6 Masalah Seputar Kehamilan Yang Pernah Dialami

6 Masalah Seputar Kehamilan Yang Pernah Dialami~ Pernah punya pengalaman hamil dengan beberapa masalah? Iya ini saya banget. Masih seputar bahasan kehamilan nih di blog, hehe. Terus jadi trauma hamil atau gimana gitu? Nggak trauma hamil kok, buat saya yaa sudah usaha dulu, selanjutnya pasrah dan berdoa saja. Kalau diingat lagi memang tiap kehamilan memiliki cerita dan kenangan tersendiri. Pastinya hal ini membuat kangen sekaligus banyak pelajaran yang diambil.

6 Masalah Seputar Kehamilan Yang Pernah Dialami


Ketika menulis ini, usia kehamilan sekarang berjalan 7 bulan. Hamil ke-3 nggak ada flek di awal tetapi letak plasenta masih di bawah dan tampak terlihat menutup jalan lahir. Tapi masih berharap semoga plasenta naik, amiin.

Nah, masalah saat hamil juga nggak semua mengalaminya. Ada yang hamil biasa saja. Nggak mual, nggak pusing. Dan yaa lancar jaya proses kehamilannya. Asyik banget dong ya hihi. Apa pun itu yang penting dinikmati ^^.

6 Masalah Seputar Kehamilan Yang Pernah Dialami.

6 Masalah Seputar Kehamilan Yang Pernah Dialami

Berikut ini sih beberapa masalah yang saya alami saat tengah hamil selain merasa nggak enak badan dan sedikit mual di awal.

1. Flek
Hamil pertama dan kedua saya ngeflek. Flek bikin parno. Takut gerak. Serba salah, rasanya nggak enak. Sebenarnya flek di awal kehamilan tergolong wajar terjadi. Biasanya dokter menyarankan bed rest, nggak boleh kecapean, dan aktivitas berat. Siapa sih yang mau mengalami flek saat hamil? Nggak ada kan. Jadi kalau ada bumil yang punya masalah, nggak perlu dipojokan. Masalah flek saat hamil juga bisa dari banyak faktor. Kayak hamil kedua saya, letak plasentanya di bawah dan menyamping gitu, menurut dokter ini yang membuat bleeding. Sampai mau 4 bulan saya masih on off fleknya.

Baca Juga : Flek Ketika Hamil

2. Kaki Bengkak
Kalau yang ini bikin galau juga. Kaki membengkak, duh serem banget. Berasa gajah dan sepatu nggak muat. Katanya kalau usia hamil tua dan mau lahiran nggak usah khawatir, tapi waktu itu kaki bengkak saat usia hamil baru 6 bulan. Wadaw. Sedih deh kalau ingatnya. Masih naik-naik kopaja ke Jakarta karena harus berangkat kerja. Eh curhaaat cig 😅. Atasi kaki bengkak bisa dengan kurangi konsumsi garam, rendam kaki dengan air hangat, dan angkat kaki ke atas. Ada lagi nggak ya cara ngatasin kaki bengkak?


3. Tekanan Darah Tinggi
Pernah pas tensi darah dan ternyata nggak normal. Iya pas hamil saya mengalaminya. Tekanan darah tinggi bahaya buat ibu hamil, bisa pre eklampsia. Pokoknya harus jaga makanan dan istirahat yang cukup. Karena kan tekanan darah tinggi bisa dari beberapa macam sebab.

4. Plasenta Rendah
Untuk awal kehamilan plasenta bisa terletak di posisi rendah dekat rahim. Semakin usia janin besar, biasanya akan bergerak dan berada di atas menjauhi jalan lahir. Pernah tahu tentang plasenta previa? Itu karena letak plasenta menutupi jalan lahir. Ada yang harus bedrest total ada juga yang tidak. 

5. Bayi Sungsang
Bayi sungsang juga pernah saya alami saat hamil anak pertama. Posisi kepala bayi belum masuk jalan lahir, kepalanya masih di atas. Posisi bayi sungsang bisa diatasi dengan senam sujud. Perbanyak sujud saja. Insya Allah bayi akan muteeeer 😊

6. Kekentalan Darah
Memang deh hamil dengan obsgyn yang ketat aturan pengecekan itu bagus-bagus nggak. Heehee. Serba salah saat tahu punya kekentalan darah. Di saat hamil harus banyak makan sayuran hijau dan kacang-kacangan, saya nggak bisa makan itu karena darah bisa nambah kental. Jadi waktu itu diberi obat pengencer darah dan saya minum air sebanyak mungkin.

6 Masalah Seputar Kehamilan Yang Pernah Dialami. Yup, dari sekian banyak keluhan saat hamil, 6 ini sih yang paling membuat saya khawatir.

6 Masalah Seputar Kehamilan Yang Pernah Dialami

Kalau hamil ke-3 ini alhamdulillah nggak ada kendala. Semoga plasenta juga bisa naik, menjauhi jalan lahiran nantinya. Amiin.

33 comments:

  1. kqki bengkqk ini sering banget, selalu direndam denagn air hangat bergaram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... klo yg flek ada penanganannya juga nggak ya?

      Awal hamil dulu saya sempet keguguran, fleknya keluar banyak hampir seminggu. Sejak itu masih rada2 trauma klo fleknya banyak

      Delete
    2. Sebenernya flek bisa tanda macem2 kata dokter mba.. memang harus bedrest dan makan makanan yg bergizi. Bisa dimulai saat rencana kehamilan. Apel dan kurma seinget aku bagus banget

      Delete
  2. aku sempet flek pas hamil anak pertama. mungkin pas hamil pertama itu krn aku makin hobi traveling. masuj 6.5 bulan aja msh jalan2 :p. flek deh tuh. tp untungnya ga napa2... hamil anak kedua nth napa bawaan males jalan :p. makanya cendrung aman sentosa baik2 aja :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha si adek yaaa bikin males pergi ya mbaaa.. kamu hobi traveling pas hamil pertama suka jalaaan ya beda sama hamil adek

      Delete
  3. Aku kemarinjuga dibilang placenta previa partial Mak, tapi alhamdulillah naek dan nggak ngalangin jalan lahir. Semoga lancar sehat sampai lahiran nanti ya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Niaa lancar ya. Mdh2an aku bisa naik jg plasentanya. Amiin.. doain yaa

      Delete
  4. Anak ke 3 yaaa Ucig. Masya Allah semoga sehaaaat...

    Anak ke 1 doang aku sih yang kaki bengkak. Selanjutnya Alhamdulillah karena mengurangi garam jadi ga bengkak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba Tantii aku anak ke-3 niih hihii.. amiin doanyaa

      Bener ya garam ngaruh banget ke kaki bengkak. Aku pas anak prtama jg kaki bengkak maak

      Delete
  5. Semoga sehat2 selalu ya mbak sampai lahiran nanti.. Kalo Aku waktu hamil pertama hyperemesis sampai 5 bulan, hamil kedua hypersaliva sampai 5 bulan.. tapi waktu lahiran lupa semua masalah yg pernah dialami waktu hamil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin makasih ya mbaa.. alhamdulillah bisa terlewati yaa kan mba. Salut buat para ibu ^^

      Delete
  6. selama hamil selalu kena 2, 3 & 5 hahahha kalau raya pake tambahan no 1 & 7 :D semoga lancar2 terus sampai hari H cii, Ibu & bayinya, plus lancar rencana VBACnya yaaa..

    ReplyDelete
  7. Alhamdullillah kalau selama hamil aku belum pernah alami gangguan.
    Cuma, mabuk alias morning sickness-nya yang parah, sampai 7 bulan.
    Aku pikir, bayi Yasmin akan prematur, soalnya, muntah melulu, bahkan sampai usia kehamilan 7 bulan.

    Baru memasuki ke 8 bulan, selera kembali normal bahkan cenderung rakus, muahahaha...
    Alhamdullillah Yasmin lahir dengan berat 2,9kg, panjang 52cm.

    Kehamilan ke 2 dan 3, tidak berkembang (tahun 2006 dan 2010)
    Terpaksa dikuret.
    Sampai sekarang tak hamil-hamil lagi.
    Usia sudah menjelang 51 tahun, Juni nanti.
    Sudah menjelang menopause ;)




    ReplyDelete
  8. Kaki bengkak tu saya banget. Saya kira hampir semuanya sih begitu. tapi kalau punya darah tinggi yaa beda lagi kasusnya. Kudu langsung ditangani ahlinya demi keselamatan ibu dan si dedek

    ReplyDelete
  9. Allah memberikan kepada bunda segala keberkahan dan kemudahan. Selama 5xkegamilan bunda tak pernah mengalami satupun kendala tsb di atas. Alhamdulillah, bahkan kehilan pertama tak pernah tahu bunda sedang hamil. Dokter pun mengatakan bunda tdk hamil ketika terlambat kedatangan tamu. Wlp nyatanya bunda sedang hamil. Pendapat dokter bikin bunda bergerak sebebasnya, sehingga tak tau pendarahan yg terjadi kwmudian afalah bunda mengalami keguguran dlm usia kandungan 6 bln. Aneh bin ajaib memang tak pernah ada perasaan hamil. Sejak saat itu dokter ybs sangat menuesalinya dan pd kehamilan kedua, full ttjwb dokter serta pemeriksaan rutin dijadwalkan. Setelah itu kelahiran demi kelahiran berjalan lancar pake banfet tanpa ada kendala. Aamiin.

    ReplyDelete
  10. Uciii, flek juga saya pernah waktu hamil kedua, tapi Alhamdulillah cepat sih karena langsung ke dokter, sempat dikasih obat penguat gitu jadinya.
    klo kaki bengkak sih klo jelang lahiran, sungsang juga pernah, di kehamilan pertama dan kedua. Yang kali ini Alhamdulillah Dedek cepat turun ke bawah :D

    ReplyDelete
  11. Aku sempat nggak nyaman dengan nge flek, mba. Tapi ya mau gimana lagi. Akhirnya aku lebih perbanyak istirahat

    ReplyDelete
  12. Wah, serem juga ya masalah-masalah kehamilannya. Aku paling cuma sesak napas dan berat aja. Jadinya males ke mana2. Waktu anak kedua pernah flek. Tapi cuma sedikit dan sebentar. Jadi malu deh sama ibu2 lain yang semasa kehamilan cobaannya lebih berat. Aku segitu aja manjaaa banget. :(

    ReplyDelete
  13. Selalin kasus kaki bengkak, sepertinya tensi tinggi ini kerap dialami oleh ibu hamil pada umumnya ya. Turut bahagia dengan kehamilannya, semuanya berjalan lancar, sehat hingga persalinannya dan semakin bahagia dan bahagia selamanya, aamiin

    ReplyDelete
  14. Semoga plasentanya segera geser dari jalan lahir ya mbak. Nggak ada masalah lagi dan lancar sampai persalinan nanti.

    Saya alhamdulillah hamil 3 kali nggak ada yang bermasalah

    ReplyDelete
  15. Kehamilan ketiga saya dulu plasenta previa..flek on off, sempat bedrest di RS. Jadi sejak awal dokter mewajibkan sesar karena enggak mau nanggung risiko sebab bayi pertama saya meninggal dunia.
    Semoga persalinannya lancar ya Mbak..semua sehat baik ibu maupun debay Aamiin

    ReplyDelete
  16. Flek dalam masa kehamilan memang bikin parno ya mbak. ngeri banget kalau sesuatu terjadi pada anak kita di dalam. Sekalipun flek termasuk hal normal selama hamil, sebaiknya para ibu tetap hati-hati ya. Jangan lupa konsultasi ke dokter..

    ReplyDelete
  17. Mungkin yang kaki bengkak itu banyak ya yang mengalami, meski alhamdulillah aku engga tapi hampir semua temenku kena, selain dari faktor makananan mungkin karena aktifitas perempuan sekarang yang gampang capek ya jadi kakinya bengkak

    ReplyDelete
  18. Kaki bengkak dan flek selalu aku alami saat hamil 2 kali. Flek selalu membuat aku parno banget.

    ReplyDelete
  19. kalau amsalahku dulu aku anemia mbak, jg kekurangan protein, jd anak pertamaku BBLR :(
    Emang beragam ya masalah bumil, yg penting disiplin cek dokter supaya bisa segera diatasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ampun deh keyboardnya lari sendiri hahaha, maksudku "masalahku" :D

      Delete
  20. Dua kali hamil selalu masalah yang sama yang kuhadapi : kaki bengkak. Lucu rasanya saat punggung kaki ditekan-tekan bisa cekung sendiri saking bengkaknya. Alhamdulillah begitu bayinya lahir kakinya kembali normal.

    ReplyDelete
  21. Ternyata banyak juga ya masalah-masalah seputar kehamilan selain mual dan ga enak badan. Tapi setiap tubuh beda-beda ya, harus selalu disyukuri apapun yang dialami.

    ReplyDelete
  22. Kalau ada masalah saat hamil, memang bikin khawatir ya, Mbak. Untung semuanya bisa diatasi.
    Saya sendiri alhamdulillah tidak mengalami masalah yang berarti. Tiap orang memang beda kondisi ya...

    ReplyDelete
  23. Aduh ini aku banget begitu ketauan hamil besokannya flek dan langsung periksa ke dokter deh sekalian ngecek kehamilannya. Kaki bengkak diusia kehamilan masuk di 9 bulan, kebayang ih itu kakiku gede banget.

    ReplyDelete
  24. Kalau aku pernahnya ada flek sama bengkak aja sih Mak sewaktu hamil itu. Alhamdulillah bayinya gak sungsang jadi lahiran juga lancar. Temanku yang bayinya sungsang harus operasi.

    ReplyDelete
  25. Aku pernah bayi sungsang. Sampe usia hampir 8 bulan masih sungsang akhornya kubawa ke bidan senior dan "diputar" sama bidannya

    ReplyDelete
  26. Semua anak membawa takdirNya masing-masing yaa, kak...
    Aku kagum sama Ibu yang hamil dengan jarak dekat.
    MashaAllah~
    Allah Maha Kuasa.

    Semoga lancar selalu hingga lahiran nanti.
    Aamiin.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by