Persiapan menjadi orang tua

Assalamu'alaikum.. hmmm ketika menulis ini saya teringat salah satu sahabat dekat yang baru saja dikaruniai seorang anak, ya anak pertama yang sudah ditunggu-tunggu. Jadi flashback lagi ketika Kaina baru lahir, masa-masa menjelang lahiran, naik kopaja ketika hamil sampai 9 bulan, badan menggendut naik sampai 18 kg. Di setiap kehamilan para ibu memiliki kisah sendiri yang tidak bisa disamakan. Wanita tidak terlepas dari perasaan yang halus dan lembut sampai menjadi sensitif sekali saat hamil, menurut saya sih normal tapi saya ngga tau menurut mas anang hueheuu. Ketika sudah melalui proses lahiran sebenarnya kita memasuki babak baru yang lebih dinamis, lebih luar biasa pokoknya harus dirasakan masing-masing pasangan. Lahirnya si buah hati adalah amanah untuk orang tua. Sebenarnya apa sih yang harus dipersiapkan ketika akan menjadi orang tua, saya hanya merangkum dari cerita yang pernah saya alami dan lingkungan sekitar (bukan fiktif yaaa)




1. Nama
Kenapa saya taruh diurutan pertama? yaa dari sebuah nama yang baik melahirkan doa dan harapan untuk si buah hati. Kelahiran tidak dapat terduga karena bisa maju atau mundur ada baiknya kita telah menyiapkannya jadi saat lahir nanti sudah tidak perlu konsentrasi untuk pemilihan nama tetapi konsentrasi untuk kepentingan lain.

2. Persiapan penunjang lahiran yang dibawa ke rumah bersalin atau bidan seperti kain jarik untuk sang ibu, baju ganti ibu, baju ganti bayi, topi bayi, selimut, popok, kaos tangan dan kaki bayi, pembalut. Beberapa item yang saya sebutkan tadi biasanya diperlukan saat pulang dari persalinan baiknya sudah ditaruh ke dalam tas ketika usia 8 bulan demi mengantisipasi majunya proses lahiran. Dan jangan lupakan administrasi data untuk membuat akte kelahiran. Sebaiknya sebelum lahiran kita siapkan syarat yang diperlukan untuk pembuatan akte lahir.

3. Persiapkan pengetahuan kesehatan bayi dan anak
Ini penting juga, jaman sekarang sangat mudah mencari informasi yang belum kita tahu tinggal search, meluncur di internet, gugling gugling. Kata kunci biasanya untuk makemak nubie adalah cara memandikan bayi, cara menyimpan asip, perkembangan bayi usia 0-6 bulan dan masih banyak lagi hehe sesuai ketidaktahuan masing-masing.

4. Persiapan ASI
Air susu ibu memang ruar biasa, minuman dahsyat hehe. Anti body paling oke dan betul terbukti tak ada formulasi sebanding ASI. Biasanya yang sudah suka sayuran dan buah ngga perlu khawatir lagi, insya Allah akan lancar keluar ASI dan ngga boleh stres, selalu berpikir positif. Sukses ASI pun didukung oleh suami dan lingkungan sekitar. Para suami jangan bosan untuk selalu mensupply perhatian untuk sang istri.

5. Kembali lagi ke niat kita menjadi orang tua seperti apakah kita ini? ketika lelah bertamu ke dalam jiwa kita, balik lagi ke niat. Anak adalah titipan Allah, keluarga kita adalah salah satu cobaan, ujian kita, jadi memang seperti itulah kehidupan. Meski lelah, show must go on.

Semoga tipsnya bermanfaat yah untuk yang lagi hamil dan mau hamil :) Berharap kita semua menjadi orang tua yang sukses mendidik anak-anak kita, amin

1 comments:

  1. walaupun gak hamil tapi tetep mau belajar terus

    ReplyDelete

Hai, Semoga bermanfaat ^^ terima kasih sudi mampir.
Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena