keunggulan menggunakan top level domain .net / .com untuk ngeblog pake hati

Apa sih keunggulan menggunakan Top Level Domain (TLD) .net / .com? Kenapa juga kita harus menggunakan Top Level Domain .net / .com? Nah, berikut cerita 4 keunggulan menggunakan top level domain .net / .com based on true story ^^ dan ternyata banyak juga yang sudah pindah menggunakan top level domain .Com/.Net akhirnya menyesal! Kenapa nggak dari dulu :) lanjut baca yuk. .


                      


"Silahkan isi datanya dulu ya mba." Begitu ucapan dari mbak cantik penjaga buku tamu dengan menyodorkan pulpen.
Saya menatap setiap kolomnya dan mulai mengisi absen sambil lihat daftar nama tamu lain. 
"Waduh ini blogger yang dateng udah pada dotcom semua, pake domain pribadi, apa salah invite yaa mbaknya?" sambil menelan ludah, kata saya dalam hati.
At Event Pertama di Beranda Kitchen, 2015

Lantas Event Kedua di Daerah Blok M, 2016
"Silahkan isi dulu ya mbak, kita mulai after lunch, silahkan." Kata mbak nya yang ramah sekali.

Lagi-lagi, saya belum juga pindah menggunakan Top Level Domain. Padahal ya biaya beli domain nggak sampai jual rumah atau jual mobil emak, hehe.

Dan beberapa event lainnya terlewati dengan cigrey.blogspot.co.id.

Yaaa, belum menggunakan Top Level Domain .Net/.Com

Lama-lama terpikir untuk monetize blog. Saya nyoba nyemplung ke komunitas blogger supaya bisa dapat pelampung dan berharap nggak tenggelam. Seiring berjalannya waktu ngeblog, saya berniat untuk pindah menggunakan Top Level Domain .com tapi nunggu proses lahiran, maklum ya saat itu lagi hamil, ibu hamil kan hormonnya ngga stabil #alasan nyari nama domain yang enak :)

Eh ngomongin TLD, sudah pada tahu kan ya apa sih TLD itu? Jadi, menurut wikipedia TLD kepanjangan dari Top Level Domain (Ranah Internet Tingkat Teratas) contohnya yaitu .com atau .net. 

Melihat beberapa teman sudah menggunakan Top Level Domain Dotcom atau Dotnet, yang konon katanya bisa membangkitkan semangat rajin menulis karena sudah bayar :) eh bukan, yang betul adalah karena cinta menulis dan ingin berbagi hal-hal yang bermanfaat. Kalau sudah begitu. . Menulis saja terus dan kau akan mendapat job. Bagi yang percaya. Selanjutnya terserah anda haha.

Namun, di balik itu semua ada proses yang harus dilewati oleh seorang blogger. Nggak tiba-tiba nulis terus dapat uang. Asiknya ngeblog adalah Ngeblog pake hati. Nggak panas anu itu #eh

Back to topic ganti domain nih hehe, sebetulnya mudah atau gimana sih beli domain? gampang-gampang susah. Kalau saya bilang gampang, nanti ada yang bilang susah. Jadi gampang-gampang susah aja ya jawabnya. Nggak usah terlalu dipikirin, yang penting kita maju dulu aja :) 

Cuma begini aja kok:

                           

Temans juga banyak yang saling memotivasi untuk menggunakan Top Level Domain .net/.com untuk blogging.
So, apa sih keunggulan menggunakan Top Level Domain .net/.com? Menurut pengalaman saya ada 4 keunggulan menggunakan Top Level Domain dotcom ataupun dotnet.

         
   

Friendly
Menggunakan Top Level Domain, saya nggak ingin terlihat keren. Mungkin kalau yang lain pada bangga beralasan pindah TLD karena ingin terlihat keren, silahkan hehe. Buat saya supaya lebih singkat saja nulisnya dan saat kenalan di event cukup sebut cigrey.com bukan lagi cigrey.blogspot.co.id nah kan ribet haha. Nggak hanya itu, pembaca mudah mengingat alamat blog saya. Untuk masalah profesional tergantung orangnya sih, ya saya berharap dengan memakai .com bisa menjadi profesional :)

OnFire- Menjaga Semangat Menulis
Bukan hanya membangkitkan semangat menulis, tetapi menjaga semangat banget untuk tetap menulis. Mubazir lho, blog yang sudah TLD tapi nggak diisi. Berusaha mengimbangi dengan konten yang unik dan original. Jangan deh jadi sampah internet :) Tapi menurut kamu www.cigrey.com gimana? Baru 4 bulan yang lalu resmi pindah jadi top level domain, ibarat bayi mah ya masih minum ASI. Hehe. .moga bisa bermanfaat ya.

Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization)
Google katanya mah senang sama yang .net dan .com untuk indexing. Rada bingung dengan penjelasan ini, google jatuh cinta? Bukaaan euy. Gini, misalnya ada sesorang mencari di google dengan keyword 'dokter pro lahiran normal di Tangerang' terus blog kamu pernah menuliskan informasi tentang dokter pro lahiran normal di Tangerang, nah si mbah google lebih suka artikel punya kamu dibanding artikel lain yang belum  dotcom, jadi kesempatan kamu lebih gede.

Dengan begitu akan mempermudah artikel blog kita untuk nangkring di page one google, eh tapi nggak semudah itu juga sih nangkring di page one :| 

Menurut web DotComForMe, gunakan keyword yang tepat, maka blog kamu akan lebih mudah ditemukan. Oh ya, buat kamu yang belum dan akan go online seperti bisnis online, mau domain, web hosting dan blogging bisa melirik ke DotComForMe. Ada hot promo lho di sana. Let's check. .



Monetize Blog
Sebelum pindah ke dotcom, frekuensi tawaran job ya gitulah hehe. Sekarang ya gitu deh, kamu harus cobain ^^ Alhamdulillah bisa dapat job nggak sampai nunggu berbulan-bulan setelah menggunakan top level domain .Net/.Com. Hmm, tapi balik lagi tujuan menulis itu sendiri untuk berbagi manfaat. Nggak melulu monetize. Terserah saja kalau yang mau nulis untuk hobi dan kecintaan tapi nggak nerima job. Itu pilihan. Keep writing and respect to other.

Well, nggak usah banyak alasan, yuk ah pindah domain, insya Allah nggak rugi dan kamu bakal merasakan keunggulan menggunakan Top Level Domain .net /.com. Pokoknya nulisterusdotcom yaaaa ^^ cheers.


49 comments:

  1. Setuju sama semua alasannyaa, termasuk yg terlihat keren #eh xD Keep inspiring ucii..

    ReplyDelete
  2. Bangga sih pake .com berasa situs penting wkwk padahal isinya mah apa atuh cuma curhatan ga jelas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii proud yaa mba .. iyah aku pun curhat

      Delete
  3. kalo saya ngerasa lebih keren sih hehehe....

    ReplyDelete
  4. Eciiiee yg akhirnya pindah domain, setelah maju mundur. Uci setelah pindah domain mah makin ketcheee ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kamuuuu hehee. Akhirnya ya di.. makasih yaa ^^

      Delete
  5. Pake TLD emang bikin percaya diri dan nambah kesempatan buat dapetin kerjaan di blog ya :) Dulu aku pun maju mundur, tapi karena dikomporin teman2 lain akhirnya ikutan dan ternyata ngga nyesel pindah TLD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba Sandra.. ngga nyesel yaa. Jadi smangat

      Delete
  6. Semenjak pake TLD aku jadi semangat nge-blog apalagi klo ada artikel yang nangkring dipejwan berasa banget aku ini penulis beneran ahhaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiyy mba her,aplg halan2 gratis yaa

      Delete
  7. Iyaaa...
    Lbh gampang monetize dg tdl dan smangat buat ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah mba jiah makasih udah mampirrr

      Delete
  8. Blogku juga udah dotcom sehabis maju mundur 2 tahunan, url makin kece jadinyaaaa hehehe kaya profesional padahal masih ijo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga makin kece ya pindahan TLD mbaaa :)

      Delete
  9. aku dulu tuh punya domain .com biar apa ya
    kayaknya sih biar keren aja gitu bwhahahha
    sungguh absurd

    ReplyDelete
  10. emang bikin jadi semangat blogging setelah pake dotcom, secara gak gratis sayang kalau vakum hehehee

    ReplyDelete
  11. Boleh juga ni urut urutannya, sapa tau mau biin blog satu lagi khususon buat review2 berbayar ahai

    ReplyDelete
  12. horee berarti aku keren dong udah pake TLD wkwkwkwk

    ReplyDelete
  13. Duit emang alasan utama saya untuk pindah ke tld 😁 saya pun baru Agustus ini dan Alhamdulillah iya spt yg mba bilang, having fun bikin job datang mengiringi 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Augustus jg yaa mba Nita.. sukses yas

      Delete
  14. Alhamdulillah walopun baru dua bulan ganti dotcom aku pun udah merasakan manfaatnya Mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah keunggulan menggunakan Top Level Domain yaa nes. Alhamdulillah ^^

      Delete
  15. klo bagi pemain job review seh, domain TLD kudu wajib, harus, mesti pke lah

    ReplyDelete
  16. baru 4 bulan dan sudah mengalir job2...hmm alhamdulillah...nulis terus, ngalir terus ya ci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba.. anak2 drmh inspirasinya haha alias rusuh :)) Amin. Doa yg sama utk mba ophi

      Delete
  17. TLD itu emang cocok banget untuk monetize blog. Sekarang brand banyaknya nyari blog ya TLD sih ya untuk CP maupun sponsored post :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mak.. Katanya begitu yaa. Moga smua kecipratan job hehe.amin

      Delete
  18. Mba Ucii, saya pun merasakan banget perbedaan pake domain gratisan sama TLD, semenjak pake TLD alhamdulillah jadi lebih menghasilkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menggunakan top level domain .Net / .Com ngga rugi ya mba Ira ^^

      Delete
  19. Harganya terjangkau juga ya jadi bisa maksimal pakai Dot Com :)

    ReplyDelete
  20. aku juga dulu kalo dateng ke event blogger dan isi buku tamu minder banget karena belum dotcom.. tapi setelah pake dotcom rasanya percaya diri naek drastis 10 level.. :p

    ReplyDelete
  21. Keunggulan menggunalan TLD memang mantep banget ya mba

    ReplyDelete
  22. sejak ber tld, aku jg ngerasa gimnaaaa gt, perasaan yg lbh positif tentunya, :)

    ReplyDelete
  23. Penasaran cigrey itu artinya apa to mbak? heheh..yang on fire itu nendang banget mba, secara kan sudah TLD, kesannya kan profesional yaa, jadi malu kalau moody-an nulisnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena aku suka warna abu2 mbaa. Aku nggak jadiin beban klo masalah posting, tertantang lebih baik lagi menyajikan info utk tmn2 pembaca hehe

      Delete
  24. Setelah pake dot com bener banget deh tambah semangat nulis dan bisa jadi ladang juga, berasa hobi jadi profesi yg menghasilkan. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mba..Berkah berbagi ya ^^ pindah .Net/.Com bikin tambah smangat nulis :)

      Delete
  25. itu dia yang sya suka juga mbk web kita jdi kelihatan fprovisional

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by