Pengalaman Sekolah di TK Fitrah Insani Tangerang

Pengalaman Sekolah di TK Fitrah Insani Tangerang~ Semangat baru di tahun baru. Lumayan deg-degan sih tahun 2019 ini. Saya bakalan melahirkan dan menyiapkan diri anak-anak untuk menerima adik baru insya Allah. Sounding sudah dari jauh hari. Prepare supaya mereka bisa lebih mandiri terutama Kaina. Maunya saya ya Kaina sudah bisa mandi dan makan sendiri dengan tertib. Sedangkan Ashika? Berharap lulus toilet training. Kalau makan sendiri, sudah bisa lah dia sedikit demi sedikit. Memang, anak-anak itu beda. 

Nah, postingan sebelumnya saya bilang mau cerita tentang sekolah Kaina yaitu TK Fitrah Insani. Selama satu semester berlalu cukup banyak perubahan dari Kaina setelah sekolah di TK Fitrah Insani. Kaina menjadi suka beberapa buah-buahan juga sayuran. Lebih percaya diri, mandiri dan sosialisasi yang semakin baik.

Hafalan surat pendek sudah lumayan yang dia bisa. Terbiasa belajar atas kemauan sendiri. Di sekolah juga ada mengaji iqro. 

TK Fitrah Insani sendiri memiliki sistem sentra. Fitrah Insani memang TK islam. Sistem sentra itu nggak membosankan. Anak-anak setiap harinya pindah kelas dan dengan guru yang berbeda namun tetap memiliki wali kelas. Setiap hari ada jadwalnya si anak bertempat entah di sentra musik, sentra alam, rancang bangun, keaksaraan dll. Bervariasi. Alhamdulillah Kaina bisa beradaptasi dengan teman dan bunda guru. Tentu dengan bantuan bunda gurunya bisa melewati tahap ini. 

Metode bermain sambil belajar dan penerapan BCCT(beyond center circle time).
6 Sentra di TK Fitrah Insani: Keluarga Sakinah, Seni dan Kreativitas, Musik dan Olah Tubuh, Rancang Bangun, Alam Sekitar dan Ilmu Pengetahuan serta Keaksaraan.

Bermain di hari Kamis
Kalau ditanya, tk nya nggak belajar calistung secara terang-terangan? Ada pemahaman untuk calistung dengan metode yang menyenangkan. Saya rasa ini lebih pas untuk anak saya. Dunno ya pendapat yang lain, prinsip dan maunya tiap orang tua kan berbeda. Saya lebih ingin dia fun dulu, lalu bisa sambil belajar banyak hal. Karena ke depannya, anak dituntut kreatif, berpikir dinamis, luwes namun nggak lupa harus punya akhlak yang baik juga.

Bertemu dengan profesi bapak becak

Setiap bulannya juga ada tema sekolah yang berbeda-beda. Orang tua murid mendapat surat edaran informasi tentang apa sih teman bulan ini di sekolah. Ada perkenalan surat pendek, hadits, lagu apa bulan ini. Lengkap sih. Dan berenang 1x perbulan ada pelatih renangnya juga, didampingi bunda guru.

Contoh surat edaran perbulan

Memiliki jadwal kegiatan tahunan yang melibatkan orang tua. Saya jadi ingat mencari ulat untuk Kaina belajar metamorfosa kupu-kupu, tapi sayang nggak ketemu. Hmmm kalau katanya menyulitkan orang tua, ya nggak sih. Hanya lumayan repot sedikit tapi nggak apa-apa juga kalau nggak nemu. Intinya ya bekerja sama dengan bunda guru di sekolah, kita juga tetap monitor nggak lepas tangan dalam pendidikan anak. Saya juga setuju peran pendidik adalah teman bermain anak. Setiap hari senin s/d jumat untuk TK A/B masuk pukul 7.15. Mulai merapat biasanya 7.30 sih di lapangan. Pulang sekolah jam 12.00 kecuali kamis 12.30 karena sholat berjamaah dahulu. Sedangkan jumat pulang lebih cepat. Ada waktu sarapan bersama dan makan siang. Sarapan bekal dibawa dari rumah.

Di dalam kelas

Tentang makan di sekolah, memang kalau makan siang sebelum pulang ada jasa catering biaya 10ribu per hari cuma saya agak kurang sreg di catering ini hehe tapi bisa ditolerir deh. Dan oh iya, zonk di seragam sekolah yaitu bagian karet celana. Entah yang lain gimana. Orang tua murid bisa menyampaikan saran dan kritik membangun melalui komite sekolah.

Saya berkesan saat ada kegiatan summercamp, kayak camping menginap di sekolah. Kaina tuh kan susah ya nginep gitu, di rumah eyang susahnya minta ampun kalau disuruh nginep. Tapi ini mulus lho dia bisa tidur di sekolah bersama teman-temannya. Juga karena banyak kegiatan seru, games, mendongeng, makan bersama, olah raga sebelum mandi pagi. Ah keren deh.

Kegiatannya positif dan bagus. Di tk Fitah Insani juga memperkenalkan kegiatan menabung setiap jumat dan berinfak. 

Alhamdulillah motorik halusnya sudah bagus, saya dan paping bisa gas pelan ke sd. (Tsaaaah gas). Bismillah. .Masih ada sedikit PR nih, memilih sekolah Kaina. Keputusan untuk memasukan Kaina ke sd di tahun 2019. Moga pilihan kami tepat yaa.

Saya berharap sih TK Fitrah Insani selalu bisa memiliki bunda guru yang sabar dan solid. Kalau murid sakit selama lebih dari 3 hari, bunda guru pun menjenguk. Apalagi ya? Sejauh ini pembelajarannya berpengaruh pada tumbuh kembang Kaina. Alhamdulillah lagi wali kelas Kaina yaitu Bunda Murni sangat menyenangkan dan sejalan. Memahami anak dengan pengamatan, perhatian. Saya jadi ingat guru TK saya yang bernama bu Atun. Raut wajahnya juga masih kebayang hehe. Baik banget. .

Btw, untuk yang mau tahu biaya sekolah di TK Fitrah Insani saat 2018/2019, ini ya. .
Biaya Tahunan : 1.650.000
Biaya pendaftaran: 6.200.000
Biaya bulanan (spp: 350ribu, komite: 10ribu, Menu makan: 10ribu/hari belajar)

Semoga info ini bermanfaat ya, untuk teman-teman di sekitar Kota Tangerang.

TK Fitrah Insani


TK Fitrah Insani
Jl. Beringin Raya no.11
Perumnas 1 Tangerang
Telp. 021.55730610

1 comments:

  1. Wow, metode belajarnya unik ya, selalu ganti-ganti tema, sehingga siswa tidak mudah bosan dan bisa belajar beradapatasi dengan keadaan. Waktu belajarnya juga cukup lama dan lebih banyak bermainnya, biar siswa tidak bosan dan menjadi pribadi yang kreatif. Keren TKnya, sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Anak pertama saya juga TK Islam, tapi gak sengetop yang ini, hehehe

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by