Pengalaman Jasa Foto Produk Fashion

Pengalaman Jasa Foto Produk Fashion ~ Yap, biasanya saya suka foto makanan aja. Kali ini saya dipercaya oleh seorang teman untuk memotret produknya, memang beliau salah satu teman dekat, sebut aja MW. Dan kenapa jadi foto produk fashion? Karena mbak MW minta lalu, ada teman lama yang tanya foto produk jilbab suatu hari nanti. Moga dimudahkan ya usahanya. Amiin. Tapi berhubung nggak punya properti pendukung untuk produk fashion jadi saya mengumpulkan beberapa properti dahulu sebelum siap memotret.



Foto sebuah produk memang harus dibuat semenarik mungkin. Pengalaman saya kali ini megang foto pakaian dan khimar. Saya belum punya standing buat foto studio gitu. Mencoba terjun mengumpulkan beberapa ide konsep. Waktu itu MW request background nya putih aja, clear dan boleh sedikit ornamen. Saya pilih foto di teras, karena cat rumah saya yang putih hanya teras haha. 

Hmm, enaknya foto produk fashion nggak terlalu lelah dalam beberes. Saya sangat menikmati. Produk perdana yang saya foto adalah daster, khimar lalu yang terakhir berupa masker dan gamis anak. Dari perjalanan foto produk fashion ini saya coba rangkum pengalamannya ya. Seperti biasa sih, pembahasan nggak terlalu teknis karena rumahan heheu tapi berusaha profesional dan hasil maksimal.

Konsep Foto dan Scope Of Work
Konsep foto harus dibicarakan saat awal dengan klien. Kliennya yang teman saya sendiri jadi lebih mudah dan tidak kaku. Tanya konsepnya mau seperti apa. Kadang mereka yang minta mau foto seperti apa dan saya juga mengajukan beberapa pilihan. Pada tahap ini saya sering cek-cek pinterest untuk mencari inspirasi. Hihi. Ketika sudah deal konsep fotonya. Scope of work bisa meliputi berapa foto yang akan diperlukan, kapan deadlinenya, apakah bisa ada revisi jika diperlukan, usahakan sedetil mungkin di awal ya.



Persiapan Foto
Mulai dari camera jangan lupa charger, konsep, setting background, mencari properti. Dari semua itu yang paling saya baru tahu adalah menyetrika pakaian hihi. Supaya khimar dan gamis tidak lecek saat difoto, jadi saya harus menyetrikanya satu per satu. Saya foto di teras karena belum punya studio khusus di dalam rumah. Kesulitannya harus ambil foto di rentang waktu pagi sampai siang, kalau sore kan anginnya sudah kencang sekali di atas jam 2 siang, alhasil ya bajunya goyang-goyang. Kalau outdoor, hindari sore hari ya.





Properti Foto
Rak gantung, dan gantungan baju yang harus dilengkapi. Background putih aja ditambah beberapa tanaman yang cakep-cakep bisa bikin foto jadi hidup dan menarik. Tanaman jaman now bermacam-macam ya tinggal pilih aja sesuai selera. Meski klien ingin foto seperti x misalnya, saya coba foto dengan karakter yang beda. Soalnya nggak unik kalau persis sama dengan toko sebelah, plek ketiplek. Saya pun update beberapa properti untuk foto, entah tambah kursi, ornamen hiasan dinding pada projek yang berbeda.

Edit Foto
Semua produk foto memang mementingkan hasil akhir yang baik. Yang perlu diperhatikan produk fashion hasil warna fotonya harus mirip dengan produk asli, dengan kata lain harus mendekati warna aslinya. Jangan over dalam editing fotonya nanti bisa bikin bingung customer pas paket datang๐Ÿ˜. Tidak boleh terlalu terang atau terlalu gelap. Kalau kliennya kayak teman saya itu memang beliau jago editing haha. Ngerti proses foto dan video seperti apa. Enak lah jadinya.

Source Pixabay
Jangan over dalam melakukan proses editing foto


Membuat Video Efek Angin
Selain foto produk, saya juga membuat video untuk support produk MW. Video yang kebetulan diminta adalah efek angin. Seru deh karena bisa dapat angin alami di projek pertama. Pengalaman foto sore goyang, nah jadi saya tahu jam berapa muncul angin haha. Tapi akhir-akhir ini nggak ada anginnya, alhasil saya menggunakan teknik manual ketika video kedua, hueheee.

Semuanya menjadi pengalaman berkesan buat saya. Godaannya bikin saya beli properti foto terus nih ๐Ÿ˜… supaya nggak makan tempat harus cari properti yang juga berfungsi buat di rumah. Nah gimana? Mudah-mudahan bermanfaat ya cerita rumahan kali ini ๐Ÿ˜‰.
Btw  yang di sekitar Tangerang atau Jabodetabek boleh kalau mau foto produknya ๐Ÿ˜† 

19 comments:

  1. Waah, memang yaa properti poto tuh sekarang lucu2 menggemaskan, suka kalap mata liatnyaa, padahal yang dibutuhkan hanya properti buat umumnya poto produk, tapi buanyaaak.

    ReplyDelete
  2. Dengan jasa foto produk gini, tampilan produk pun jadi lebih menarik yaa. Beda kalau difoto biasa. Selain produknya tidak terlihat jelas, juga kesannya kurang 'menjual'

    ReplyDelete
  3. Huaaa seru ya preparationnya. Kirain kalau sore mah aman-aman aja ternyata malah harus dihindari. Dan aku langsung nyerah bayangin harus nyetrikanya dulu hahahah

    ReplyDelete
  4. Ya Ampun Mama Uciggg kece badai sekali ini dari makanan akhire merambah ke fashion semoga makin berkembang dan sukses..btw cara goyang2 bajunya piye mba? aku kok jadi penasaran ya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa... inii goyangin manual aja nnti di edit.goyangnya santai ajaa๐Ÿ˜†jgn sambil mengaum ya ๐Ÿคฃ

      Delete
  5. Wahh, keren buangett nih Mba
    BarokAllah untuk bisnisnya yaa
    Ini bisa banget jadi sumber cuan di masa pandemi nih

    ReplyDelete
  6. Memang perlu banget ya belajar dari mentor ahlinya untuk menghasilkan foto produk yang bagus dan memuaskan.

    ReplyDelete
  7. Keren ih Mba Uci dah mulai dipercaya foto produk baju. Saya masih belum bisa nih foto produk.. lah toolsnya aja baru HP.. hahaha.. pengen belajar juga foto pakai kamera dslr atau mirrorless

    ReplyDelete
  8. Mbaa, aku pengen belajar fotografi lagi secara mendalam. Biar hasil karya foto selalu wow :)

    ReplyDelete
  9. Boleh deh aku jadi modelnya hahaa....
    Katanya sih ada yg bilang foto produk fashion lebih mudah ketimbang foto makanan. Gak tau bener apa gak sih.
    Kalo aku pribadi lebih mudah foto fashion sih memang :)

    ReplyDelete
  10. Foto yang bagus pastinya akan menarik orang untuk mengetahui produknya lebih banyak dan bisa menuntun orang untuk membelinya

    ReplyDelete
  11. Seru banget pengalaman foto produknya sih Mbak, jadi pengen belajar foto-foto juga nih.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulilah jadi Blogger memberikan banyak rejeki dari pintu yang lain ya. Penasaran sama harganya berapa? baca sampai bawah ga nemu wkwkkw. WAhh lama-lama jadi lengkap nih property fotonya..ending tulisan semoga laris manis tingkat Jabodetabek ya. Trus bikin video angin itu gimana caranya mbak haha

    ReplyDelete
  13. Oh iyaya...ide bagus banget tuh...
    Beli properti yang memang terpakai saat sehari-hari yaa...
    Siipsiip~

    ReplyDelete
  14. makasiiih sobatkuuuuu..... muaach... semangat dengan project-project kita selanjutnya..

    ReplyDelete
  15. Kalai foto baju memang identil dengan efek angin ya, Mba.
    Lancar terus Mba usaha motretnya.

    ReplyDelete
  16. keren nih mbak ucig pinter motret. kalau aku cukup untuk memuaskan diriku sendiri aja mbak. heheeh sukses terus ya

    ReplyDelete
  17. tes tes.. tadi aku udah komen masuk ga yah :')

    ReplyDelete
  18. Aku biasanya paje hape doang, sama cahaya seadanya dan latar seadanya
    Ternyata kalo pake jas bisa lebi bagus kayaknya ya mbak

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya ๐Ÿ™‚
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by