Waktunya Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemik

Waktunya Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemik ~Terbangun tengah malam, maming lihat anak-anak tidur pulas damai tentram. Lalu saya tersadar kalau usia syudah tydac muda belia lagi. Memasuki usia 30an banyak suka dukanya. Sukanya udah pasti ya happy bisa bersama anak di rumah walau dukanya teteup ada. Ternyata jadi orang tua beratnya luar biasa huhu. Cuma harus bersyukur dikasih kesehatan bisa ngurus anak-anak dengan tubuh fit. Kalau masalah anak berulah, kita bisa belajar lagiii. Nah ngomongin kesehatan, maming perlahan ingin mulai pola hidup sehat. Apalagi di masa pandemik gini. Siapa sih yang nggak mau sehat? Tapi mulai dari mana dulu ya?


Waktunya Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemik



Mulai hidup sehat dari mana dulu ya?
Hmm, alhamdulillah sejak muda nggak merokok atau minum minuman keras. Buat pembaca cigrey.com kalau kamu masih under 30 dan perokok aktif, tolong sayangi diri dan keluarga 🙂. Bisa mulai stop rokoknya. Apalagi minuman keras. Karena hidup itu maju, nggak bisa mundur. Jangan sampai menyesal ya. Kesehatan adalah yang utama. Mau punya harta banyak tapi nggak punya kesehatan toh percuma. Apalagi di atas 30 perokok aktif, semoga bisa lepas dari rokok ya. Hidup sehat memang butuh konsisten. Namanya memulai kebiasaan, harus dibiasakan. #eh gimana siiih. Nggak semudah itu. Hidup sehat mahal, harus organik ini itu riweh. Saran saya mah pelan aja. Mulai dari yang gampang dulu.

Nah timingnya pas juga di masa pandemik  ini, yuk memulai pola hidup sehat dengan cara berikut:

Rutin Berolah Raga


Waktunya Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemik

Poin yang memang harus dilakukan deh nih. Walau gerak dari youtube di rumah aja. Olah raga harus disempatin. Mama saya dari jaman dulu, selalu olah raga. Beliau sempatin minimal senam 1 minggu sekali. Sekarang usianya 55 tahun, alhamdulillah masih sehat, bugar dan bonusnya awet muda.

Perhatikan Asupan Yang Masuk


Waktunya Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemik

Belajar dari bapak dan mama yang selalu menjaga asupan makanan. Sayuran udah pasti bagus untuk tubuh. Usahakan format nasi, sayur, lauk pauk buah. Sekarang 4 sehat 5 sempurna, digongkan dengan isi piringku yaitu porsi makan dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur. Dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat plus protein.


Jaga Kebersihan
Sebelum pandemik kan kita familiar dengan mencuci tangan ya. Sangat teramat mudah.  Gampil banget. Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Sekarang jadi tambah nih, kalau habis pegang paket, langsung cuci tangan. Pulang dari bepergian juga cuci tangan.


Minum Air Putih 


Waktunya Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemik

Sebenarnya tipsnya ini udah pada ngerti. Tapi udah dijalanin belum? Bangun tidur minum air putih. Kalau segelas belum cukup, coba 2 gelas. Minumnya sambil duduk. Nah, banyak yang minum juga sambil berdiri? Maming ingatkan lagi hehe, minum sambil duduk ya. Insya Allah sehat.

Kelola Stress



Waktunya Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemik

Ini dia biang keladinya haha. Kalau apa-apa dibawa stres, asli deh badan kamu bakal sakit. Hidup memang banyak drama tapi tergantung gimana kitanya aja. Belajar mengelola emosi. Saya pribadi suka ngosrek kamar mandi untuk menyalurkan emosi lho hehe. Positif kan, kamar mandi bersih dan emosi jiwa tersalurkan.


Tidur Cukup dan Tidak Begadang



Waktunya Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemik


Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Hayo siapa yang masih suka begadang? Padahal tidur itu jangan tunggu badan drop. Kalau kayaknya susah tidur, coba baca buku deh biar mata ngantuk. Tidur malam hari minimal 6-7 jam. Supaya kondisi badan tetap fit saat bangun pagi. Lagian kan tidur malam hari lebih memudahkan si organ tubuh untuk bekerja. Tidur setelah isya ya, jam 9an deh, cakep tuh buat pergi bobo.


Hindari Makanan Minyak Berlebihan


Waktunya Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemik

Filter makanan kamuuuu. . Cara memasak juga menjadi faktor penentu kesehatan. Lebih baik merebus dan mengukus. Siapa yang pecinta gorengan? Batas aman lemak dalam tubuh tuh 5 sendok makan (sdm). Btw,  kalau pecinta gorengan mah 5 sdm tuh lewat ya kayaknya. Huhu. Ganti camilan nggak sehat kamu dengan camilan sehat. Paling mudah sih bisa konsumsi buah untuk camilan. Hehe.

Nggak ada pantangan selagi sehat, hanya perlu batasan. Pernah dengar kajian, sakit itu muncul karena kita melebihi batasan. Jadi batasi diri ya.

Usaha supaya hidup lebih sehat jaman now banyak caranya. Mau diet biar sehat, banyak metodenya. Bisa kamu pilih yang sesuai dan jangan lupa konsultasi ke ahlinya juga ya. Kamu bisa coba aplikasi Halodoc. Caranya gampang, tinggal cari di google or apps playstore lalu download deh.

Halodoc merupakan aplikasi mobile untuk konsultasi dan layanan kesehatan. Membantu banget kan aplikasi Halodoc ini, sehat jadi lebih mudah. Apalagi di masa pandemik seperti sekarang ya. Konsultasi dokter bisa via Halodoc sangat membantu, bisa bicara dengan dokter berpengalaman dan terpercaya. Apakah gratis tanya jawab dengan dokternya? Yes, gratis. Temans juga bisa mendapatkan layanan rapid test melalui Halodoc dengan klik link ini ya >>> rapid test jadinya Halodoc layanan kesehatan lengkap, kapan pun dan di mana pun. 


Waktunya Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemik


Dari setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Masa pandemik ini juga banyak membawa perubahan ya. Kita semua berharap vaksinnya segera ditemukan atau virus itu musnah, wallahu a'lam. Semoga sehat selalu semuanya, jangan lupa ya waktunya memulai pola hidup sehat. Kalau nggak sekarang, kapan lagi?

Baca Juga : Cara Hidup Lebih Sehat

27 comments:

  1. aku sih begadang pas libur kerja aja.. krna kalo begadang bangun pagi., badan akan tersa lemas

    ReplyDelete
  2. Stres itu kadang gak terasa .... tahu-tahu saja sudah menguras energi, memang harus diwaspadai ya, Mak.

    ReplyDelete
  3. Mau tidak mau harus hidup sehat di masa pandemi iin ya supaya daya tahan tubuh tidak menurun, Semoga pandemi segera berakhir & gay ahidup sehat tetap dilanjutkan sampai kapan pun

    ReplyDelete
  4. Filter makanan tuh yang paling challenging banget buat aku :)
    Soalnya makanan udah jadi sarana cespleng buat usir bad mood selama #diRumahAja qiqiqiq

    ReplyDelete
  5. Memang sulit tapi harus berusaha hidup lebih sehat ya biar lebih lama menikmati hidup dengan orang tersayang..

    ReplyDelete
  6. Huaaaa kalau Uci udah ga muda aku apa dong? Hahahha Tapi emang bener makin sini harus makin aware jaga kesehatan. Ku juga maksain nih yoga tiap hari walau di rumah aja

    ReplyDelete
  7. iyanih aku juga sedang berusaha mengelola tidur Cukup dan Tidak Begadang, agak sulit tapi pasti bisa dilakukan kalau ada niat dan keyakinan :D

    ReplyDelete
  8. bersiap menghadapi the new normal life nih... sebenernya ga ngerasa siap. masih agak2 parno. punya aplikasi halo doc membantu banget untuk layanan kesehatan di masa pandemi ini.

    ReplyDelete
  9. Aku musti cut down gorengaaan nih.. gawat memang hehehe. Tapi aku pecinta air putih, buah dan sayur segar. Semoga bisa sehat selalu

    ReplyDelete
  10. Bener banget ya Allah aku juga nie harus mulai kurangin gorengan ini pe ER banget bikin gemuk dan gak sehat gitu...

    ReplyDelete
  11. Iya memulai hidup Sehat itu harus dari keluarga Dan dimuli sejak dini ya mba,, sekarang lebih mudah Cari inf kesehatan sudah Ada halodoc lengkap lagi

    ReplyDelete
  12. Emang penting banget ya Mbak pola hidup sehat tuh. Biar kita gak mudah kena virus atau penyakit apapun.. dan Halodoc membantu urusan kesehatan kita ya..

    ReplyDelete
  13. sekarang hidup sehat dan bersih sangat penting buat dilakukan, semoga pandemi ini berakhir dengan hikmah yang membaikkan buat semua aamiin

    ReplyDelete
  14. Kalau batasan gula berapa banyak, kak?
    Heuu...suka merasa bersalah ngemilin permen. Tapi ini cara paling ampuh untuk aku bahagia.
    Ahhahah....retjeh banget sih...

    ReplyDelete
  15. saya udah kurangi begadang. padahal sebelumnya tuh saya tidur di atas jam 11 malam, kudu baca webtoon dulu. sekarang udah gak mau sakit...tidur kudu cukup

    ReplyDelete
  16. semenjak adanya pandemi Covid-19 sudah pasti gaya hidup berubah, bahkan sekarang agak lebih ketat lagi nih soal kebersihan. Menjaga kesehatan juga sangat penting sekali, yang pasti jangan lupa olah raga juga.

    ReplyDelete
  17. Iya nih sekarang pas pandemic aku lebih meningkatkan diri untuk lebih aware lagii, semoga berakhir dengan cepat yaaa.

    ReplyDelete
  18. Menjaga pola hidup sehat saat ini kayak jadi lifestyle masyarakat ya.
    Berharap pandemi lekas berakhir, agar kehidupan bisa pulih kembali

    ReplyDelete
  19. Aku juga pernah konsultasi ke Halodoc ini karena nggak memungkinkan pergi ke klinik atau rumah sakit di musim pandemi ini. Dan jawaban dokternya sangat membantu sekali Uci...

    ReplyDelete
  20. Kehadiran wabah ini memang memaksa kita untuk bisa mempertahankan gaya hidup yang sehat dan bersih ya. Setidaknya wabah ini memiliki hikmah tersendiri di baliknya.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah poin-poin di ats sedang aku jalani. Selepas Ramadan ini akan kembali berolahraga secara teratur. Menjaga pola tidur supaya cukup.

    ReplyDelete
  22. Zaman skrng kudu punya lifestyle sehat ya mbak supaya imun juga tetap baik. Ngeri soalnya skrng banyak yg terpicu virus tak kasat mata ini. Yg namanya stres juga kudu banget dihindari ya.

    ReplyDelete
  23. Memang jadi sulit ya untuk berkonsultasi ke dokter ketika musim pandemi gini. Untung ada halodoc yang bisa bantu kita agar mudah mendapatkan advis dokter melalui aplikasinya.

    ReplyDelete

  24. Halodoc bantu banget ya mba jad8 hisa konstasi langsung sama ahlinya dan banyak fotur yg mwnolong sih

    ReplyDelete
  25. Duh.. Air jeruk nipis ini mengingatkan aku sm infused water jeruk nipis kemarin. Pahit banget ya Allah.. Haha. Emang gitu ya mba? Aku jd jera bikin lbh prefer ke air plus perahan jeruknya aja

    ReplyDelete
  26. Saya tuh kalau stres langsung ketauan, alergi kambuh... Makanya dijaga banget jangan sampai stres dan bikin daya tahan tubuh menurun...

    ReplyDelete
  27. Mbak, ukuran huruf di blog ini kekecilan bagi mataku yang sudah berusia 44 tahun hihi,,,Tapi, Alhamdulillah masih sehat sih, dan aku dah punya apps Halodoc sejak lama. Biasa buat beli obat karena anak-anakku ada asma jadi beli obat sewaktu-waktu bisa di sana. Juga konsul dokternya gratis. Pokoknya juwaraa Halodoc mah!

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by