Skip to main content

Persiapan menjadi orang tua

Assalamu'alaikum.. hmmm ketika menulis ini saya teringat salah satu sahabat dekat yang baru saja dikaruniai seorang anak, ya anak pertama yang sudah ditunggu-tunggu. Jadi flashback lagi ketika Kaina baru lahir, masa-masa menjelang lahiran, naik kopaja ketika hamil sampai 9 bulan, badan menggendut naik sampai 18 kg. Di setiap kehamilan para ibu memiliki kisah sendiri yang tidak bisa disamakan. Wanita tidak terlepas dari perasaan yang halus dan lembut sampai menjadi sensitif sekali saat hamil, menurut saya sih normal tapi saya ngga tau menurut mas anang hueheuu. Ketika sudah melalui proses lahiran sebenarnya kita memasuki babak baru yang lebih dinamis, lebih luar biasa pokoknya harus dirasakan masing-masing pasangan. Lahirnya si buah hati adalah amanah untuk orang tua. Sebenarnya apa sih yang harus dipersiapkan ketika akan menjadi orang tua, saya hanya merangkum dari cerita yang pernah saya alami dan lingkungan sekitar (bukan fiktif yaaa)




1. Nama
Kenapa saya taruh diurutan pertama? yaa dari sebuah nama yang baik melahirkan doa dan harapan untuk si buah hati. Kelahiran tidak dapat terduga karena bisa maju atau mundur ada baiknya kita telah menyiapkannya jadi saat lahir nanti sudah tidak perlu konsentrasi untuk pemilihan nama tetapi konsentrasi untuk kepentingan lain.

2. Persiapan penunjang lahiran yang dibawa ke rumah bersalin atau bidan seperti kain jarik untuk sang ibu, baju ganti ibu, baju ganti bayi, topi bayi, selimut, popok, kaos tangan dan kaki bayi, pembalut. Beberapa item yang saya sebutkan tadi biasanya diperlukan saat pulang dari persalinan baiknya sudah ditaruh ke dalam tas ketika usia 8 bulan demi mengantisipasi majunya proses lahiran. Dan jangan lupakan administrasi data untuk membuat akte kelahiran. Sebaiknya sebelum lahiran kita siapkan syarat yang diperlukan untuk pembuatan akte lahir.

3. Persiapkan pengetahuan kesehatan bayi dan anak
Ini penting juga, jaman sekarang sangat mudah mencari informasi yang belum kita tahu tinggal search, meluncur di internet, gugling gugling. Kata kunci biasanya untuk makemak nubie adalah cara memandikan bayi, cara menyimpan asip, perkembangan bayi usia 0-6 bulan dan masih banyak lagi hehe sesuai ketidaktahuan masing-masing.

4. Persiapan ASI
Air susu ibu memang ruar biasa, minuman dahsyat hehe. Anti body paling oke dan betul terbukti tak ada formulasi sebanding ASI. Biasanya yang sudah suka sayuran dan buah ngga perlu khawatir lagi, insya Allah akan lancar keluar ASI dan ngga boleh stres, selalu berpikir positif. Sukses ASI pun didukung oleh suami dan lingkungan sekitar. Para suami jangan bosan untuk selalu mensupply perhatian untuk sang istri.

5. Kembali lagi ke niat kita menjadi orang tua seperti apakah kita ini? ketika lelah bertamu ke dalam jiwa kita, balik lagi ke niat. Anak adalah titipan Allah, keluarga kita adalah salah satu cobaan, ujian kita, jadi memang seperti itulah kehidupan. Meski lelah, show must go on.

Semoga tipsnya bermanfaat yah untuk yang lagi hamil dan mau hamil :) Berharap kita semua menjadi orang tua yang sukses mendidik anak-anak kita, amin

Comments

  1. walaupun gak hamil tapi tetep mau belajar terus

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

Popular posts from this blog

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil ~ Saya mau cerita pengalaman menghilangkan flek hitam sekaligus bekas jerawat pakai Bio Oil. Temans blogger juga sudah banyak yang review sementara saya belum nyobain dan penasaran. Apa iyasih Bio Oil ini bisa bikin pudar scars or stretch marks setelah lahiran? Ng, tapi saya tertarik nyobain Bio Oil untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan bekas jerawat dulu. Hasilnya setelah 3 minggu memang nampak sedikit memudar, ya orang baru pakai 3 minggu. So, wajar ya kan butuh proses nggak langsung simsalabim :)) Jadi lanjut cerita, Bio Oil ini tuh apa dan seperti apa sih? Apa bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Karena testimoni orang-orang tentang Bio Oil ini bagus . Berapa sih harga Bio Oil ini? Yuk lanjut baca

Bio Oil Bio-Oil adalah spesialis produk perawatan kulit yang membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata. Juga bermanfaat pada penuaan kulit dan kulit kering. Mantap ya!


Formulasi Bio-Oil merupa…

Curhat tentang dokter - RS. Hermina Tangerang

Tepatnya tanggal 09 Januari 2012 saya cek kehamilan di RS. Hermina Tangerang. Dengan dokter IS (inisial aja yah, mungkin kalau ada yang mau tau, bisa pm aja). Ini adalah kehamilan pertama saya, jadi yah kemarin milih dokternya liat dari jadwal yang sesuai dan si dokter ini cukup banyak jadwalnya di RS. Pikiran sih supaya gampang kalau mau ke dokter karena jadwal dia yang banyak di rs tersebut. Waktu itu saya booking via telepon dapat antrian nomor 1. Jadi jam 8 malam itu saya pasien pertama si dokter. 
Baca juga : Kontrol Kehamilan di RS. Melati Tangerang


Singkat cerita tanpa senyum dan si dokter langsung nanya 'kenapa'. Saya : 'mau cek kehamilan dok' Lalu suster menyuruh saya untuk duduk di kursi (mungkin yang udah pernah, tau kan diapain? :D) Kalo kata temen mah, kaya gagang sapu, LOL. Dokter langsung tau kalo saya sempet ada flek. Dan cuma periksa gitu aja, ngga dijelasin blas. Habis itu turun dari singgasana kursi obok obok. Saya duduk depan dokternya. Dokter bilang u…

Atasi sungsang dengan senam sujud

Atasi sungsang dengan senam sujud ~ Memasuki masa-masa akhir kehamilan, tepatnya pada 29 minggu, saya dan suami kontrol ke RS Hermina Tangerang, alhamdulillah baik-baik semua tapi si kaka posisinya masih belum masuk jalan lahir, kepala belum di bawah alias sungsang disebutnya, jadi harus banyak senam sujud :) dokter menyarankan supaya dalam sehari itu minimal 5x senam sujud selama 15 menit. Wow?? Perlu diinget supaya melakukannya di atas tempat tidur aja atau alas yang empuk, biar kalau si bumil oleng jatuh kecapean ngga kena dasar yang keras. Ngomong-ngomong masa akhir kehamilan, pas di RS kita diarahkan untuk registrasi untuk persalinan. Berhubung melihat search keywords yang terdampar ke blog ini, ada yang nyari nomor telepon Hermina, ada yang nyari biaya dokter kandungan di Hermina Tangerang. Kalau dokter kandungan untuk konsultasi dokter obsgyn Rp. 126.000. itu sudah termasuk USG. Nomor teleponnya bisa ke 021-55772525. Biasanya sebelum kontrol, melakukan booking lewa…