Perjalanan Usaha Kuliner Gyoza Halal Lilo Says Factory

Perjalanan Usaha Kuliner Gyoza Halal Lilo Says Factory~ Sudah lama nggak sharing tentang motivasi ya. Saya ingin membagikan cerita yang penuh semangat dalam mengelola usaha, tentu bercampur air mata yang berakhir bahagia. Kali ini cerita dari teman semasa sekolah Telkom saya. Jaman band Box Car Racer haha. Chy inget nggak Chy?. Dulu kami satu eskul, yaitu pecinta alam. Kami memiliki nama panggilan yang sama. Beliau Uchy Sudhanto, mungkin temans blogger sudah mengetahui sepak terjangnya. Dari sekolah dulu saya tahu Uchy seperti apa. Solid banget anaknya. Nggak heran kalau sekarang punya usaha rumahan yang nggak main-main. Jadi, gimana sebenarnya Uchy memulai usaha Lilo Says Factory yang salah satu produknya adalah Gyoza Halal, hmmm lezat!

usaha kuliner gyoza halal


Lilo Says Factory sebut saja LSF. Waktu saya minta Uchy ceritain tentang usahanya itu, Uchy pasti lagi sibuk-sibuknya. Kebayang nggak sih orderan banyak dan punya anak kecil pula. Saya senang banget Uchy menyempatkan waktu buat typing di chat hehe. ThankS Chy!

LSF sudah berdiri sejak tahun 2014, dibuat oleh Uchy sendiri dan pak suami namun saat itu mereka belum menikah.

Bukan Bisnis Yang Pertama. .
Ternyata bukan bisnis yang pertama. LSF adalah bisnis Uchy yang ke-6 semenjak kuliah. Waw, Uchy masih ingat jelas apa saja bisnis yang dia mulai. Uchy usaha jualan tas, baju bayi, kerudung dan scarf lalu berbagai pernak pernik. Selain itu beliau punya Theta's Projects, yang ambil basednya untuk animal lovers. Theta's Projects ini menjual baju dan mug dengan design sendiri.

"Yang lain udah gulung tikar semua, kecuali Theta's Projects yang hibernasi aja. Masih ada ambisi jualan ini buat bantu hewan terlantar hehehe", kata Uchy.

Trial Error Resep Lilo Says Factory. .
Ternyata menu awal yang dibuat LSF bukan Gyoza tapi Cheesy Garlic Butter dan Butterscotch. LSF meracik produk tersebut, trial error sendiri. Produk ini memang masih jarang saat itu. Dan laku keras. Sampai akhirnya di ujung tahun 2016, bahan baku utama melambung tinggi banget. Terpaksa nggak berani jual lagi. Pada awal 2017 mau nggak mau ya mereka vakum.

LSF baru memulai kembali di September 2017. Qadr Allah, Uchy berjuang putar otak.
Harus ada pemasukan tambahan untuk kebutuhan. Saat itu Uchy resign karena menjelang kelahiran Alula. Uchy berpikir harus ngapain? Uchy mencoba bikin Gyoza sendiri, karena saat itu nggak mampu beli. 

Jadi di segala keterbatasan seorang manusia, pasti ada jalan jika mau berusaha. 

Saya baru tahu kalau Gyoza adalah makanan favorit Uchy dan suami. (Yaiyalah cig)
Dari situ mulai iseng ngasih tester ke teman-teman, tanya di mana kekurangannya. Uchy  ngulik resep sendiri sampai akhirnya pede jualan.


Ketika Ada Kegagalan Lagi?
Awal buka PO itu benar-benar dari kepercayaan teman dekat. Dan yang bikin kaget Uchy adalah orderan sampai 500 pcs gyoza. Sayangnya karena kaget, Uchy dan suami nggak siap. Jadi saat perdana bikin banyak, justru Uchy salah takaran bumbu yang mengakibatkan ratusan gyoza yang udah dibuat dan adonan yang banyak banget itu harus dibuang karena nggak layak jual. Ini jadi pelajaran berharga sekali buat LSF 😆

Dari situ Uchy dan suami belajar, tetap ngulik resep sampai akhirnya benar-benar dapat rasa yang pas. Belajar cara manggangnya supaya nggak gosong dll. 

Dulu semuanya dikerjakan sendiri, dan dibantu suami buat bagian masak. Waktunya juga kejar-kejaran sama waktu Alula kalau lagi tidur. Setiap malam begadang sampai dini hari, sambil tetap mengurus rumah. Nggak usah ditanyain rasanya kayak apa ya? Luar biasa. Nggak kebayang ngulik resep sambil punya balita Chy. Kamu hebat Chy.


"Alhamdulillah banget.." Kata Uchy. 




Uchy masih merasa kaget dengan perkembangan LSF bisa secepatnya ini dalam waktu  8 bulan. Finally, memberanikan diri buat tanya rumah kosong di sebelah rumah untuk dijadikan dapurnya LSF. Alhamdulillah juga waktu itu suami Uchy lagi dapat rejeki, jadi mereka bisa membeli inventaris kaya freezer, kompor, dll. Dan dengan semakin banyaknya orderan, akhirnya Uchy menyerah dan hire orang untuk membantu mereka. Yes, alhamdulillah berjalan sampai sekarang.. 😄




Saya pernah nyobain gyoza buatan Uchy, enak dan Kaina suka banget. 
Semoga cerita ini bisa diambil manfaatnya ya, untuk yang mau memulai usahanya atau sedang stuck mungkin bisa bangkit kembali. Nggak ada yang nggak mungkin. Jatuh sedikit yang penting mau bangun, lalu kita lakukan dengan maksimal. 

Untuk Uchy, apapun usaha yang dijalani kamu dan suami moga mendapatkan berkah ya. Salam sayang untuk Alula! Jadi kapan kita camping lagi Chy hahaha. . Terima kasih banyak udah boleh diceritain di sini ya. Barakallah. .

11 comments:

  1. Waaah mbaa, aku juga suka banget gyoza. Lbh suka yg dibakar itu drpd yg di rebus. Tp ttp aku makan sih kalo semisal cuma ada rebus. Ini bisa delivery berarti yaa. Coba ah aku jalan2 ke IG nya dulu :)

    ReplyDelete
  2. My Fave lah Gyoza nya mba Uchy.. kalau frozen frozen sukanya di goreng, hihi, atau order yg tinggal hap. Sukses ya mba Uchy! :)

    ReplyDelete
  3. Wah bener-bener jiwa pedagang dari muda ya hehe

    ReplyDelete
  4. Jatuh bangun jadi pengusaha dan hasilnya bisa sampai kayak sekarang, keren

    ReplyDelete
  5. gyoza nya keliatan enak banget mbak

    ReplyDelete
  6. Wah perjalanan panjang bisnis gyoza

    ReplyDelete
  7. Gambar gyozanya bikin ngiler mbak

    ReplyDelete
  8. salut dengan jiwa pebisnis seperti ini saya juga mau tapi udah tuwir

    ReplyDelete
  9. Aku udah mencoba Gyoza mba Uchy. Beli online dan rasanya emang enak. Bikin nangih deh pokoknya :)

    ReplyDelete
  10. Gua juga wirausahawan, gagal mah biasa, bahkan sukses dan balik gagal lagi itu juga biasa, akhirnya pasti, antara gagal atau sukses ckck

    ReplyDelete
  11. pengen cobaaa...
    tapi sayang, delivery Kendari belum bisa yaah.. hohohoh

    dimana ada usaha disitu pasti ada jalan yahh, noted banget! :)

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena