5 Kebiasaan Keluarga Yang Jadi Aturan Main!

5 Kebiasaan Keluarga Yang Jadi Aturan Main!~ Kebiasaan atau aturan dalam keluarga, kita sebut saja ritual keluarga. Pasti deh semua punya kebiasaan dan juga aturan dalam keluarga masing-masing. Anak-anak yang terbentuk nanti diharapkan menjadi pribadi yang baik dan tangguh. Namanya juga usaha yakaaan. Maming tugasnya berusaha mendidik mereka dengan bantuan paping, meski nggak selalu bisa senyum, bahkan sedikit melotot, percikan amarah yaa gitu-gitu deh haha.


Yuk ah lanjut. .

Saya mau cerita nih. Ya sebenernya nggak ritual banget sih hihi. Cuma ada beberapa kebiasaan yang sudah turun temurun dari ibu bapak suami juga dari mama dan bapak saya. Aturan dari sananya gitu. Alangkah baiknya kami ikuti karena memang itu aturan yang baik.

Beberapa contoh aturan seperti: makan nggak boleh di dalam kamar? Terus. . . Nggak nonton sambil tiduran. Nah kayak gitu. Sama kan ya. Semua aturan dibuat supaya hidup lebih damai. Tapi anak-anak kan agak rebel, haha. Saya sendiri adalah orang yang cukup kuat dengar tangisan mereka. Jangan heran kalau rumah kami hingar bingar nangis karena ada masa tantrum. Nggak semua keinginan mereka bisa terpenuhi. Belajar mengatasi rasa kecewa itu perlu.

Dadah Pagi
Sebelum paping berangkat kerja, anak-anak dipamitin. Say goodbye to hello. 😄


Kaina dan Ashika suka ngejar abang gojeknya. Kalau mau dadah pagi, mereka harus bangun pagi dong, nggak ada kata tidur larut malam. Anak-anak sedari kecil saya atur untuk bisa biasa bangun pagi. Alhasil, Kaina sekarang biasa bangun sendiri di waktu 05.30-06.00. Wah dulu mah saya selalu dibangunin sama si mamah deh kayaknya hahaaa. Good job Kaina. Semangat untuk dadah dan mendoakan paping ya!


Es krim 3minggu 1x


Rules paping kalau yang ini. Tapi ya beliau kadang sih belum 3 minggu sudah pengin beliin anak-anak. Haha. Asyik kalau ada rules gini, jadi nggak selalu minta beli tiap mampir ke mini market. Dan misalnya ada mamang es krim lewat juga mereka nggak riweh minta karena sudah ngerti jadwalnya.


Tidak Main Malam Hari
Dari jaman saya kecil, bapak nggak bolehin kalau hari sudah malam. Sempat bete sih, tapi sekarang paham maksudnya. Lalu saya menerapkan aturan ini pada anak-anak. Lagian kan memang dalam ajaran yang saya imani, malam hari itu untuk istirahat. 


Makan Indomie seminggu 1x
Ups, bawa-bawa merek dagang nih. Iyaa gpp yaaa 😄. Rules yang ini juga bawaan dari mamah. Biasanya weekend boleh bikin mie. Sabtu atau minggu. Nggak boleh setiap hari. Lhaaa, anak-anak di rumah kalau dengar kata mie, setuju banget untuk bikin. Suka.


No Gadget Saat Teman Bertamu
Ini harus dibiasakan deh. Nggak mainan gadget kalau tamu datang. Masa anak-anak kan nggak terulang ya. Kalau main di rumah sini tuh pasti saya bawel, jangan nonton dong. Main bareng aja. Boleh sebentar nonton tapi prefer mainan. Berantakan? Ayo rapihkan barengan. Walaupun ujungnya kadang ditinggal tanpa suasana yang rapih. Dan bikin pening hihi. Saya selalu ingatkan, kalau main di mana pun, jangan lupa beresin lagi ya!



Itulah beberapa rules, kebiasaan atau ritual keluarga kami ya. Ada aturan lain yang belum disebutkan, soalnya aturan yang sudah umum diketahui. Nggak perlu diceritain yaa 😃

Lagi-lagi. . Namanya juga usaha yakaaan. Semuanya, Allah yang menggerakan hati. Banyak berdoa pokoknya buat buah hati.

Oh ya, kalau aturan dalam rumah kamu gimana? share ya di komen. Daaaagh. .maming mau lanjut, Ugo bangun. .

21 comments:

  1. Dadaah pagi :')

    Ya Allah mana kepikiran wkwkw. Tapi kalau udah jadi aturan, emang kalau blm dadaah pagi ada yg kurang gitu ya. hahaha

    ReplyDelete
  2. Aturan di rumahku banyaaakk hehe Dan emang gak mudah menerapkan ke anak2 tapi hasilnya baru akan dirasakan jangka panjang

    ReplyDelete
  3. Kalau soal beresin mainan juga sama nih. Anak2 udah otomatis kalau abis main di mana pun ya diberesin

    ReplyDelete
  4. Bagus juga dibikin rules untuk kebiasaan2 baik yang bikin hangat kelaurga sama menyehatkan gini Mak. Inspiring :)

    ReplyDelete
  5. Inspiring, Mbak. Kalau di rumah mie instan belum tentu sebulan sekali. kadang setahun hanya beberapa kali. Meski emang kami gak bikin rules.

    ReplyDelete
  6. Saya dulu juga kalo teman anak main, suruh barengan rapiin mainan. Kalo temannya pulang tanpa rapiin, tanggung jawab dia ngerapiin sendiri hihi

    ReplyDelete
  7. Aku tuh kebiasaannnya tuh misalnya sabtu atau ahad, anak anak yang nyapu dan beresin rumah. Selain itu sih setiap main mereka harus langsung rajin benerin mainan :)

    ReplyDelete
  8. Soal: es krim..aku nyetok di kulkas. Yang kemasan 1 lt atau bijian. Dengan begini mereka gak makan tiap hari malah. Kalau pas kepengin aja. Karena lihat dah eneg mungkin kali yaa. Mie juga gitu. Jadi ada stok, tapi malah belum tentu seminggu sekali bikin (anak yang gede dah bisa bikin sendiri).hihihi

    ReplyDelete
  9. Itu yang dadah ayah dan salim sebelum berangkat sekolah, harus banget nih kalau di keluargaku. Termasuk ayah atau ibu yang akan berangkat kerja, saling pamit dan cium. Nggak boleh ditawar-tawar kalau yang ini. :))

    Makan mie instan juga sama nih, dalam jangka waktu tertentu saja bolehnya, ga boleh setiap hari. Plus penggunaan gadget yang hanya hari Sabtu dan Minggu aja.

    ReplyDelete
  10. Soal mie instan sama kayak di rumahku. Kalau es krim aku gak terjadwal sih. Kadang beli agak banyak, ya tiap hari makan. Kadang blas gak ada sama sekali sampai berminggu-minggu. Jam malam di rumahku maksimal jam 9. Anak udah tahu sebelum itu mereka udah ke kamar mandi. Ya lumayan kalau urusan waktu. Tapi kalau siang hari main gak ada habisnya. Sampai kondisi rumah gak pernah ada manis dan bersihnya. Wew! Puyeng Emaknya. Tapi memang betul, mak, setiap rumah pasti punya rule kayak gini. Dan harus sih, kalau menurutku.

    ReplyDelete
  11. Tak tambain jgn lupa cium pipi anggota kluarga tiap hari biar lebih sayang. Aku bolehin gejet klo di luar sebagai dinding pertahanan terakhir

    ReplyDelete
  12. Setuju banget yang no gadget saat tamu ad di rumah, aq pernah ngerasain nih gmna rasanya dicuekin heheh

    ReplyDelete
  13. Nah catet ah 5 kebiasaaan ini. Untuk gadget sekarang malah kulagi kurangi banget. Dan membiarkan mereka banyak main di luar.

    ReplyDelete
  14. Kalau di keluarga saya es krim dan mie instan bolehnya 1 minggu sekali. Jadi kalau sabtu itu hari boleh es krim, kalau minggu hari boleh mie instant

    ReplyDelete
  15. Wah keren udah dibiasakan sejak kecil gtu nanti biasanya gkebawa sampai gede ya mbak. Khususnya buat aturan main dan bangun paginya itu, bisa dicontek nih

    ReplyDelete
  16. Kalau di rumah, makan Indomie, mi instant itu sebulan sekali. Es krim malah nggak ada aturannya, karena jarang-jarang juga belinya, tergantung mood :)
    Kebiasaan lain di rumah itu, sarapan pagi diusahakan bareng.

    ReplyDelete
  17. Hihi aturan yang akan menjadi pegangan dalam keluarga akan membantu karakter anak sampai dia nanti menjaga keluarganya sendiri ya Mak...

    ReplyDelete
  18. Ya ampun haha.. bisa gini ya, anak-anaknya. Tiga minggu baru bisa makan es krim, hihi... Makan indomie seminggu sekali. Harus kuat pendirian nih, kalau nerapin peraturan buat anak, kadang saya malah suka melanggar sendiri.

    ReplyDelete
  19. aku sepakat juga soal no gadget..bahkan tiap jam 8 malam, harus udah gadget free untuk saya dan suami..supaya anak nggak pengen ikutan main juga

    ReplyDelete
  20. Semua aku belum lakuin hahaha, eh pagi salam aja sambil pamit & ucapkan : yang pinter ya (pas mau berangkat sekolah)

    yang lain masih berat, klo es krim aduhhh semaunya dia minta dah hahaha

    ReplyDelete
  21. sepertinya dadah pagi ini aturan banyak keluarga ya, di keluarga saya juga gitu, anak pertama dadah pas papanya berangkat kerja, terus dia berangkat ke sekolah. kalau makan mie sebulan sekali heheheh

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by