Resep Mendol Tempe Khas Indonesia

Resep Mendol Tempe Khas Indonesia ~ Hal yang termasuk sulit untuk dijawab adalah.... ketika disuruh memilih makanan khas Indonesia. Gimana nggak? Masakan Indonesia itu rata-rata lezis. Mulai dari masakan Padang, Jawa, Sunda, Bali, Manado dan daerah lainnya yang nggak bisa disebutin satu persatu. Indonesia itu kaya banget lah pokoknya. Damn, i love :D


Well, masakan Indonesia itu bumbunya sedap. Selain sedap, dia pun sangat kaya gizi. Khas sekali dari tiap-tiap daerahnya. Cocok banget kalau kita bilang, sederhana tapi ngenakin, kayak pecel. Isinya cuma sayuran tok. Disiram bumbu kacang yang berasa kencurnya. Tinggal tambahin topping seperti kerupuk gendar, tahu tempe atau rempelo ati? Choose wisely.

Sekalian juga mau cerita, beberapa minggu lalu saya membuat makanan khas Malang Jawa Timur. Namanya Mendol. Sejujurnya saya bukan orang Jawa banget. Cuma keturunan Jawa Tengah dari bapak. Tapi nggak bisa bahasa Jawa. Jadilah Jawa ora.  Hihi. Balik lagi ke Mendol, makanan ini terbuat dari tempe. Saya baru tahu ketika ibuk alias ibu mertua saya bikinkan masakan ini. Ibuk memang berasal dari Jawa Timur. Skill memasaknya top. Biarpun ibuk orang jaman dulu, tapi ibuk itu bikin spaghetti nya enak. Makanya tantangan terberat saat masakin suami adalah....bisa seenak masakan ibuk nggak? Ya memang nggak ada patokan dari pak suami sih. Paling tidak ya memasak dari hati nanti juga keluar enaknya 😄 (teori abal-abal).

Kembali ke Mendol. .
Saya buat Mendol, karena waktu itu ada tempe yang ngetem saja di kulkas. Nunggu dicyduk. Sekalian setoran foto untuk memeriahkan lomba Jelajah Gizi yang diadakan Nutrisi Bangsa. Masak mendol itu mudah banget. Kata ibuk sih, Mendol itu menggunakan tempe yang sudah berhari-hari. Hampir bosok. Pembuatannya pun berbagai macam cara. Ada yang dikukus terlebih dulu ya, mungkin ini karena pakai tempe yang sudah kayak bosok gitu? Atau biar matang merata, cmiiw. Saya nggak pakai dikukus, karena khawatir hancur. Selain itu, ada juga yang pakai tepung untuk mengikat cinta kita #eh maksudnya mengikat tempe supaya nggak hancur saat digoreng.

Daripada kebanyakan intro, saya tuliskan resep Mendol di blog ya. Semoga tempe dikulkas bisa dieksekusi.

Bahan:
1 papan Tempe
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2cm kencur
4 buah cabe merah
2 buah cabe rawit orange
Daun jeruk iris kecil
1 sdt garam
1/4 sdt gula
Kaldu bubuk

Cara Memasak:
- Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur, semua cabe
- Tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu masukkan daun jeruk
Ulek Tempe tapi jangan sampai hancur 
- Campur bumbu yang sudah ditumis dengan Tempe
Beri gula garam dan kaldu bubuk
- Koreksi rasa
- Bentuk lonjong
- Goreng hingga kecoklatan.

Notes: tidak perlu dibolak balik supaya tidak hancur (cukup 1x balik ya)




Gimana? Gampang kan bikinnya. Selain bahannya mudah, rasanya juga enak. Alhamdulillah foto mendol ini akan mengantarkan saya untuk ikut #JelajahGiziMalang 13-15 Okt 2017. Mohon doanya ya semoga lancar, anak-anak sehat dan anteng di rumah uti.





14 comments:

  1. Mba, aku kira itu combro, hahahaha. Selamat ya, mba Uci. Jadi juga nih lan-jalan ke Malang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekilas mirip ya Winaaa..
      makasih yaa Win, insya Allah. Doain lancar ya :)

      Delete
  2. ini khas jawa timur mendol namanya ya mbak selama ini mengolah tempe standar saja saya untuk nemui resep khas seperti ini di blog mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah betul...mudah banget dan enak mnurut saya

      Delete
  3. Tiba2 pengen bikin mendol. Lama nggak makan mendol. :'D

    ReplyDelete
  4. Aku simpen mak resepnya. Kali bisa eksekusi. Kebetulan suami suka banget sama olahan tempe.Thanks yaaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama maak :) eksekusiiii

      Delete
  5. YEay selamat mba Ucii karena si Mendol bisa travelling ke MAlang keren sangat..sebagai pecinta tempe aku baru tahu nih resep kayak gini pengen cobain bikin tapi takut pada ga doyan suami n neyna :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin sedikit aja teh, buat nyobain hihi..makasih ya teh Bella :D

      Delete
  6. gampang mbak resepnya
    aku suka semua olahan tempe, suka juga mendol tp udah lama gk makan
    seneng banget nemu resepnya disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah makanya aku buatnya smangat Nind hihi..
      ayuk masak ini..

      Delete
  7. ya orang jawa mah gitu
    tempe mau busuk aja masih bisa diolah
    dikreatifin dikit, jadilah mendol
    aku juga doyan sih
    hahaa

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena