Pengalaman Menggunakan Lensa Fix Untuk Camera Sony A5000

Pengalaman Menggunakan Lensa Fix Untuk Camera Sony A5000 ~ Hokeh, dengan menghela nafas ikhlas akhirnya lensa diganti karena kecerobohan si pemiliknya yaitu saya sendiri. Jadi singkat cerita, lensa bawaan sony A5000 rusak karena tak sengaja terbanting jatuh ke lantai. Saat itu memang lagi buru-buru ngerjain projek foto sebuah sambal, saya ingin menyelamatkan sang cumi yang berada di teras takut dimakan kucing. Yaa malahan lensanya yang tidak terselamatkan huhu.


pengalaman menggunakan lensa fix untuk Camera Sony A5000


Lensa bawaan sebenarnya mungkin bisa diservis gitu, tapi saya nekad mau fixed it sendiri. #sombong :)) Padahal minta pak suami yang utak-atik. Dan penasaran masih nyoba mau reparasi ala youtube. Tapi gagal. Sedih sih karena banyak kenangannya. Cuma tetap harus plong, ikhlasin. Nggak apa-apa deh, mudah-mudahan paping ada rejeki buat beli gantinya #lho #eh. Nggak lama, alhamdulillah bisa punya budget beli lagi lensa gantinya ^^. Terima kasih Allah, terima kasih paping. .

Perburuan lensa dimulai. Saya baru pernah ikut 2x workshop photography, dan selebihnya googling tentang camera, bagaimana setting camera secara manual, apa itu bukaan lensa dan lain-lain. Mau serius belajar food photography, mungkin nanti ketika anak-anak sekolah dan saya menatap nanar perpancian di dapur hihi. Jadi sekarang mah kurang serius gitu? :p

Baca Juga : Persiapan Food Photography Untuk Pemula

Agak bingung dalam memilih lensa waktu itu. Saya suka juga foto nature tapi kan nggak bisa pergi-pergi jauh dalam waktu dekat ini. Jadi kayaknya beli lensa fix saja deh ya. Harus nerima kenyataan bahwa lensa fix nggak bisa zoom in/out secara otomatis. Mau nggak mau memang si tukang foto harus maju mundur secara manual. Bergerak, pindah posisi untuk ngezoom in atau zoom out. Pertimbangannya beli lensa fix, kan lebih sering foto makanan secara dekat. Lihat kebutuhan kesitu. Dan sempat nanya ke teman, dia juga pakai lensa yang memang saya inginkan. Cakep bokehnya kata Prima, beliau adalah deklur kompakers Tangerang. Tadinya saya mau lensa yang tele, tapi harus ngeluarin budget lebih gede. Mengutip yang ditulis di infofotografi.com  "TIDAK ADA LENSA IDEAL, tidak ada satu lensa yang maksimal untuk segala kebutuhan, tapi bahkan sebaliknya satu lensa kit saja (kalau dimaksimalkan pemakaiannya) bisa dipakai untuk banyak bikin foto yang bagus".

Finally, lensa fix 50mm yang dibeli. Lebih berat dikit dari lensa bawaan. Memang lensa bawaan ringan banget, bodynya juga ringan makanya cocok buat bikin video traveling. Lensa camera sony A5000 yang enteng pisan tinggal kenangan, alhamdulillah bodynya masih ada. Untuk pertama dan terakhir kalinya bikin video secara serius pakai lensa bawaan ya projek sambal itu..

Saya coba jembrengin hasil fotonya ya. Mungkin kalau makanan sudah lihat di akun IG @uciggg. Hasilnya bukaan besar, berlimpah cahaya. Sedangkan kalau sudah terlalu cukup cahaya, dibesarin bukaannya sedikit dan mainin Exposure time nya. Lagi-lagi, nggak ada yang bagus atau jelek sih, semua balik ke selera. 


pengalaman menggunakan lensa fix untuk camera sony A5000
Kaina dan Sepupunya
pengalaman menggunakan lensa fix untuk camera sony A5000
Kaina dan bude



pengalaman menggunakan lensa fix untuk camera sony A5000
Sebelum dia gondrong

Sejauh ini lumayan repot kalau foto human ramean ya haha, harus maju mundur. Tapi suka banget sama hasilnya. Dulu tuh jarang banget pakai setting manual karena kok kayaknya nggak sreg. Sekarang selalu pakai setting manual buat foto. Asyik banget.



pengalaman menggunakan lensa fix untuk camera sony A5000
foto produk untuk teman

Kalau temans mau tahu gimana cara memilih lensa, ini banyak di google. Yang penting, tahu kebutuhan kita seperti apa, spesifikasi lensa yang sesuai dengan bodynya juga perlu kita tahu. (imho)

Nah kayaknya sharing pengalamannya gitu dulu. ^^ 
mungkin ada yang mau sharing atau nanya, boleh. .
Bye. . 

7 comments:

  1. Aku juga punya lensa fix. Hasilnya cakep, cuma emang rpot pas objeknya deket.Sedih, lensa fixnya nolak ga mau ngejepret hahaha.... Jadinya selalu bawa lensa bawaan buat moto ideal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisaaa kitu kenafaaa teh Ef :D

      Delete
  2. Kucing lucknut...gegara cumi lensa pun jadi korban, kok ku ikutan nyeseg huhu

    Hmmm...aku sendiri nyetting lensa jelas hura isa alias ga bisa, biasanyapun klo kamera gede gini masih nyettel auto doang hiks

    Dari sekian foto yang portrait wajah irang ketje juga ya, jadinya clear

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah takdir mbuul.. jgn sesali. Sodorin tisu 😆settingnya yg bikin seruuu

      Delete
  3. aku jg kamera sony tapi lensa ku punya canon dan sony fix lense juga, beda tone aja hasilnya. Sebernya lensa apa aja kl kita paham cara pakainya hasilnya akan baik, lensa hp jg bagus bngt sekarang. Aku jg msih belajar2 hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba mut betul.. hape udah cakep2 camnya. Klo lensa bawaan yg kmaren aku nggak konsisten pake set manual 😂
      Makasih ya udah sharing mba mut.

      Delete
  4. Lensa fix memang bisa jadi andalan. Bokehnya itu lhoooo, bikin foto jadi makin cakep :D

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena