Yang Wajib Dinikmati Kalau Keliling Indonesia, Wonderful Indonesia

Yang Wajib Dinikmati Kalau Keliling Indonesia ~ Kalau ditanya mau apa nggak jalan-jalan ke LN alias luar negeri? Hening sejenak. Bukannya nggak mau, kalau ada rejeki ya dalam negeri dulu sih maunya. Banyak banget tempat bagus di Indonesia yang tereksplor maupun yang nyelip-nyelip gitu. Dan ini nggak usah kita ragukan lagi.

Sebagai zamrud khatulistiwa, iya Indonesia penuh dengan pulau-pulau yang indah, Wonderful IndonesiaMeski belum banyak wilayah yang saya kunjungi tapi nggak berhenti mengagumi dan bersyukur bisa menghirup udara Indonesia yang hanya punya 2 musim yaitu kemarau dan hujan. 

Aku bahagia hidup sejahtera di khatulistiwa
Alam berseri-seri bunga beraneka
Mahligai rama-rama, bertajuk cahya jingga
Surya di cakrawala.
(Guruh Sukarno)



Yes, sejak duduk di bangku sekolah dasar saya memang gemar camping karena mengikuti kegiatan ekskul Pramuka. Dilanjut ikut-ikutan pecinta alam semasa SMK. Camping di kaki gunung semasa sekolah, yang paling saya ingat adalah gagal memasak nasi. Haha. Kalau pertama kalinya camping sih standard ya, ke bumi perkemahan Cibubur saja saat SD. Banyak cerita dan pengalaman menarik dari sana. Saya cukup puas dengan masa-masa di mana sekolah, camping, bermain.

Iya, dekat dengan alam itu sesuatu yang nikmat sekali. Mengunjungi air terjun salah satu seni berpetualang di alam yang saya sukai. Disitu kita harus menempuh beberapa track untuk bisa melihat air yang mengalir dari atas gunung. Kesabaran menapak perjalanan menanjak, licin juga bebatuan. Ah sungguh rindu menikmati gemericik air terjun. Bagi saya, air terjun merupakan kemewahan. Entah kapan lagi bisa merasakan air terjun ya?Nggak hanya air terjunnya, Indonesia keseluruhan isi alamnya juga sempurna. Gunung, Danau, Hutan, Kawahnya, pantai, kulinerannya yaaa semua yang dimiliki Indonesia berkat kasih sayang dari Allah SWT. Harapan saya sih, kita semua bisa menjaganya. Nggak mau lagi lihat hewan mati karena pencemaran lingkungan di mana pelakunya adalah  manusia. Sedih banget.

Well, berikut list yang wajib dinikmati kalau keliling Indonesia:
1. Gunung Rinjani
Merupakan salah satu gunung favorit para pendaki ini terletak di pulau Lombok. Kenapa sih Rinjani jadi favorit? ya nggak lain pasti karena keindahan alamnya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani, memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya. Kaldera di gunung Rinjani terdapat Segara (anak laut). Kaldera adalah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik. Disekitar Danau Segara Anak terdapat lahan yang cukup luas dan datar, dapat digunakan untuk tempat berkemping/berkemah, juga pengunjung bisa memancing ikan di danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang (wikipedia).

source: pixabay

Aih cakepnya.

Suhu udara rata-rata sekitar 20 °C; terendah 12 °C. Yang perlu diingat angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus. Duh semoga bisa menikmati puncak gunung Rinjani ya.

2. Air Terjun Sigura-gura
Cukup mengerti dengan perjalanan yang harus ditempuh untuk mendapati pesona air terjun itu sendiri. Meski nggak semudah pergi ke mall dengan naik ojek online hehe. Saya tetap suka air terjun. Air terjun ini termasuk air terjun tertinggi Indonesia, berada di Sumatera Utara, Toba Samosir atau sekitar 250 kilometer dari kota Medan. Kalau ngomongin pulau sumatera, saya baru pernah ke Lampung sih hihi. Btw, hindari ke sana saat musim hujan.

3. Raja Ampat
Mahal ya kalau ke Raja Ampat, hmm. Ya ya, indah banget juga sih tempatnya. Kalau lihat cerita dan gambarnya memang surga banget. Raja Ampat terletak di bagian Barat Papua
Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu. Terumbu karangnya, ikan warna warni bahkan nemu merupakan wisata bawah laut yang wonderful banget, yang bakalan kita bisa lihat di sana. 

source : pixabay


4. Pedesaan, Desa Penglipuran
Salah satu desa adat yang bersih dan indah. Desa Penglipuran terletak di Bali.  Arsitektur bangunan dan pengolahan lahan masih mengikuti konsep Tri Hita Karana, filosofi masyarakat Bali mengenai keseimbangan hubungan antara Tuhan, manusia dan lingkungannya. Mereka berhasil membangun pariwisata yang menguntungan seluruh masyarakatnya tanpa menghilangkan budaya dan tradisi mereka. Pada tahun 1995, Desa Penglipuran juga mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Pemerintah Indonesia atas usahanya melindungi Hutan Bambu di ekosistem lokal mereka. (wikipedia)

source: pixabay


5. Kuliner Rendang
Rendang, iya beneran ini masuk list yang harus dinikmati deh kalau ke Indonesia.  Masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan yang dimasak berulang dengan santan kelapa. Kalau kata ibu, memang rendang asli itu awet, masaknya butuh waktu lama. Dia adalah rendang padang. Kamu tahu nggak? tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International. Yakan memang nggak heran kalau rendang itu enak.


Nah, segitu wonderful banget ya Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi sih yang indah lainnya. Kalau kamu sendiri, mau keliling daerah Indonesia mana aja sih? Cerita-cerita di komen ya!


Teman-teman juga bisa berpartisipasi untuk mengikuti blog competitionnya ya. Cek info di gambar berikut. Deadlinenya masih tanggal 4 Desember nanti! Yuk ikutan.



11 comments:

  1. Aku suka banget sih traveling, tp memang jarang kliling domestik, bukan krn ga suka dgn kota2 di Indonesia, tp karena suhu nya yg cendrung panas, sementara aku ga kuat kalo kena panas mba. Makanya kota fav di Indonesia yg aku suka ga banyak. Dan pastinya semua kota2 dingin :p. Dieng, lembang, bukittinggi, ubud, yg daerahnya lbh sejuk lah :) .

    ReplyDelete
  2. dekat dengan alam membuat kita banyak bertafakur ya mba... merasakan keindahan ciptaan Allah

    ReplyDelete
  3. Keren-keren banget ya mba di Indonesia.
    Pengen deh kalau dimampukan keliling Indonesia, explore tempat-tempatnya yang indah dan kaya akan sejarah :)

    ReplyDelete
  4. Baluran, menjangan juga keren. Duh banyak bgt yang pengen disinggahi kalo keliling indonesia

    ReplyDelete
  5. Nabung, nabung. Biar bisa ke tempat-tempat kece itu.

    ReplyDelete
  6. Desa panglipuran tahun lalu aku masukin list tapi pas uda ke balinya malah yudadabubay, ga jadi ke sana karena jauh huhu, transpotnya ga nyandak kak ucig, jadilah masih sekedar angan, kali klo ke bali lagi mauk ah sampai sana, foto2 di desa adatnya yang bawahnya ada janur melengkung
    Trus trunyan juga aku masi penasaran

    ReplyDelete
  7. di list itu, kuliner rendang yang pernah aku nikmatin hahahah yg lain belum euy! Indonesia terlalu banyak tempat bagus & makanan enak untuk di explore, jadi suka bingung harus milih yg mana dulu #alasan :D

    ReplyDelete
  8. Yosh!
    Rendang Padang itu wajibbbbb!!!!!!

    #OverBangga #Wkwkwkw

    ReplyDelete
  9. Aku belum kemana pun yang di list tadi kecuali makan rendang hihi.
    Kuliner rendang padang emang paling mantul dicoba ya mbak

    ReplyDelete
  10. indonesia memang wonderful bloggernya uga

    ReplyDelete
  11. Aku juga pengen banget ke Raja Ampat mbak

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena