Melatih Anak Belajar Puasa Di Bulan Ramadhan

Melatih Anak Belajar Puasa Di Bulan Ramadhan~ Ahamdulillah, sujud syukur bisa bertemu lagi dengan bulan penuh ampunan. Ramadhan, masya Allah. . Meski dengan kondisi hamil tua, di usia yang gitu deh haha. Dan juga masih berjuang menaikkan HB. Hari pertama done. Puasa saat hamil kali ini memang awalnya masih maju mundur mau puasa atau nggak?! Tapi mau nyobain niat dulu sekalian nemenin Kaina yang lagi belajar shaum ramadhan tahun ini.


Cerita ramadhan kali ini lumayan beda banget karena ngerasain tanpa ART dengan kondisi hamil gede. Tubuh terasa banget lemah dan gampang lelah. Tapi anak bikin semangat puasa, jadi insya Allah ikut semangat.

Melatih Anak Belajar Puasa Ramadhan, jujur. . Ini topik yang berat huhu. Karena kami mau stimulus Kaina untuk puasa dengan rasa happy dan ikhlas. Hmm, tahun lalu sempat sih belajar puasa tapi ya gitu. Nggak seketat sekarang. Kenapa sih harus membiasakan puasa sedari kecil? Karena kan puasa salah satu ibadah wajib umat muslim. Kalau dari kecil sudah biasa dan terlatih, harapannya anak-anak bisa mudah menjalani puasa saat besar. Seingat paping, beliau sih puasa full mulai saat SD, hmm saya juga sepertinya juga saat SD. Alhamdulillah Kaina lebih baik dari orang tuanya, mulai TK belajar puasa full sampai maghrib.


Melatih Anak Belajar Puasa Di Bulan Ramadhan

Memberi Pengertian Kenapa Sih Harus Puasa?
Dengan puasa, kita memenuhi kewajiban dan mendapatkan pahala. Kalau punya banyak pahala, insya Allah meraih surgaNya. Pastikan anak sudah mengerti konsep surga yaa.

Latihan Puasa Secara Bertahap
Bisa dicoba puasa dengan berbuka saat adzan Dzuhur, lalu lanjut puasa sampai bedug maghrib.

Menyemangati dan Menemani Bermain Saat Jam Rawan
Jam rawan cukup banyak nih kalau usia TK. Bangun tidur dia ngeluh lapar, jam 11 itu paling-paling deh. Dan kalau lagi sakau gitu, kasih mainan atau reminder menu buka puasa nanti.



Menyiapkan Menu Yang Diinginkan Anak
Saya selalu nanya nanti buka puasa mau menu apa, sejauh ini sih nggak yang aneh-aneh anaknya ketemu es teh manis syuda cukup. Memang pada dasarnya terbiasa yang standar ๐Ÿ˜‚ paling dijajanan yang agak jebol ๐Ÿ˜.



Memberikan Hadiah
Langsung semangat deh kalau dikasih hadiah. Ini ngefek banget, hihi. Mudah-mudahan bisa jadi kenangan sih pas dia besar.

Kontrol Kegiatan Anak
Ini rada susah, kalau energi masih banyak biasanya dia nggak bisa diam. Pas hari pertama, Kaina belum ngerti gimana menghemat tenaganya. Ya sampai sekarang juga masih agak pecicilan sih kalau energinya masih full. Jangan lupa selalu ingatkan ya untuk menghemat energinya.

Harapannya anak-anak terbiasa puasa dari kecil. Beberapa hari ini sudah merasa, mau makan minum saat puasa tapi sebenarnya nggak mau buka puasa saat belum maghrib๐Ÿ˜„

Saya baru posting setelah sekian lama. .
Duh semoga tulisannya bermanfaat ya. .

5 comments:

  1. perlu dilatih sejak dini agar jd kebiasaan yang baik

    ReplyDelete
  2. Melatih anak berpuasa sedari dini

    ReplyDelete
  3. perlu di latih dari awal supaya mudah nanti

    ReplyDelete
  4. Kalau anak2 biasanya memang bertahap ya, karena masih kepikiran haus dan jajan, haha... Biasanya sampe Dzuhur, Ashar, baru deh full Maghrib. Murid juga bervariasi puasanya, ada yang sejak kelas 2 udah full sebulan, walau ada beberapa hari buka pas Dzuhur. Yang terpenting udah ikut merasakan indahnya Ramadan :D

    ReplyDelete
  5. saya dulu belajar puasa bahkan dari usia sebelum TK. gak berasa lapar meski pun main seharian. tapi entah kenapa setelah usia di bangku SD malah berasa lapar dan lelahnya.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by