5 Hal Dalam Menanamkan Minat Belajar Anak

5 Hal Dalam Menanamkan Minat Belajar Anak~ Nanti ngaji nggak na?". .  pertanyaan yang lumayan sering saya lontarkan pada Kaina. 

"Iyaaa mi." Dan saat ditagih janjinya, Kaina membatalkan belajar ngaji begitu saja. Huhu. Yaa saya nggak bisa memaksa tapi tetap cuap-cuap gitu deh. Ngerti kan? Hihi. Kaina memang mengaji sama saya dari usia 4 tahun sampai sekarang. Dan sebagai seorang ibu sekaligus guru untuk mereka, gaya belajarnya itu lho yang membuat saya garuk-garuk tanah. Sabar.. sabar. Kadang moody banget, namanya juga masih anak-anak ya saya coba mengerti sambil memberi pengertian. Saya juga mau tahu minat bakat anak ini di usia golden age.





Seperti yang kita tahu, anak bukan kertas kosong. Tidak perlu memaksa, cukup mengarahkan. Saya sadar masih suka seperti memaksa Kaina dalam mempelajari hal baru. Saya pribadi bukan ingin mengejar prestasi, cepat-cepat masuk sekolah. Bukan. Well, saat melihat perkembangannya ketika tidak saya paksa justru malah jauh lebih baik. Ada hal yang menonjol dari diri si anak. Tapi saya tetap mau tahu tentang bagaimana gaya belajar Kaina. Sejauh ini saya mencoba menanamkan minat belajar pada Kaina dengan cara berikut ya.

Memberikan Pengertian Tentang Belajar
Dari pengalaman mengajarkan Kaina, pertama kali saya kasih pengertian kenapa sih harus belajar. Makna belajar sangat luas kan ya. Dengan belajar bisa banyak tahu. Seperti belajar membaca, kenapa sih belajar baca? Kalau bisa baca nanti Kaina nggak tersesat, bisa baca petunjuk jalan. Beri penjelasan sesederhana mungkin.

Belajar Sambil Bermain
Kalau yang satu ini perlu ekstra ya hihi. Dunia mereka kan dunia main. Tapi kan sudah canggih nih, kita bisa gugling atau youtube untuk cari tahu gimana sih belajar yang menyenangkan. Dan pastinya sebagai orang tua tahu apa yang paling disukai anak.

Ciptakan Suasana Yang Asyik
Karena anak-anak moody ya, harus dengan suasana asyik. Misalnya ada mainan favorit di tempat belajar, buku yang disukai. Kalau Kaina paling sering di kamar atau ruang tamu untuk belajar. Mau pakai tenda-tendaan juga seru. Hehe.

Jangan Pernah Memaksa
Sangat tidak dianjurkan deh kalau anak nggak mau belajar lalu dipaksa. Nantinya definisi belajar jadi menjenuhkan buat anak. Ini ke depannya bakalan nggak baik untuk si anak. So don't do that.
suasana bermain sebelum belajar


Beri Reward atau Kejutan
Anak-anak suka sekali hadiah, walaupun cuma kotak dibungkus kertas kado. Ini Kaina suka banget. Selepas belajar, coba berikan pujian. Kalau saya suka kasih jempol tiba-tiba saat dia lancar mengaji. Mereka senang, apalagi kalau dibolehin nonton youtube lagi habis ngaji. Hadeh, girangnya bukan main.



pointernya pakai suntikan mainan dokter

Dari beberapa usaha yang saya lakukan untuk menumbuhkan minat belajarnya, saya ingin juga mengenali dan mengembangkan potensi anak sejak dini. Nah saat tahu ada AJT CogTest, untuk memahami bagaimana mereka dapat belajar lebih baik dan efektif bisa jadi solusi.

Apa sih AJT CogTest?
AJT CogTest itu hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & IV. AJT CogTest telah diuji coba di 10 Sekolah terkemuka se-Jabodetabek.

Jadi sudah diteliti dan diuji coba yaaa.

#AJTCogTest dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory).


AJT CogTest juga Tes Kognitif pertama yang dikembangkan berdasarkan norma Indonesia dengan proses pengembangan yang sistematis melibatkan lebih dari 250 psikolog Indonesia dan hampir 5.000 anak Indonesia sehingga menghasilkan produk tes yang berkelas dunia. 

Landasan teori psikologi yang dipakai merupakan teori paling mutakhir dan komprehensif di dunia saat ini. 

Untuk Anak Usia 5-18 tahun. .
AJT CogTest mengukur delapan bidang kemampuan kognitif anak usia 5 sampai dengan 18 tahun sehingga kekuatan serta kelemahan kemampuan berpikir anak dalam belajar dapat teridentifikasi secara lengkap dan jelas.

Faktanya. . 
Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. 
AJT CogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.



Ada 2 Jenis paket Tes Kognitif AJT:
1. AJT CogTest Full Scale
Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak. Biayanya Rp. 760.000.-

2. AJT CogTest Comprehensive
Diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes. Biayanya Rp. 1.200.000,-

Psikolognya bagaimana?
AJT CogTest dilakukan oleh psikolog yang  sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi oleh PT MCI.

Hasil Test. .
Btw, hasil AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui surat elektronik (email) dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja setelah tes dilakukan ya. Wah asyik lewat email. 

Sekilas tentang PT. MCI
PT Melintas Cakrawala Indonesia (MCI) adalah penyedia AJT CogTest, tes kognitif pertama di Indonesia yang sudah dinormakan untuk anak Indonesia usia 5 sampai dengan 18 tahun, berbasis bukti untuk memberi wawasan jelas tentang bagaimana siswa memproses dan memperoleh pengetahuan. MCI bercita-cita untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di Indonesia.


Setelah tahu ada #TesKognitifAJT# gimana nih? Tertarik untuk ikut tesnya? Bisa hubungi kontak di bawah ini ya. #YukKenaliAnakKita sedini mungkin supaya kita bisa mengembangkan potensi anak dan meminimalisir kekurangannya ^^.

Instagram: @melintascakrawalaid
Website:  www.melintascakrawala.id
WhatsApp CS: 087883258354

35 comments:

  1. Wah anak saya juga seneng banget tuh kalau seumpama nilanya bagus lalu diberi kejutan gitu

    ReplyDelete
  2. Wah dengan test AJT CogTest. Kita dapat mengetahui 8 kemampuan anak ya

    ReplyDelete
  3. Mengetahui minat sang anak itu sangat penting banget ya buat orangtua

    ReplyDelete
  4. Memaksa anak itu memang tidak baik dilakukan ya Bunda. Thanks infonya

    ReplyDelete
  5. Wah bener banget tuh bun tipsnya. Boleh diterapkan nih hehe

    ReplyDelete
  6. Neyna ngaji dari 3 tahun, dan ga mau ngaji waktu usia 4 tahun karena di tempat ngajinya ada anak yang suka jail vacum deh setaun sekarang udah gede 5 tahun mau 6 tahun dia udah bisa melindungi dirinya jadi ngaji lagi hahaha

    emang jangan maksain mb Uciq kasian nanti dalam memorinya belajar itu menyebalkan :p

    ReplyDelete
  7. Belajar sambil bermain itu memang digemari setiap anak ya mbk, tapi terkadang ada juga orang tua yang memaksanakan anaknya untuk belajar aja, bermainnya belakangan.

    ReplyDelete
  8. tesnya nanti gimana, mbak? apa menjawab soal dengan menulis atau wawancara?
    iya nih belajar itu ga boleh dipaksa supaya lebih bahagia dan cepat paham.

    ReplyDelete
  9. Asik nih kalo udah ikutan Test Kognitif ini. Kapan2 mau coba buat ponakan ahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  10. Setuju banget mom.. Untuk mengajari anak diperlukan hal tersebut...

    ReplyDelete
  11. Mungkin kalau jaman dulu udah ada AJT Cogtest, saya tidak akan salah jurusan. Hihihihi.. Mungkin nanti kalau saya sudah punya anak, perlu nih mengikuti AJT Cogtest macam ini..

    ReplyDelete
  12. Anak-anak memang enggak bisa di paksa buat belajar apalagi kalau orangtua enggak bisa menyesuaikan gaya belajarnya dengan si anak, karenanya saya setuju bun jika anak perlu semacam tes kecerdasan seperti AJT CogTest, biar orangtua bisa memahami gaya belajar si anak.

    ReplyDelete
  13. Kalau telat tesnya pengaruh gak ya sama hasilnya? Misalnya ketika anak sudah berumur lebih dari 10 tahun.

    ReplyDelete
  14. nice sharing... salam kenal dari Malaysia.. done follow blog kamu. Jemput singgah ke blog saya juga [ Sis Hawa Dot Com ] TQ

    ReplyDelete
  15. Nice info mbak, jadi tertarik pingin ngetesin si bocah pakai AJT CogTest. Itu kalau peserta tesnya di luar kota, bisa nggak ya mbak?

    ReplyDelete
  16. Rata-rata anak suka cara belajar dg bermain, karena memang seperti itulah fitrah mereka. Bocah emang macam2 sih ya. Kalau anakku malah jarang tertarik dg reward. Jadi pendekatannya mesti berbeda

    ReplyDelete
  17. Memang Ibu-ibu ini perlu piknik k TK nya anak-anak deeh...
    Melihat cara mengajar guru-guru TK yang inovatif dan up to date.
    Itu kalau aku, karena masih menganut sistem belajar gaya lama.

    Sedih memang yaa...kalau lihat anak tertekan saat belajar.
    Huhu~

    ReplyDelete
  18. Wah, anakku masih bisa ikutan nih. Terus terang baru banget denger ter AJT ini. Bagus nih, membantu orangtua dalam mendampingi anak belajar dan melejitkan potensinya.

    ReplyDelete
  19. Keren ngajarin sendiri Mak. Emang musti kreatif ya jadi ortu biar anaknya tertarik belajar tanpa dipaksaa. Tesnya sepertinya bagus juga nanti buat dicoba kalau ada kendala belajar pas anak udah sekolah nih :)

    ReplyDelete
  20. Anakku sekali minta reward keterusan minta terus jadinya belajar aja kudu direward padahal kan nggak bagus ky gt

    ReplyDelete
  21. Keinget nih ponakan aku
    yg satunya kalau lagi semangat belajar, tanpa disuruh ya belajar deh dia, kalau nggak mau ya nggak belajar, karena udah belajar siangnya, jadi malamnya nggak mau wkwkkw
    ponakan satunya lagi, kalau lagi belajar, seringnya nggak serius tapi bisa kalau dalam mata pelajaran di sekolah hehee

    tiap anak2 itu benar2 unik yah mbak
    syukur2 kalau bisa tes dengan AJT Cogtest ini, jadi tahu anak memiliki kecenderungan belajar dg gaya belajar seperti apa gitu ya mbak hheeee
    Makasih sharingnya mbak ^_^

    ReplyDelete
  22. Aku inget waktu kecil kegiatan paling menakutkan belajar sama ibuku karena sering dimarahi. Mungkin kalau dulu ada AJT aku minta di tes biar ibuku tau maunya aku belajar kayak gimana hahaha

    ReplyDelete
  23. Tes AJT ini ada batas usianya nggak ya? Anakku yang kedua umur 12 tahun, lumayan susah kalo disuruh belajar. Kayaknya nggak tertarik dengan materi2 pelajaran gitu, deh. Sampai bingung juga cari cara biar dia enjoy selama belajar

    ReplyDelete
  24. Nah yang bagian memberikan reward ini memang menyenangkan banget. Anak senang dan kita yang ngasih juga senang.

    ReplyDelete
  25. minimal berarti usia 5 tahun ya mbak. Ada diseluruh Indonesiakah agennya? Saya jadi tertarik juga nih untuk mencoba kognitif test ini buat anak

    ReplyDelete
  26. Biasanya anak2 klo mau bljar trus di kasih teward bakalan semangat yak,Dan bikin happy dia juga tentunya krn ada perhatian

    ReplyDelete
  27. Kepengen banget deh masukin anak-anakku ke AJT Cog Tes ini. Biar bisa tahu dan lalu optimalkan bakat mereka yang dominan sejak dari sekarang.

    ReplyDelete
  28. Terima aksih infonya, Mbak. AJT CogTest dibuat oleh para ahli dari Indonesia, diuji di Indonesia dan digunakan untuk anak Indonesia. Apalagi mengukur delapan bidang kemampuan kognitif anak usia 5 sampai dengan 18 tahun. Mantap sekali.

    ReplyDelete
  29. Anaknya sudah ikutan tes ini juga mba? Bagaimana hasilnya? Anakku pernah tes lain tentang kepribadiannya.. kaau ngg salah Stifin namanya

    ReplyDelete
  30. Terimakasih informasinya mbaa.... jadi nggak sabar nunggu anak saya umur lima tahun biar bisa ikutan AJT Cogtest ini

    ReplyDelete
  31. Salam kunjungan dan follow :)

    ReplyDelete
  32. aku suka bgt deh tips nya Mba dalam menumbuhkan minta belajar anak, agar anak tetap merasa happy saat harus belajar. Untuk Tes AJT CogTest lengkap banget ya, jadi pengen coba tesnya buat anakku biar tahu cara belajar yang tepat buat nya.

    ReplyDelete
  33. Anak anak memang paling senang ya kalau dikasih hadiah, apalagi pujian kalau dia berhasil melakukan sesuatu hal yg baik, jadi tambah semangay belajarnya ya

    ReplyDelete
  34. Duh ini masalah besar yang sedang saya alami. Sayangnya tes AJT sepertinya belum ada di kota kami

    ReplyDelete
  35. Kreatif banget Mak, mengajinya pakai suntikan dokter :D

    Benar banget, menjadi guru untuk anak sendiri kadang butuh kesabaran ekstra dan kreatifitas tingkat tinggi. Pengin akutuh daftarin anakku buat ikutan AJT CogTest, ngumpulin biaya dulu ah.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by