka tinggal goreng deh. Kalau menu yg lain msh gantian. Kecuali pom2 gak pernah bikin hehe

    ReplyDelete
  22. Wah, kalau ini sih nggak cuma anak yang suka, yang dewasa juga mau 🀭 Duh, sup nya itu, seger! πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  23. Sup Iganya endes banget itu mba. Favorit aku banget lezatnya. Bagi tips bikin nya Mba

    ReplyDelete
  24. Kenapa ya anak anak ini suka banget sama ayam krispi, ayam kentaki.. Anakku juga suka banget mbk. Ini menunya enak enak banget

    ReplyDelete
  25. Sup ayam kampung enak sekali nih sepertinya untuk makan sahur yah

    ReplyDelete
  26. Anak saya juga senang banget dengan ayam crispy. namun biasanya saya juga berkreasi dengan bahan yang lebih murah, misalnya tempe atau jamur. setidaknya da kriuknya, anak-anak tetep suka

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya πŸ™‚
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)