Lawan Hidden Hunger Bersama Royco Baru Dengan Garam Beriodium

Lawan Hidden Hunger Bersama Royco Baru Dengan Garam Beriodium ~ "Ugo, sini coba timbang dulu dong.." saya berteriak. Ugo cuek melanjutkan kesenangannya berlari dan melompat. Setelah memiliki anak ke-3 di rumah baru ada timbangan heheu. Pandemik mengharuskan cek berkala secara mandiri di rumah saja. Tumbuh kembang anak adalah hal penting yang harus diperhatikan. Saya baru saja mendengar istilah hidden hunger? Apa ya itu?




Tanggal 25 Januari 2021 lalu saya mengikuti virtual launch bersama dengan kumpulan emak blogger dan rekan media. Bertepatan juga dengan Hari Gizi Nasional,  Royco meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Royco dengan Garam Beriodium.

Virtual launch Royco dengan Garam Beriodium menghadirkan Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, ibu Hernie Raharja selaku Director of Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia Tbk. dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik, Tantri Syalindri alias Tantri Kotak.


Virtual Launch Royco Baru



Dalam acara tersebut saya baru mengetahui istilah hidden hunger atau kelaparan tersembunyi. Hidden hunger adalah kekurangan zat gizi mikro seperti iodium, zat besi, vitamin A, dan zink. Biasa disebut mikronutrien. Itu penting? Ya penting dong, karena bisa menimbulkan masalah kesehatan yang berkepanjangan. Hidden hunger memang dampaknya baru terlihat dalam jangka panjang.

Faktanya ada sekitar 15.8 jt anak Indonesia mengalami Hidden Hunger? Duh sedih, makanya yuk kita bagikan informasi ini. 


Hidden hunger sendiri nggak boleh dianggap remeh soalnya menghambat pertumbuhan fisik mental anak, bahkan mengganggu kecerdasan. Makanya perlu memantau tumbuh kembang anak secara berkala.

Kebutuhan Iodium setiap orang beda berdasarkan usianya, juga apakah ibu tersebut hamil atau menyusui. Dan yang pasti iodium dibutuhkan sejak dari janin sampai dewasa ya. Dokter Diana menyampaikan Iodium sangat baik untuk anak, membantu hormon pertumbuhan hingga perkembangan kecerdasan fisik dan mental optimal.

Cara Melawan Hidden Hunger
Dengan memberikan asupan gizi yg seimbang. Menjaga pola hidup sehat keluarga. Ternyata makanan sehat itu nggak harus mahal loh. Bahan makanan sehat bisa ditemukan secara mudah dan bergizi.

Iodium yang terkandung di dalam Royco baru, baik untuk apa aja ya?

  • Meningkatkan metabolisme
  • Perkembangan saraf janin
  • Memelihara kesehatan tulang
  • Meningkatkan respon imun
  • Mencegah hidden hunger

Kemasan Royco baru
dengan garam beriodium


Royco dengan garam beriodium ini menjawab kebutuhan para orang tua untuk menyajikan aneka hidangan lezat bernutrisi guna #BantuTumbuhSesuai perkembangan anak, sekaligus mencegah terjadinya hidden hunger atau kelaparan tersembunyi. Saya langsung mencari Royco kemasan baru nih hehe. Kayak gini yaaaa. .





Peran Ibu Menjalankan NutriMenu

Nah para ibu nih perlu memastikan sajian makanan beragam di rumah sejak dini. Menurut dr. Diana, dokter spesialis gizi, semakin banyak sayuran berwarna warni dalam 1 hari, itu semakin bagus. Para ibu bisa memasak dengan mengkombinasikan menu, ada karbohidrat, sayuran, lauk, juga buah sesuai isi piringku yang dianjurkan KemenKes ya.

Saya tertarik dengan programnya Royco yaitu Royco NutriMenu. Royco melanjutkan program “Royco NutriMenu”, program edukasi sejak 2019 dengan mengacu pada konsep “Isi Piringku” yang sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementerian Kesehatan RI.


Sumber website Royco 



Program “Royco NutriMenu” mengetengahkan panduan berisi menu lengkap yang lezat dan dapat digunakan setiap hari; menggunakan bahan makanan yang lebih bergizi, mudah didapat, praktis, terjangkau, dan bersumber dari bahan-bahan berkelanjutan berbasis nabati yang tergabung dalam “50 Pangan Masa Depan”. 

Program tersebut telah disebarluaskan ke 80.000 anggota keluarga, 180.000 remaja pondok pesantren, serta menginspirasi 2 juta keluarga Indonesia secara online. Tahun ini, program “Royco NutriMenu” akan dilanjutkan dengan menyasar lebih banyak masyarakat melalui digitalisasi program serta bekerja sama dengan pihak yang lebih banyak lagi supaya berdampak optimal.

Di acara virtual launch Royco  juga ada demo masaknya bersama chef Norman dan Tantri. Unik banget deh resep untuk karbonya. Bisa dicoba di rumah nih. Beras, jagung, kacang hijau yang sudah direbus, kelapa parut, ubi merah. Ini dimasak seperti nasi liwet menggunakan rice cooker dengan menambah salam, sereh dan royco. Lalu lauknya masak ikan kembung dikukus dengan daun kelor. Ikan kembung diberi bumbu lalu kukus, setelah hampir matang diatasnya diberikan daun kelor, lalu tutup lagi pancinya. Masak hingga matang. Btw, kalau pakai Royco dengan garam iodium nggak perlu kasih garam lagi ya. 


Wah menunya kreatif banget. Sehat dan enak ini mah.

Tantri juga suka masak menu beragam, suka ke pasar tradisional. Tantri ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga. Memasak dengan cinta tentunya menambahkan Royco dengan garam beriodium ya supaya semakin enak, lezat dan bergizi.
 

Intip Ide Masak NutriMenu Yuk!
Siapa yang kalau malam suka bingung besok mau masak apa? Itu sih saya huhuuu. Tenang sekarang bisa intip di bit.ly/royconutrimenu. Program nutrimenu dari Royco ini membantu banget buat nentuin masak apa yang enak dan juga bergizi. Pokoknya ada inspirasi masakan lezat bernutrisi setiap hari deh.


Saya mencoba variasi menu masakan juga, ikan nila goreng dan sayur lodeh. Hampir setiap hari saya masak ikan. Kalau sayur lodeh anak-anak juga suka. Seperti yang kita tahu, sayur lodeh itu isinya beragam jadi selain enak, insya Allah bergizi, ada wortel, labu, jagung, terong, kacang panjang. Berikan Royco rasa baru dengan garam beriodium #BantuTumbuhSesuai. Jangan lupa makan buah ya.

Oh ya saya juga recook dari website Royco Nutrimenu. Saya masak sayur pakchoi enak lezat cepat dan bergizi. Aduh enaaak deh ini. Berikut ya resepnya.

Resep Pak Choi Masak Terasi
• 450 g pak choi, buang bonggolnya
• 1⁄2 sdm gula merah
• 1 sdt Royco Rasa Ayam
• 1 sdm kecap asin (saya skip)
• 200 ml air
• 1 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu Haluskan:
• 4 siung bawang putih
• 10 g jahe (saya 1 ruas jahe)
• 2 buah cabai merah
• 5 buah ebi, rendam di dalam air panas hingga lunak, tiriskan
• 1 sdt terasi, sangrai


Cara Memasaknya

• Di dalam panci, panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
• Tambahkan pakchoi, gula merah, Royco, dan air. Masak hingga pakcoy sedikit layu. Angkat.

Semoga semuanya selalu sehat ya. Yuk kita lawan hidden hunger dengan menyajikan makanan yang bervariasi.




Royco Indonesia
Website: www.royco.co.id
Instagram : @roycoindonesia
Twitter : @roycoindonesia
Facebook : Royco Indonesia

Komentar

  1. Mantuul banget Royco ini, selalu menghadirkan inovasi yg bikin emak2 bahagiaa.
    Royco hadir dengan Garam Beriodium.
    Ini terobosan baguus banget, karena makanan tetap bahkan semakin lezat, juga sekaligus wujud nyata kepedulian Royco mengatasi salah satu masalah gizi di Indonesia yaitu Hidden Hunger yaaa

    BalasHapus
  2. inovasi yang menarik dan luarbiasa membuat ibu merasa nyaman memberikan tambahan kaldu pada anak di setiap menu makanannya karena mengandung garam beriodium

    BalasHapus
  3. Memang masih banyak nih, Mba yang kekurang mikro gizi macam iodium, zat besi, vitamin A, dan zink. Bukan cuma yang miskin, yang berada pun kadang kurang memperhatikan ini. Kerenlah Royco aware soal mikro gizi ini. Jadi walau kecil, insya Allah terpenuhi yaa kebutuhan gizi kita

    BalasHapus
  4. Lezatnya ikan goreng dan sayur lodeh ditambah semakin lezat pastinya dengan taburan royco produk terbaru dengan garam beriodiumnya. Royco membuat para emak keranjingan masak padtinya utk anak2 tercinta.

    BalasHapus
  5. Hidden hunger ini bahaya banget menurutku, sedihnya lagi masih ada anak-anak yang mengalami hidden hunger. Aku kemarin juga habis masak dan mencoba pakai Royco kaldu sapi dan enak banget.

    BalasHapus
  6. Sama, Mbak. Saya juga baru tau tentang Hidden Hunger. Untungnya sejak dulu, anak-anak gak hanya dibiasakan asal makan. Ya semoga aja mereka gak termasuk yang hidden hunger. Makanya penting banget info ini diketahui oleh para calon orang tua

    BalasHapus
  7. Sedih ya kalo anak kekurangan iodium, perkembangan anak terganggu bahkan sampai ke kesehatan mentalnyaaa. Semoga saja dengan adanya innovasi Rocyo Beriodium bisa membantu mengurasi kasus hidden hunger.
    HAduuhh..eta lauuuk pengen disantaap, lapaaar iihh..

    BalasHapus
  8. Ngomongin hidden hunger jadi inget pas zaman MPASI anak,pro kontra tentang bubur bayi yang pakai garam atau nggak wwkwk.. Alhamdulillah nya saya cepet sadar kalau anak butuh garam juga kok tapi dalam porsi yang tepat :)

    BalasHapus
  9. kekurangan iodium dampaknya emang serem-serem gimana gitu ya... Alhamdulillah kalo Royco juga dilengkapi garam beriodium jadi gak perlu khawatir akan kekurangan iodium

    BalasHapus
  10. Sama nih, baru-baru ini ada timbangan di rumah. Dan sejak timbangan ada di rumah, BB kami semua naik dan jarang turun. Salahin timbangan" Eh

    Bener banget, ibu memiliki peran penting ya untuk mengupgrade diri menambah informasi mengenai makanan bergizi seimbang. Wajib paham nih sebagai ibu yang semua sumber makanan biasanya ibu yang handle yaa

    BalasHapus
  11. aku juga suka intip-intip resep dari Royco Nutrimenu nih secara suka bingung hari ini masak apa besok makan apa ternyata di sini banyak inspirasi yang bisa banget di recook krn simpel dan bahannya pangan masa dengan gt

    BalasHapus
  12. Jadi walau perut sudah terasa kenyang setelah makan, bisa saja ada kemungkinan sebenarnya masih "lapar" ya karena makanan yang dimakan itu nggak mengandung zat-zat mikronutrien

    BalasHapus
  13. Harus waspada nih ya dengan hidden hunger, tentunya dengan menyediakan makanan yang sehat dan bergizi. Royco dengan garam beriodium tentu menjadi pelengkap dalam mengolah makanan sehat.

    BalasHapus
  14. hidden hunger memang harus diatasi ya mba.. enjoy your cooking session with love

    BalasHapus
  15. Khawatir juga baca tentang hidden hunger ini karena anak terlihat sehat tapi ternyata kurang yodium,zat besi dan zat penting lain. Efeknya juga berpengaruh pada kecerdasan dan tumbuh kembang ya untung Royco akhirnya ada produk beryodium jadi membantu deh

    BalasHapus
  16. Keren sekali Royco, inovasinya luar biasa. Ikut andil memperhatikan nutrisi bangsa yaitu dengan produk terbarunya Royco dengan Garam Beriodium.
    Seneng banget ada Royco Nutrimenu, nggak bingung masak deh.. Tinggal buka web, recook

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu dengan Hidden Hunger itu. Owh, ternyata ini istilah untuk kekurangan zat gizi micro. Tapi walopun mikro, penting juga ya untuk tubuh. Alhamdulillah deh Royco peduli dengan ini. Salah satunya dengan menyediakan bumbu yang mengandung yodium. Jadi makin semangat deh ngasih anak-anak makanan yang pake Royco.

    BalasHapus
  18. aku dari dulu selalu palai Royco klo masak
    dgn adanya kandungan garam beryodium ini, pastinya membuat Royco semakin membantu para ibu untuk bisa menyajikan makanan yg sehat dan lezat untuk keluarga ya mbak

    BalasHapus
  19. Aku baru ngerti istilah hidden hunger ini lho, ternyata udah ada lama. Dan masih banyak anak Indonesia yang mengalami hidden hunger ya salah satu penyebabnya karena kekurangan mikronutrien. Dengan pemberian garam beriodium bisa membantu mengatasinya ya makanay Royco ikut serta dalam membantu masyarakat dengan menyediakan kaldu dengan kandungan garam beriodium.

    BalasHapus
  20. Menarik sekali.
    Royco tidak hanya meluncurkan produk dengan inovasi baru, tapi juga mengedukasi masyarakat dengan Nutrimenu yang variatif untuk memenuhi gizi keluarga Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidden Hunger kudu diatasi yaa..
      Ini webinar membuka mata para Ibu dan keluarga sekalian bahwa menu yang beragam akan memenuhi asupan nutrisi yang baik.

      Hapus
  21. Hmm ga bakalan khawatir ya pake penyedap rasa sesuai takaran yang wajar karena ada iodium
    Dan aku pengen comot aja tuh ikan, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main comot saja nih Mbak Amma, heheheee. Akupun mau juga soalnya, heheheee. Ternyata masakan Mama Uci selalu dihabiskan oleh anak-anak karena ada peran si Royco ini yaaa.

      Hidden hunger no way yaaa.

      Hapus
  22. Jadi laper liat menu ikan gorengnya Mba. Hepi bangt ya dapet pengetahuan tentang nutrimenu ini.
    Royko sejauh ini juga laris di tempatku kebetulan jual sembako di rumah

    BalasHapus
  23. Baca tentang hidden hungger jadi deg-degan Mak. Soal makanan anak ini memang harus diperhatikan banget ya. Bukan asal masak atau anak mau makan. Kandungan gizinya harus diperhatikan juga. Jadi laper Mak lihat ikannya.

    BalasHapus
  24. Ngeri ya hidden unger ini, enggak kelihatan di badan tapi dampaknya fatal di masa depan. Senang Royco peduli dan unya misi lewat program Royco NutriMenu untuk atasi hidden hunger ini. Kita sebagai ibu tinggal eksekusi untuk menyiapkan nutrisi seimbang untuk keluarga

    BalasHapus
  25. Buibu sayaangg bgt ama produk Royco :D
    Bikin masakan jadi endolitaaa bgt!

    BalasHapus
  26. Betul banget. Mikronutrien ini butuh dikit tapi kadang juga enggak terpenuhi karena efeknya kurang kita sadari, ya. Terima kasih sudah mengingatkan.

    BalasHapus
  27. Selain bikin masakan jadi gurihd ane nak ternyata kandungan iodium di Royco bisa meningkatkan imunitas. Ini aku barut au, sama baru taunya soal hidden hunger. Dulu taunya cuma busung lapar atau stunting aja nih. Ternyata bisa ngaruh sama kecerdasan ya

    BalasHapus
  28. Royco dengan Garam Beriodium ini inovasi baru dari Royco ya.
    Kita butuh asupan iodium, jadi perlu juga ada dalam makanan kita karena kadang terabaikan.

    BalasHapus
  29. ada sekitar 15.8 jt anak Indonesia mengalami Hidden Hunger. Banyak juga jumlahnya ya mbak, semoga di tahun ini angka itu bisa turun. Apalagi kalau para ibu pakai royco dengan garam beriodium ini saat masak, nggak cuma lezat tapi juga mengandung mikronutrien yang dibutuhkan tubuh

    BalasHapus
  30. waduh ada hidden hunger pula disamping anemia yang menghantui keluarga Indonesia. Baru tahu istilah ini, makan tapi ternyata kurang gizinya ya. Udah benar memang untuk mengonsumsi gizi seimbang.
    btw kenapa itu wajahnya ditutup daun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama, aku pun baru tahu dengan istilah hidden hunger ini. Dan iya, simpelnya bisa dikatakan makan tapi gizinya kurang. Aku jadi ngecek lagi deh makanan yang aku masak. Jangan sampai deh bikin keluarga hidden hunger.

      Hapus
  31. Aku gagal fokus sama ikannya mba, itu ikan mas ya. Aku kangen banget makan ikan mas. Apalagi kalau masaknya pake Royco, makin gurih

    BalasHapus
  32. Kita sering abai ya kebutuhan gizi untuk keluarga ternyata zat besi dan yodium penting banget..bagus nih Royco meningkat kepedulian masyarakat pada pentingnya zat besi dan yodium untuk pertumbuhan anak

    BalasHapus
  33. Royco ini memang buat pelengkap banget di rumah dan aku juga suka pakai juga di rumah jadi masakan jadi lebih sedap gitu deh sepertinya

    BalasHapus
  34. Baru tau kalau Royco baru ada kandungan Iodiumnya. Berarti nggak perlu lagi pakai garam ya cukup royco saja sudah berasa masakannya.

    BalasHapus
  35. Baru tau loh istilah hidden hunger ini. Ternyata kekuranan mikronutrien dalam tubuh bisa juga menyebabkan gangguan kesehatan yaaa...

    BalasHapus
  36. Sejak ada kreasi menu di Royco ini saya jadi rajin nyontek resep dari sana lho. Variasi resepnya sederhana dan bahannya mudah didapat, cocok buat konsumsi sehari-hari tapi mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

    BalasHapus
  37. Ih keren memasaknya pake Royco yang sejak kecil udah kenal dan memang masakan jadi enak

    BalasHapus
  38. Menu-menu makanan jadi lebih enak banget ditambahkan dengna royco ya mba.
    Aku juga suka masak pake royco. Mau coba menunya ah pengen.

    BalasHapus
  39. Langsung lapar nih Mbak hehe. Hidden hungger ini serem banget ya. Amit-amit jangan sampai anak-anak kita salah satunya. Kalau masak pakai royco paling nggak jadi tahu takaran iodium yang dikonsumsi anak-anak.

    BalasHapus
  40. Aku baru paham soal hidden hunger ini akhir-akhir ini. Dan kalo laper sedikit aku mulai aware jangan-jangan kurang minum hehehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)