Membiasakan Anak Hidup Sehat Dengan 6 Hal Berikut

Membiasakan Anak Hidup Sehat Dengan 6 Hal Berikut~ Membiasakan anak untuk teratur dan hidup sehat memang nggak bisa instan ya. Hidup sehat kan lumayan gimana gitu, susah-susah gampang. Children see, children do. Iya nggak sih? Duluuu, si mama juga menerapkan hidup sehat seperti makan sayur harus ada setiap harinya. Kala itu, saya agak malas deh kalau sudah ketemu sayur, minum susu pun harus dipaksa dan tutup hidung. Sampai pada akhirnya mengerti sendiri kalau sayur, susu, dan buah adalah asupan yang penting, sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Nggak cuma si mama yang mengajarkan hidup sehat, tapi bapak pun gitu. Beliau hanya mau makan ayam, kalau itu ayam kampung dan anti fast food. Banyak hal yang saya dapat dari ajaran mama dan bapak. So, Sekarang saya juga mau membiasakan anak-anak juga untuk hidup sehat.

membiasakan anak hidup sehat dengan 6 hal berikut


Beberapa hal yang kecil kalau dibiasakan secara rutin, saya yakin anak-anak bisa melakukan yang lebih besar lagi. Ditolak mereka adalah hal biasa. Tapi saya nggak langsung menyerah. Cieeee. . Nah, awalnya tuh Kaina belum terbiasa minum air putih setelah bangun tidur tapi semakin ke sini, sadar sendiri kalau harus minum setelah bangun tidur. Saya mau cerita kebiasaan baik apa saja yang diterapkan untuk hidup teratur dan sehat.

Membiasakan Anak Hidup Sehat Dengan 6 Hal Berikut:

Mencuci Tangan dan Kaki
Cuci tangan kaki, sebelum makan dan tidur adalah kebiasaan yang sudah mendarah daging kan ya, jadi memang perlu dilestarikan, hehe. Membiasakan cuci tangan dan kaki ketika pulang dari bepergian di luar rumah. Pokoknya nggak boleh nggak. Awalnya yaaa lari-larian, rada malas mereka karena kalau habis pergi kan pasti capek yaaa. Sekarang? Adik Ashika sudah biasa menyalakan selang untuk cuci tangan dan kakinya sendiri meski sesekali pernah angot sih hihi. 

membiasakan anak hidup sehat dengan 6 hal berikut
source : Pixabay


Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur
Anak-anak itu kalau sudah asyik main ya lupa segalanya. Malahan bisa lupa minum lho. Padahal air putih sangat dibutuhkan untuk tubuh dan manfaat minum air putih setelah bangun tidur itu banyak sekali. Diantaranya mencegah dehidrasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Pembiasaan minum air putih setelah bangun tidur sangat baik.

membiasakan anak hidup sehat dengan 6 hal berikut
source: Pixabay


Konsumsi Kacang Hijau
Saat kecil, saya juga nggak terlalu suka kacang hijau. Saya hanya menyukai ketan hitam dengan campuran kacang hijau yang sedikit sekali porsinya. Kacang hijau bagus untuk anak dan orang dewasa ya jadi saya juga biasakan membuat bubur kacang hijau. Kacang hijau juga bisa mencegah pikun. Pertama coba kacang hijau, Kaina nggak terlalu doyan, saat ini sih triknya adalah disajikan secara dingin. Hmm, enak. Selain kacang hijau bermanfaat, asyiknya lagi murah.

membiasakan anak hidup sehat dengan 6 hal berikut
source: Pixabay


Sarapan
Terbiasa sarapan sedari kecil sampai kini itu enak banget. Nggak perlu terlalu banyak dan porsi besar, yang penting cukup. Sarapan yang cukup bisa menambah sumber energi. Nah, anak-anak butuh banget energi yang cukup karena mereka kan sedang aktif sekali ya. Bangun tidur seringnya minta main, bergerak ke sana ke sini. Beberapa artikel juga menyebutkan sarapan bisa meningkatkan konsentrasi. Jadi nggak ada salahnya membiasakan anak untuk sarapan dengan porsi secukupnya ya.

membiasakan anak hidup sehat dengan 6 hal berikut
source: Pixabay


Makan Buah
Happy deh kalau anak-anak suka makan buah. Di rumah nih yang sangat suka buah ya si adik. Kalau Kaina dia suka buah tertentu saja. Lumayan deh, dari pada nggak doyan sama sekali. Memberi contoh suka makan buah, biasanya anak akan mengikuti. Dan memberikan pengetahuan akan pentingnya kandungan buah untuk tubuh. 

membiasakan anak hidup sehat dengan 6 hal berikut
source: Pixabay

Tidur Siang
Siapa yang suka ngabur kalau disuruh tidur siang sama mama? ngacung deh saya. Hihi. Sebagai seorang yang pernah kecil dan pernah sesekali ngabur saat tidur siang, sekarang sudah tahu kenapa mama suka maksa untuk boci alias bobo siang saat kami kecil. Anak-anak di rumah bisa rutin tidur siang dengan pemahaman kalau setelah bangun tidur bisa lanjut main dengan tenaga yang pulih dan segar kembali, nggak capek. Kebutuhan tidur anak usia 0-7 tahun berbeda, dan kebutuhannya masih di atas 10 jam. Tidur malam dengan ditambah tidur siang akan memenuhi kebutuhannya. Anak juga bisa bangun lebih pagi dan teratur. Tentu lebih fresh! Yang penting tidur siang jangan terlalu sore sehingga saat malam, mereka bisa mudah istirahat malam ya.^^.

membiasakan anak hidup sehat dengan 6 hal berikut
source: Pixabay


Baca Juga : Agar Anak Tidak Bangun Siang

Nah kalau mereka tidur siang kan saya bisa ikut tidur juga #eh. Bisa ngoprek kerjaan yang lainnya. Bisa refreshing sejenak bersocial media, cari ide, browsing sampai akhirnya ketemu promo belanja, asyik kan? Kayak Promo Maret Tokopedia.

membiasakan anak hidup sehat dengan 6 hal berikut



Tokopedia memang makin bikin saya tertarik untuk cari barang di sana. Banyak promo menarik. Bulan Maret ini ada Tap Tap Mantap. Cus langsung meluncur ke TKP ya..

Nah, bisa dicoba promonya *upssss... jangan lupa biasakan anak hidup sehat juga ya. Selamat mencoba :)

25 comments:

  1. Aaah bener banget. Ini kalo ga dibiasain dari kecil emang suka angot angotan ngelakuinnya.

    ttd : mbak mbak yang males minum air putih di pagi hari padahal penting.

    ReplyDelete
  2. Saya baru tahu bahwa anak harus dibiasakan minum air putih setelah bangun tidur. Akan saya coba praktikkan pada Palung nanti. Yah, pengetahuan kesehatan anak saya masih minim, Mbak.
    Saya juga harus maksa Palung minum air putih begitu pulang sekolah. Mendisiplinkan anak memang tidak mudah namun mereka harus dibiasakan agar tetap hidup sehat.
    Sal tidur siang, duh, itu. Palung susah banget. Kadang-kadang tidur siang sendiri usai ada mapel olahraga di sekolah, padahal saya ingin tidur siangnya rutin.

    ReplyDelete
  3. anakku masih agak susah minum air putihnya.. baru umur setahun sih, tapi mood2an kalo minum air putih. kadang banyak, kadang abis makan malah gak mau disuruh minum.. hemm.. syusah anaknya..

    cuci tangan juga selalu saya biasakan, apalagi anaknya masih seneng masukin jari ke mulut..

    ReplyDelete
  4. hahahahh, ayooo Maming ketahuan nih lagi kejar promo, hihihih.

    membiasakan anak untuk hidup sehat itu emang PR banget ya Ci, harus tricky gitu. klo di rumah sih yg rajin minum apalagi lepas bangun tidur itu Adek, wajib lah dia tuh cari minum dulu sebelum bangkit :D

    ReplyDelete
  5. Saya banget nih, niatnya kalau anak tidur siang, saya bakal beres-beres rumah. Nyatanya, anak tidur, saya juga ikut tidur

    ReplyDelete
  6. Bener banget anak-abak bisanya melihat kebiasaan orang terdekat dulu lalu menirunya. Kalau mau membiasakan hidup sehat harus dimulai dari ortunya dulu ya. Anak tidur emaknya belanja online untung aja ada promo Maret ya :)

    ReplyDelete
  7. Waaa aku baru tahu kacang hijau membuat kita menghindari kepikunan
    aku suka banget kacang hijau, tapi akhir-akhir ini jarang bikin nggak sempet
    Nggak hanya buat anak nih mba, hehehe asikk tipsnya bisa juga diterapin buat orang dewasa ini

    ReplyDelete
  8. Anak - anak saya paling susah kalo disuruh tidur siang. Kalopun tidur siang pasti tidur malemnya jadi malem banget, emaknya jadi emosi karena pingin me time tapi udah keburu ngantuk juga, hehehe.. btw promo tokpednya boleh juga tu mba :)

    ReplyDelete
  9. Waktu kecil kayanya tidur siang saya bisa kehitung jari karena melancong terus sama teman-teman. Tapi sekarang ke anak, pas waktunya tidur siang suka diajaa 'tidur siang yuk'.
    Soal tokopedia memang lagi ada program tap tap.... lumayan dapat ongkir.

    ReplyDelete
  10. Wah aku belum nengok Tokped nih bulan ini. Ada promo apa aja ya? Hmm.. membiasakan hal baik kalau tidak dilakukan secara konsisten juga bisa berubah lagi ritmenya. Tapi yang namanya kebiasaan ya, lama-lama mereka jadi sudah biasa sendiri.

    ReplyDelete
  11. Awalnya emang ada kesan pemaksaan ya mba. Tp seiring berjalannya waktu, mereka akan terbiasa dan gak jadi beban lagi ngejalaninnya.

    ReplyDelete
  12. Hore... pas aku anak-anak jarang melakukan 6 kebiasaan hidup sehat itu... Jadinya sekarang aku sering sakit deh, huhuhu. Buat pelajaran biar anak-anak sekarang lebih dikondisikan untuk melakukan gaya hidup sehat.

    ReplyDelete
  13. Benar ya, anak harus dibiasakan hidup teratur jadi mereka lebih terbiasa rutinitas sehat, anakku jarang tidur siang ni kudu dikejar hehe kalau air putih bagus pas bangun tidur ya..

    ReplyDelete
  14. mbak, SID itu kadang mau tidur siang, kadang enggak. Gimana tuh? ditanyain sih katanya enggak ngantuk padahal matanya merah. Maunya main terus.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah anak saya suka makan buah dan rutin sarapan hehe , emang semua harus dibiasakan

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah seluruhnya anakku sudah terbiasa termasuk minum air putih setelah bangun tidur. Makan buah, sarapan.,tidur siang. Alhamdulillah masih aman.

    Waaa, boleh juga infonya.. Pingin cari baju tidur buat Bubuky, cek tokopedia ah

    ReplyDelete
  17. Semuanya penting yah moms.. Terutama cucitangan sama sarapan.. Membiasakan pola hidup yang baik

    ReplyDelete
  18. Ponakanku nih gak mau tidur siang juga. Kalau soal minum, emang agak PR, bahkan Mbahku juga. Kalau aku selalu bangun tidur ya minum. Tapi untung pas puasa dan tidur inget kalau lagi puasa, hahaha

    ReplyDelete
  19. Anak-anakku klo masa usia SD pasti langsung susah banget tidur siang. Tapi klo sudah SMP balik lagi mudah tidur siang, mungkin sudah banyak kegiatan yang memeras otak kali ya

    ReplyDelete
  20. Pembiasaan hidup pada anak emang harus dimulai sejak dini soalnya kalo udh besar biasanya sulit. Kalo aku yg sering kelewat itu yg minum air putih sebelum tidur, jarang bahkan huhuhu.

    ReplyDelete
  21. Cuci tangan kaki tu udah saya biasain sebelum naik ke atas tempat tidur. Kalau sarapan jg udah diwajibkan. Cm kadang ayahnya nih agak susah kalau disuruh sarapan. Bikin anak ogah sarapan juga. Kudu edukasi lg ke suamik. Haha

    ReplyDelete
  22. Laa iyaa....
    Aku juga kebiasaan tidur siang.
    Anak-anakku pun ketularan kebiasaan ini.

    Sampai sekarang, kalo aku ga tidur siang, jadi pusing yaak...?
    Waduuw~

    ReplyDelete
  23. Anakku akhir-akhir ini lagi malas tidur siang, ada aja yang dilakukannya biar enggak ngantuk. Sedangkan aku udah ga sanggup buka mata mata lagi

    ReplyDelete
  24. Anakku sama nih kayak anaknya mak Liza, kadang susah tidur siang. Harus ditemani emaknya dan alhasil emaknya yang tidur anaknya masih main hahahahha

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by