Nggak Perlu Takut Pasang IUD alias KB Spiral, Intip 5 Hal Ini Yuk

Nggak Perlu Takut Pasang IUD alias KB Spiral, Intip 5 Hal Ini Yuk ~ Nggak ada salahnya nyoba kedua kalinya untuk hal yang satu ini. Saya sempat malas menggunakan IUD alias KB spiral, tapi sekarang rencananya memang mau sudahi produksi di rumah. Haha. Karena cukup 3 anak saja kalau Allah mengijinkan ya. Namanya usaha. Btw, malas deh pasang KB spiral soalnya sering banget haid jadi lama dan flek dikit sekali. KB spiral bikin susah sholat dan puasa. Makanya saya sempat lama tidak KB. Lalu kenapa pasang KB spiral (lagi)?


Namanya usaha yaaa, jadi coba lagi deh pasang KB spiralnya. Saat setelah melahirkan Kaina, pasang KB spiral dengan dokter Dessy. Keluhan setelah pakai yaa suka ngeflek gitu. Pernah dibetulkan juga. Beliau pernah ganti posisinya, saya nggak ngerti deh digimanain. Pokoknya digunting gitulah. Kalau ada yang tanya sakit apa nggak saat pasang KB spiral? Menurut saya sih nggak sakit ya, prosesnya memang cepat. Sekitar 5 - 15 menitan. 

Pas mau hamil anak kedua, saya lepas KB spiral. Prosesnya juga nggak sakit kok. Nah, semenjak lahiran Ashika, nggak pakai KB spiral. Sampai akhirnya ada adik Ugo. Lalu nanya ke seseorang sahabat, dia KB spiral dan nggak ngeflek juga, proses lainnya juga nyaman saja. Hmmm, akhirnya saya mau nyoba lagi pasang nih dengan dokter yang berbeda. Bismillah, semoga lancar dan nggak ada keluhan.

Kalau dokter selalu bilang, efek samping IUD itu bikin ngeflek-ngeflek, biasa. Kalau masalah hormonal, nggak ada efeknya. Btw, Dokter Hasta salah satu orang yang kebobolan hamil walau saat itu beliau gunain KB spiral. Sudah kehendak Allah yaaa, secanggih apa pun alatnya. Allah maha tahu yang terbaik.

Alhamdulillah nggak ada keluhan sampai saat ini. Kalau masalah haid, memang menyusui bisa pengaruhi siklus haid pasca melahirkan. Saya juga pernah cerita tentang Kenapa Tidak Haid Setelah Melahirkan.

Semenjak Ugo lahir, haid setelah nifas baru bisa lancar seperti biasa, normal di bulan ke 6. Ini beda dari kakak dan mbak. Dulu tuh setelah nifas langsung haid kayak biasa.

Anw, masih banyak yang takut pakai KB ini ya. Katanya sakit. Tapi sudah pernah coba belum? Hihi. Buat yang lagi memantapkan hati untuk pasang IUD alias KB spiral, nggak perlu takut pasang IUD. Takut sama Allah ajaaah 😃. Intip 5 hal ini yuk. Baca lagii ya.



Sakit Nggak Sih?
Setiap ditanya teman tentang KB spiral. Saya sendiri jawab, nggak sakit. Prosesnya cepat. Setelah alat bentuk T nya masuk, nggak terasa apa pun? Iyaaa nggak berasa apa-apa. Biasanya habis pasang, kita juga di USG sama dokter untuk memastikan apakah posisinya benar.

Pasang IUD Nggak Harus Saat Haid Kok
Kalau case kayak saya gini, yang tidak haid setelah nifas gimana pasang kb spiralnya?
Memang ada yang menyarankan pasang IUD saat haid aja supaya nggak terasa sakit. Tapi nggak harus nunggu haid dulu kok kalau mau pasang IUD. Pasang saat nggak haid juga tydac sakit. IMHO.

Rileks Beberapa Menit Waktu Pemasangan 
Pastikan kamu nggak sedang hamil yaaa. Untuk memastikan, sebelum pasang saya di USG karena nggak lagi haid. Oh ya, dengan rileks akan memudahkan banget proses pemasangannya. Beneeer deh cuma sebentar pasangnya.

Nggak Perlu Takut Pasang IUD alias KB Spiral, Intip 5 Hal Ini Yuk


KB Spiral Boleh Dilepas Kapan Ajaaa
KB spiral ini jangka waktunya 5 tahun. Pas jaman mamah sih ada yang sampai 10 tahun ya, cuma kata dokter sekarang sudah jarang yang sampai ten years hehe. Kalau kamu mau program hamil sebelum 5 tahun boleh lepas kok. Nggak harus nunggu 5 tahun. Proses lepas KB spiral juga nggak sakit, samaaa aja kayak pasang.

Efek Samping KB Spiral
Kalau KB hormonal kayak suntik dan pil gitu, ada pengaruh ke badan, juga ada yang ngaruh ke muka. Cocok-cocokan sih katanya. Saya nggak disarankan pakai KB model itu karena pernah kena bells palsy. Efek samping KB spiral beberapa orang suka flek. Selama flek dan bukan pendarahan ya, nggak usah khawatir. Dan kalau dirasa ada yang nggak enak, langsung periksa ke dokter. Nanti biasanya letak IUD dibenerin. Saat kedua kalinya pasang, flek nggak seperti waktu dulu. Haid juga normal. Alhamdulillah.

Tips pasang KB spiral dari maming:
Deal dengan Pasangan
Pastikan sudah kompromi dengan pasangan ya. Apaqa si pak suami merestui? Kalau tidak, coba diskusi kembali. Cek lagi, hal apa yang membuat pak suami enggan pasang KB spiral. Apa karena dengar kabar kalau pasang kb spiral membuat tak nyaman saat berhubungan? 

Pilih Dokter Yang Sudah Berpengalaman
Pilih dokter yang kompeten, yang bikin nyaman. Ng. . Rada susah kalau nggak nyaman. Saya pribadi dapat Spog wanita yang enakeun, pokoknya favorit banget dokter Hasta di Hermina Tangerang.



Ada yang mau share, yukkkk sila di komen ya 😃 yang jelas, nggak perlu takut pasang IUD alias KB spiral ya.


16 comments:

  1. Wahh makasih sharingnya mba. Aku butuh info seperti ini tentang KB. Butuh info banyak ttg KB, karena aku pgn pasang tapi maju mundur. Selama ini cuma ngandelin kalender and kondom aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha. saya juga. tapi pernah keliru itungan akhirnya saya hamil. mungkin karena banyak faktor, akhirnya belum bs berlanjut kehamilan saya. huhu. pengen pakai iud deh

      Delete
  2. ah aku juga pake nih.. enak deh nyaman, ga ganggu hubungan intim, hihi.. pertama pasang iud waktu haid pertama setelah masa nifas anak pertama. kb ini cukup membantu ya dalam mengatur jarak kehamilan, belum 5th udah aku lepas untuk program anak selanjutnya ^^

    ReplyDelete
  3. Aku termasuk yang takut untuk pasang ius takur sakit :-D
    Ternyata cuma pikiran aku aja ya dicoba aja belum udah bilang takut sakit. Bener banget harus pilih dokter yang pengalaman supaya kita juga ga stress waktu masangnya

    ReplyDelete
  4. Aku pemakai IUD juga, udah genap 2 tahun. Tapi bener-bener aku baru tau kalau pasang IUD ga harus haid. Bukannya saat haid servix melemah dan jadi mudah pasangnya ya Mba? Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya nggak sakit katanya hehe. Dan memastikan klo nggak sedang hamil. Jadi saat haid aja anjurannya. Tapi klo kasus kayak aku, nggak haid normal pasca lahiran tetap bisa pasang iud kok😁

      Delete
  5. Aku masih takut karena ada beberapa yg ceritain pengalaman buruk dgn KB spiral. Jadi sementara ini masih pakai KB yang lain.

    ReplyDelete
  6. Tapi aku termasuk orang yang takut sih pasang IUD, waktu itu konsul ke dokter padahal juga disarankan untuk pasang IUD tapi ku masih belum berani. Selama ini KBnya alami aja dulu, hehehheee

    ReplyDelete
  7. Saya dulunya pengguna IUD juga. 2X pakai. Setelah melahirkan anak pertama dan setelah melahirkan anak ke-2.
    Yang penting selama pemakaian kita gak angkat barang berat atau beraktivitas yang menggunakan fisik secara maksimal, IUD di dalam gak bakal goyang posisinya.

    ReplyDelete
  8. Lima tahun berlalu sejak anak kedua, aku masih takut aja, hiks hiks. Padahal sudah direkomendasiin dokter langganan kakak yang beneran nggak bermasalah sampai bertahun-tahun. Nggak ada keluhan dan efek samping karena kakak bilang spiralnya beda sama di beberapa dokter yang dia udah coba. Tapi tetep aja masih ngeri. Padahal penginnya udah stop aja.

    ReplyDelete
  9. Aku juga udah pakai iud udah lama, pengen lepas dulu deh, siapa tahu hamil hihi..mau tapi takuut..

    ReplyDelete
  10. Belum beraniii beluummmm ga beranii masihhh

    ReplyDelete
  11. Aku sudah cobain loh KB spiral ini rasanya kayak di gelitik gitu gak sakit gak sampe 5menit sakitnya malah sakitan melahirkan

    ReplyDelete
  12. Aku udah 2x pasang iud, gak ada rasa takut sih, malah ngeri disuntik atau yang implan. Anyway thank you tipsnya ya

    ReplyDelete
  13. Belum berani pakai KB Mak, soalnya masih program kehamilan, huhuu. still waiting heee
    Emang kalau diceritain dari pengalaman teman2 yg udah pernah nyobain KB spiral ini benenar cocok-cocokkan. Di tiap orang beda juga sih efeknya gitu hheee

    ReplyDelete
  14. Ibuku pasang iud tapi aku sendiri takut karena ada yang curhat mengalami iritasi, ada yang hamil iud nyangkut di ari-ari. Tapi ada banyak yang cocok kayak ibuku misalnya.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by