Jangan Takut Anak Pegang Gadget Karena So Good Cerdik!

Jangan Takut Anak Pegang Gadget Karena So Good Cerdik!~ Nggak hanya orang dewasa saja yang kecanduan gadget, tapi kids jaman now juga bisa mengalaminya. Kalau Kaina  anak pertama saya, mulai dikasih pegang gadget saat usia 2 tahun. Sedangkan adik Ashika ya belum genap 2 tahun sudah ikutan lihat gadget. Sejujurnya serba salah. Dan merasa bersalah kalau mereka sampai kecanduan.




Pernah lihat seorang anak dan orang tuanya rebutan handphone saat pesta ulang tahun gitu, sampai si anak menangis kencang? Sedih banget ya, seharusnya anak tersebut happy bareng teman-teman yang merayakan ulang tahun. Tapi karena sudah kecanduan gadget, jadi seperti itu. Hmmm. .

Nah, tugas orang tua memang semakin berat sih ya menghadapi kids jaman now. Kadang kan kita saya mau asyik pegang gadget juga, ngurusin kerjaan via socmed. Anak-anak di rumah, kalau lihat saya pegang handphone langsung deh kompakan minta jatah nonton YouTube 😂 mulai dari mas Waditya, Naura, gen Halilintar sampai Ini Vindy, ya klik klik saja awalnya. (Ini Vindy :D)

Kalau kontennya kurang ramah dengan anak- anak atau kontennya unfaedah, saya langsung suruh ganti. Bahkan iklan pun saya minta skip. Penggunaan gadget pada anak harus banget di bawah pengawasan orang tua. Mereka bisa klik klik sesuka hati dan yang keluar entah baik atau buruk. Kita nggak pernah tahu kalau nggak di kontrol.

Dan masa kanak-kanak yang terlalu indah untuk dilewatkan hanya dengan gadget. Anak-anak itu butuh banyak bergerak. Waktunya mereka bermain bersama teman-teman, interaksi terhadap orang lain. Life Skill. .

Memang pengaruh gadget tidak semuanya negatif, tergantung bagaimana menghadapinya.  Saya setuju dengan prinsip, mendidik anak-anak sesuai jamannya, bukan jaman kita.

So, jangan takut anak pegang gadget dengan beberapa hal ini :

Tetapkan Rules
Yang membuat anak-anak menjadi kecanduan adalah kurang tegasnya orang tua dalam menentukan waktu yang tepat untuk anak bermain gadget. Iyaa betul, seringnya kita saya hanya melarang tanpa memberikan solusi. Hehe. Alhamdulillah anak-anak bisa mengerti kalau ada sebuah rules. Tetapkan saja aturannya. Misal, no gadget di weekday. Atau no gadget saat makan juga no gadget sambil tiduran. Silahkan diatur sesuai baiknya bagaimana 😊 Dengan adanya rules jadi nggak melulu gadget.

Selalu Mendampingi dan Kontrol
Ini penting! Namanya anak-anak kan cerdas, pencet sana sini entah pop up apa yang keluar?! Ngeri deh, iklannya juga nggak semua aman. Sering muncul iklan dewasa walaupun content youtubenya sudah kids friendlySelain untuk tahu apa saja sih yang mereka tonton atau mainkan, kita juga bisa lebih menciptakan moment untuk bonding dengan anak. Jadi ya mendampingi mereka adalah keharusan. Apalagi yang anaknya sudah memiliki gadget pribadi. Usia 13 tahun lah, minimalnya. Pengecekan gadget anak juga harus secara jujur dan komunikatif. Usahakan saling terbuka, menghargai pendapat anak-anak sambil meluruskan sehingga tempat yang nyaman untuk mereka curhat tetap orang tua.





Pilih Yang Kids Friendly
Setelah deal waktu yang cocok untuk bergadget ria, biasanya saya juga bilang kalau nonton yang kids friendly saja. Nonton yang khusus anak-anak. Kalau bisa ya yang isinya edukatif. Kaina belum mengerti apa itu edukatif? tapi saya kasih pengertian pilih tontonan yang isinya bermanfaat. Nggak sedikit juga youtube channel anak tapi isinya ya gitulah, kurang berisi.

Untuk games di handphone, Kaina nggak terlalu sering sih. Lebih pilih youtube. Meski begitu, jangan takut anak pegang gadget karena ada aplikasi dongeng yang bagus ceritanya. So Good Cerdik. Whaaa, apa itu So Good Cerdik?

So Good Cerdik
Waktu itu saya beli nuggget So Good yang Chicken Nugget Original. Rasanya memang sudah nikmat, apalagi bergizi karena memiliki kandungan protein, asam amino essentials & omega 3. Anak-anak suka sekali.



nugget dan sayur, kalian dipisahkan dulu yaa hehe

Apalagi di dalam kemasan nugget ini ada bonus frame yang bisa di scan gitu lewat handphone melalui aplikasi namanya So Good Cerdik. Bisa kita download lewat google play store. 

Dongeng dari So Good Cerdik dengan teknologi AR, yaitu Augmented Reality. Sudah tahu belum teknologi AR ini? Asyik deh. Jadi gabungan antara dua dimensi dan atau tiga dimensi dalam sebuah gambar. Kaina bahagia pas dikasih dongeng dari So Good Cerdik ini.





Cara Dapat Bonus Frame So Good Cerdik?
Bisa beli kemasan produk So Good Siap Masak (Bakso, Nugget, Stick, Seafood, Shaped Nugget, Whole Muscle, Sausege) kemasan 400 gram.

Cara Mainkan So Good Cerdik
1. Download dan instal aplikasi So Good Cerdik, bisa didapat lewat google play store
2. Pastikan sudah punya frame dari So Good Cerdik. 
3. Buka aplikasi So Good Cerdik dan scan frame
4. Dan tadaaaa.... story goes




Baca Juga :Manfaat Mendongeng

Manfaat Bonus Frame So Good Cerdik
Kaina dapat cerita tentang Chika Chiko. Dongengnya menarik deh, ada pengetahuan di sana tentang hewan biawak. Chika dan Chiko sang tokoh utama adalah anak-anak yang bertanggung jawab, cerdas, dan baik.

Selain aplikasi dongeng, kita juga bisa lihat resep yang enak-enak. Tema resep ada untuk bekal sekolah, enjoy snack dan family party. Ih seruuu resepnya!

Pokoknya So Good Cerdik ini ceritanya beragam tentang budi pekerti dan pengetahuan :)





Sekarang nggak takut lagi kan kalau anak pegang gadget? Yuk punya So Good Cerdik.

20 comments:

  1. aku udah punya framenya setiap beli nugget dapet terus tak kirain itu teh buat foto loh wkwkwk *sungguh kudet* cuman masih lupita belum install hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😂 bisa sih nanti dibuat bingkai beneran 😆
      Cus install teh

      Delete
  2. Wah keren banget mbak
    Aku belum pernah liat deh frame semacam itu

    Kapan-kapan coba sendiri ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh ul, pas jaman kamu jadi ortu pasti bakal lebih canggih nih dari inii 😁

      Delete
  3. uciii, yaampun anakmu udah 2? #maapkan salah fokus, lama ga ngeblog, baru keluar dari goa jadi gini nih ��



    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih kamuu kmana aja Mel.. iyaa udah 2 anak2 drmh 😁

      Delete
  4. Kece deh so good. Produknya enak dan skrg ngasih manfaat kece buat si kecil melalui so good cerdik ini. Dah, jd pgn ngajakin si kecil nge cerdik jg ah 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah aku jg doyan mak 😁 yuk mainkan so good cerdik nyaa

      Delete
  5. Kontrol dengan gadget itu penting banget ya. So Good Cerdik kesukaan anak neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting mba.. anak2 hrs dikontrol gadgetnya

      Delete
  6. Good luck, Maak. Keren nih tulisannya

    ReplyDelete
  7. dulu anak saya nggak pernah lepas dari gadget tapi sejak masuk tk dia ditanya oleh guru nanti alergi bisa gatal-gatal alau pegang gadget akhirnya ia lepas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasan gurunya lucu 😂😂 alhamdulillah ya nggak kecanduan

      Delete
  8. Yaa!! Apapun bentuknya Gadget kita sebagai orang tua harus tetap mendampinginya, Agar tidak salah langkah kelak dia besar nanti.

    Dan tentunya kita sebagai orang tua sudah barang tentu serta tidak akan mau sang anak disebut generasi micin..😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener...
      Eh tp Kasian micin, dibawa2 😂😂

      Delete
  9. Wahh Ci, selain Gen Halilintar, yg disebutin td tak satu pun saya tahu #kudet.
    Faraz biasanya nonton nursery song. Sekarang seringnya Tayo, Paw patrol dkknya. Beda banget ya tontonan anak cowok, hihihih

    Wahh noted, Ci. Cari So good yg 400gr yg disebutin tadi juga ahh. Faraz sekarang udah mulai suka minta dibacain dongeng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaina udah nggak suka itu dii...dia pilih vlog 😁
      Adik yg masi suka kartun..
      Nah bisa dicoba so good cerdik utk Faraz 😍

      Delete
  10. Iya suka sebel sama iklan-iklan pop-up yang aneh-aneh itu. Padahal sama sekali ga pernah buka content yang menjuruh kesono, hiks.
    Makanya untuk penggunaan gadget pada anak saya benar-benar harus melalui pendampingan saya dan belum saya bolehin lihat youtube kecuali sudah saya downloadkan hehehe. Palingan main aplikasi edukatif kaya So Good CERDIK ini.

    ReplyDelete
  11. Setuju klo anak2 main gadget harus dibatasi. Dan aplikasi so good cerdik ini aman buat anak2

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena