Skip to main content

Menanamkan nilai-nilai baik pada anak

Kali ini lanjutan materi dari Rumah Dandelion mah, yang di acara Kokas waktu itu. Hmm, orang tua mana yang ngga mau anaknya jadi anak hebat, hebat bukan berarti kaya jagoan gitu kan mah, bukan yang petantang petenteng atau tengil yah. Sebelum anak-anak menjadi anak yang hebat tentunya ada proses menuju kesana. Dan salah satunya menanamkan nilai-nilai baik agar anak memiliki aksi hebat.

                       

                      
   
Menjelaskan nilai baik pada anak lewat kata-kata akhirnya hanya akan lewat begitu saja. Lumayan sering kan yah mah, kata-kata kita cuma masuk kuping kanan, keluar kuping kiri hehe. Supaya lebih mengena ke pribadi anak dan efektif, ada 3 metode penyampaian nih mah, yuk simak.

Story Telling : 
Membaca buku cerita dengan tokoh yang senang menolong orang lain dan mengaitkannya dalam kegiatan sehari-hari. Pasti nih para mamah udah lakuin poin yang ini kan ^^

Role Play / bermain peran:
Bermain peran berganti-gantian sebagai orang yang butuh pertolongan dan orang yang akan menolong. Jadi, gunain skenario yah mah biar seru dan lebih menjiwai hehe, langsung praktek.

Modeling:
Berperilaku sesuai apa yang diajarkan pada anak agar si kecil dapat meniru perilaku tersebut. Berikan contoh, masa sih kepingin anaknya suka sayur tapi orang tua nya ngga suka makan sayur hihi.

Supaya aksi hebat pada anak makin terpupuk, ada beberapa cara yang dapat dilakukan:
- Berikan pujian pada anak yang berusaha membantu orang lain
- Berikan anak kesempatan untuk mencoba membantu orang lain
- Ajak anak diskusi ketika melihat orang yang membutuhkan bantuan
- Buat tradisi keluarga dalam bidang aksi sosial

Nah, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jadi penyampaian sesuatu kepada anak supaya efektif lebih ke contoh langsung biar mereka mudah menirunya. Oh iyah, materi lain masih ada lagi, stay tune yaaa ^^

Comments

  1. wah noted mbak ciy :D nungguin materi berikutnya :D

    ReplyDelete
  2. Iya emang Mbak, kalo kita enggak ngasih contoh, cuma omong doang, biasanya anak2 lupa lagi lupa lagi. Hihihi... Pengalaman ini. Tapi kalo lewat perbuatan, biasanya anak akan inget, trus kapan hari misalnya akan bilang, "kayak pas Umi ngasih bla bla bla ke si A itu ya, Mi?" dan semacamnya gitu deh :)

    ReplyDelete
  3. Amin. Semoga tips nya bermanfaat untuk aku pribadi juga nih mba, walau masih meraba raba.. mom-to-be.. Thanks for sharing..

    ReplyDelete
  4. Hmmm bisa diterapkan nih ke anak sepupu saya biar besar nanti menjadi anak yang baik dan berguna untuk orang tuanya.

    ReplyDelete
  5. Story telling-role play dan modeling. Noted. Makasih infonya

    ReplyDelete
  6. anak-anak lebih suka mencontoh ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

Popular posts from this blog

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil

Menghilangkan flek hitam di wajah dengan Bio Oil ~ Saya mau cerita pengalaman menghilangkan flek hitam sekaligus bekas jerawat pakai Bio Oil. Temans blogger juga sudah banyak yang review sementara saya belum nyobain dan penasaran. Apa iyasih Bio Oil ini bisa bikin pudar scars or stretch marks setelah lahiran? Ng, tapi saya tertarik nyobain Bio Oil untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan bekas jerawat dulu. Hasilnya setelah 3 minggu memang nampak sedikit memudar, ya orang baru pakai 3 minggu. So, wajar ya kan butuh proses nggak langsung simsalabim :)) Jadi lanjut cerita, Bio Oil ini tuh apa dan seperti apa sih? Apa bisa menghilangkan flek hitam di wajah? Karena testimoni orang-orang tentang Bio Oil ini bagus . Berapa sih harga Bio Oil ini? Yuk lanjut baca

Bio Oil Bio-Oil adalah spesialis produk perawatan kulit yang membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata. Juga bermanfaat pada penuaan kulit dan kulit kering. Mantap ya!


Formulasi Bio-Oil merupa…

Curhat tentang dokter - RS. Hermina Tangerang

Tepatnya tanggal 09 Januari 2012 saya cek kehamilan di RS. Hermina Tangerang. Dengan dokter IS (inisial aja yah, mungkin kalau ada yang mau tau, bisa pm aja). Ini adalah kehamilan pertama saya, jadi yah kemarin milih dokternya liat dari jadwal yang sesuai dan si dokter ini cukup banyak jadwalnya di RS. Pikiran sih supaya gampang kalau mau ke dokter karena jadwal dia yang banyak di rs tersebut. Waktu itu saya booking via telepon dapat antrian nomor 1. Jadi jam 8 malam itu saya pasien pertama si dokter. 
Baca juga : Kontrol Kehamilan di RS. Melati Tangerang


Singkat cerita tanpa senyum dan si dokter langsung nanya 'kenapa'. Saya : 'mau cek kehamilan dok' Lalu suster menyuruh saya untuk duduk di kursi (mungkin yang udah pernah, tau kan diapain? :D) Kalo kata temen mah, kaya gagang sapu, LOL. Dokter langsung tau kalo saya sempet ada flek. Dan cuma periksa gitu aja, ngga dijelasin blas. Habis itu turun dari singgasana kursi obok obok. Saya duduk depan dokternya. Dokter bilang u…

Atasi sungsang dengan senam sujud

Atasi sungsang dengan senam sujud ~ Memasuki masa-masa akhir kehamilan, tepatnya pada 29 minggu, saya dan suami kontrol ke RS Hermina Tangerang, alhamdulillah baik-baik semua tapi si kaka posisinya masih belum masuk jalan lahir, kepala belum di bawah alias sungsang disebutnya, jadi harus banyak senam sujud :) dokter menyarankan supaya dalam sehari itu minimal 5x senam sujud selama 15 menit. Wow?? Perlu diinget supaya melakukannya di atas tempat tidur aja atau alas yang empuk, biar kalau si bumil oleng jatuh kecapean ngga kena dasar yang keras. Ngomong-ngomong masa akhir kehamilan, pas di RS kita diarahkan untuk registrasi untuk persalinan. Berhubung melihat search keywords yang terdampar ke blog ini, ada yang nyari nomor telepon Hermina, ada yang nyari biaya dokter kandungan di Hermina Tangerang. Kalau dokter kandungan untuk konsultasi dokter obsgyn Rp. 126.000. itu sudah termasuk USG. Nomor teleponnya bisa ke 021-55772525. Biasanya sebelum kontrol, melakukan booking lewa…