Rasakan manfaat mendongeng

Masih tentang tricky-in anak bocil di rumah dan masih banyak kegemesan, kekesalan yang tertumpah >.< Kali ini saya mau cerita tentang mendongeng, mungkin sebagian orang bilang mendongeng itu jadul tapi mendongeng betul-betul saya rasakan manfaatnya. Kadang anak-anak ngga terduga tingkahnya, sesuka-suka hati mereka berpolah. Biasanya kita para mamak sudah sampai berbusa pun tetap saja tak didengar, asik dengan dunianya. Jadi ketika sedang asik, si bocil ngga bisa mendengar apa yang kita beri tahu. Nah, pada waktu apakah bocil bisa diajak bicara? Disinilah saya rasa kekuatan dongeng tetapi juga perlu dilihat ketika mendongeng apakah kondisi si anak memungkinkan.

Berdasarkan dari pengalaman mendongeng yang cuma agak rapih, saya menggunakan sebuah buku yang didapat dari eyangnya Kaina. Anak-anak juga suka banget kalau buku bergambar, pasti mendengarkan dengan seksama hehe. Setelah pakai buku, saya coba pakai beberapa boneka, ketika bercerita saya sambungkan dengan kegiatan pada hari itu. Hal-hal apa saja yang seharusnya si anak tidak lakukan, saya kemas dalam dongeng sederhana. Nasehat dalam dongeng itu menjadi hal menyenangkan dan insya Allah akan terbawa diingatannya karena mendengarkan pada saat dia dalam keadaan rileks.





Beberapa hari yang lalu Kaina suka minta tidur di gendong, saya ngga mau menurutinya dan berujung tangisan. Setelah menangis baru bisa plong tapi masa iya harus seperti itu terus menerus. Saya coba bilang sambil bercerita bahwa si kakak Jia ngga tidur digendong, Papi ngga tidur digendong (Kita bisa sebutkan orang-orang yang anak kita cintai seperti idolanya atau teman bermainnya). Cara ini ampuh meski sesekali dia masih mencoba minta tidur gendong tapi tidak menangis kalau ditolak.

Lalu saya lanjut gugling manfaat dongeng dari situs ayahbunda.co.id ialah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan keterampilan bicara anak, karena bayi atau balita akan kenal banyak kosa kata.
  2. Mengembangkan kemampuan berbahasa anak, dengan mendengarkan struktur kalimat.
  3. Meningkatkan minat baca.
  4. Mengembangkan keterampilan berpikir.
  5. Meningkatkan keterampilan problem solving.
  6. Merangsang imajinasi dan kreativitas.
  7. Mengembangkan emosi.
  8. Memperkenalkan nilai-nilai moral.
  9. Memperkenalkan ide-ide baru.
10. Mengalami budaya lain.
11. Relaksasi.
12. Mempererat ikatan emosi dengan orang tua

Nah untuk yang mau mencoba yuk dongeng yuk, insya Allah fun banget..


0 comments:

Post a Comment

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena