Memulai Online Shop

Apa sih enaknya kerja di rumah? Meski serabutan, bukan enak, tapi uenak banget ya. Bagi beberapa orang ada yang belum menemukan mau kerja yang seperti apa kalau di rumah. Impiannya bisa resign lalu tetap memiliki pemasukan, kegiatan, standarnya seperti itu. Untuk seorang Ibu, memilih berhenti bekerja kantoran semata hanya ingin bisa dekat dengan anak-anak, bisa mencium harumnya suasana rumah setiap saat, tidak ingin merepotkan orang tua karena harus urus cucu dan masih banyak lagi insya Allah untuk alasan mulia. Tapi bekerja dari rumah apakah semudah itu, dulu saya pikir sangat mudah, kenyataannya oh tidak. Kita harus melawan diri sendiri misalnya antara mau tidur siang atau beraktivitas. Pilihan yang cukup sulit kan ya mah :)


                         
    
Saya memiliki sahabat, ketemu di kompakers Tangerang, saat ini beliau memiliki usaha yang dilabeli #handmadebygyna pada instagram. Namanya Gyna Husni, saya biasanya manggil beliau dengan sebutan teh Gyn. Entah kenapa sewaktu saya masak, sambil kepikiran mau menulis untuk blog, tiba-tiba kepikiran menulis profilnya. Kadang kita ngga perlu alasan untuk sesuatu hal yang kita suka kan? Teh Gyna ini betul ramah banget orangnya dan hangat. Beliau memutuskan untuk menjadi FTM alias full time mother sejak tahun 2014. Memang ya Allah selalu punya rahasia, jadi karena kedua mbak yang bantu-bantu di rumah beliau harus pergi untuk menikah, teh Gyna mau ngga mau harus memantapkan langkahnya. Berbekal izin suami, teh Gyna memutuskan resign. Sebelumnya memang sudah ada niatan untuk resign, sudah bernazar, kata teh Gyna. Selang beberapa waktu, beliau dapat ART baru, yaitu mpok yang sekarang.

Cerita pegang mesin jahit di 2015, belajar otodidak dan belum pernah ikut workshop atau kursus apapun. Oh ya, sebelumnya bakat jahit menjahit juga dari kecil, di usia 7 tahun sudah pasang kancing baju yang lepas. Di tahun 2010 pernah membuka usaha konveksi yaitu pakaian dan aksesoris batik untuk anak-anak. Usaha tersebut hanya berjalan dua tahun karena keteteran dengan pembagian waktu untuk mengontrol produksi. Teh Gyna sudah bekerja selama 8 tahun di bidang telekomunikasi dan kini beralih profesi menjadi kang jahit yang cantik tapi bukan sembarang tukang jahit. #Handmadebygyna ini adalah salah satu produk kekinian di IG :) Jadi ada hikmah ya di balik melepas dua ART saat itu. 

Orderan semakin banyak, jahit apa ya teh Gyna ini? Ide awalnya ketika berbelanja di IKEA, membeli tas biru yang semua orang pun bisa juga punya, supaya tidak tertukar ketika sedang berkumpul dengan teman-teman #kompakerstangerang, jadi teh Gyna menamai tas IKEA nya, juga dibuatnya pouch kecil. Dari sinilah respon positif muncul, beberapa produk best seller adalah cover sendok dan spatula dibuat fit dengan wadah berbahan stainless steel dari IKEA, produk ini sebetulnya adalah request dari seorang teman, setelah produk di posting, lalu IGers pun banyak yang menyukainya dan memesan. Cover sendok spatula dibuat dengan dua motif yang berbeda di bagian dalam dan luar, sehingga bisa dipakai bolak balik sesuai keinginan. Saat ini #handmadebygyna menggunakan material dari IKEA, menurutnya kain tersebut memiliki kualitas terbaik, meskipun harganya cukup mahal.


Sumber: ig @gynahusni
                                     

Di balik kesuksesan hobinya yang menjadi bisnis di rumah, teh Gyna pada dasarnya hanya ingin memperbaiki kedekatan hubungan antara ibu dan anak, lebih banyak waktu bersama anak-anak, juga tidak mau melewatkan masa tumbuh kembang anak di tangan orang lain, supaya mereka akan selalu ingat kepada orang tuanya karena memiliki kenangan dan cerita yang indah di masa kecil mereka, ujar Ibu dari Chiara dan Alisha.


Sumber: ig @gynahusni


Meski bekerja di rumah, manajemen waktu tetap harus diperhatikan. Teh Gyna biasanya tidak melakukan pekerjaan saat weekend, menjahit juga dilakukan ketika anak-anak sekolah. Seperti biasa, saya minta tips sama beliau nih, gimana sih supaya nemu asiknya bekerja di rumah dengan membuka online shop:

1. Kantongi izin suami sebelum memulai usaha sekecil apapun.

2. Membuka online shop, barang yang ditawarkan bisa berupa made by order, ready stock, dropship atau sebagai produsen, reseller.

3. Diperlukan niat dan minat yang besar untuk melayani konsumen, mulai dari menjawab pertanyaan, memproses pesanan, mengirim paket hingga menerima keluhan. Sepertinya di poin ini cukup seru ya mah.

4. Pastikan kegiatan online shop ini tidak akan mengganggu pekerjaan rumah tangga, sesuaikan waktu antara usaha, menjaga anak, dan kegiatan rumah tangga lainnya. Bisa dikerjakan saat anak sudah berangkat dan berhenti ketika mereka pulang sekolah.

5. Tetap menyediakan waktu bersama keluarga ketika weekend, jangan lupa informasikan kepada pelanggan bahwa setiap weekend slow response atau tutup, tidak ada kegiatan pengiriman atau hanya menerima pesanan saja.

6. Ajak dan libatkan anak-anak dalam mengerjakan pesanan, contohnya saat packing. Minta mereka membantu memegang selotip, menyiapkan alat tulis, post-it dan sebagainya. Agar anak memahami apa yang dilakukan oleh ibunya selain menyiapkan keperluan mereka sehari-hari.


Sumber: ig @gynahusni
                                       
   

Menurut teh Gyna yang terpenting dari semua itu, apapun jenis usahanya, kita harus suka cita menjalaninya agar tidak menjadi beban dan keluarga tidak terbengkalai. Jangan lupa agar kita tetap berikhtiar dan bersyukur selalu. Nah, buat yang mau lihat lebih lanjut, langsung ke IG teh gyna @gynahusni. Gimana mah? Asik ya bisa kerja di rumah, apalagi yang dikerjainnya adalah sesuatu yang disukai. 
Moga bisa memotivasi kita semua yaaa ^^



Komentar

  1. harus teratur ya kalau mau memulai usaha online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telaten ya mba, jawab2in pertanyaan calon pelanggan

      Hapus
    2. Gynahusni3:56 PM

      Iya mba Lidya kita harus telaten, semua nya kembali pd niat ��

      Hapus
  2. aku pengen banget deh mbak punya ol shop, tapi masih belum ada ide mau jualan apa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moga cpt ktmu yaa idenya

      Hapus
    2. Gynahusni3:59 PM

      Insyaallah apapun bisa mba, mmg awalnya kita yang harus mulai menjemput rejeki setelah itu baru mereka akan dtg sendiri. Semangat ya, semoga mendapat ide utk usaha :)

      Hapus
    3. Gynahusni8:03 PM

      Ayo mba dicoba, awalnya mmg harua menjemput rejeki, insyaAllah jika sdh dijalani rejeki yg dtg sendiri. Semangat, semoga mendapat ide usahanya ya :)

      Hapus
  3. salut banget kerja kerasnya mbakk :D ah
    onlenshopku baru jualan preloved stuff sama design aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah.. keren design nindd

      Hapus
    2. Gynahusni8:05 PM

      Terima kasih mba Nind, apapun usaha mba tdk masalah, asalkan berkah. Salam kenal ya mba :)

      Hapus
  4. Setuju banget cil, ayo cil mulai dagang online, keren ya teh gyna ini bisnisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taunih Tong, kapan ya mulai lagi nyaa...

      Hapus
    2. Gynahusni8:07 PM

      Makasih mba Nadia, salam kenal. Hihi mba Uci nih supermom & jago nulis, coba menulis buku seperti mba Ariana saja ya yaaaa :)

      Hapus
    3. Ah teh Gyna hatur nuhun nongol disini yaaaa.. Makasih banyak teh aduh nulis buku susah teh buat aku kayanya :D

      Hapus
  5. Juga dibutuhkan nyali dan ketegasan barangkali ya mba... jangan sampai malah rugi karena segan menagih misalnya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gynahusni8:10 PM

      Betul mba Ira, mungkin dari awal kita tekan kan saja "serious buyer only", dan tetap aja kita siapkan mental legowo jika bertemu dgn customer yg hobi cancel dsbnya hihi. Salam kenal mba :)

      Hapus
    2. Nah, teh gyna jawabin nihhh, hrs sabar ya teh sama yg hobi iseng cancel

      Hapus
  6. Bisnis online itu memang pas untuk para wanita ya. Bisa lebih banyak me time bersama keluarga terutama anak.
    Akupun juga resign atas keputusan ingin mengurus keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gynahusni8:13 PM

      Alhamdulillah mba Oline insyaAllah niatnya bgs sekali, betul mba lbh cocok utk IRT. Salam kenal ya mba :)

      Hapus
    2. Semoga dimudahkan ya mba dalam mengurus keluarga... Mba oline keren :)

      Hapus
  7. apik ih tempat kerjanya ^_^ klo aku jualan online skrg lebih milih dropship, udah enggak sempet belanja2 lumayan jauh soalnya. btw baru lihat uci rumah blognya domain baru :D cieee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gynahusni8:15 PM

      Terima ksh mba, salam kenal. Tetap semangat usaha nya ya mba :)

      Hapus
    2. Mba ria kan banyak offlinenya, dibantu iyas :) hihiii... Iyah alhamdulillah mbaa, cieee

      Hapus
  8. Ayo semangat mbak....istiqomah yang penting... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gynahusni8:16 PM

      Terima kasih mba, salam kenal :)

      Hapus
  9. waah makasi tipsnya mba, semua poin aku setuju banget, terutama nomor satu. Ijin suami yang paling penting :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gynahusni8:19 PM

      Aamiin, semoga bermanfaat ya mba. Diambil yang baiknya, terima kasih mba. Salam kenal ;)

      Hapus
  10. udah lama pengen buka usaha online shop tapi sampai saat ini belum berani-berani juga :(

    btw blognya udah dotcom yah Mba, selamat yah :)
    lama gak main ke sini, pas main ternyata ada perubahan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gynahusni8:21 PM

      Ayo mba Irawati, dicoba saja yg dropship jd tdk perlu repot belanja utk stok. Semangat, salam kenal :)

      Hapus
  11. Ternyata bakat apa pun kalo dimanfaatkan dengan baik bisa sangat menghasilkan ya. Ikut seneng dengan keberhasilannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gynahusni5:25 PM

      Insyaallah mba Evylia, yang terpenting Berawal dari niat & ditekuni saja. Alhamdulillah terima kasih banyak, salam kenal :)

      Hapus
  12. Usaha online shop perlu keuletan dan kesabaran ya mbak, Insyaallah kalau Allah ridho semua jadi lancar dan berhasil, semoga suatu saat sy juga bisa memulai usaha online seperti itu juga ^-^
    Makasih infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gynahusni5:30 PM

      Betul mba Filaika insyaAllah akan selalu ada rejeki jika kita berusaha. Aamiin YRA, semangat ya mba, smoga berbagi tips yg tdk seberapa ini menjadi manfaat utk semua :)

      Hapus
  13. selalu ngiri klo denger cerita WM yang bisa jd SHM apalagi dg tetep bs produktif hiks..
    kece2 emak ya kreasinya mba Gyna...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, anak komtangsel. Kenal kan ya mba:)

      Hapus
    2. Gynahusni8:24 AM

      Masih proses belajar saya mba Ophi, hatur nuhun ��

      Hapus
  14. ruang kerjanya juara mbak..itu sih lama kerja juga betah ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba, rapih banget memang ^^

      Hapus
    2. Gynahusni8:25 AM

      Hihi sebenarnya berantakan juga, kalau masih pagi masih rapih, siang dikit lanhtai udah berceceran benang & guntingan kain hihi. Salam kenal mba ��

      Hapus
  15. Dulu aku juga pernah olshopan sih. Sekarang enggak lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang jadi bloher handal yaa mba hihi

      Hapus
    2. Gynahusni8:27 AM

      Semangat mba Anisa ��

      Hapus
  16. kaka uciiiigg suka iih tulisannyaaa.. aku jg emak² olshop.. jd makin semangat baca ini. bener bgt hrus bs bagi waktu sama anak² nih drmh, antara ngurus anak sm ngurus customer hihii..

    bakal sering mampir ke blognya nih. keep on writing kakaa ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbaa dhie ^^ masih belajar nih mbaa

      Hapus
  17. Jadi makin semangat belajar jahit nih. Kupikir ceu Gyna udah lama loh pegang mesin jahit..

    Sukses terus yaaa

    BalasHapus
  18. Mbaa makasih buat tips tipsnya yaah hihi sangat berguna sekali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba mbaa, aku bantu menuliskannya ajaaaa hehe

      Hapus

Posting Komentar

Hai, terima kasih sudah mampir di cigrey.com. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Mohon maaf komentarnya dimoderasi dulu ya 🙂
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)