Lagi Radang Tenggorokan, Coba Resep Ikan Tuna Bumbu Kuning Deh!

Kalau di rumah lagi pada radang tenggorokan, saya mati gaya. Bingung masak apa ya? Biar tetap semangat makan tapi menunya nggak bikin tenggorokan tambah lecet. Apalagi si Ashika yang maunya ayam horeng atau telur digoreng juga. Dan anak-anak kan agak bosan kalau masak ayam bacem bakar lagi. Nah kali ini saya mau bagi resep mudah, bumbu dapur gampang tinggal ulek :) yuk merapat.

Misalnya kena radang tenggorokan memang sebaiknya menghindari makanan berminyak ya. Duh rasanya hampa tanpa goreng menggoreng. Saya sendiri kalau lagi radang  tenggorokan alias panas dalam berusaha minum air putih lebih banyak lagi. Istirahat yang cukup dan nggak lupa jaga asupan makanan. Yang terakhir ini sulit deh. Kadang bandel makan kerupuk haha. Kalau sudah pusing banget, ya nenggak obat juga sih. Nggak kuat karena perlu ngasuh anak-anak 😁

Btw, saya punya menu andalan lagi saat keluarga radang tenggorokan. Pokoknya yang mau mengurangi minyak, cus pilih menu ini. Resep pertama yang mau saya share adalah resep ikan tuna bumbu kuning. Saya kehabisan sereh deh ini. Nanti temans bisa pakaikan ya ke resep si sereh hihi.

Resep Ikan Tuna Bumbu Kuning
Bahan:
300 gr Ikan Tuna 
1 buah jeruk Nipis
Garam
1/2 buah Tomat
1 ruas jahe memarkan
1 ruas lengkuas memarkan
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam 

Bumbu Halus:
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/4 sdm lada
1 buah kemiri
2 ruas kunyit

Cara Memasaknya:
1. Cuci ikan dan lumuri dengan jeruk nipis
2. Haluskan bumbu lalu tumis hingga harum
3. Masukkan daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas,  jika ada sereh jangan lupa dicemplungin juga ya.
4. Beri air sesuai selera dan masukkan ikan plus tomat
5. Beri garam, masak hingga matang
6. Beri bawang goreng dan irisan rawit :p

Duh. . Rawit mana rawit, tenggorokan apa kabar nih?. Oh ya, saya memang sengaja nggak cuci setelah dilumuri jeruk nipis. Kalau si mbak suka minta belimbing wuluh. Tapi kalau nggak ada bisa coba cara yang saya pakai ini. Hasilnya bikin kuah kuning segar. Kecut tapi enak. Ikan tunanya saya beli 1/2 kg harga 25ribu di pasar. Nggak saya masak semua karena mau di buat tuna asam manis.

Foto kesorean, langsung jepret 😅

Kaina suka sekali ikan tuna kuah kuning ini. Makannya lahap dan cepat lho. Cuma dia nggak suka pakai bawang goreng, padahal kan enak ya?! 

Sayang banget nggak bisa pakai tempe goreng dan kerupuk. Tadinya mau goreng tahu, eh takdirnya si tahu di tukang sayur telah habis. Nasiiib 😃 tahu aja kalau lagi meradang nih tenggorokan.

Ikan tuna cocok buat kamu yang malas makan ikan berduri. Biasanya ikan tuna juga bisa untuk makanan kaleng ya. Andai dia bebas merkuri. Saya bakal sering masak ikan ini. Hmm harus dibatasi karena merkurinya itu.

Selain ikan tuna, pepes tahu dan teri juga bisa dijadikan menu favorit saat radang tenggorokan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya.

4 comments:

  1. Ikan tuna bumbu kuning memang enak dan bergizi. Apalagi manfaat kunyit bagi tubuh

    ReplyDelete
  2. Wah bisa di coba nih, kebetulan lagi pusing nyari menu baru yang sehat untuk keluarga :D

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena