5 Cara Membiasakan Anak Tidur Sendiri

Mengamati pertumbuhan anak-anak membuat saya semangat kembali. Di rumah. . Perlu menata hati banget? Ya gitu deh berhadapan setiap hari sama krucil. Habis melahirkan, bahagia lelah bercampur jadi satu. Saya merasakan sumbu mulai pendek kembali. Hmm mungkin waktunya saya menambah sumbu dengan pergi berwisata ke pasar. Tadi pagi saya bahagia karena benjolan di ketiak Ashika sudah tinggal titik sih. Duluu, dokter Armila menyarankan untuk biopsi tapi kami nggak mau pakai cara itu.


Makanya memang penting untuk cari second opinion, dan tentunya cari juga ke ahlinya ya.
Sudah sebulan berlalu, masih terkagum-kagum sendiri pasca lahiran. Banyak sekali tamu yang menjenguk, semoga ikut bahagia dan keberkahan Allah untuk kita semua. Amiin.

Kalau ditanya gimana tuh kakaknya Ugo ada adik? Kakak Kaina dan mbak Ashika. . Kalau Kaina sudah mengerti ya, Kaina usianya sudah 6 tahun di Agustus ini. Sudah jauh lebih maju pikirannya dibanding Ashika. Wajar banget. Ashika memang nggak pernah ngomong secara langsung tentang kecemburuannya. Tapi sekarang ini kalau ada paping, maunya sama paping aja. Okay, good. Sudah bisa tidur terpisah sama saya saat malam hari, tentu ditemani dulu sampai paping pulang dan saya pindah ke kamar sebelah. Kemajuan banget. Sangat. Semuanya dilakukan secara bertahap. Semua atas support paping. Ashika nggak mau puk-puk lagi sama saya.

Ashika yang butuh perhatian lebih, usia dia masih 3 tahun ++. Cuma yaaa saya sebagai ibu yang masih banyak banget kurangnya, yang bisa marah juga. Ashika sempat ngompol, pipis di celana saat main. Ini kejadian yang bikin, oh saya sebagai ibu banyak alpanya. Ini anak berulah pasti karena sesuatu. Saat nulis ini, beneran pusing karena Ashika. Saya kurang memperhatikan dia. Jadiii menurut saya cukup perhatian, tapi mungkin menurut Ashika nggak! Jalan keluarnya ya memeluk Ashika sesering mungkin.^^

Well. . Saya mau share gimana caranya ngajarin anak tidur di kamar terpisah. Tepatnya sih bercerita aja. Sekarang Kaina dan Ashika bobonya di kamar mereka, memang masih ditemani paping. Mereka tidur di kasur atas, sedangkan papi di kasur bawah. Saya ya di kamar sebelah bareng adik Ugo.

1. Siapkan Tempat Yang Nyaman
Kamar di rumah cuma ada 2 kan, berhubung waktu itu masih tim cewek-cewek, ya disatuin deh. Kami meminta bapak tukang mengecat motif dan warna yang diminta Kaina. Pada saat itu saya memang tanya Kaina mau warna apa. Kamar dibuat senyaman mungkin. Dan nggak lupa pakai lampu tidur, supaya tidur lebih lelap juga.

2. Bermain Dalam Kamar
Kaina dan Ashika suka main peran, main pakai boneka, tas, lampu-lampu. Main gelap-gelapan. Biasakan mereka main di dalam kamar yang baru. Ini sih supaya adaptasi cepat. Soal kebiasaan aja, anak-anak pasti bisa mudah melewatinya deh.

3. Menata Kamar Secara Bersama
Di kamar biasanya kami taruh buku dan boneka. Lalu pilih sprei, warna bantal dan guling. Saya juga beli sprei baru, imbasnya. .mereka jadi semangat bobonya.

4. Lakukan Bertahap
Nggak ada yang instan, huhu. Dari awalnya nangis-nangis nggak mau pisah. Sampai akhirnya nggak mau dipuk-puk lagiii. Ashika 3 tahun, sudah tidur terpisah sama saya. Mulai dengan temani dahulu di kamar baru mereka. Dilanjut dengan, pisah sama ibunya. Sekarang masih bobo ditemani papi. Naah, next adalah pisah dari paping. Dan kakak number 1 di kasur atas, number 2 kasur bawah. Hihi. Ya masih berproses deh :)

5. Ritual Menyenangkan Sebelum Tidur
Pasti semua punya ritual bersama anak sebelum mereka tidur. Mengobrol, membacakan dongeng, atau apa aja yang bikin mereka senang. Mood harus bagus pokoknya mah haha.




Membiasakan anak tidur sendiri atau belajarin anak-anak untuk sesuatu yang baru perlu waktu, tenaga, trik. Sabar dan sabar. 😆

Kalau sudah terbiasa, insya Allah mereka bisa. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

8 comments:

  1. Wah bener banget nih Mbak, memang kalau si kecil mau tidur itu harus disiapkan tempat yang nyaman

    ReplyDelete
  2. Tidur memang menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi nih ya Bun

    ReplyDelete
  3. Wah iya nih ya Mbak, si kecil itu juga harus dilatih untuk tidur sendiri ya

    ReplyDelete
  4. Wah bermanfaat banget nih Mbak tipsnya. Boleh dicoba nih Mbak hehe

    ReplyDelete
  5. Hahaha bener juga nih ya Mbak, bermain di dalam kamar itu juga bisa membuat si kecil bisa tertidur hehe

    ReplyDelete
  6. Thanks for sharing, semoga sukses..

    ReplyDelete
  7. noted!! baru punya bayi sih, tapi bisa nih diterapkan kalau nanti dia udah jadi kakak.. hihi..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  8. Wajib ditiru nih membaca cerita, mendongeng sebagai ritual menyenangkan anak sebelum tidur

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by