Resep Cilok Kuah Barokah

Resep Cilok Kuah Barokah ~ Kenapa gitu kuah barokah? Hihi. Happy nulisnya. Suka. Kalau makanan berkuah selalu buat saya suka. Nulis sambil mangku Ashika yang lagi bobo dan nggak mau ditaruh. Sudah beberapa hari ini dia batuk pilek. Bawaannya rewel dan maunya nempel terus kayak perangko (hiaaa, iklan jadul).



Mungkin ada yang suka atau mau bikin cilok kuah? Jajanan cilok sudah familiar kan ya. Dia terbuat dari tepung aci. Ada yang diberi isian, juga ada yang kosong doang gitu. Belum pernah jajan cilok kuah, seringnya nyobain cilok pakai bumbu kacang. Cuma rasa malas kalau bikin bumbu kacang itu hihi. Cilok kuah enak diisi kayak gini. Cincangan daging digoreng kering. Enyak deh. Apalagi kalau lagi lafar melanda. 


Meski cuma 50 gr dagingnya, lumayan bikin gurih-gurih sedap. Hihi.


Nah, kayak gimana sih bikin cilok kuah?





Resep Cilok Kuah

Bahan:
200 gr Tepung Sagu
150 gr Tepung Terigu 
Daun Bawang
Garam
Kaldu bubuk
50 gr Daging giling (digoreng kering plus garam)
3 siung Bawang merah
2 siung Bawang putih
3 buah Cabe merah 
Cabe rawit sesuai selera
Minyak goreng
Air


Cara masak cilok kuah dalam 4 langkah sajaah

1. Tuang semua tepung, kaldu, garam dan sebagian daun bawang dalam satu wadah lalu masukan air, sampai adonan kalis.

2. Siapkan air mendidih dan beri minyak goreng sedikit supaya tidak menempel. Bulatkan adonan dan isikan butiran debu.. #eh butiran daging, lalu masukan dalam rebusan air. Bisa test rasa, rebus satu butir dahulu. Jika oke, lanjutgan rebus sampai mengapung. 


3. Untuk kuah, haluskan bawang dan cabe. Lalu tumis.


4. Beri air secukupnya dan taburan daun bawang. Jangan lupa garam dan kaldu sesuai selera. Jika masih ada sisa butiran daging, campurkan saja pada kuah.

Jadi mudah banget kan bikinnya. Selain lebih higienis, bisa sesuai selera kamu deh rasa cilok dan kuahnya. Jangan lupa bikin ya, mumpung minggu ini long weekend :p

15 comments:

  1. Belum pernah nyoba bikin cilok kuah, kemarin baru pernah bikin yang biasa pake sambel kacang buat cocolan. Kayaknya yang kuah mnarik juga nih cuat dicobain :)

    ReplyDelete
  2. Aku sering bikin cilok tp ga berkuah, skrg tertarik juga buat bikin cilok kuah, lebih mantap kayknya ehhehe

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget cilok. Makasih resepnya, Mbak.

    ReplyDelete
  4. Klo bikin sendiri bagus y ka ucig, ngga dikadalin tepung doang rasa bumbu masak khas tukang dagang yg main licik egegek

    Jadi pengen, klo ada kuah serasa nyruput pentol, iya gasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa puasnya disitu tuh mbul.. betul 😁

      Delete
  5. Wah udah lama ga bikin cilok. Pernah waktu itu dagingnya saya pakai kornet beef aja, haha... Warnanya jadi rada merah. Tapi rasanya masih belum oke itu ciloknya. Ntar kalo bikin lagi mau pakai takaran resepnya Mba Uci ini aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sih ya sbnrnya pakai kornet miss. Serius jadi rada merah? Kan di tumis dulu kornetnya yaa

      Delete
  6. cilok ini bikinnya gampang2 males hahahaha... jadi kadang aku suka beli jadi aja, padahal kalau bikin sendiri jauuuuuuuuh lebih murah ya, cuman lagi males pisan lah bikin2 from scratch XD mamak cape bikin bekel hahahah #alasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah bener.. gampang tapi males. Ku maunya makan aja ugaaa 😂 tapi kadang kepepet. Males kluarnya. Bikin deh, ngotorin dapur sikit akhirnyaaa

      Delete
  7. Seger ya makan cilok kuah, apalagi dikasih sambel supaya bikin lidah semakin bergoyang hahaha

    ReplyDelete
  8. Enak banget yang namanya cilok jajanan ga pernah kutolak. Sanpe kl lewat sekolahan bocah ga malu mampir cuman beli cilok

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena