Skip to main content

Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak

Mengajarkan bahasa inggris pada anak? Akhirnya harus mengibarkan bendera putih karena setelah Kaina dirawat, semua sakit. Saya lalu adik Ashika juga sakit. Apalagi sempat pak suami juga masuk angin. Berat rasanya menghadapi kondisi seperti itu. Syukurlah sekarang sudah berangsur pulih. Capek banget! Haha curhat. Oke. Lanjut bahasan postingan kali ini, cerita tentang mengajarkan bahasa Inggris pada anak yaitu Kaina dan Ashika. Meski masih nggak konsisten dalam pembelajaran ini #lha kok bangga, saya cukup puas. Apalagi kalau konsisten coba. Justru itu, beberapa pekan sempat vakum karena Kaina sakit. Hmm. .

Baca Juga : Menanamkan Nilai Nilai Baik Pada Anak
        

                             

Mulai dari baca artikel mba Ranny terus lanjut video youtube Mayo. Sudah lihat belum? Saya jadi tambah semangat deh habis nonton youtubenya tentang gimana beliau ngajarin bahasa Inggris ke anak. Itu betul-betul hanya dilakukan di dalam rumah. Nggak pake les atau school di tempat yang khusus internesyenel. Sebagai emak, saya merinding nontonnya karena ikutan happy. Mba Yonna did a great job.

Bilingual langsung tanpa nunggu anak menguasai satu bahasa terlebih dulu. Dari semua anaknya, nggak ada yang bicaranya jadi terhambat. Hmm, keren.

Saya mau anak-anak ya bisa bahasa Inggris karena memang bahasa tersebut penting. Ditambah lagi, daripada kursus mulai jaman kecil gini, mending langsung terjun payung sama-sama hihi. Positifnya adalah jadi saya buka kamus deh kalau lagi stuck. Mulai banyakin vocab. Saya menerapkan yang mba Yonna bilang, misalnya habis ngomong inggris ke Ashika or Kaina, lanjut terjemahan Indonesianya. Good Morning, Selamat Pagi. How are you today, apa kabar kamu hari ini.

Meski Kaina suka nggak mau dan cuek kalau disuruh ngomong Inggris. Alhamdulillah vocab bisa nambah. Saya cuma bilang, nyemangati dia, biar dia bisa lihat snow harus belajar bahasa Inggris hehe. Bikin happy banget kalau tiba-tiba dia campur-campur gitu ngomongnya :))

Dan pas di ulang tahun temannya, Kaina mau nyanyi twinkle-twinkle little star. Good job Kaina.

Meski kata mba Yonna, nyinyiers itu selalu ada. Maju terus. Nggak usah peduli. Dibilang so high lah, gaya gini gitu. Yang penting niat kita.

Anak-anak kita bakal hidup di jaman yang pasti beda dari jaman sekarang. English masih menduduki bahasa dunia sampai saat ini. Kepenginnya Kaina bisa juga bahasa Arab. Cuma harus kedua orang tuanya terlebih dahulu menguasai bahasa Arab haha. Karena ya, masa kita nyuruh-nyuruh belajar tapi kita sendiri nggak mau belajar :p

Mengajarkan anak bahasa asing sejak dini buat saya, menyenangkan banget. Beberapa waktu lalu juga sempat baca artikel makpuh tentang mengajarkan bahasa Inggris pada anak. Yes, mereka bakalan lebih cepat menyerap, lebih cepat tangkap dan pasti akan mudah menguasainya deh. Dari beberapa yang saya baca dan beberapa teman lakukan, berikut cara mudah dalam mengajarkan anak bahasa Inggris

1. Mulai dari percakapan sehari-hari. Vocabulary bisa mulai dari anggota tubuh, hewan, benda di sekitar, family.
2. Konsisten. Harus diingat banget nih poin ini. Hihi.
3. Bisa juga menggunakan waktu khusus. Misalnya pagi hari setelah bangun tidur, biasakan 15 menit mengobrol bahasa inggris. Atau ada satu hari full berbahasa inggris.
4. Belajar dari nyanyian dan bermain.
5. Memilihkan tontonan berbahasa inggris.

Nah, sharing pengalamannya yuk dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak ^^ gimana sih caranya?

Comments

  1. Bocah di rumah so far belajarnya dari tayangan disney channel. Cuma ya gitu, sayanya justru yang pasif. Abis baca ini kok jadi ketularan semangat, pengen juga nerapin percakapan aktif pake english di rumah.

    Bismillah....
    Semoga sukses juga ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku udah bosen sama disney channel kok ya :'( maunya lihat vlog youtube..haha
      Bismillah semangat yuk kitaaa

      Delete
  2. Naaaah,,ini PR terbesar saya. Masih belum nemuin formula yg tepat buat anak saya.

    ReplyDelete
  3. saya kasih tontonan berbahasa Inggris mak. trus emaknya ngajak omong Inggris. ngerti nggak ngerti, ngomong aja.

    targetnya: anak ga takut sm bahasa Inggris (dan bhs asing lain) dan bisa mengeja dengan benar.

    bahkan setelah dilepas, anak-anak bisa baca teks Inggris dengan benar. ya belum semua tp lumayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sharingnya ya mba, aku jadi tambah semangat lagiiii..l

      Delete
  4. memang penting sekali bahkan untuk melamar pekerjaan saja pakai bhs inggris , jd mulailah sejak dini

    ReplyDelete
  5. diva juga ada sepertinya , chanel education ...

    ReplyDelete
  6. Tontonanya Aqla ada bahsa inggris dan arab..
    sekarang semuanya dipermudah,tinggal kitanya aja..
    makasih sharingnya mbakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mak han, dipermudah yaaa, alhamdulillah

      Delete
  7. Dari nyanyian itu masuuuk banget kalo buat anakku. Dan sama sepertinya denganku... Kurang konsisten huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah non ^^ yuk semangat kita

      Delete
  8. Pengen sih ngajarin anak. Tapi akunya gak bisa bahasa inggris. :'D Jadi dia dapat dari sekolah saja.

    ReplyDelete
  9. Kakak Kaina hebat, udah berani tampil di depam orang dan berbahasa Inggris pula,good job jg mih utk Mamingnya.
    Klo Faraz belajarnya dari tontonannya, mamanya tinggal lanjutin aja, sering2 ajak doi ngomong atau nyanyi bareng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faraz pasti kayak mama nih, jago :)

      Delete
  10. Baca ini jadi semangat lagi. Saya yang belum konsisten sih.

    ReplyDelete
  11. Aku masih belum komit mba namun caraku saat ini adalah memberikan tontonan bahasa inggris krn anakku visual n auditori jadi dy mudah menyerap dibandingkan klo aku ajarin satu arah seperti ini : this is book, whats colour this book?red >> lalu Neyna nangis ngeliat urat leherku ketarik ngajari inggris wkwkwk *emak rempong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iyah mba... Disesuaikan yaa dgn si anak. Nggak bisa dipaksaim juga, kasian, ini Kaina aja mah blum mau belajar huruf :))

      Delete
  12. Aku ngga pernah ngajarin Raya bahasa Inggris, tapi ntah kenapa Raya bisa sendiri hahahha. Jadi paling aku bener2in aja lafalan yg masih salah & kadang di bolak balik ini red artinya apa, fish artinya apa.. hal2 simple aja biar anaknya lbh hepi & ngga terbebani (Plus ibunya bisa santai2) XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raya di day care dpt bahasa inggris nggak mba :D mungkin disitu dan dari nonton. . Hihiii
      Iyah jgn sambil melotot juga ngajarinnya 😹😝

      Delete
  13. Memang kalo anak yang sejak kecil dikenalkan dengan bahasa, dan bisa dipraktekan sesering mungkin antara ortu dan anak, si anak bakaln bisa nyerap dg baik dan cepat ya mbak. Mereka tuh mudah banget nyerap apa yg mereka denger, itu yg bikin aku kadang ngajarin apa yg blum diajarin mbakku ke keponakannu, hheee
    Salam kenal dari Bumi Jember, mbak
    udah difollow yak.. hee

    ReplyDelete
  14. mengajarkan pengusaan bahasa asing sejak dini bagi anak sangat bagus, lebh cepat menangkap dan daya ingatnya masih kuat. harus selalu learning by doing ... dan orangtua pun juga harus belajar membiasakan dgn komunikasi bahasa di lingkungan, bahasa Nasional maupun Interasional.
    Salam Kenal ..

    ReplyDelete
  15. Saya waktu itu baca2 tulisannya Mak Winda dari blog emakgaul ttg cara mendidik anak bilingual di rumah. Ternyata anak2nya paham dari menyimak emaknya ngoceh2 berbahasa Inggris (karena bayi kan belum bisa ngomong ya, tapi ternyata disimak ya). Ini memang penting sih mengajarkan bahasa Inggris sedini mungkin, emang sesuai zamannya. Kalau kata murid2 saya, dg berbahasa Inggris, kita jadi bisa jajan es krim Uncle Singapur sendiri, haha...

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

Popular posts from this blog

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil ~ Saya mau cerita pengalaman menghilangkan flek hitam sekaligus bekas jerawat pakai Bio Oil. Temans blogger juga sudah banyak yang review sementara saya belum nyobain dan penasaran. Apa iyasih Bio Oil ini bisa bikin pudar scars or stretch marks setelah lahiran? Ng, tapi saya tertarik nyobain Bio Oil untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan bekas jerawat dulu. Hasilnya setelah 3 minggu memang nampak sedikit memudar, ya orang baru pakai 3 minggu. So, wajar ya kan butuh proses nggak langsung simsalabim :)) Jadi lanjut cerita, Bio Oil ini tuh apa dan seperti apa sih? Apa bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Karena testimoni orang-orang tentang Bio Oil ini bagus . Berapa sih harga Bio Oil ini? Yuk lanjut baca

Bio Oil Bio-Oil adalah spesialis produk perawatan kulit yang membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata. Juga bermanfaat pada penuaan kulit dan kulit kering. Mantap ya!


Formulasi Bio-Oil merupa…

Curhat tentang dokter - RS. Hermina Tangerang

Tepatnya tanggal 09 Januari 2012 saya cek kehamilan di RS. Hermina Tangerang. Dengan dokter IS (inisial aja yah, mungkin kalau ada yang mau tau, bisa pm aja). Ini adalah kehamilan pertama saya, jadi yah kemarin milih dokternya liat dari jadwal yang sesuai dan si dokter ini cukup banyak jadwalnya di RS. Pikiran sih supaya gampang kalau mau ke dokter karena jadwal dia yang banyak di rs tersebut. Waktu itu saya booking via telepon dapat antrian nomor 1. Jadi jam 8 malam itu saya pasien pertama si dokter. 
Baca juga : Kontrol Kehamilan di RS. Melati Tangerang


Singkat cerita tanpa senyum dan si dokter langsung nanya 'kenapa'. Saya : 'mau cek kehamilan dok' Lalu suster menyuruh saya untuk duduk di kursi (mungkin yang udah pernah, tau kan diapain? :D) Kalo kata temen mah, kaya gagang sapu, LOL. Dokter langsung tau kalo saya sempet ada flek. Dan cuma periksa gitu aja, ngga dijelasin blas. Habis itu turun dari singgasana kursi obok obok. Saya duduk depan dokternya. Dokter bilang u…

Atasi sungsang dengan senam sujud

Atasi sungsang dengan senam sujud ~ Memasuki masa-masa akhir kehamilan, tepatnya pada 29 minggu, saya dan suami kontrol ke RS Hermina Tangerang, alhamdulillah baik-baik semua tapi si kaka posisinya masih belum masuk jalan lahir, kepala belum di bawah alias sungsang disebutnya, jadi harus banyak senam sujud :) dokter menyarankan supaya dalam sehari itu minimal 5x senam sujud selama 15 menit. Wow?? Perlu diinget supaya melakukannya di atas tempat tidur aja atau alas yang empuk, biar kalau si bumil oleng jatuh kecapean ngga kena dasar yang keras. Ngomong-ngomong masa akhir kehamilan, pas di RS kita diarahkan untuk registrasi untuk persalinan. Berhubung melihat search keywords yang terdampar ke blog ini, ada yang nyari nomor telepon Hermina, ada yang nyari biaya dokter kandungan di Hermina Tangerang. Kalau dokter kandungan untuk konsultasi dokter obsgyn Rp. 126.000. itu sudah termasuk USG. Nomor teleponnya bisa ke 021-55772525. Biasanya sebelum kontrol, melakukan booking lewa…