Memulai Sukses Industri Kreatif Jam Tangan Lokal

Memulai Sukses Industri Kreatif Jam Tangan Lokal ~ Jam tangan wanita merupakan salah satu item penting bagi kebanyakan wanita. Sebagian mereka bahkan tak bisa lepas dari aksesoris yang satu ini. Bila ditanya alasannya, sebagian besar mereka mungkin akan kompak menjawab: Demi fashion!”.





Mereka yang sukses berkat jualan item pernak-pernik nan kreatif
Wanita sangat gemar mengoleksi aksesoris lucu nan menarik. Kamu gitu juga nggak? Apalagi bila barang-barang tersebut memiliki unsur unik. Berbekal fakta sederhana tersebut, para pengrajin tak menyia-nyiakan peluang di depan mereka. Berikut adalah beberapa diantara mereka yang sukses dengan ide-ide kreatifnya :

    Droplets Indonesia 
Droplets merupakan pengrajin asal kota Bandung, Jawa Barat. Produk utama Droplets ialah gelang kulit asli dengan desain vintage. Ada yang dikepang, diembos dengan motif khas, serta ada pula yang diembos sesuai keinginan si pembeli. Harganya pun sangat terjangkau yaitu berkisar antara Rp 50.000 - Rp 95.000 saja.

PernikDy
Berasal dari kota pahlawan, Surabaya. Produk hasil kreasi PernikDy ialah berupa gelang, kalung, anting, bros, serta pernak-pernik sejenisnya. Ciri khas produk PernikDy ialah terletak pada bagian bahan. Bahan yang digunakan sebagai pembuat aksesoris ialah batuan alam seperti batu ametis, agate, pirus, dan lain sebagainya. PernikDy menawarkan produk unik ini dengan rentan harga mulai dari Rp. 55.000 - Rp 975.000.



Liontin Jam Gitu, Lucu banget!

    Evriz
    Kali ini, giliran pengrajin asal Bogor untuk unjuk gigi. Produk unik Evriz berupa anting dan gelang. Biasanya, anting dibuat dari bahan mutiara, batuan, kawan atau bahan lainnya. Namun anting buatan Evriz memiliki bahan dasar clay serta desain yang sangat lucu dan menggemaskan. Seperti kucing, panda, minion, dan masih banyak lagi. Kisaran harga produk Evriz berada di angka Rp. 16.500 hingga Rp 95.000 saja.



Anting Kaktus Terbuat dari Clay.

    Hand2craft
    Selanjutnya, industri kreatif asal kota Tangerang, Hand2craft. Wah kota tempat tinggal saya nih. Hampir semua produk Hand2craft berbahan dasar kayu. Mulai dari kalung, gelang, hiasan dinding, tempat kunci, jam dinding, hingga jam tangan paling terkenal Hand2craft yaitu Selasar. Semua aksesoris tersebut sangat kental dengan kesan unik serta penuh kreatifitas. Saya suka banget deh, apalagi barang-barang seperti ini biasanya untuk kado gitu juga cakep!

Cerita mereka yang sukses berkat jam tangan wanita. Kisah perjuangan dari 0
Selain Hand2craft, masih banyak industri kerajinan lokal yang sudah beredar di pasaran. Baik itu level nasional, maupun internasional. Matoa adalah salah satu diantara rentetan brand tersebut.

Matoa didirikan oleh Lucky Danna Aria pada awal tahun 2012 lalu. Pemuda asal kota Bandung ini awalnya terinspirasi jam tangan kayu yang dibelinya di Amerika Serikat. Lucky sempat berfikir, bagaimana bisa produk dari Indonesia ini bisa sampai di pasarkan kesana. Sejalan dengan rasa penasaran tersebut, Dino Patti Djajal (mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat) tengah memberikan tantangan kepada anak muda Indonesia yang concern pada wirausaha untuk membuat produk dalam negeri sendiri.

Tekad Lucky untuk membuat produk sendiri kian tak terbendung lagi. Lucky mengorbankan waktu satu tahun untuk belajar perihal arloji, penelitian, serta mencari pengrajin handal untuk mewujudkan inspirasinya. Dengan modal 30 juta yang ia kumpulkan selama bekerja sebagai karyawan, Lucky berhasil membuat karya jam tangan kayu pertamanya. Hingga saat ini, sudah ada sebelas tipe jam tangan wanita dan pria dari Matoa. Yaitu Rote, Sumba, Gili, Moyo, Flores, Alor, Sunda, Way Kambas, Tomia, Mori, dan Kaili.

Pentingnya visualisasi jam tangan wanita untuk branding dan meningkatkan nilai jual produk
Aspek paling penting dari industri kreatif ialah pemasaran. Terutama pemasaran di dunia online. Orang-orang bisa membeli sebuah jam tangan hanya dengan melihat gambar serta sedikit deskripsi tambahan. Oleh karena itu, peran pengambilan gambar barang menjadi sangat penting.




Secara garis besar, teknik pengambilan gambar ini dikategorikan menjadi dua. Pertama ialah foto pada barang itu sendiri. Banyak sekali pengrajin atau penjual barang yang menginginkan omset besar serta transaksi mencapai ratusan. Namun hal tersebut tidak pernah terwujud karena foto produk mereka tidak jelas, blur, gelap, terkesan seperti asal difoto saja. Padahal sama seperti belanja, pembeli akan lebih nyaman ketika berbelanja di tempat bersih, sejuk, dan tidak bau. Paling tidak, berikan background polos dengan pencahayaan cukup pada setiap produk.

Kedua, ialah foto momen yang sedang dikerjakan oleh pengrajin. Foto momen ini bisa berupa ketika proses pengerjaan barang, atau ketika sedang mengemas barang.Intinya foto momen tersebut harus dapat memberikan kesan profesional sehingga membuat dirasa sayang bila tidak dibeli.

Pasar online yang mengangkat derajat pengrajin jam tangan wanita jadi lebih sejahtera
Produk kerajinan tangan Indonesia saat ini sedang menjalar cepat di pasar lokal dan internasional. Ciri khas produk unik serta memiliki unsur kreatifitas tinggi adalah faktor utamanya. Terlebih ketika sudah disandingkan dengan teknologi seperti yang dilakukan oleh Qlapa.

Qlapa merupakan sebuah situs mal online (marketplace) khusus untuk menampung produk kerajinan tangan buatan anak bangsa. Di sini, para pembeli akan dimanjakan oleh berbagai macam barang-barang handmade mulai dari perabotan rumah, hiasan  dinding, pakaian, hadiah unik, jam tangan serta berbagai macam aksesoris lainnya. 





Semua barang tersebut diambil langsung dari para pengrajin. Diseleksi secara satu-persatu sebelum bisa dipasarkan, dengan standar kualitas tinggi. Hal ini dilakukan untuk menjamin kualitas barang agar dapat meningkatkan kepercayaan setiap pelanggan. Harganya? Tak perlu khawatir soal harga, kan semua barang berasal dari pengrajin langsung. Jadi sudah bisa dipastikan bersahabat untuk segala umat. Well, menarik ya Qlapa ini karena memang produk anak bangsa. Masih ragu bangga dengan produk Indonesia yang berkualitas? Intip Qlapa deh!

Baca Juga : Memulai Online Shop

12 comments:

  1. kok lucuk banget ya jam nya..
    keren ide nya

    ReplyDelete
  2. Ih jamnya lucu yaa, hehe. Saya jadi kepingin beli juga :3.

    ReplyDelete
  3. Paduan antara tekad yang besar dan kreatifitas yang tak kenal henti menghasilkan jam tangan yang bagus ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pak.. kreatif dan tekun pastii

      Delete
  4. wah model jamnya apik dan model sederhana tapi elegan

    ReplyDelete
  5. Cantik-cantik ya, pengen belajar juga deh

    ReplyDelete
  6. sudah lama produk jam kayu di qlapa ini jadi incaran saya. Selain gelang, jam tangan memang aksesories wajib yang susah saya tinggalkan. Tapi nabungnya nggak kelar-kelar nih. Jadinya belum kebeli juga jam kayu super unik itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga sbntar lagi terwujud yaa mba Damar :)

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena