9 Hal Yang Perlu diperhatikan saat MPAsi bayi 6 bulan

Mpasi bayi 6 bulan ~ Kali ini mau ngobrolin MPasi, sebetulnya Mpasi itu apa sih? saya mengenal kata Mpasi saat punya keponakan hihi. Jadi, MPasi adalah makanan pendamping ASI. Semakin tumbuh si bayi kita, semakin dia membutuhkan asupan makanan dan nutrisi selain asi. Menurut buku Super Baby Directory, pemberian makanan tambahan sebelum usia empat bulan harus dengan petunjuk dokter. Sebab bayi yang berumur kurang dari empat bulan apabila diberi makanan tambahan beresiko tinggi. Hmm, jadi memang ada yang MPasi saat usia 6 bulan atau 4 bulan gitu ya.


                   


Flashback sedikit, tiga bulan lalu awal MPasi menyenangkan untuk adik Ashika. Dulu jaman Kaina mulai kenalan dengan Mpasi, nggak langsung mau makan. Sempat beberapa hari diperkenalkan dengan jenis buah sampai nyobain bubur instan, dia tetap nggak mau. Ceritanya pernah tayang di sini. Pakai cara yang betulan niat bikin Mpasi, sehat dan bergizi, tapi Kainanya ya gitu deh. Hihi. Belajar kenal makanan awalnya susah banget. Dia butuh adaptasi selama satu minggu. Kalau dikaitkan dengan kepribadiannya sih ya, memang kakak Kaina selalu butuh adaptasi yang cukup buat ngeblend sama hal yang baru. Entah itu teman atau pengalaman baru. 

Adik Ashika yang sekarang sudah 9 bulan, perkenalan dengan MPasi nya alhamdulillah mudah banget. Ya begitu, tiap anak memiliki perbedaan ^^ nggak usah diambil hati dan diambil pusing. Belajar dari baca dan pengalaman anak pertama, jadi tahu Mpasi itu seperti apa dan bagaimana. Kalau makin ke sini, saya nggak terlalu ribet kaya dulu. Tapi prinsip gula garam untuk Mpasi, teteup, nggak usah dipakai dulu yes sampai usia 1 tahun. Kalau saya sih no gulgar, kalau yang lain BEDA mah ya nggak apa ^^ nggak usah diributin. 

Makanan bayi 6 bulan pertama yang saya kenalkan pada Ashika adalah dari jenis buah yaitu buah naga. Caranya mudah tinggal disaring menggunakan Kiddy Multifunctional Food Maker, waktu itu saya dapat kado ini. Oke banget untuk masa awal MPasi mah. Tadi googling harga Kiddy Food Maker 50-60 Ribu

Tapi nih ada 9 hal yang perlu diperhatikan dalam MPasi

1. Step by step
Selain pemenuhan gizi, MPasi adalah Proses Belajar makan. Nggak bisa langsung  banyak dan memang harus bertahap. Biasanya kalau awal MPasi hanya beberapa sendok. Ini juga sendok kecil ya, khusus sendok bayi. Yaiyalah masa sendok makan kita :)) semakin bertambah usia bayi, biasanya porsi makanan pun kita tambah. 

2. Tidak perlu khawatir ketika anak belum mau makan
Awal-awal MPasi terkadang nggak selamanya mulus. Jangan patah semangat, masa baru nyoba terus ditolak, udah ngibarin bendera putih hihi. Coba gonta-ganti makanannya deh. Cobain terus ya mah!

3. Jenis Makanan
Ada yang bilang lebih baik sayur dulu daripada buah karena khawatir akan nggak suka sayuran. Terus variasinya juga bertahap untuk awal MPasi, satu jenis makanan untuk beberapa hari. Misalnya kenalan dengan buah pisang, selama 6 hari ya pisang dulu. Besokannya mau ganti alpukat, boleh deh, selama beberapa hari juga. Dengan rules begini kita bisa lebih mudah tahu jenis bahan makanan yang sering menjadi pemicu alergi. Memang pemicu alergi biasanya dari: ikan, telur, kacang, susu dan gandum.

4. Kombinasi makanan
Kenalkan semua jenis makanan yang aman untuk bayi. Bisa kita kombinasikan ya, biasanya kalau sudah makan nasi tim nih, nasinya bisa dicampur antara sayuran dan lauk. 

5. GTM bukan akhir segalanya
Gerakan tutup mulut ini biasa disebut GTM. Bisa jadi si anak sedang bosan dengan menunya atau ada yang dia rasakan entah nggak enak badan or sariawan. Balik lagi ke rumus gonta-ganti menu, bisa juga mainin tekstur makanannya. Sebagai emak, ditantang kreatif pada fase ini ^^ boleh lah makan sambil jalan keluar tapi sesekali ya. Saya prefer untuk membiasakan makan di rumah dulu baru main keluar. Tapi ya balik lagi ke pilihan buibu semuah.

6. Tekstur
Selalu upgrade tekstur ya ma. Makin tumbuh usianya berarti si bayi makin bisa mengunyah makanan yang agak kasar teksturnya. Nah kalau ini sih biar dia juga belajar mengunyah dan memang disesuaikan dengan kemampuan sistem pencernaan bayi. Karena nggak mungkin kan kita memberi makan bayi baru usia 6 bulan dengan tekstur kasar.

7. Alat-alat membuat MPasi
Sudah banyak banget ya alat untuk bikin makanan pendamping asi. Yang mau praktis juga ada. Atau pakai saringan biasa juga bisa yang penting terjaga kebersihannya ya. Dan menghasilkan makanan yang sesuai dengan usia bayi.

8. Bahan Alami
Kita bisa memakai bahan alami saja karena pencernaan bayi juga masih lemah. Boleh disertakan berbagai bumbu dapur alami untuk campuran seperti daun salam, daun bawang, bawang putih di geprek. Sedap wanginya deh.

9. Penting, jangan memaksa bayi bila sudah terlihat cukup
Aware terhadap porsi makan bayi. Cuma kita yang bisa memperkirakan sih apa sudah cukup atau belum. Yang penting kalau terlihat cukup apalagi kayaknya kekenyangan, stop aja deh :) 

Nah, gimana. .
Banyak lika-liku MPasi lainnya sih ya. Bayi juga bisa dibiasakan dengan belajar pakai gelas or sedotan. Terus finger food, lanjut makan sendiri. Seru-seru! 
Kalau buibu pasti juga banyak pengalaman MPasinya kan hihi, share yuk. .

21 comments:

  1. huaaa Uci, Faraz dari awal udah ogah2an makan.
    dia suka makan klo menunya buah, jadi deh umur 6 bulan itu pure buah aja yg dikasih dan pastinya harus ASI setiap saat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi skrg udah enakan yaa maemnya 😊😊 dulu kaina jg nggak langsung Mau diii

      Delete
  2. Oh begitu ya mba, aku baru tau.. Nanti juga bisa siap siap untuk ganti menu setiap beberapa hari deh hehehe

    ReplyDelete
  3. MP ASI kalau anaknya adik lebih sering neneknya masakin bubur. Tapi kalau lagi main ke rumah ya bawa bubur instant. Anaknya juga masih agak susah makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku nggak gitu doyan malah mba nit, bubur instan

      Delete
  4. Belum punya anakkk jadi belum ngerti huahaha..
    Btw aku pernah tuh liat di instagramnya zaskia mecca, anaknya bhai kaba dibiarin makan buah naga gitu aja gak perlu di saring2 gitu, Itu termasuk MPAsi mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah luk... Finger food gitu ya

      Delete
  5. jadi kangen nyiapin MPASI lagi :D iyas dulu diawal mpasi lancar eh ke belakangnya GTM terus :D iya sih GTM bkn akhir segalanya tp cukup bikin galau hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galau yaa mbaa... Ntar buat adiknya iyas nih

      Delete
  6. waktu Aya, mpasi pertamanya biskuit yg dihancurin sama susu, trus buahnya pisang.. adeknya juga gtu, tp makannya masih sulit waktu itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyayah mba,ada yg susah ada yg nggak hihi.. susah2 gampang ya

      Delete
  7. Wah, membaca ini jadi inget masa-masa pertama kali bikin MPASI Nuuy dulu, saking kreatif dan sotoynya mo ngasih yg gizinya seimbang, lupa kalau ternyata gak semua makanan itu bs dikonsumsi bayi, sembelit deh :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pas anak pertama ngalamin sembelit mba..Kasian anak2 klo sembelit 😆

      Delete
  8. Aah... jadi ingat saat2 dulu selalu membuat MPASI. Punya tepung gasol berkardus2 :)

    ReplyDelete
  9. mpasi sekarang lucu2 dan kreatif ya mbak... coba jaman aku masih piyik, cuma pisang doang palingan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lebih lawas jg nind, kynya cuma pisang 😅😅

      Delete
  10. MPASI adalah tantangan buat para ibu. Susah-susah gampang. Alhamdulillah sudah melewati masa-masa itu dengan segala kebahagiaan, keribetan dan perasaan stress.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yaa mba. Pas anak2 udah bisa makan kaya Kita jadi makin seneng

      Delete
  11. Semangat para pejuang MPASI :)

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di maming story. Yuk leave comment. Semoga bermanfaat ^^

Twitter / IG : @uciggg (sila follow yaa ^^)

cigrey.blogspot.co.id. Powered by Blogger.

© cigreydotcom, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena