Bingung dengan Pakaian Anak Baru Lahir? Berikut Perlengkapan Bayi New Born yang Harus Disiapkan Sebelum Lahiran

Melahirkan adalah proses yang memiliki kenangan sepanjang masa. Nggak akan terlupakan dan akan selalu indah buat saya. Meski berbuah jahitan atau sobekan pada rahim, tetap bersyukur bisa melaluinya. Karena di luar sana, masih banyak yang nggak seberuntung kita. Masih ada beberapa sahabat yang terus berjuang untuk mendapatkan momongan, semoga Allah mudahkan ya. Amin.





Saat menjadi orang tua, ya nggak ada kata berhenti belajar. Memang perlu persiapan yang cukup banyak. Persiapan fisik, mental dan juga materi. Apalagi setelah melahirkan. . Huhu. Tapi biasanya nih kalau anak kedua, agak lebih santai. Kali ini saya mau sekalian buat reminder juga, posting tentang Pakaian Anak New Born.


Perintilan anak baru lahir? Kesannya banyak banget gitu ya. Haha. Ya memang banyak sih. Nyata! Selama anak masih kecil, saya rasa alat tempur kita ya banyak. Contohnya, popok, topi bayi, selimut, pakaian anak, mainan . . . Duh duh buanyak kaan. Belum lagi, ini itu harus ibu juga lah yang preparePlease para suami, bantuin istrinya ya ^^


Kalau perlengkapan bayi biasanya dicicil mulai dari jauh-jauh hari. Kadang harus menunggu sampai 7 bulan, baru boleh menyiapkan semua. Hmm, ya konon katanya seperti itu. Kalau belum 7 bulan, pamali atau tabu. Mungkin jangan terlalu mepet juga kali ya, karena khawatir sang ibu kelelahan.




Baca Juga : Persiapan Menjadi Orang Tua


Perubahan Tentang Perlengkapan bayi
Semakin berkembangnya jaman, perintilan bayi juga ada yang berubah. Misalnya Gurita Bayi. Dokter bilang nggak perlu dipakaikan gurita karena akan menghambat pernafasan. Sedangkan emak tercinta bilang, harus pakai biar nggak kembung. 


Untuk buibu, nggak usah pucing kepalanya ya. Cukup gini, kalau mau pakai gurita bayi nggak usah diikat kencang. Atau kalau nggak pakai gurita, pastikan si adik bayi nggak terlalu tipis pakaiannya. Usahakan bayi tetap dalam kondisi hangat. Begitu pula dengan bedong. Perlu nggak sih sebetulnya bayi dibedong? Ya kalau mau memberi kehangatan, nggak usah dibungkus kenceeeng. 


Udah gitu, masalah bedak? Bayi new born dibedakin atau nggak, hal ini bisa bikin berantem. Haha iya nggak? Jangan dong, jangan berantem ya. Lebih baik gunakan bedak padat ya. Supaya nggak terhirup bedaknya sama si bayi.

Ah, dulu baik-baik aja tuh bayi pake bedak tabur. Duh ya, namanya juga ilmu kesehatan kan berkembang buk. . .so, nggak ada salahnya preventif. Kita aja disuruh minum jamu masih mau loh #eh haha curcol. Saling menghargai yuk ah, itu kan pilihan masing-masing. Jadi yang saya list di sini, mungkin beberapa item jadi optional ya. 


Perlengkapan Bayi New Born Yang Harus Di Siapkan Sebelum Lahiran

Pakaian Bayi 
Minimal satu lusin. Sediakan juga baju lengan panjang. Kadang kita butuh lengan panjang untuk malam hari atau ketika berpergian.

Perlak 
Usahakan yang karet supaya nggak panas dan adik bayi nyaman.

Kain Popok
Karena bakalan pipis terus, butuh kain popok kurang lebih 2 Lusin. Ini kalau nggak pakai diapers ya dan setiap hari harus nyuci. Tapi kalau mau di mix sama diapers, kain popok bisa beli lebih sedikit. Karena nggak akan lama dipakainya juga.

Gurita bayi atau Kaos Dalam
Satu lusin gurita bayi. . Yang ini sih termasuk optional ya. Saya masih pakai, tapi nggak diikat kencang. Dan kalau ke dokter, dilepas dulu. Biar nggak tercyduk. 😹bisa ganti dengan kaos dalam. Tapi saya nggak tega kalau new born pakai kaos dalam. Yaa bebaskan sajalah kalau yang gini-gini.^^

Sarung tangan dan Kaki
Kuku bayi baru lahir biasanya cepat banget panjang. Jadi untuk mencegah dia mencakar dirinya, lebih baik pakai sarung tangan dan kaki. Apalagi kan, ada tuh yang nggak membolehkan gunting kuku kalau belum 40 hari. Nggak usah diributin. Kalau nggak berani gunting kukunya, yaudah sementara bungkus dulu. Hihi.

Selimut
Kalau ke rumah sakit atau bidan untuk kontrol adik bayi, pakaikan selimut ya.

Bak Mandi

Minyak Telon, Sabun, Shampo, Baby oil, Bedak padat

Topi Bayi
Kalau pulang dari rumah sakit nih, biasanya perlu. Ya pokoknya perlu deh untuk berpergian supaya nggak keanginan alias dingin.

Kelambu
Karena nyamuk-nyamuk itu, jangan lupa kelambu. Sekarang modelnya dijadikan satu sama kasur. Jadi lebih praktis dan fungsional ya.

Gunting Kuku Bayi
Ya kalau nggak ngeri sih, pakai gunting kuku biasa juga bisa. Saya prefer gunting kuku bayi.

Kapas Bulat
Untuk membersihkan setelah pipis atau pup

Handuk Bayi

Termometer
Karena bayi masih rentan ketahanan tubuhnya, perlu alat ini di rumah. Terpakai sampai anak balita kok.

Kasa Steril
Untuk perawatan tali pusar, selama belum puput.

Cotton bud
Telinga bayi tuh cepat banget kotor. Cukup bersihkan bagian luar saja ya. Sebelumnya bisa dikasih baby oil.

Botol susu
Ini botol susu just in case kok. Siapkan dua buah botol. Tetap semangat menyusui langsung ya. 

Well, kayaknya list di atas sudah cukup ya untuk menyambut kehadiran adik bayi. Hmm atau masih ada yang kurang? Menurut kamu gimana. . 

11 comments:

  1. Catet ah siapa tau nambah anak lg hihihi. Anak2ku jg gak ada yg pakai gurita, padahal beli dulu tp gak kepake

    ReplyDelete
  2. Bener2 ngeblank ka ucig, #lalu countdown bulan, blom beli apa apa huaaaa
    Blom ngrapiin rumah...#mbulmulaipanic
    Aku save dulu, penting bin urgent ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo Mbak, semangaaat yaahh.
      Udah dikasih bocoran tuh ama Maming, heheheh.

      Saya jg gak berani potong kuku si Bayi, Ci, makanya amannya pakai kaos tangan aja dulu ini, hihihih

      Delete
  3. dulu waktu anak pertama sempat juga bingung sekarang setelah melewati anak kedua istri juga sudah pintar terimakasih mbak atas sharenya

    ReplyDelete
  4. beli perlengkapan bayi kalo gak bikin daftar dulu bakal rawan banget kalap ya mbak.. haha

    ReplyDelete
  5. semuanya emang penting, tapi yang lebih diperhatiin kyaknya popok deh
    toh kalo produk popok sekali pakai kurang tepat, kasian kulit bayi suka muncul ruam

    ReplyDelete
  6. perlengkapan bayi new bornnn hemm

    ReplyDelete
  7. Perlengkapan bayi baru lahir itu banyak juga ya mba. Penting banget buat dicatet, biar bisa nyicil belinya yak. Kalau sekalian, bisa capek itu belanjanya, saking banyaknya hihi

    ReplyDelete
  8. Saya gak pernah pakai gurita dan sarung tangan/kaki untuk anak-anak. Tapi memang setuju, kembali ke maisng-masing :)

    ReplyDelete
  9. terimakasih atas informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/walatra-berry-jus/

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© Maming Story, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena