Proteksi rumah dari bahaya listrik bersama Schneider

Proteksi Rumah Dari Bahaya Listrik ~ Event
Teknologi dan listrik, itu sudah pasti bergandengan tangan yaa. Gimana rasanya kalau listrik mati? Ngga enak, seperti tinggal di dalam goa kan ya kalau hidup tanpa listrik. Kalau saya memanfaatkan listrik biasanya untuk keperluan rumah tangga sederhana seperti memasak nasi, pompa air, lampu, nonton tv bareng anak-anak, kipas angin, AC, charger, dan kulkas. Lagi-lagi semua perlu yang namanya listrik. Selain bermanfaat, listrik juga punya sisi bahayanya kalau kita salah dalam penggunaannya. Oh ya saya juga pernah kesetrum. Alhamdulillah masih hidup huhu. Ada yang belum pernah kesetrum? Jangan ya, jangan sampai terjadi. Sebagai seorang ibu, kita perlu tahu dan peduli akan bahaya listrik di rumah. Selain suami, siapa lagi kalau bukan kita, ya juga karena kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah kan mak. Jadi, penting untuk proteksi rumah dari bahaya listrik.

                                               Foto milik Mak Noe, trims mak ^^

Sabtu, 01/10 Saya menghadiri event ketje yaitu talkshownya Kumpulan Emak-Emak Blogger yang mengusung tema "Cara Jitu Lindungi Rumah dari Bahaya Listrik" bersama Schneider Electric. Bertempat di Hongkong Cafe. Acaranya asik banget, saya bisa silaturahim dan kenal mak blogger lainnya, opening dari mak Icoel (Sumarti Saelan) dan dipandu oleh mak Mira Sahid. Pembicara dari pihak Schneider yaitu bapak Rino. Selain talkshow, acara ini juga diisi oleh games seru makkk. Jadi para emak dibagi menjadi beberapa kelompok supaya lebih ngelotok yaa tentang perangkat listriknya hihii. Saya ngga bisa ikutan karena lagi gendongin Ashika. 




Senang banget bisa hadir di talkshow ini, ya soalnya meski sedikit paham listrik tapi pernah kesetrum, kembali saya diingatkan untuk semakin peduli bahaya listrik di rumah. Hmm, terkadang kita sudah tahu tapi kita ngga peduli dan pada akhirnya lupa aja gitu. Saya jadi mikirin colokan yang suka bertumpuk di rumah. Dari talkshow kemarin, saya baru ngeh kenapa colokan setrikaan meleleh, ya memang di rumah menggunakan rol kabel, lalu dari rol itu saya colok lagi terminal cabang 4. Satu sambungan listrik untuk beban yang banyak, ternyata dampaknya bisa buruk banget. Hmmm. . Ada beberapa oleh-oleh dari talkshow nih mak supaya proteksi rumah dari bahaya listrik, kita perlu lakukan hal ini ya:

1. Keringkan tangan ketika akan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan listrik seperti menghubungkan colokan atau mematikan dan menghidupkan lampu.
2. Perhatikan instalasi/pemasangan listrik di rumah. Jauhkan sumber listrik dari jangkauan anak-anak ya. Lebih baik menggunakan standar pengamanan pemasangan.
3. Tidak menumpuk stop kontak pada satu sambungan listrik. Karena bisa menyebabkan sambungan listrik mengalami pemanasan yang berlebihan. Kalau bahan yang di gunakan tidak tahan terhadap panas tersebut, akan menyebabkan lelehan dan menjadi percikan api. 
4. Pengecekan terhadap kabel yang akan digunakan, apakah ada yang terkelupas. Perangkat listrik itu ternyata harus diganti dalam jangka waktu 10 tahun atau ketika kondisinya sudah tidak baik.
5. Gunakan produk listrik yang memiliki sertifikat SNI. Produk listrik yang bagus dan tentunya berkualitas. Produk listrik saja bisa palsu dan ngga memenuhi standar ya ternyata.

Ngomongin produk listrik yang aman dan memiliki sertifikat SNI, produk Schneider memang salah satunya nih mak. Apa sih Schneider itu? Schneider ini dibacanya (sneider) jangan keder yaaa hihii. Merupakan Perusahaan listrik dari Perancis. 

Produknya membantu kita tuk melindungi rumah dari bahaya listrik. Salah satu produk inovasinya adalah kombinasi antara MCB dan ELCB yaitu RCBO. Nah.. Apaan tuh cigggg (jadi ingat, sempat ketemu mak Injul, manggil saya uciggg :))) 

Gini nih, jadi Ideal perangkat listrik yang aman itu ada MCB dan ELCB. Yuk kita kenalan singkat, supaya nice to meet you. 

                         
  

MCB (Miniature Circuit Breaker) dipasang pihak PLN untuk membatasi arus sekaligus sebagai pengaman dalam suatu instalasi listrik. MCB juga berfungsi sebagai pengaman hubungan singkat (konsleting). Tapi tidak bisa melindungi manusia dari sengatan listrik. Biasanya MCB dicari untuk menyalakan kembali listrik PLN saat anjlok atau jatuh. Nah ini yang kalau listrik kita kelebihan beban, terus bunyi jetrekkk, mati lampu. Ini si MCB namanya.

Sedangkan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) bentuknya mirip dengan MCB pada umumnya. Pada ELCB memiliki fitur yaitu mendeteksi kebocoran listrik ke ground. Jadi selain membatasi arus, dia bisa melindungi manusia dari sengatan listrik karena bekerja dalam waktu 0.1 detik untuk memutus arus.

Inovasi Schneider
RCBO yaitu Residual Currrent Circuit Breaker with Over Current Protection (RCBO), perangkat listrik yang menggabungkan fungsi MCB dan ELCB. Singkatnya kombinasi antara si MCB dan ELCB. Harganya mulai dari 250 ribuan. Keunggulannya selain melindungi rumah dari bahaya listrik, lebih slim dan fungsi ganda (MCB dan ELCB). Bentuknya seperti gambar di bawah ini. Kiri (RCBO) kanan (ELCB)

                            

                                     
                                Minta tolong mak Edwina untuk take photo, trims mak ^^

Kenang-kenangan dari KEB oleh Mak Mira untuk Schneider. 

                                             Foto milik Mak Noe lagi ^^ 

Terima kasih KEB dan Schneider Electric atas undangannya yaaa. Meski sekarang kita sudah cukup mengerti mak, untuk instalasi listrik perlu dilakukan oleh seorang yang ahli, supaya lebih aman dan pastinya mereka lebih paham. Gimana? Deal ya, untuk informasi lebih lanjut tentang Schneider Electric terkait pemasangan dan lainnya emak bisa hubungi kontak di bawah ini. Semoga bermanfaat ^^

Schneider Electric
www.schneider-electric.com
Telepon 1500055 
Email: customercare.id@schneider-electric.com

Komentar

  1. Hai mak salam kenal yaa, iya ya urusan listrik jgn cuma diserahin ke bapak2 ya, emak2 juga kudu pahamm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alo makkk neng anin.. Iya betuls :)

      Hapus
  2. wah lengkap banget artikelnya, penting pula, apalagi buat aku yang masih punya balita di rumah, suka deg2an soal listrik ini. Makasih yaa infonyaa...

    BalasHapus
  3. Sama cil, pernah kesetrum juga, makanya suka angkat tangan kalo masalah listrik dirumah. Untungnya instalasi kayanya udah bener, tinggal emaknya aja terapin 5 hal ini ya, makasih ucilkuh. Semoga rumah aman dari bahaya listrik dan bahayalain2nya aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesetrum juga yaa, kapan itu tong
      Iyah supaya labib sama laud aman yaaa :D

      Hapus
  4. saya juga pernah kestrum kecil Ci, kaget gitu :D
    harus lebih aware yaahh ttg listrik ini, apalagi kita punya anak kecil duuh harus super hati2 banget yah. jadiii udah mulai pasang yg spt gambar itu Ci? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn kesetrum lagi yaaq.
      Blm nih diii, blm ngobrol lagi ttg ini sama paping

      Hapus
  5. letteringnya lucu banget ih mbakk, pengen bisa nulis bagus kayak gituu *salfoks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaa, hahaha... Mau blajar ngga kjadian mlulu nih nind..

      Hapus
  6. nah itu mbakkk, aku suka lupa ngeringin kaki dulu kalo mau berurusan sama listrik huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah air penghantar listrik soalnya yaaa, hrs kering ring

      Hapus
  7. Wah ini mak yg gendong ade bayi ya, hehe... Seneng deh lihat emak2 yg walau sibuk bawa anak tapi pada serius belajar ttg listrik :D

    BalasHapus
  8. Aku termasuk yg dodol urusan listrik hiihi. Untungnya sekarang ada alat dari Schneider yg bisa bantu utk melindungi rumah dari bahaya listrik yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaah mba san, alhamdulillah ada inovasi iniiii yaa

      Hapus
  9. Jujur mba kalau saya paling takut dah kalau masalah listrik..takut menggigit..nyutttttt..hii

    BalasHapus
  10. Bagus kalau perempuan juga mempelajari soal listrik. Biar kalau listrik eror pas suami kerja bisa dibetulin sendiri. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii iyah mba anisa, moga aman2 aja yaaa listriknyaa

      Hapus
  11. Sama2 mak, eh. Haha. Acaranya seru ya kemaren, moga kapan2 kita bisa ketemuan lg ya maak. :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaah maaak noe.. Blum ngobrol, ngga enak mak noe lagi jepret2 ^^

      Hapus
  12. Foto nya bening mak, sekarang jadi sedikit ngerti tentang listrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak Ria, pake dokumentasi punya mak noe yg pertama dan akhir^^

      Hapus
  13. Serem banget colokan meleleh. Huhu. Semoga setelah acara ini, nggak kejadian lagi, ya, Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyanih stop kontak bertumpuk neng :/

      Hapus
  14. Halo, salam kenal mba. Hahah, aku sering kena setrum listrik, semoga setelah pakai alat ini enggak lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alo mba fatriii :) amiiin aku jg berharap jgn ada lg emak kena serum yaaa

      Hapus
  15. hai mba..salam kenal yaaa, semoga next event bs ketemu lagi ya kita

    BalasHapus
  16. Berhubungan dengan listrik itu ngeri2 butuh
    Ngeri kesetrum tapi tiap hari butuh. Makanya kita memang kudu paham ya mak

    BalasHapus
  17. Akhirnyaa... aku mampir ke blog ini. Nama kita sama ya ternayata xixixix. Soal listrik, bukan cuma urusan bapak ya. Ternyata emak juga perlu banget tahu soal listrik. Ya minimal tahu cara mengatasi listrik yang tiba-tiba turun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah mba sama, panggil ucig aja mak.jadi tau lebih banyak yaa mak ^^

      Hapus
  18. Penting banget tau secara sekarang aku LDRan, jadi ga ada suami di rumah, jadi emang emak2 juga perlu paham ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semangat ya mak gesii, moga selalu aman yaa listriknya meski ditinggal pak suami

      Hapus
  19. Hai kak uciggg g nya 3. Yeay akhirnya mampir juga ke sini:p
    Btw makasihHyah udh fotoin aku sama ka irma senja. Fotonya cucook seneng liatnya:D

    Pulang dari acara ini rasanya pengen ngadoin RCBO buat mamake bapake di rumah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay ifaa :) iyah sama2 faaa, cucok yee hihii alhamdulillah
      Yaudah beliin bapake sama mamake drmh yaaa

      Hapus
  20. listrik oh listrik rupanya ada sentruman dan bisa membuat kematian ya

    BalasHapus
  21. Bagusnya saya jadi tau soal mcb dan rcbo

    BalasHapus
  22. Kebiasaan saya masih sering menumpuk stop kontakπŸ˜€πŸ˜πŸ˜ padahal berbahaya

    BalasHapus
  23. Wah harus segera pasang nih RCBO Slimnya biar rumah aman.

    BalasHapus
  24. yo pasang pasang semuanya,, biar aman hihi.. nanti kalau udah kejadian baru nyesel

    BalasHapus
  25. apalagi punya anak kecil ya wah harus hati2 banget sama yang namanya listrik. tapi skr sih enak semuanya bisa diprotek

    BalasHapus
  26. jauhkan listrik dari jangkauan anak-anak

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya πŸ™‚
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)