Tips Toilet Training Anak Usia 2 Tahun

Tips Toilet Training Anak Usia 2 Tahun ~ Adik Ashika baru belajar lepas pampers diaper sebulanan ini. Dia memang nggak secepat Kaina untuk bisa berbicara. Kalau Kaina memang dulu sebelum usia 2 tahun sudah saya ajari lepas diaper. Jadi saat ulang tahun yang ke-2 dia sudah bebas dan nggak pakai diaper lagi. Kenapa waktu belajarnya beda? Toilet training saat sudah bisa berjalan dan berbicara. Ashika baru bisa bicara ketika 2 tahun. Nah, sebenernya sih agak telat ya belajarnya huhu. Ashika April ini akan 3 tahun, maksud saya sih kado untuk Ashika nih bisa lepas diaper usia 3 tahun hihi.

Tips Toilet Training Anak Usia 2 Tahun


Memang nggak semulus yang diduga, beberapa kali ngompol. Usia sudah jauh lebih besar dibanding Kaina saat belajar dulu tapi bukan berarti langsung lancar dan lulus toilet trainingnya. Anak-anak butuh waktu juga untuk belajar yang baru secara bertahap. Kadang dia ngomong kalau mau pipis, kadang asyik main. Ya begitu deh. Sebagai orang tuanya nggak bosan memberi reminder sama dia.

Dari jaman Kaina juga nggak langsung lepas diaper seharian, saya lepas dari pagi sampai sore saja. Lalu kalau sudah lancar siang hari, dilanjut lepas diaper saat malam. Sekarang Ashika sudah lancar siang hari dan saat mau bobo baru pakai diaper. Kemungkinan beberapa hari lagi saya mau lepas sehari penuh. Semoga sukses nih ya :D Saya mau kasih tips toilet training anak usia 2 tahun nih. Sekalian catatan buat adiknya Ashika nanti hehe.

1. Sudah Bisa Jalan dan Berbicara
Lebih enak memang kalau sudah bisa jalan dan bicara untuk mulai toilet training. Waktu Kaina, dia juga sudah jalan dan bicara. Kalau adik Ashika memang sudah ketuaan hihi. Btw, kalau orang jaman dulu lebih asoy lagi kan, sejak kecil sebelum setahun ditatar ke toilet aja gitu. Dan ya bisa terbiasa nggak memakai diaper.

2. Sounding Dari Jauh Hari
Belajar apapun memang sounding ini adalah senjata ampuh deh. Saya terapkan untuk stop ASI, bobo tanpa mentil dan toilet training. Semuanya alhamdulillah nggak terlalu gimana. Nggak mulus banget tapi no drama. Saya kasih tau, harus pipis dan pup di kamar mandi. Sebelum lepas diaper pokoknya dia sudah dikasih wacana deh. Hoho.

Tips Toilet Training Anak Usia 2 Tahun



3. Lakukan Secara Bertahap
Dari kedua anak, semua saya lakukan dengan bertahap. Semuanya juga nggak langsung bisa. Kalau Kaina malah sempat menolak ke kamar mandi sampai kita beli sticker gitu buat ditempel di kamar mandi hihi. Perlu tricky dikit lah buat anak-anak tuh 😂 

4. Ajak ke Toilet Bila Kantung Kemih Teraba penuh
Biasanya awal-awal  pengenalan toilet training memang harus dimulai membiasakan. Ajak mereka ke toilet secara terjadwal. Kalau sudah tau jamnya pipis, bisa 4-5 jam sekali. Bahkan lebih sering atau lebih singkat lagi durasinya tiap anak beda. Saya suka raba kantung kemihnya, kalau gembung biasanya sudah waktu pipis.

5. Konsisten
Ngompol mah biasa. Yang penting nggak pantang menyerah hehe. Saya yakin tiap anak bisa dan punya waktu sendiri untuk terbiasa. Sebagai emak harus konsisten. Meski perlahan tapi pasti. Ada progresnya di tiaproses belajar.

Tips Toilet Training Anak Usia 2 Tahun
yaampun, not baby anymore haha

Ketika diajak pipis sih ada yang mau dan bisa pipis. Karena belum terbiasa, ada juga yang menolak pipis di kamar mandi. Intinya pembiasaan dulu sih. Jangan lupa alasi kasur ya pakai perlak :) Selamat berjuang dengan happy.

8 comments:

  1. dua ankku mudah mengajarkanya umur dr umur satu tahun sdh gak ngompol

    ReplyDelete
  2. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  3. Semua itu memang harus diajarkan sejak dini bunda

    ReplyDelete
  4. Thanks your for sharing mom

    ReplyDelete
  5. Terima kasih tipsnya

    ReplyDelete
  6. Adiknya lucu banget bunda hehe

    ReplyDelete
  7. Mak Uciig, aku setuju yang sudah bisa jalan dan bicara. Karena kalau belum bisa bicara haduuuh enggak kebayang dia minta pipisnya kayak apa wkwk. Anyway, Alya umur 1,5 tahun sudah aku kenalkan TT. Tapi teteeup, secara bertahap, enggak se-cincai menyapih hehehe.

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah punya anak siiii dan semoga segera.... cuma pengalaman dr ponakan ponakanku, alhamdulillah sejak bisa jalan udah pada diajarin pipis ke toilet.. kadang ada yg ngomong aja masih mamamamma doang kalau mau pipis bisanya bilang pis sambil pegangin celananya hihihihi gemesssss yaaaaa

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by